1. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  2. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  3. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!

Peripheral Arterial Disease: Kenali Empat Tandanya

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by vincentrevival, Aug 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    VIVAnews - Selama ini Anda mungkin beranggapan bahwa kolesterol hanya menyumbat pembuluh darah jantung. Padahal, jika kadar kolesterol dalam darah Anda sangat tinggi, dapat juga memengaruhi kesehatan kaki.

    Yaitu menyebabkan penyakit yang disebut peripheral arterial disease, atau PAD. Seperti dilansir dari Health.com, menurut David Slovut, dari Montefiore Medical Center, kondisi ini membuat seseorang lebih berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.

    Faktanya, setelah lima tahun, 20 persen orang dengan PAD akan mengalami serangan jantung nonfatal. Untuk itu penting mengetahui tanda-tanda PAD atau saat kolesterol mulai 'menyerang' kaki Anda.

    1. Rasa nyeri pada kaki
    Merupakan gejala yang sangat umum dari PAD adalah klaudikasio, yaitu jenis nyeri kaki atau ketidaknyamanan. Hal ini terjadi ketika arteri tersumbat dan tidak dapat memberikan cukup darah pada kaki. Beberapa orang mengatakan kaki mereka terasa berat, lelah, dan terbakar.

    Rasa sakit bisa terjadi dalam tiap bagian kaki mulai dari betis ke paha, atau bokong, dan mungkin pada satu atau kedua kaki. Hal ini bisa ditambah dengan rasa sakit yang muncul saat berjalan pada jarak tertentu (seperti dua blok), lalu menghilang dan muncul kembali pada jarak yang sama.

    2. Kram malam hari
    Saat tidur orang dengan PAD mungkin mengalami kram atau kejang, biasanya di bagian tumit, kaki depan, atau jari-jari kaki. Rasa kejang atau kram ini bisa dihilangkan dengan membiarkan kaki menjuntai baik sambil tidur atau duduk di kursi. Hal ini memungkinkan gravitasi untuk membantu aliran darah ke kaki.

    3. Perubahan pada kuku dan kulit kaki
    PAD dapat menyebabkan perubahan pada kuku dan kulit pada kaki. Hal itu karena tidak menerima aliran darah secara normal. Mungkin Anda akan sadar saat kehilangan bulu-bulu pada area kaki atau ketika pertumbuhannya melamban. Kulit kaki juga terlihat mengkilap dan terasa kencang, kuku juga menebal atau tumbuh lebih lambat. Semua biasanya terjadi bersamaan.

    4. Rasa dingin pada kaki
    Kaki atau kaki yang terasa dingin, atau sangat dingin saat disentuh, mungkin salah satu indikator Anda mengalami PAD. Tapi, karena kondisi ini juga banyak dialami oleh orang tua, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikannya. Terutama jika Anda seringkali mengalaminya.

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/243246-empat-tanda-kolesterol--menyerang--kaki
     
  2. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,237 / -0
    Thread renamed, karena gw kurang sependapat sama judul dari vivanewsnya.

    :maaf:
     
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.