1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Penjahat Siber Curi 3,5 Miliar Rupiah Dengan Menirukan Suara CEO Menggunakan AI

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Sep 6, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +27 / -0
    Pencuri siber di Eropa sukses mencuri uang senilai hampir seperempat juta dollar (sekitar Rp3,5 miliar) dari sebuah perusahaan energi yang berbasis di Inggris dengan menggunakan aplikasi deepfake untuk meniru suara dari CEO perusahaan induk dari targetnya dan memberi izin untuk melakukan transfer uang tersebut.

    Pencuri siber itu mengemulasi suara dari CEO asal Jerman dari perusahaan induk untuk menyakinkan CEO dari perusahaan targetnya (yang berbasis di Inggris) agar mentranster uang senilai 243 ribu USD dengan dalih untuk membayar supplier dari Hungaria.

    CEO dari perusahaan target itu pun mengira bahwa suara itu memang suara dari CEO perusahaan induk dan melakukan apa yang diperintahkannya. Nama-nama perusahaan yang terlibat tidak dipublikasikan.

    AI (Artificial Intelligence) yang digunakan untuk meniru suara CEO Jerman tersebut membuat suara tiruan yang sangat menyakinkan hingga mampu menipu manusia dengan jabatan sekelas CEO perusahaan multinasional.

    Dilaporkan bahwa suara deepfake yang dihasilkan mampu meniru aksen khas CEO perusahaan induk bahkan juga meniru "melodi dari suaranya". Setelah transfer uang terjadi, uang tersebut terlacak dipindahkan ke Meksiko sebelum kemudian disebar ke berbagai negara sehingga menyulitkan pelacakan.

    Hingga artikel ini ditulis, belum ada pelaku yang diidentifikasi pihak berwajib.

    Pencuri siber yang melakukan kejahatan tersebut disebutkan melakukan tiga kali panggilan telepon kepada CEO perusahaan Inggris yang menjadi korban.

    Panggilan pertama membicarakan permintaan transfer dana senilai 243 ribu USD di mana CEO perusahaan Inggris itu dijanjikan uang tersebut akan diganti oleh perusahaan pusat. Panggilan telepon kedua memberitahukan bahwa uang pengganti telah dikirim, sedangkan telepon ketiga meminta transfer dana lagi.

    Karena dana pengganti (reimburse) yang dijanjikan belum juga datang, dan panggilan ketiga datang dari nomor Austria, CEO perusahaan korban itu pun menjadi curiga dan tidak mengirimkan transfer uang kedua.
     
    • Like Like x 1
  2. burung_hantuu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 10, 2019
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    manteb ini pro hacker-nya, yg dihack ceo-nya langsung :top:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.