1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sharing Pentingnya Sebuah Integritas

Discussion in 'Career Talks' started by ramaricarica, Jul 20, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ramaricarica Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 7, 2013
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +21 / -0
    Cerita ini gue dapet dari suatu blog. Di mana di situ diceritakan ada satu karyawan yang disuruh untuk membuat laporan palsu di tempatnya bekerja. Atasannya meminta dia untuk membuat laporan palsu untuk klien mereka. Atasannya beralasan hal itu untuk menyelamatkan reputasi perusahaan dan menjaga agar klien mereka tidak tahu bahwa sebenarnya perusahaan telah menggelembungkan proyeknya.

    Atasannya berpesan agar karyawannya ini membuat versi cerita yang lain dari laporan sebenarnya, karena jika kliennya tahu apa yang sebenarnya terjadi, hal itu dapat merugikan perusahaan. Hmm…versi cerita yang lain sama saja artinya dengan berbohong.

    Selama beberapa jam, karyawan tersebut batinnya berperang antara mengikuti pesan atasan atau mengikuti hati nuraninya. Satu jam sebelum pertemuan dengan klen, akhirnya karyawan tersebut membuat keputusan. Ia menelpon atasannya dan mengatakan bahwa ia tidak dapt berbohong kepada klien, dan bahwa harus ada solusi, lebih baik jujur dalam mengatasi masalah tersebut. Yah, pada akhirnya karyawan tersebut dipecat dengan dalih dia dinggap tidak cocok dengan budaya perusahaan.

    Buat gue, apa yang dilakukan karyawan ini sudah tepat. Apa ada di antara lo semua yang mengalami pengalaman serupa? Di mana kita harus membuat sebuah keputusan yang bertentangan dengan hati nurani kita, dan hal ini nantinya akan menentukan siapa diri kita dan apa yang kita yakini.

    Dilema banget yah ketika kita berada di persimpangan di mana kita harus memilih antara godaan melakukan penyimpangan demi “keuntungan” atau melakukan hal yang benar. Ingat loh, keputusan kita meski berupa tindakan terkecil sekalipun dapat berdampak pada integritas.

    Kalau kamu punya cerita yang serupa atau ada cerita menarik yang terjadi di kantormu atau apa yang lo alami selama kerja, share yuk. Berbagi pengalaman tentang dunia kerja itu menyenangkan loh, dan kasih tips juga gimana saat lo ngalamin kejadian itu. Daripada disimpen sendiri ya gak?

    sumber cerita
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.