1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pencandu Internet Perlu Bantuan Penyembuhan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by haineko, Oct 20, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. haineko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,522 / -0
    Pencandu Internet Perlu Bantuan Penyembuhan

    Ben Alexander menggunakan waktunya hampir setiap menit untuk bermain video game "World of Craft". Hasilnya ia dikeluarkan dari perguruan tinggi tempat ia menempuh pendidikan, Univeristy of Iowa.

    Seperti ditulis Nicholas K. Geranios dari Associated Press (AP)/Fall City Washington, Alexander yang berusia 19 tahun, memerlukan bantuan untuk mengatasi kecanduan internet yang telah merusak kehidupannya, seperti halnya kecanduan obat-obatan atau alkohol.

    Ia menemukan tempat di pinggir kota di Seattle, tempat yang diklaim sebagai pusat perawatan pertama bagi penduduk yang kecanduan internet yang membuka pintunya di Amerika Serikat.

    Pusat perawatan itu disebut ReStart, yang secara ironis terletak di dekat Redmond, yakni Markas Microsoft dan pusat industri komputer dunia. ReStart buka pada bulan Juli dengan menawarkan biaya 14 ribu dolar AS untuk program 45 hari termasuk membantu seseorang menghentikan dengan sendirinya dari penggunaan komputer patologi, termasuk penggunaan secara obsesif terhadap video game, texting, facebook, eBay, twitter dan pembunuh waktu lainnya yang berkaitan dengan teknologi.

    "Kita sudah melakukan perawatan terhadap pasien rawat jalan beberapa tahun," kata Hilarie Cash, seorang terapis dan eksekutif direktur pusat perawatan tersebut. "Hingga saat ini kami belum memiliki tempat untuk mengirim mereka," katanya.

    Kecanduan internet tidak dikenal sebagai suatu penyakit terpisah oleh Asosisasi Psiatri Amerika, dan perawatan itu secara umum tidak masuk dalam asuransi. Namun, banyak pusat-pusat perawatan semacam itu di China, Korea Selatan dan Taiwan, dimana kecanduan internet dianggap masalah serius dan banyak psiater mengatakan kecanduan internet adalah hal yang nyata dan menyakitkan.

    Pusat perawatan di Fall City, timur Seattle, dapat mengatasi enam pasien saat itu. Sejauh ini Alexander satu-satunya pasien dalam program tersebut yang menggunakan pendekatan "cold turkey". Ia meluangkan waktunya untuk konseling dan sesi psikoterapi, dengan mengerjakan pekerjaan rumah, bekerja di taman dan masak-memasak.

    Apakah program tersebut bisa berjalan dalam jangka panjang masih perlu dilihat. Seperti halnya, internet bisa saja terjadi, bahkan hampir tidak mungkin untuk menolak, seperti halnya menggantikan kebiasaan minum alkohol di bar, kata Cash.

    Dampak dari kecanduan itu, salah satunya adalah tidak mau bercanda, mereka kehilangan pekerjaan atau pernikahannya hancur atau mengalami kecelakaan lalulintas saat mereka mengendarai mobil bagi mereka yang tidak bisa menghentikan melakukan "texting" sambil menyetir mobir.

    Beberapa orang meninggal usai bermain video game selama beberapa hari tanpa berhenti, akibat penggumpalan darah yang terjadi akibat tidak berpindah-pindah.

    Sementara itu, psiatri lainnya, Cossete Dawna Rae, telah memiliki pusat perawatan "bucolic" sejak 2004, dan saat ini sedang berusaha mencari tempat baru untuk bekerja sama dengan Cash. Mereka memutuskan menghindari merawat seseorang yang kecanduan s*ks internet, karena sebagian tinggal di pusat perawatan itu bersama keluarganya.

    Menurut Dr Kimberly Young dari Pusat Penyembuhan Ketergantungan Internet di Bradford, Pennsylvania, memberikan sejumlah tanda-tanda kecanduan inernet, termasuk orang yang selama ini beranggapan bahwa internet dan menggunakannya itu untuk melarikan diri dari masalah atau perasaan depresi.

    Yang jelas respon yang ada masih bisa diberdebatkan. Contohnya, ketergantungan pada internet dapat dijadikan sebagai gejala sakit mental, seperti depresi atau kondisi seperti autis, kata serang ahli.

