1. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Jangan rindu, ini berat, kau tak akan kuat, biar aku saja. Cek info libur
    Dismiss Notice
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  6. Mau kasih kado lebaran buat yang terkasih? Yuk ikuti event Kado Hari Raya Untuk Perempuan! Ada gamis & khimar gratis buat kado kamu loh~
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Perempuan Positif HIV Disarankan Tidak Hamil

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shacktee, May 16, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shacktee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +32 / -0
    Penyakit HIV diketahui bisa menular dari ibu ke bayi yang dikandungnya. Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan tersebut, salah satunya dengan menyarankan perempuan positif HIV untuk tidak hamil.

    Penularan HIV dari ibu hamil ke anak bisa terjadi karena infeksi melewati plasenta, saat proses persalinan atau menyusui. Sumber infeksi ini bisa dari darah ibu, plasenta, cairan amnion dan ASI.

    "Ibu yang positif HIV kalau bisa jangan hamil, tapi kan itu hak asasi sseseorang, jadi kalau mau hamil boleh saja asal melakukan konseling dan mengonsumsi obat ARV untuk mengurangi risiko penularan ke bayi," ujar Dr Fonny J Silfanus, MKes selaku Deputi Sekretaris KPAN Bidang Program disela-sela acara Workshop Nasional Keperawatan Memperingati Hari Perawat Sedunia di Gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (12/5/2011).

    Dr Fonny mengungkapkan 4 program yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan HIV dari ibu ke anak (PMTCT/Preventing Mother to Child Transmission) yaitu:

    Semua calon ibu sebisa mungkin tidak terinfeksi HIV, caranya dengan melakukan edukasi pada masyarakat termasuk remaja untuk menghindari s*ks bebas dan penggunaan narkoba salah satunya jarum suntik secara bergantian.
    Kalau ternyata seorang ibu sudah positif HIV maka diberikan konseling, dan biasanya hal ini diketahui saat ia sudah bersuami. Maka disarankan untuk tidak hamil, tapi jika ingin hamil sebaiknya tetap melakukan konseling dan mengonsumsi ARV secara teratur.
    Jika HIV positif baru diketahui saat hamil, maka ibu diberikan obat ARV (antiretroviral virus). Obat ini bisa diberikan sejak usia kehamilan 14 minggu yang berguna untuk menekan jumlah virus di dalam tubuh. Virus tersebut akan tetap ada, tapi jumlahnya bisa sangat berkurang sehingga mengurangi risiko bayi yang dikandung tertular HIV.
    Setelah melahirkan, ibu yang positif boleh menyusui bayinya asal memberikan ASI eksklusif tanpa dicampur dengan yang lain seperti susu formula atau makanan lainnya. Karena kalau dicampur dengan susu formula bisa saja air yang digunakan tidak bersih sehingga memicu terjadinya infeksi usus pada bayi. Jika kondisi ini terjadi maka bayi akan lebih rentan tertular HIV.

    "Kalau diberikan ASI, maka ASI saja tok jangan digabung (mix) dengan yang lain serta tetap melakukan konseling," ungkap Dr Fonny.

    Penggunaan jangka panjang dari obat ARV ini diketahui bisa mengurangi risiko penularan HIV dari ibu ke anak, karena obat ini akan menekan jumlah virus yang ada di dalam tubuh ibu. Selain itu tetap lakukan edukasi pada masyarakat untuk menghindari hal-hal yang bisa meningkatkan risiko terkena HIV.
    :panik:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. biMzSemarang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2 / -0
    waa,nakutin..

    moga aja istri gw nanti gag kena HIV :hero::hero:
     
  4. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,237 / -0
    Justru permasalahan di lapangan yg gw lihat, ibu2 nggak tau dirinya HIV positif.
    Jadi mereka tetap hamil dan melahirkan seperti biasa, yang mengakibatkan anaknya ketularan.
     
  5. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,384 / -0
    bener bgt kk :top:

    yg mau hamil jgn coba2 narkoba dan s*ks bebas
     
  6. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    kesian para wanita apalagi ibu rumah tangga
    kalau mereka kena HIV apalagi ga tau
    akibat bapak bapak yang doyan jajan di luar
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.