1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pergi Anak Baru Lahir, Pulang Anak Sudah Meninggal

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by dejivrur, Jan 25, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    [​IMG]

    JAKARTA, KOMPAS.com — "Waktu saya berangkat ke Aceh, anak saya baru lahir. Pas pulang, anak saya sudah meninggal, saya juga enggak tahu," kata Surana, berusaha menahan tetesan air mata.
    Saya enggak tahu anak saya meninggal karena keluarga tidak bisa mengabari saya. Handphone saya jual untuk bertahan hidup di Aceh.

    Surana adalah salah satu mantan pekerja bangunan dalam proyek rekonstruksi dan rehabilitasi pascatsunami Aceh. Pengalaman pahit merantau ke bumi Serambi Mekkah menyisakan kisah pilu dalam hidupnya.

    Berawal dari niatan mencari penghasilan yang lebih baik, Surana bahkan meninggalkan anak bungsunya yang ketika ia berangkat pada Januari 2008 baru berusia tiga bulan. Namun, ketika ia kembali lima bulan kemudian, anaknya yang berjenis kelamin perempuan sudah meninggal dunia karena sakit.

    "Saya enggak tahu anak saya meninggal karena keluarga tidak bisa mengabari saya. Handphone saya jual untuk bertahan hidup di Aceh. Saya juga enggak bisa ngirimin uang ke keluarga. Keluarga terpaksa berutang untuk makan," kata Surana kepada Kompas.com, Senin (25/1/2010) di Wisma Kontras, Jakarta Pusat.

    Tergiur bayaran Rp 12 juta untuk penyelesaian satu unit rumah membuat Surana, yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani di kampungnya di Desa Arjawinangun, Cirebon, Jawa Barat, memilih ikut pergi bersama 40 orang pria ke Aceh.

    Bayaran sejumlah itu terbilang besar baginya. Bahkan, demi menyelesaikan pembangunan rumah dan hasrat ingin mengirim uang ke keluarga, tak jarang ia lembur bekerja hingga malam hari. Di Aceh, mereka dibagi dalam beberapa tim yang masing-masing terdiri dari 10 orang.

    "Selama empat bulan di sana, saya hanya mendapatkan uang satu juta untuk makan 10 orang dalam satu minggu. Selebihnya, berkurang terus, jadi 800.000, 700.000, 500.000. Itu juga mepet, enggak bisa kirim ke keluarga," ujarnya.

    Sama seperti para pekerja bangunan lainnya, untuk ongkos pulang ke kampung halaman, ia mengharapkan belas kasih warga Aceh. Sedikit demi sedikit uang dikumpulkannya. Ongkos Aceh-Cirebon terbilang besar untuk Surana.

    Untuk pulang ke Cirebon, Surana harus lebih dulu ke Medan. Ongkos dari Aceh Sinabang, tempatnya bekerja, ke Medan sebesar Rp 200.000. "Untuk naik kapal 50.000, habis itu naik travel 150.000. Bis Medan-Cirebon 400.000. Padahal, saya cuma bawa uang 400.000," paparnya.

    Akhirnya, bersama seorang rekannya, ia memohon belas kasihan sopir bis agar diperbolehkan menumpang bisnya dengan ongkos Rp 150.000 untuk dua orang. "Untung boleh, saya masih ngantongin uang buat makan di jalan," tuturnya.

    Perjalanan lima hari lima malam dari Medan ke Cirebon ditempuhnya. Sesampai di rumah, ia bersyukur tak habisnya. Meski kabar duka yang didapat dan utang yang melilit. "Bayangkan, saya pergi bawa tabungan 1 juta, habis buat bantu teman-teman dan saya sendiri bertahan hidup. Pulang enggak bawa apa-apa untuk keluarga. Saya cuma ingin hak-hak saya kembali. Jangan tegalah sama rakyat kecil seperti kami," kata Surana penuh harap.

    SUMBER : KOMPAS.COM

    beneran dah, gw miriiissss banget baca ceritanya...
    kesian banget bapak yang satu ini

    mudah2an kita bisa sumbang doa supaya bapak ini lebih diringankan penderitaannya
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. advs2 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    276
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +23 / -0
    :onion-10: kasian banget...semoga selalu diberi ketabahan sama Allah swt...
     
  4. deJeer Administrator
    Head Admin

    Offline

    Watching You

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    16,501
    Trophy Points:
    292
    Ratings:
    +31,172 / -1
    tampaknya ini pelajaran untuk meningkatkan sdm....
    :panda:
     
  5. SanD5 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,932
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,721 / -0
    :hiks: g kebayang gmn rasanya, udah gaji g dibayar penuh, d tinggal mati anak lagi ...
     
  6. dawerzzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,516
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,135 / -0
    nama nya juga pemerintah indonesia udah bisa lah.. yang miskin makin miskin yang kaya makin kaya
     
  7. hentai09 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    676
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,226 / -0
    Tuhan menguji umatnya dengan cara yg berbeda-beda,
    mudah2an yg di tinggal dpt tabah n mengambil hikmah sekecil apapun,
    menangis itu perlu, tapi tetep tabah n nglanjutin hidup itu jauh lebih perlu..

    tapi kira2 hikmah dari kisah ini apa y?:ngupil:
     
  8. Keikokukien M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    wah kaco. tuh org pegi, pas plg bukan na duid na nambah malah utangna nambah + dapad berita duka.. turut berduka aja dah..
     
  9. decader Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 22, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kasihan sekali memang nasih orang miskin di Indonesia...
     
  10. Ziedrich M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    3,291
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,234 / -0
    turut berduka cita pak.. semoga diberi ketabahan dalam menghadapi semua ini
     
  11. engboh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    720
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,605 / -0
    yg sabar aja deh pak, itulah hidup....
    terkadang apa yg kita inginkan tak sesuai harapan...
     
    • Like Like x 2
  12. nurend M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,969
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +65,701 / -1
    astaga....
    12 juta disunat sana sini....
    abis dah
     
  13. hatafarindlesku Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    2,926
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,025 / -0
    semoga Allah membalas semua'a,.,
     
  14. allenwalkerint M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 5, 2009
    Messages:
    1,255
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,237 / -1
    tapi anak itu belum punya dosa kan..............
    lumayan, gak dapet dosa sudah dipanggil.
    dari pada mati tua tapi banyak dosa.
    kan sama2 mati.
    buat yang belum mati cari bekal aja yang cukup.......
     
  15. godblezzus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 21, 2009
    Messages:
    303
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +45 / -0
    kasian amat pasti di korupsi tuh duit

    da ga kemana dah ==a

    masa duit makan bisa berkurang terus padahal harusnya bertambah.....
     
  16. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,240 / -10
    wah, egk tega gw ngebacanya.
    hiks...
     
  17. kanik182 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 21, 2010
    Messages:
    78
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +119 / -0
    yah semoga kejadian kya gni udah g bkal kejadian lgi di indonesia..
    kasian jg org2 yg kya begini..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.