1. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  2. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  3. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!

Perbedaan Gaya Kepemimpinan Bill Gates Microsoft dan Steve Jobs Apple

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by finansialku_com, Apr 4, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Bagaimanakah perbedaan gaya kepemimpinan Bill Gates pendiri Microsoft dan gaya kepemimpinan Steve Jobs pendiri Apple? Inspirasi dari setiap pemimpin dapat menjadi suatu pembelajaran bagi kita. Berikut ini pemaparannya yang akan disajikan oleh tim Finansialku.

    [​IMG]

    Bill Gates & Steve Jobs

    Nama mereka memang sudah tidak asing lagi terutama di dunia bisnis. Siapa yang tak kenal dengan Steve Jobs sang pendiri Apple dan Bill Gates, penemu Microsoft. Nama mereka dikenal sebagai pemimpin besar dalam dunia bisnis, teknologi dan telekomunikasi. Sebagai para pemimpin, mereka memiliki tipe dan ciri khas tersendiri dalam memimpin perusahaan yang mereka dirikan. Keduanya menjadi pebisnis yang berhasil mengembangkan lebih dari 500 perusahaan melalui dedikasi dan kerja keras mereka selama ini.

    [​IMG]

    Perbedaan Gaya Kepemimpinan

    Bill Gates cenderung memiliki gaya kepemimpinan yang partisipatif. Dia percaya bahwa dalam memajukan perusahaan yang dia pimpin, diperlukan masukan-masukan dari para pekerja, karyawan dan orang-orang yang bekerja sama dengannya walaupun mereka sebagai bawahan. Dibalik kesuksesan Perusahaan Microsoft terdapat antusiasme dan semangat kerja keras dari seorang Bill Gates yang memotori dan menggerakkan bisnis perusahaan mega tersebut. Dia mengerti bahwa dalam suatu bisnis diperlukan adaptasi terhadap berbagai kondisi naik turun dan perubahan-perubahan yang terjadi seiring dengan langkah menuju kesuksesan.

    Dengan gaya kepemimpinannya, Bill Gates telah menciptakan sebuah perusahaan yang mampu bertahan menghadapi berbagai terpaan badai dengan tetap memancarkan sinar kesuksesan dan berdiri kokoh. Melalui setiap proses yang dilalui, Bill Gates mampu mengembangkan perusahaan yang dapat mendayagunakan setiap kemampuan dari para anggota perusahaannya semaksimal mungkin.

    [​IMG]

    Bill Gates vs Steve Jobs

    Perbedaan yang mencolok dari gaya kepemimpinan Bill Gates dengan Steve Jobs adalah Bill Gates tidak sekreatif Steve Jobs. Bill Gates tidak membagikan passion-nya dalam pengembangan usaha melalui ide-idenya sendiri. Malah ia lebih mendayagunakan setiap ide-ide dan berbagai saran dari para anggota timnya untuk menghasilkan beberapa perubahan-perubahan besar dalam dunia gamer saat ini. Namun demikian, ia tetap seorang yang jenius.

    Bill Gates memiliki seperangkat keahlian yang unik. Dia mampu memvisualisasikan tujuan serta mimpinya dan terus maju melalui setiap proses yang ia jalani untuk membuat setiap mimpinya tersebut menjadi kenyataan. Mimpinya agar dunia memiliki sebuah komputer dalam setiap kebutuhan rumah tangga menambah suatu daya tarik tersendiri.

    Steve Jobs Leadership Style

    Lain halnya dengan gaya dan ciri khas kepemimpinan dari seorang pendiri Apple, Steve Jobs. Seorang pemimpin dengan gaya otokrasi, otoriter, yang tidak menerima sedikitpun masukan dari para anggota perusahaannya. Seorang pemimpin yang memainkan perannya sebagai pencetus segala keputusan melalui setiap ide-idenya sendiri. Walaupun kelihatannya gaya kepemimpinan yang satu ini cukup keras, namun dengan cara demikian seorang Steve Jobs mampu membuka jendela kesuksesannya bagi perusahaan yang ia dirikan.

