1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by mandrakes, Nov 28, 2017.

  1. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    793
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,605 / -3
    Gatal di selangkangan atau yang disebut juga tinea cruris, biasanya disebabkan oleh infeksi jamur tinea. Jamur ini tumbuh subur di daerah tubuh yang hangat dan lembap, misalnya di lipatan paha bagian dalam (selangkangan), alat kelamin, dan bokong. Keluhan ini sering terjadi pada orang yang banyak berkeringat, sering memakai celana ketat, memiliki penyakit tertentu seperti diabetes atau melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan pada penderita obesitas. Pria dikatakan lebih sering mengalami gejala ini tetapi wanita juga bisa mengalaminya. Jika terdapat keluhan Anda membutuhkan obat gatal di selangkangan yang tepat untuk mengatasinya.

    [​IMG]

    Gatal di selangkangan bisa menular dari satu orang ke orang lain, dan sangat mudah menyebar. Bisa melalui kontak langsung dari kulit ke kulit, karena menggunakan pakaian atau handuk yang sama dengan penderita infeksi jamur, atau bisa juga karena kita sudah menderita infeksi jamur lain di kuku atau kurap kaki.

    Selain gatal, jamur tinea juga bisa menyebabkan ruam merah berbentuk lingkaran seperti cincin, pada tepi ruam dapat terbentuk lepuhan dan lesi yang tampak lebih aktif dibandingkan bagian tengah ruam. Selain itu, jamur tinea juga bisa menyebabkan sensasi perih atau gatal, dan kulit mengelupas di area yang terinfeksi. Infeksi ini lebih sering muncul pada saat musim panas atau di daerah yang hangat, lembap, dan berawan seperti di daerah beriklim tropis termasuk Indonesia.

    Beberapa penyakit lain yang juga dapat menyebabkan gatal di selangkangan yaitu: kutu kemaluan atau pedikulosis pubis, psoriasis inversa (salah satu variasi dari penyakit psoriasis yang mengenai daerah lipatan tubuh), dermatitis intertriginosa (kondisi iritasi pada kulit di daerah lipatan tubuh akibat panas, gesekan berulang dalam jangka panjang, atau kontak dengan bahan iritan tertentu), atau eksim pada daerah lipatan kulit seperti lipat ketiak, lipatan siku, lipatan di belakang lutut, dan lipatan paha.

    Gejala eksim di lipatan kulit dapat berupa rasa gatal atau nyeri, sensasi seperti terbakar pada kulit di area lipatan tubuh disertai ruam dan bentol kemerahan. Lesi kulit ini dapat berkembang menjadi luka terbuka, kerak, atau koreng jika sering digaruk atau karena infeksi sekunder. Psoriasis inversa berbeda pada psoriasis pada umumnya yang bergejala kulit kering dan mengelupas. Pada penyakit ini, kulit akan tampak kemerahan, mengkilat, dan licin serta lembap. Kulit yang mengalami radang ini akan terasa gatal atau nyeri seperti iritasi. Kondisi radang yang disertai lembap pada lipatan kulit ini juga dapat memicu infeksi jamur sekunder.

    Apa sih penyebab gatal di area intim tersebut?
    1. Kurang menjaga kebersihan area intim
    2. Tidak membasuh pakai air sabun setelah selesai berhubungan intim
    3. Berenang di kolam renang yang kurang terjaga kebersihannya
    4. Basah kuyup karena kehujanan
    5. kutu kemaluan atau Phthirus pubis
    6. Gejala awal dari diabetes (penyakit gula)
    7. Infeksi Jamur
    8. Intertrigo Merupakan peradangan pada kulit (dermatitis) yang hanya mempengaruhi lipatan kulit. Hal ini terjadi ketika kulit teriritasi oleh gesekan antar kulit atau dengan pakaian
    9. Karena mencukur habis bulu kemaluan
    10. Jarang mengganti celana dalam
    11. bertukar handuk / celana dalam dengan orang lain
    [​IMG]
    Bagaimana menyembuhkannya?

