1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Pemilik 2 Kartu Kredit Wajib Mewaspadai Penggunaan Hal-hal Merugikan Ini

Discussion in 'Money Talks' started by alunayaka, Sep 29, 2017.

  1. alunayaka Members

    Offline

    Joined:
    Sep 28, 2017
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan bila Anda menggunakan 2 kartu kredit. Tak bisa dipungkiri. Mulai dari adanya cadangan bila ternyata terdapat masalah pada kartu kredit pertama. Hingga memastikan Anda selalu memiliki uang cadangan bila misalnya ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada kartu kredit pertama, selain tentunya bila kartu kredit pertama mengalami kelebihan limit. Adanya kartu kredit kedua tentunya memastikan Anda tetap akan memiliki akses pada penggunaan kartu kredit.

    Selain keuntungan tersebut, ada lagi keuntungan lain seperti mendapatkan reward point yang lebih banyak dari kartu kredit reward, reputasi di kartu kredit yang lebih bagus pula karena limit akan menjadi lebih besar, hingga beberapa alasan lain yang membuat Anda berpikir memiliki 2 kartu kredit akan sangat menguntungkan.

    Namun selain sederet hal yang menguntungkan dengan kartu kredit tersebut, sayangnya ada beberapa hal yang bila dilakukan dengan menggunakan kartu kredit bisa membawa kerugian pada Anda dan juga pada keuangan Anda sendiri. Beberapa hal yang nantinya bisa mempengaruhi penggunaan 2 kartu kredit dan sebaiknya tak dilakukan seperti yang ada di bawah ini.

    1. Penggunaan kartu kredit di luar batas kemampuan

    Sebelum memiliki kartu kredit, terlebih lagi 2 kartu kredit, Anda memang sudah seharusnya mengenali kemampuan keuangan Anda. Berapa banyak uang yang sanggup Anda keluarkan untuk pos-pos kebutuhan berbeda. Batas kemampuan ini, tentunya menjaga agar Anda tak perlu berhutang demi memenuhi kebutuhan.

    Ketika memiliki kartu kredit, lebih lagi 2 kartu kredit Anda pun tetap wajib berpatok pada batasan kemampuan yang dimiliki. Sebagai contoh bila Anda memiliki 2 kartu kredit BNI, Anda seharusnya tidak menggunakan kartu kredit melebihi kemampuan Anda. Katakan saja, dalam satu bulan Anda akan mampu melunasi tagihan kedua kartu kredit sebesar Rp 5 juta. Ketika kartu kredit BNI pertama sudah mendekati limit Rp 5 juta dari kemampuan Anda tersebut, seharusnya penggunaan kartu kredit kedua benar-benar dibatasi. Bahkan bila perlu tidak digunakan lagi.

    Seringnya, orang beranggapan memiliki 2 kartu kredit berarti mendapatkan pos keuangan baru yang bisa Anda gunakan. Padahal tidak begitu karena apa yang Anda beli atau bayar dengan kartu kredit pertama dan kedua ini pun tetap harus Anda lunasi pada akhir bulan nanti.

    2. Menggunakan kartu kredit dan debit

    Apa yang lebih parah dari menggunakan kartu kredit lebih dari batas kemampuan? Menggunakan kartu kredit saat tahu Anda tak akan mampu bayar tagihan pada akhirnya. Fungsi dari kartu kredit memang untuk mempermudah dan mempersingkat proses pembayaran ketika belanja. Terlebih di zaman moderen ini. Namun fungsi yang sama sebenarnya juga ditawarkan oleh kartu debit. Malah lebih menguntungkan lagi karena dengan kartu debit, Anda berbelanja dengan uang yang benar-benar Anda miliki.

    Nah ketika Anda sudah berbelanja dengan kartu debit pada bulan itu, katakan saja seperti itu. Maka sebaiknya tak lagi menggunakan kartu kredit. Ingat, pada akhirnya apa yang Anda bayar dengan kartu kredit akan menuntut pembayaran pula di bulan berikutnya. Sesuatu yang akan sulit bila Anda juga sudah menggunakan semua pos uang di kartu debit.

    3. Menggunakan kartu kredit ke-2 tidak untuk kebutuhan mendesak

    Pengertian dari kebutuhan mendesak ialah kebutuhan yang tak bsia lagi Anda tunda. Kebutuhan yang harus Anda lunasi atau bayar pada saat ini. Ketika inilah, menggunakan kartu kredit ke-2 akan dimaklumi. Sebaliknya, bila Anda menggunakan kedua kartu kredit untuk kebutuhan sekunder atau tersier yang bahkan mungkin tidak diperlukan sama sekali, ini yang akan "melukai" catatan keuangan Anda di bulan berikutnya. Jadi, pastikan Anda bijak dalam penggunaan kartu kredit.

    4. Boros karena kartu kredit belum mencapai limit

    Ada banyak orang yang menjadikan limit kartu kredit sebagai batasan kemampuan mereka. Tidak masalah sebenarnya, asalkan limit dari kartu kredit pun menjadi limit dari tagihan yang mampu Anda bayar pada bulan berikutnya. Namun perlu diingat, dengan 2 kartu kredit Anda berarti memiliki 2 limit berbeda. Limit yang memperbesar jadi 2 kali lipat. Jadi berpikir untuk bisa boros karena kartu kredit belum mencapai limit sama sekali tidak dibenarkan.

    Selain beberapa hal di atas, ada banyak sekali kesalahan dalam penggunaan kartu kredit ke-2 yang bisa membahayakan keadaan keuangan Anda. Namun satu yang pasti, penggunaan kartu kredit sendiri seharusnya sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki. Baik itu kartu kredit pertama maupun kedua.
     
    Last edited by a moderator: Oct 7, 2017

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.