1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge Pemerintah Dorong Pembiayaan Fintech Untuk Kegiatan Produktif

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by merahputihcom, Aug 26, 2022.

  1. merahputihcom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 26, 2021
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +38 / -0
    [​IMG]

    Perbankan di dalam negeri diperintahkan menyelaraskan lending appetite atau keinginan penyaluran kredit bagi dunia usaha guna memastikan dukungan yang cukup bagi sektor-sektor pendorong pemulihan ekonomi.

    Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, industri perbankan memiliki peranan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    "Di tengah berbagai ketidakpastian, intermediasi keuangan oleh perbankan tetap tumbuh positif," ujar Menko Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (26/8).

    Pada Juli 2022 kredit mengalami pertumbuhan 10,71 persen secara tahunan (yoy) ditopang peningkatan pertumbuhan di seluruh jenis kredit dan sebagian besar sektor ekonomi.

    Ia pun berharap perbankan bisa mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa segera naik kelas melalui pembiayaan, termasuk dalam platform digital.

    [​IMG]

    Saat ini, sebanyak 19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada 2024, sehingga berbagai bantuan pendanaan murah terus dilanjutkan.

    Ia mengatakan, perusahaan teknologi keuangan (fintech) turut berperan mendorong pemulihan ekonomi sebagai sumber pembiayaan yang cepat dan mudah, termasuk bagi masyarakat yang tidak terjangkau perbankan.

    "Pembiayaan fintech harus didorong untuk kegiatan produktif serta membantu UMKM go digital hingga dapat menjadi bagian dari rantai nilai global," katanya.

    Airlangga mengingatkan agar pelaksanaan industri keuangan digital terus ditingkatkan dengan tetap memperhatikan risiko ke depan.

    "Pembangunan ekosistem keuangan digital yang lebih baik akan terus diupayakan guna meminimalisasi permasalahan dari sisi regulasi serta mencegah kerugian baik pada pelaku usaha maupun masyarakat," ungkapnya.

    Sumber
     
    • Like Like x 1
  2. leung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 7, 2012
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7 / -0
    memang ekonomi lagi susah, tambah lagi beban pemerintah sejak jaman covid bengkak karena vaksin, solusi digital sepertinya satu-satunya jalan untuk memperbaiki, selain memberantas korupsi tentunya (yang keliatan mustahil dilakukan) :ogbloon:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.