    Pengobatan keluhan gatal di selangkangan disesuaikan dengan penyebabnya. Obat gatal di selangkangan yang ringan tersedia dalam berbagi jenis, mulai dari obat salep, krim, atau bedak antijamur untuk tinea cruris yang dijual bebas di apotek atau toko obat terdekat. Obatnya yaitu miconazole, naftifine, clotrimazole, ketoconazole, atau oxiconazole. Cara menggunakan salep atau krim antijamur pada ruam yaitu bersihkan dan keringkan kulit, oleskan obat pada lesi hingga 1-2 cm melebihi tepi lesi terutama pada lesi ruam yang terdapat lepuhan. Penggunaan obat kortikosteroid pada infeksi jamur kulit perlu dikonsultasikan dengan dokter.

    Berbeda dengan pengobatan infeksi jamur di selangkangan, apabila gatal di selangkangan disebabkan oleh eksim pada lipatan kulit atau psoriasis inversa, maka obat salep yang diberikan adalah salep kortikosteroid. Hal ini karena kedua penyakit tersebut disebabkan oleh kondisi inflamasi sehingga menyebabkan keluhan pada kulit di selangkangan dan diobati dengan obat anti-inflamasi kortikosteroid. Jika terdapat tanda infeksi sekunder karena bakteri atau jamur, dokter dapat memberikan salep antibiotik atau antijamur sesuai penyebab.

    Untuk membasmi kutu kemaluan yang menyebabkan gatal di selangkangan, dokter akan memberikan obat salep antikutu yang dioleskan di seluruh tubuh, terutama di daerah berambut dan dibiarkan semalaman atau sesuai anjuran dokter. Jangan oleskan obat antikutu pada mukosa mata, bibir, atau kemaluan karena akan menyebabkan iritasi. Kutu kemaluan dapat menular pada orang lain, jadi hindari kontak fisik berlebih untuk mencegah penularan.

    Obat gatal di selangkangan karena infeksi jamur ini dipercaya bisa menyembuhkan gatal dalam waktu 2-4 minggu pemakaian. Namun, meski bisa sembuh dengan cepat (kurang dari dua minggu), disarankan untuk terus menggunakan obat tersebut selama satu sampai dua minggu. Pada penderita kondisi tertentu yang mengeluhkan gatal di selangkangan seperti pada penderita diabetes atau obesitas, gula darah dan berat badan perlu dikontrol untuk menunjang penyembuhan pada kulit. Untuk penggunaan antikutu, jika kutu masih sulit dibasmi atau keluhan menetap setelah penggunaan obat salep antikutu sebanyak dua kali, Anda disarankan untuk kembali berkonsultasi ke dokter.

    Nah, jika infeksi gatalnya menyebar luas, sulit diobati, atau menimbulkan radang, ada obat gatal di selangkangan yang lebih kuat, yaitu itrakonazol atau terbinafine. Tentunya sebelum menggunakan obat gatal tersebut disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ahli kulit guna mendapatkan pengobatan yang tepat. Dan obat itu harus dibeli menggunakan resep dokter.

    Selain menggunakan obat, ada juga perawatan sederhana tambahan yang harus dilakukan guna meredakan atau menghilangkan gatal di selangkangan, yaitu:

