1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Penetapan KHL, DKI Tetap Bertahan Pada 60 Komponen

Discussion in 'JaBoDeTaBek' started by Gunawan02, Jan 15, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Gunawan02 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +0 / -0
    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan tidak akan menaikan 60 komponen untuk menentukan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) DKI 2013. Sebab kalau dinaikkan menjadi 84 komponen, dikhawatirkan perusahaan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran.


    Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan jika menaikkan komponen KHL menjadi 84 komponen, maka produktifitas harus dinaikkan dan diukur juga dalam penetapan KHL.

    “Kalau itu tidak dinaikkan, perusahaan bisa-bisa melakukan PHK besar-besaran. Jadi kita mesti ada keseimbangan. Ini tidak mungkin selesai masalah ini. Tetapi yang penting rumusannya sudah ada. Yaitu KHL. Ya saya kira itu,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (28/10).

    Menurutnya, besaran KHL mencapai Rp 2,2 juta sudah cukup mewakili kebutuhan hidup pekerja lajang di Jakarta. Pasalnya, Indonesia masih berpatokan pada 60 komponen, belum bisa menyamai negara-negara maju yang sudah mencapai ratusan komponen.

    “ Jadi ada negara-negara lain sudah bisa. Kita belum bisa. Sekarang kita masih bergelut di 60 komponen dulu. Kita sepakat prinsip menentukan UMP itu, dasarnya KHL. Nah untuk menentukan KHL kita lakukan survey,” ujarnya.

    Ahok mengakui telah mengetahui terjadi perdebatan keras tentang biaya sewa kamar antara serikat pekerja/buruh dengan asosiasi pengusaha serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta pada saat sidang Dewan Pengupahan pekan lalu.

    “Saya bicara sama buruh, kita fokuskan KHL dulu. Nanti pas penentuan UMP, baru kita lihat inflasi, pertumbuhan ekonomi. Tahun lalu kan kita baru pertama kali buat KHL. Kemudian buruh menuntut mesti naik 50 persen, karena tahun lalu naik 45 persen,” ujarnya.

    Karena KHL DKI 2012 sudah melonjak cukup tinggi, berdampak pada kenaikan KHL DKI 2013 yang mengalami lonjakan sedikit. Bila dulu KHL 2012 mencapai Rp 1,9 juta, maka tahun ini hanya Rp 2,2 juta. Meski buruh menganggap KHL mencapai Rp 2,7 hingga 3 juta, tetapi pihaknya tetap menjalankan keputusan Dewan Pengupahan sebesar Rp 2,2 juta.

    Dengan KHL sebesar itu, Pemprov DKI tetap berkewajiban menjaga daya saing usaha agar jangan sampai jatuh. Karena itu, Pemprov DKI harus menyediakan transportasi murah, perumahan murah dan harga sembako yang terkendali serta jaminan kesehatan dan pendidikan.(bhi)

    www.cahaya.cohttp://www.cahaya.co/kanal/read/2/155/penetapan-khl-dki-tetap-bertahan-pada-60-komponen.html
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.