    "Seperti apa yang pernah kita kenal, beberapa orang menyebut "Kecanduan Internet, adalah penyakit seseorang yang terserang depresi, "anxiety disorder" atau gejala fobia sosial yang membuat mereka sulit hidup secara utuh, hidup berimbang dan sulit membuat kesepakatan untuk melakukan pertemuan dengan orang lain," kata dr Ronald Pies, Guru Besar Psiatri dari SUNY Upstate Medical University di Syracuse, New York.

    "Hal itu mungkin terjadi, kecuali kita mengobati secara garis besar masalah mereka, yakni beberapa bentuk baru `kecanduan` yang akan muncul ke permukaan," katanya.

    Asuransi

    Masih terus diberdebatkan tentang apakah kecanduan internet sebagai bentuk penyakit, yang terpisah dalam edisi berikutnya "Diagnostic dan Statisal Manual of Mental Disorders" 2012 yang menetapkan sakit mental dapat dicakup dalam asuransi.

    Pies dan Dr. Jerald Block dari Oregon Health Sciences Univerity di Portland mengatakan, belum ada cukup penelitian untuk menetapkan itu.

    "Diantara para psiatri, ada pengakuan secara umum bahwa banyak pasien mengalami kesulitan mengendalikan ketertarikan mereka untuk melakukan "chating" secara "online", bermain komputer game atau menyaksikan film P*rn*," kata Balck. "Perdebatannya bagaimana mengklasifikasikan itu?," katanya.

    Menurut Cash, penulis buku "Video Games and Your Kids", pertama kali berhubungan dengan kecanduan internet pada tahun 1994, dengan pasien yang banyak mengonsumsi video games sehingga ia harus kehilangan pekerjan dan kehancuran pernikahannya.

    Alexander adalah sosok pria muda berpostur tinggi, tenang dan selalu mendapat nilai bagus di sekolah dan bercita-cita ingin menjadi ahli biologi. Pada awalnya ia mulai bermain "World of Warcraft" yakni permainan multiplyer game yang terkenal dan banyak penggemarnya di media online, setahun lalu dan terperangkap di dalamnya.

    "Pada awalnya bermain dalam beberapa jam sehari," katanya. "Namun dalam perjalanan selanjutnya pada semester pertama saya main hampir 16 sampai 17 jam sehari," katanya.

    "Sekolah tidak lagi menyenangkan," katanya. Sampai akhirnya ia menemukan tempat untuk perawatan di Fall City pada bulan Juli. Ia berfikir itu adalah pilihan terbaik untuk dirinya mengobati kecanduan internet yang membuatnya dia harus di keluarkan dari sekolah.

    Tanda-tanda

    Beberapa tanda-anda seseorang itu kecanduan internet, di antaranya meningkat jumlah waktu luang yang ia gunakan untuk internet, gagal mengendalikan prilaku, keranjingan yang sangat tinggi terhadap internet dan selalu memahatkan waktunya untuk internet, hanya sedikit istirahat kalau dia tidak di internet.

    Selain itu, gejala yang berbahaya adalah tidak memperhatikan teman dan keluarganya, internet mengganggu jam sekolah dan pekerjaannya, selalu merasa bersalah terhadap dirinya sendiri dan malu atas tingkah lakunya, mengubah jam pola tidur dan menarik diri dari aktivitas umum lainnya.


    sumber: sini

    Maaf kalo :repost:

    btw, kenapa itu pusat perawatannya bernama "ReStart", kecanduan internet juga ini yg ngasih nama :hehe:
    bagi para gamers, jgn sampe dikeluarkan dari sekolah ya :awas:
    "ketergantungan pada internet dapat dijadikan sebagai gejala sakit mental, seperti depresi atau kondisi seperti autis, kata serang ahli."
    leechers = sakit mental :hahai:.....termasuk saya? :onion-10:
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. chubuchubu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,134 / -0
    pertamaxxxx!!!! gak?:ngupil:
    hmmm...apakah haineko kecanduan internet??mencurigakan..:onion 08:
    sekarang terlihat sering mengutik-utik tempat berwifi begitu
    coba di restart gih:onion 10:
     
  4. wyvern2 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    451
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +27 / -0
    IMO Gw setuju bgt klo skrg game online dan internet(khususnya bagian sex2 hehehehe) di jaman skrg ene sungguh ancaman yg serius bagi kaum muda...klo udah ketagihan..waduh bisa lopa tetangga temen dll...kek temen ane gan..perilaku jd cenderung penyendiri,sosial life ancur berantakan..
    Sisi gelap dunia teknologi..
     