    • Bersihkan area selangkangan yang gatal dengan sabun dan air, setidaknya 2-3 kali sehari. Kemudian keringkan dengan handuk bersih. Pilih sabun yang tidak mengandung bahan iritan.
    • Jangan gunakan handuk yang sama untuk mengeringkan bagian tubuh yang lain.
    • Ganti pakaian, terutama celana dalam, setiap hari.
    • Jaga agar kulit di area selangkangan, alias pangkal paha, tetap bersih dan kering.
    • Pakailah pakaian yang longgar, jangan yang mudah menggesek dan menyentuh daerah yang terinfeksi.
    • Disarankan untuk menggunakan pakaian, terutama celana dalam, yang terbuat dari katun 100%.
    • Jangan menggunakan deterjen yang kuat, pelembut pakaian, atau pemutih pakaian untuk mencegah iritasi yang dapat memperberat keluhan gatal.
    • Jika area selangkangan yang gatal berkeringat, segera keringkan.
    • Jika ada infeksi bakteri lain, segera obati. Tanda infeksi bakteri yaitu jika tumbuh bisul bernanah, kulit bengkak dan nyeri, atau terdapat ruam yang berkerak karena nanah yang mengering pada kulit.
    • Jangan menggaruk ruam karena jamur dapat berpindah ke bagian tubuh lain. Garukan pada lesi juga dapat menyebabkan luka sehingga gatal menjadi sulit sembuh dan berisiko menimbulkan infeksi sekunder.
    • Pakai bedak anti gatal seperti herocyn, purol atau salicyl untuk mengurangi rasa gatal
    • Pakai obat anti germ seperti daktarin, fungiderm atau obat anti jamur lainnya secara rutin 2x sehari pagi dan malam hari terus menerus selama 2 minggu jika masih gatal segera konsultasikan dengan dokter kulit terdekat di kota anda
    Pengobatan infeksi jamur memang memerlukan waktu dan kesabaran, kondisi ini seringkali membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mereda. Jika obat gatal di selangkangan sudah dipakai selama dua minggu, namun tanda-tanda kesembuhan tidak juga muncul, keluhan semakin berat, atau jika terdapat komplikasi seperti warna kulit menjadi lebih gelap atau lebih terang dari warna kulit normal, atau terdapat infeksi sekunder akibat bakteri, Anda perlu segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Lakukan hal yang sama jika ruam gatal datang kembali beberapa minggu setelah pengobatan. Hal ini juga berlaku pada penyakit lain yang dapat menyebabkan gatal di selangkangan.

    Dalam memakai obat gatal lain di selangkangan, ikutilah cara penggunaan obat dan saran untuk mengatasi gejala sesuai anjuran dokter. Pada keluhan gatal di selangkangan karena kutu kemaluan atau eksim, hindarilah faktor risiko atau kebiasaan yang dapat memicu munculnya gejala tersebut.

    Disadur dari alodokter, mediskus
     
    Last edited: Nov 28, 2017
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. general_riou Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Kebanyakan pasien mengeluhkan biasanya gatal selalu berulang,
    Maka disebutkan di atas pengobatan sebaiknya dilakukan minimal 2 minggu
     
  4. Ryuzaki201 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2013
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +29 / -1
    Ane pernah nih gan, sampe ke dokter dan dikasih obat salep.

    Intinya sih jaga kebersihan dan selalu perhatikan kalau abis mandi lap dengan anduk sampe kering
    Jadi tidak tumbuh jamur
     
  5. sfidn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    di forum-forum olahraga dan forum fitnes di sana, ane pernah baca ada jenis olahraga yang membuat olahragawan tersebut tidak betah dan sakit kalau menggunakan celana dalam, nah itu gimana gan? masih aman kah?
     
  6. pakusari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    sama nih, ane juga dulu cuma dikasih obat jamur doang ama dokter
     
  7. Cephalosporin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 12, 2013
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Intinya jaga kebersihan dan keringkan daerah tersebut sehingga kondisi tidak lembab jadi tidak kondusif untuk perkembangan fungi. Namun untuk pasien penderita diabetes, atau immunocompromised, pertumbuhan fungi ini menjadi gampang terjadi sehingga pengobatan penyakit yang mendasarinya menjadi sangat penting.
     
  8. TaufikHidayat19 Members

    Offline

    Joined:
    Jul 9, 2019
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Intinya sih jaga kebersihan dan selalu perhatikan kalau abis mandi lap dengan anduk sampe kering
    Jadi tidak tumbuh jamur
     
  9. njepat21 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    itu sejenis panu kadas kurap yah gan ?
    bisa membekas
     
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.