1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Penjelasan Lengkap Mengenai Surat Pernyataan

Discussion in 'Micro Business Talks' started by sofyan17, Dec 26, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. sofyan17 Members

    Offline

    Joined:
    Dec 17, 2015
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Pengertian Surat Pernyataan

    Surat pernyataan merupakan surat yang dibuat oleh seseorang yang berisi mengenai pernyataan dirinya ataupun orang laun bahwa yang bersangkutan pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu. Namun begitu, ada juga pengertain lainnya, yakni surat pernyataan itu adalah surat yang menerangkan kesanggupan/kesediaan seseorang/kelompok/instansi untuk bertanggung jawab atas segala apapun yang ada dalam surat tersebut.

    Surat pernyataan ini bisa sah dimata hukum jika ditulis diatas kertas yang dibubuhi tanda tangan di atas materai. Oleh karena itu, perlu adanya kehati-hatian dalam membuat surat pernyataan ini, karena hal ini menyangkut aspek hukum.

    Jika di kehidupan sehari-hari, surat pernyataan ini sering dibuat oleh seseorang untuk hal-hal urusan penting seperti melamar pekerjaan, melanjutkan pendidikan atau keperluan khusus yang memang memerlukan surat pernyataan.

    Misalnya dalam urusan dinas, contoh surat pernyataan nya adalah seorang pimpinan sering membuat surat pernyataan yang isinya tersebut menjelaskan mengenai bawahan atau anak buahnya. Adapun surat pernyataan dinas ini memiliki fungsi, bentuk, serta penyusunan yang hampir sama dengan surat keterangan.

    Selain itu, tidak jarang sebuah perusahaan yang sedang menyeleksi pegawai baru meminta para calon pegawainya untuk membuat sebuah surat pernyataan. Untuk hal ini, sebaiknya perusahaan tersebut sudah mempersiapkan blangko surat yang nantinya akan diisi oleh para peserta tes sebagai salah satu persyaratan. Perlu kamu ketahui, pembuatan surat pernyataan dalam bentuk blangko ini bisa memudahkan pihak perusahaan dalam melakukan seleksi karena bentuk surat yang masuk semuanya sama.

    Bentuk dan Penyusunan Surat Pernyataan Pribadi


    Surat pernyataan pribadi memili bentuk yang begitu sederhana. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk setengah balok atau juga dalam bentuk resmi. Walaupun termasuk surat pribadi, sebaiknya pihak yang menerima surat ini membuatkan blangko.

    Adapun surat pernyataan yang berbentuk blanko atau formulir memiliki fungsi untuk memudahkan mengecek isinya, karena isi dari pernyataan ini sudah langsung diketik atau dicetak. Selain itu, pihak pribadi yang mengisi pun hanya perlu melengkapi bagian-bagian data pribadi saja.

    Untuk susunannya sendiri, surat pernyataan dibagi menjadi tiga bagian utama, antara lain sebagai berikut:

    a. Nama surat pernyataan, umumnyais di tengah-tengah dengan huruf kapital semua atau ditulis centering.

    b. Isi pernyataan, berisi mengenai:

    1) identitas pihak yang menyatakan
    2) isi pernyataan mengenai kesungguhan dalam menyatakan bahwa hal yang ditulis adalah benar adanya.
    3) identitas pihak yang menyatakan jika surat pernyataan itu dibuat oleh pihak lain.

    c. Penutup pernyataan, berisi mengenai

    1) tempat dan tanggal dibuatnya surat,
    2) identitas yang membuat surat

    a) nama terang,

    b) tanda tangan

    c) keterangan lain (NIP, dan sebagainya).


    Cara Membuat Surat Pernyataan

    Surat pernyataan biasanya dibuat dengan memakai kertas HVS tanpa menggunakan kop surat. Selain itu surat ini harus ditandatangani oleh yang membuat di atas materai sebagai bukti bahwa surat pernyataan ini adalah resmi dan sah di mata hukum.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.