1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Perbedaan

Discussion in 'CurHat' started by ichayanami, Apr 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    ketika perbedaan menjadi masalah?
    ketika perbedaan menjadi halangan?
    ketika perbedaan menjadi pemecah?
    ketika perbedaan tdk bisa disatukan?

    apa yang harus dilakukan?


    kl dari kata2 di film cinTa... untuk itulah Tuhan ciptakan CINTA biar yg beda2 bisa jadi satu...
    tp bukankah cinta tdk bisa disatukan jika berbeda....?

    ada juga yg bilang berbeda bisa memberikan warna...
    tp realitanya perbedaan selalu menimbulkan ketegangan...

    ketika kita terlalu merasa apa yang kita pikirkan adalah yang paling benar, sehingga kita tdk mau menerima perbedaan?
    apa gunanya perbedaan itu ada?
    ketika kita terlalu merasa apa yg kita yakini adalah yg paling benar...apa gunanya toleransi yang selama ini diajarkan?

    apakah perbedaan akan selalu menjadi bumerang antara sesama manusia?
    apakah perbedaan akan selalu menjadi alasan untuk menganggap org lain tidak pantas untuk dipandang?

    tidak bisakah kita merubah mindset kita dan merubah pandangan terhadap satu perbedaan?
    sampai kapan kita tdk mau menerima hal2 yang berbeda hanya krn tdk sesuai dgn prinsip dan pikiran kita?
    bukannya sudah banyak realita menyedihkan yg terjadi hanya krn mindset kita ttg perbedaan yg terlalu sempit...
    kenapa kita tidak menjadikan realita itu sbg pelajaran...???

    seandainya kita memandang perbedaan itu dr segala aspek, kita pasti akan banyak mendapatkan pelajaran yg berharga...
    seandainya kita menerima perbedaan sbg warna dalam hidup, maka tdk akan ada lagi konflik yg terjadi...

    terinspirasi dari curhatan teman
     
    Last edited: Apr 15, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    seperti pernah denger kata2 yg ada
    ehh ternyata dari film cin(t)a.
    Agak rancu juga ini film :gigits: Tp okelah sebagai karya bangsa. :top:

    IMO tentang bagaimana perbedaan itu hadir dan kenapa manusia susah sekali menerima perbedaan. Menurut sy simple saja, kalau di deskripsikan satu kata sebab perbedaan ditolak ialaha ego. Yup karena ego lah manusia tidak menerima perbedaan.
    Coba saja bayangakn bila semua sama (tidak ada perbedaan) pastilah tidak ada ego karena tidak ada yg dikepentingkan.
    Namun berhubung adanya ego, tentu manusia memikirkan dirinya terlebih dahulu ketimbang apa yg ada di luar sana.
     
  4. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    ane setuju gan...
    ego emang memiliki peran sangat penting...
    dan ketika ego diikuti, org terdekat pun bisa jd musuh...
    kepentingan sendiripun emang selalu dijadikan yg paling utama...
    tp ane miris aja liat banyaknya realita yg terjadi krn alasan perbedaan...
     
  5. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Pembahasan ini agak berat sebenarnya,
    namun coba sy komen dengan pendapat pribadi ya :hmm:

    Kita lihat dari sejarah sebentar ya , beberapa ratus tahun lalu banyak perang terjadi karena ketamakan manusia.
    Salah satu contoh adalah Adolf Hilter yg menganggap ras-nya lah yg paling superior dan sempurna. Atau penindasan apartheid di afrika.
    di benua lainnya suku aborigin dan indian yg terusik keberadaanya oleh pendatang baru dari eropa.
    Semua itu jelas terjadi karena manusia.

    Dari sejarah di atas terlihat ego -> perang -> korban -> dendam -> perang -> korban -> dendam -> korban -> dendam -> korban -> dendam -> dst.
    bisa disimpulkan kalau lingkaran setan kebencian datang awal mula dari perbedaan dan ego.

    Namun bukan berarti perbedaan selalu menghasilkan yg buruk. Contoh seperti yg TS kemukakan di awal, perbedaan dapat menghasilkan sesuatu yg indah seperti warna yg berwarna-warni hingga adanya pelangi.
    Pendidikan, cinta, dan agama mungkin bisa menekan ego dan perbedaan. karena pada dasarnya ketiga ini mengajarkan manusia tuk mengkontrol egonya. Tanpa ketiga ini maka manusia tak dapat berpikir dengan akal sehatnya hingga tak bedanya dengan Singa atau predator lainnya yg ingin berkuasa di segala penjuru.
     
  6. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    iya sich gan...
    kl mau bahas tentang perbedaan agak berat...

    kl mau lihat dr sejarah banyak bgt kan peristiwa2 yg terjadi krn adanya perbedaan (seperti yg agan jelaskan diatas)
    tp nggak jarang loh gan peristiwa yang terjadi krn cinta dan agama (bukan bermaksud sara tp udah fakta)
    dan org yg berpendidikan pun bs jadi nggak bs ngontrol diri krn ngikutin ego dan pada akhirnya bertingkah laku kyk org yg nggak punya pendidikan.

    emang kl ego yg udah jln, org pasti nggak akan bs mengontrol dirinya sendiri...
     
  7. neoroby M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    1,140
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +18,042 / -0
    kalo menurut gw, tiap orang punya batasan-batasan sendiri dalam menerima perbedaan. Reaksi terhadap perbedaan pun gak selalu sama, ada yang menerima dan ada yang menolak. tergantung dari prinsip masing-masing..

    Perbedaan akan diterima oleh orang yang liberal selama itu tidak mengusik/mengganggu prinsip dan keyakinannya. tapi ada beberapa orang langsung menolak sebuah perbedaan walaupun perbedaan itu tidak mengusiknya sama sekali, biasanya yang kayak gitu disebut fanatisme.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. sieghtz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 4, 2010
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    setujuh bngt gan..
    satu satunya aspek yg bisa menembus semua tembok ke egosian.,perbedaan dll adalah cinta..
    dia yg dapat nyatuin kita dari segala perbedaan..
    dia juga yg bikin kita bisa saling berbagi..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. witsywatsy Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    337
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +21 / -0
    perbedaan adalah pemberi warna untuk kehidupan, supaya ga terlalu monoton
    bukan dijadikan alasan untuk permusuhan
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. Gumarapus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 19, 2010
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22 / -0
    setuju....perbedan juga membuat kita belajar dari sudut pandang perbedaan itu sendiri...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. tokidoki11 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    1,134
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +824 / -0
    nice words:top:
    tapi gw yakin di dalam perbedaan pasti ada yang indah:yahoo:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  12. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    :makasih-g:atas postnya agan2 semua
    dan ane setuju bgt ma semuanya...:top:
    emang kalau perbedaan bs diterima dgn pikiran terbuka maka tdk akan ada konflik yg muncul...
    so kl menurut ane, jgn memandang sesuatu dr sudut pandang kita sendiri tp juga dr sudut pandang yang berbeda...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.