    [​IMG]

    Melalui setiap ide-idenya yang inovatif, Steve Jobs mampu menciptakan perusahaan teknologi yang sukses dan dikenal oleh dunia. Walaupun pada kenyataannya gaya kepemimpinan seorang Steve Jobs dianggap agak sombong menurut beberapa kalangan, namun dedikasi yang tinggi untuk berinovasi telah memberikan tidak hanya berbagai keuntungan bagi perusahaannya, Apple, tetapi juga mendatangkan keuntungan-keuntungan bagi para konsumen di seluruh dunia.

    Steve Jobs mengerti akan pentingnya mengambil setiap risiko dan bahkan berbagai risiko besar yang harus ditanggung oleh seorang pemimpin besar. Dalam perjalanan kariernya sebagai seorang pemimpin besar, ia melakukan berbagai kesalahan, namun ia tetap belajar dari setiap kesalahan yang ia buat serta mampu berkembang dengan segala macam kemungkinan untuk meraih kesuksesan.

    [​IMG]

    Antara Steve Jobs dengan Bill Gates

    Tidak seperti Bill Gates sang pendiri Microsoft, Steve Jobs tidak mengerti akan perlunya kerja sama dalam sebuah tim. Dia lebih banyak menuntut para pekerjanya dengan tipe kepemimpinan diktator. Walaupun gaya kepemimpinannya cukup sulit untuk diikuti oleh orang-orang yang bekerja dengannya, mereka cukup efektif bekerja untuk kesuksesan Perusahaan Apple.

    Steve Jobs memiliki pola pikir yang kreatif. Dia berkeinginan untuk mengembangkan produknya. Sebuah kutipan yang pernah ia lontarkan adalah, “Orang-orang tidak akan tahu apa yang mereka mau hingga Anda menunjukkan kepada mereka apa yang mereka mau.” Melalui pemikiran inilah, Steve Jobs menciptakan berbagai produk yang dibutuhkan oleh para konsumennya.

    Steve Jobs memiliki kemampuan untuk mengenal setiap keahlian para pekerjanya, cukup berbeda dengan Bill Gates. Dia adalah seorang motivator yang handal. Dia memiliki kemampuan untuk menarik perhatian orang agar tertarik kepada sesuatu. Dia menciptakan suasana kerja melalui pikiran-pikiran positif dan inovatif.

    [​IMG]

    Keunikan & Kesamaan dari Gaya Kepemimpinan Mereka

    Ketika membandingkan kedua gaya kepemimpinan dari Bill Gates dan Steve Jobs, mereka memiliki gaya kepemimpinan dan ciri khas yang sangat berbeda satu sama lain. Kedua gaya kepemimpinan tersebut memberikan sumbangsih akan gaya kepemimpinan yang mampu menghasilkan berbagai produk yang berhasil dipasarkan di seluruh dunia. Setiap gaya kepemimpinan memiliki perbedaan masing-masing, namun satu hal yang sama adalah semangat dan dedikasi untuk berinovasi bagi dunia dan teknologi komputerisasi.

    Ketika seorang Steve Jobs dengan gaya kepemimpinannya yang otoriter, dia tetaplah seorang yang jenius dengan setiap inovasinya. Melalui berbagai proses, Steve Jobs belajar dari setiap kesalahan yang ia lakukan untuk terus maju. Melalui proses tersebut, Apple mampu menjadi perusahaan yang sukses dalam bidang teknologi telepon genggam dan komputer. Bill Gates dan Steve Jobs sebagai pemimpin besar mampu mengerti akan kebutuhan dari umat manusia dan mampu mewujudkannya. Hal ini merupakan langkah yang paling penting bagi para pemimpin, yaitu memiliki kemampuan untuk mengenal setiap kebutuhan dan merealisasikannya.


    Apakah Anda seorang pemimpin? Bagaimanakah gaya kepemimpinan Anda? Bagikan pengalaman kepemimpinan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk menginformasikan setiap artikel Finansialku kepada kenalan Anda. Terima kasih!


    Sumber:
    Perbedaan Gaya Kepemimpinan Bill Gates Microsoft dan Steve Jobs Apple

    Baca Juga:
    7 Gaya Kepemimpinan Sir Alex Ferguson yang Harus Ditiru Pebisnis UKM
    Para Entrepreneur, Bagaimana Kepemimpinan Seorang Wirausaha?
    Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Berwibawa dan Disenangi Bawahan?
    Definisi Manajemen dan Definisi Kepemimpinan adalah
    Pelajaran Kepemimpinan dari BossMan untuk Pebisnis UMKM


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.