1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Education Pentingkah akreditasi univ buat dokter? (anyone, dokter/calon, please help me)

Discussion in 'CurHat' started by chocoChick, Sep 28, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. chocoChick Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    169
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +63 / -0
    :toa: big bro, big sis, terutama yang calon dokter, ko-as, dokter, anyone who knows
    tolong dibantu yaa

    aye pengen masuk FK tapi masih bingung mau dimana soalny banyak univ yg menawarkan segala fasilitas, harga, juga kepopuleranny..
    nih salah 2 nya tapi aye ga brani sebut merk

    univ. A
    - akreditasi A
    - akreditasinya bagus -> saingan kuliah berat :(
    - kalo lewat PMDK, uang masuknya 125jt (paling murah)
    - lolosnya lebih gampang soalnya ga ada USM

    univ. B
    - akreditasi B
    - mungkin saingan kuliah lebi ringan -> beasiswa per sem (AMIN) lebi gampang
    - fasilitas (katanya) jauh lebi bagus tapi biaya pasti lebih mahal
    - kalo lulus seleksi PMB program beasiswa, uang masuknya 60jt (paling murah)
    - masih ada USM n interviu
    - biaya semesteran juga lebi mahal drpd B

    aye sih ngilerr banget ama univ. B (60jt doang!)..
    tapiii, andaikan aye lolos di A (125jt) n lolos jg di B (anggep 150jt, ga dapet yg 60jt) gimana ya? kebetulan tgl pengumumannya ga jauh2 amat..

    haruskah A yg akreditasinya lebi bagus?
    or B yg fasilitasnya lebi bagus?

    the point is....
    pentingkah akreditasi univ di dunia kerja buat dokter? terutama kalo kerja sama orang (bukan praktek sendiri) :bingung:

    bro sis yg punya pengalaman ama FK or univ lain feel free to share :unyil:

    NB:
    mgkn aye agak lebay, soalnya USMnya belom mulai,.. tapi berhubung pas hari ujian bentrok sama 1 acara yg aye pengeeen buanget, jd dilema... ==
    so pengen yakinin diri dulu sblm ujian.. :D
     
    Last edited: Sep 29, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    Yang lebih penting sebenarnya koneksi dan siapa yg brader kenal sepanjang pendidikan dokter.
    Kecuali univnya enggak berakreditasi sama sekali, baru deh ngaruh banget...
    Kalo hanya A atau B, ingat akreditasi bisa berubah; bahkan di tengah masa pendidikan kita pun akreditasi bisa naik atau bisa turun...
    Jadi kalo memang sanggup masuk yang B saja, tidak masalah deh gw rasa.
     
    • Thanks Thanks x 3
  4. winter_winds M V U

    Offline

    Mainlander

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    18,690
    Trophy Points:
    247
    Ratings:
    +47,270 / -298
    yup apalagi kalo sebelum nya dah punya koneksi sesorang yg berada di bidang medis....:hoho:

    akan mempermudah kita kalo dah lulus nanti....:haha:
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. kurokamui M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 19, 2011
    Messages:
    600
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +253 / -0
    kalo dari pendapat ane pribadi. mending masuk yang fasilitasnya paling lengkap. biar bisa membiasakan diri dulu ama alat2nya dan menggunakan dengan baik. soalnya nantinya pengalaman pasti lebih berguna. coba kalo nanti tes wawancara ditanya "bisa pake ini? udah terbiasa pake itu? bisa mengoperasikan ini?" kita cuman ngegeleng... didepak lah kau.

    masalah akreditas, sebetulnya ga terlalu penting, asal ga masuk kelas C kebawah sih aman2 aja buat nyari kerja.

    akhir kata, pilihlah universitas yang ga akan membuat kamu menyesal memilihnya nantinya... soalnya ujung2nya juga tergantung sama dosennya kan. kalo akreditas bagus, dosennya pinter, tapi ga bisa ngajar alias pinter buat sendiri doang... ya repot urusan.
     
    • Thanks Thanks x 2
  6. winter_winds M V U

    Offline

    Mainlander

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    18,690
    Trophy Points:
    247
    Ratings:
    +47,270 / -298
    bener banget nehh ....banyak banget yang kayak gitu....:keringat:

    termasuk gw juga kayak gitu :malu:

    paling ga bisa kalo suruh ngajarin orang lain :haha:
     
  7. boyzvidz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    menurut saya jarang ada yang menanyakan kpd dokter,,,anda lulusan mana????

    jd mgkn tidak penting menurut selama anda memberikan pelayanan yg cukup baik dan berkualitas nantinya
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. chocoChick Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    169
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +63 / -0
    stujuu

    yup.. koneksi, fasilitas, ujung2nya balik k pemilihan univ yg tepat..
    nah ini nih! yg paling beban :keringat:


    klo praktek siy emg jarang y ditanya pasien kuliah dmana.. cuma klo ngelamar kerja sama RS gitu, mgkn ga siy univ yg bagoes punya poin lebi?
     
  9. k1bo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 7, 2011
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    131
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +922 / -0
    setuju. yang penting mah fasilitasnya, klo ada koneksi/kenalan lebih bagus. dosennya juga,, percuma dosen jenius, tapi ga pinter ngajar. yang paling penting jangan nyesel klo milih univ.:elegan:
     
  10. cuilanseng12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 23, 2012
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +11 / -0
    ya saya sih bukan calon ataupun dokter tapi rasanya kl universitas bidang kedokteran akreditasi pentih deh rasanya gan,soalnya kan ilmu kedokteran kita dapet waktu kuliah juga

    Beda halnya dengan ekonomi kl itu dikit dapet nya di sekolah bnyk nya dapet di lapangan(kerja langsung gt maksudnya)
     
  11. priezt Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,044
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +27,188 / -0
    sementara kasus dianggap solved yaa. locked dulu ^^

    :ogbye:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.