1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Pemerintah Jepang Setujui Eksperimen Embrio Manusia-Hewan Pertama di Dunia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Jul 30, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,074
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +70 / -0
    Pemerintahan Jepang membuat sebuah keputusan yang cukup kontroversial, yakni mendukung seorang ilmuwan spesialis sel induk (stem cell) bernama Hiromitsu Nakauchi.

    Hiromitsu Nakauchi merupakan pemimpin dari tim-tim penelitian di Universitas Tokyo dan Stanford di California Tim-Tim tersebut berencana menumbuhkan sel-sel manusia dalam embrio tikus, lalu mentransplantasikannya ke induk semang. Tujuan akhirnya adalah memproduksi hewan dengan organ-organ yang terbuat dari sel manusia, sehingga nantinya organ-orang tersebut dapat ditransplantasikan kepada manusia.

    Jadi tujuannya bukan menciptakan manusia setengah hewan, namun hewan yang memiliki organ dalam yang dapat ditransplantasikan ke tubuh manusia.

    Keputusan menyetujui penelitian Nakauchi itu disambut gembira oleh berbagai organisasi medis global, salah stunya Asosiasi Internasional Penelitian Sel Induk (ISSCR) yang berpendapat bahwa menerapkan eksperimen itu dapat memperdalam pengertian ilmuwan akan perkembangan manusia dan penyakit.


    [​IMG]
    Foto dari sebuah embrio tikus. (Science Pictures ltd/SPL)

    Di saat embrio hibrid (embrio binatang yang mengandung sel manusia) antara manusia-hewan telah diciptakan sebelumnya, embrio hibrid tersebut tak diizinkan untuk berkembang melebihi tingkat sel. Larangan menciptakan organ manusia via embrio hewan sendiri telah diangkat pada awal tahun ini.

    Sekedar informasi, dalam biologi, terdapat tingkatan organisasi yang dari paling ke paling besar adalah sebagai berikut: Molekul > Sel > Jaringan > Organ > Sistem Organ > Organisme > Populasi > Komunitas > Ekosistem > Biosfer.

    Nakauchi berencana untuk menciptakan embrio hibrid dengan tikus selama 15,5 hari untuk pengamatan. Nantinya setelah bereksperimen dengan tikus, ia akan meminta izin kepada pemerintah untuk menumbuhkan embrio hibrid dengan babi selama 70 hari.

    "Beberapa ahli bioetika khawatir akan kemungkinan sel-sel manusia [yang ditanamkan dalam embrio hewan] akan menyebar di luar perkembangan dari organ yang diinginkan dan bergerak menuju otak hewan tersebut yang tengah dalam proses berkembang, mengakibatkan terjadinya perubahan dalam kesadaran hewan itu nanti.

    Kekhawatiran ini telah dipertimbangkan dalam desain eksperimen. Kami mencoba membuat organ yang ditargetkan, jadi sel-sel manusia hanya akan menuju ke pankreas," jelas Nakauchi.



    Sumber: Portal IDWS
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. mic2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    1,003
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,076 / -0
    Wah sungguh keputusan yang sangat berani

    Sent from my ASUS_X01BDA using Tapatalk
     
  4. SpidyZero M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 5, 2018
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,046 / -0
    waduh bakalan jadi apa ntar ya.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.