  5. angelzinc M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +31,183 / -0
    telat ngasih tauny
    gw juga di keluarin dr sekolah gara'' CS ( COunter Strike )
    makany guns jgn terlalu kecanduan
     
  6. PseudoAngel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,007 / -0
    14 ribu dolar,mahal juga ya... :swt:

    gak usah deh gw masuk ke sana... :swt:

    kalo keluarin duitnya segitu mungkin orang malah milih kecanduan aja :hahai:
     
  7. haineko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,522 / -0
    TS turut menyesal :sigh:
    bagi yg laen jgn sampe kayak angelzinc :awas:
     
  8. 74unty Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    dinamakan kecanduan kalo makai berapa jam/hari

    jangan2 saya kecanduan juga :takut:
     
  9. rrrzzz M V U

    Offline

    rrrzzz

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    3,279
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +22,540 / -0
    wah... biarin lah kecanduan
    yang penting nikmat ngenet :hahai:
     
  10. thermistor Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    wah tidak juga, malah bagus tuh ada internet (forum) disitu orang yang tidak biasa bersosialisasi (atau juga yang autis) dapat berkomunikasi dengan orang lain
    jadi bisa semacam terapi dehh
     
  11. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Gawat juga dunia maya mengalahkan dunia nyata membuat :madesu:
     
  12. chicken_little M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,222
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,581 / -0
    wah gawat juga nih.. saia ngenet 24jam tiap hari..:takut:
    tapi lebih sering tak tinggal idle koq, kadang ditinggal donlod juga..:hahai:
    inikah dampak negatif dari dunia teknologi.. betul juga sih, saia merasa hidup saia semakin berantakan..:madesu:
     
    • Like Like x 1
  13. angeljoanes M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    438
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +196 / -0
    Hmmm aku jadi inget cerita dari Korea beberapa waktu lalu tentang seorang anak yg gak beranjak dari depan komputer selama 2 hari nonstop gara2 maen Ragnarok. Dia ditemukan tewas pada hari ke tiga gara2 penggumpalan darah di tangan dan kaki.
     
  14. selfrit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +531 / -0
    wah kalau di korea yang mati karena game sih banyak...
    disitu kan surganya gamer, game online berjamuran, kafe net onlinenya juga berjamuran...
    dari jaman diablo, cs, RO, WOW dll sampe sekarang dah banyak yang meninggal gara2 game
     
  15. haineko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,522 / -0
    ternyata bukan hanya orang korea saja :panik:
    misalnya yg dari China ne:
    - Xu Yan (2007, maen game lebih daroi 15 hari)
    - seorang pria berumur 30 th (2007, maen game 3 hari)
    - Xiao Yi (2005, lompat dari lantai 24 krn ingin ketemu cyber-player lainnya yg di surga :panda:)
    - Qiu Chengwei (2005, ditikam temennya sendiri gara2 rebutan pedang dalam game :muntah1:)
    ada juga yg dari KOrea Selatan, Vietnam, US dan Kanada, berikut artikelnya:

    sumber: sini


    TS turut berduka cita :sedih:
     
  16. rrrzzz M V U

    Offline

    rrrzzz

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    3,279
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +22,540 / -0
    gileeeeeeeeee....
    nikam temen ndiri cuma gara2 equip???
    :panik:
     
  17. pandahime M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    254
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +86 / -0
    untung gw blom sempet kecanduan..
     
  18. Dipz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    401
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +679 / -0
    Game online membuat semua orang kecanduan skarang, termasuk gw sih.. :madesu:
    tapi provider" game mala semakin banyak dan menjamur. ahaha. Makanya kembali ke diri kita sendiri sebenernya, mau berenti ato nggaknya...
     
  19. D_Studio_JKT M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    326
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +11,404 / -0
    Yah ga perlu sgitu nya kali online...gila aja ampe 24 jam sehari, 7 hari sminggu, 30 hari sebulan...cepet mati tuh orang..dikira robot kli..
     
  20. v1n_vampire M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 11, 2008
    Messages:
    1,901
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,014 / -0
    waduh kayaknya aku termasuk kecanduan deh
    meskipun ga maen OL game tp kalo ga ada internet ga bisa dl animanga, dorama, film, trus ga bisa baca fiction... sumber2 hiburan ku ^^
    tapi plg ngga sehari ga ampe 12 jam kok di depan internet XD
     
  21. darknetwork M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    1,767
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +8,415 / -0
    kalo admin network, masak mau dikategorikan kecanduan juga?

    untung kecanduan game online gw udah ialng, sekarang malah bosen maen game online. tiap hari kerjaan cuman tinggal donlod2 aja.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.