1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Machinery Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut-Sistem Bandul (PLTGL-SB)

Discussion in 'Science and Technology' started by pegasus_idws, May 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. pegasus_idws M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    2,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +152,976 / -0
    [​IMG]


    PLTGL-SB Krisis energi membuat sejumlah ahli berpikir untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia. Pembangkit yang mengutamakan uranium untuk menghasilkan daya ini dipandang mampu untuk menjawab tantangan energi nasional.

    Namun, pascaledakan PLTN Fukushima Jepang akibat gempa dan tsunami yang melanda kawasan tersebut, penolakan akan pembangkit nuklir kembali bermunculan. Risikonya dinilai terlalu besar bagi Indonesia.

    Fakta tersebut yang menyurutkan minat sejumlah politisi untuk membatasi atau menunda pembangunan PLTN di Jawa dan Sumatera. Konsekuensinya, ketersediaan energi nasional kembali menjadi pertanyaan mendasar.

    Sebenarnya, peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan PT Perusahaan Listrik Negara, Zamrisyaf, telah menemukan sumber energi baru yang terbarukan berupa tenaga gelombang laut. Potensi ini diyakininya mampu mengatasi krisis listrik nasional. Hal terpenting, Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang-Sistem Bandul (PLTGL-SB) ini ramah lingkungan.

    “Jika 20 persen saja panjang Pantai Selatan [Jawa] dimanfaatkan untuk PLTGL, maka didapat daya sekitar 6.500 Mega Watt,” ujar Zamrisyaf dalam wawancara tertulis, Kamis, 28 April 2011.

    Kalkulasi tersebut berdasarkan potensi energi di Pantai Selatan yang rata-rata mencapai 40 kilo watt per meter lebar gelombang. Dibanding dengan PLTN, daya yang dihasilkan tidak jauh berbeda.

    Seperti dimuat dalam pemberitaan VIVAnews.com sebelumnya, satu gram uranium menghasilkan 1.000 megawatt (MW) listrik setahun. Setara dengan penggunaan 3 juta ton batu bara dan dua juta kilo liter bahan bakar minyak (BBM).

    Namun, biaya operasi dan konstruksi PLTN lebih mahal dibanding pembangkit lainnya. Setiap 1.000 MW daya PLTN membutuhkan US$4-6 miliar yang mampu membangun pembangkit listrik tenaga bayu berdaya 3.000-4.000 MW. Hal ini diperparah dengan masalah risiko radiasi yang bisa mengancam keselamatan manusia dan lingkungan.

    Sejauh ini, temuan Zamrisyaf telah mendapatkan penyempurnaan lewat kerjasama dengan Institut Teknologi Surabaya (ITS). Menurutnya, kerjasama dengan ITS telah mengasilkan ukuran-ukuran yang akurat untuk sebuah rancangbangun PLTGL-SB. Terutama ukuran-ukuran dimensi ponton, berat bandul, dan panjang lengan bandul serta daya dan RPM yang dihasilkan.

    Pada tahap awal, potensi maksimal dari satu unit PLTGL sekitar 125 kw. Bahkan diupayakan bisa mencapai mencapai 300kw. Ini berdasarkan perhitungan, berat bandul 10 kg; panjang lengan bandul 2 meter; periode gelombang laut rata-rata 3 detik mencapai ketinggian 1,5 meter; maka daya yang dihasilkan satu set bandul sekitar 25,2kw.

    “Apabila satu unit ponton terdiri dari 5 set bandul, maka daya yang dihasikan oleh satu unit ponton mencapai sekitar 125 kw,” ujarnya.

    Terkendala Dana

    Jika tak ada halangan, PLTGL-SB temuan Zamrsiyaf akan diluncurkan 2013 mendatang. Produksi massal pembangkit ini bisa dilakukan mengingat teknologi dan bahan baku yang digunakan mudah ditemukan di dalam negeri.

    “Sebenarnya tahun 2013 PLTGL-SB sudah bisa diluncurkan, tapi tergantung pendanaan untuk penelitian dan pengembangan. Tahun ini anggaran penelitian PLTGL-SB di PLN tidak tersedia dengan berbagai alasan,” ujar pemilik hak paten nomor HAKI P00200200854 atas pembangkit tersebut.

    Ia mengaku, temuannya ini bisa diproduksi secara masal di sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut-Sistem Bandulan (PLTG-SB). Pembangkit ini pernah diuji coba tahun 2007 di Pantai Ulak Karang Padang. Alat yang dibangunnya mampu menghasilkan listrik sebesar 300 watt meskipun belum bisa dikatakan berhasil.

    Cara kerja alat ini cukup menarik. Ponton yang berfungsi sebagai kapal mengangkut bandul yang terintegrasi dengan dinamo. Untuk menghasilkan putaran dinamo yang maksimal, bandul dibantu dengan alat transmisi double-freewheel dan dintegrasikan dengan bantuan rantai.

    Setiap gerakan air laut akan menggoyangkan bandul sehingga menggerakkan double-freewheel untuk memutar dinamo menghasilkan listrik. Nilai investasi alat ini ditaksir setara dengan pembangunan PLTA.

    Pada PLTGL-SB temuan pegawai PLN ini, turbin maupun bandul yang terpasang pada ponton sebagai wadah pengapung pembangkit tersebut tidak terkena air laut. Sehingga dari segi ketahanan alat ini akan lebih terjamin.

    Bagaimana dengan PLTN? Seperti ditulis dalam laman ini sebelumnya, Dewan Energi Nasional (DEN) mensyaratkan tiga hal penting yang harus dipenuhi pemerintah jika tetap menjalankan rencana pembangunan PLTN. Tiga syarat itu yaitu aspek keselamatan dan lingkungan, partisipasi publik, dan aspek subsidi oleh publik yang harus dipenuhi agar PLTN bisa lebih pro masyarakat.


    [​IMG]


    ZAMRISYAF, PENEMU PEMBANGKIT LISTRIK DARI GELOMBANG LAUT
    Perjalanan dengan kapal mendatangkan inspirasi bagi Zamrisyaf, Periset pada Divisi Penelitian dan Pengembangan PT PLN (Persero) untuk merancang Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut dengan Sistem Bandul (PLTGL-SB).

    Pada perjalanan itu, kapal diterpa badai dengan gelombang laut tinggi. Kapal berayun-ayun. Lonceng kapal pun berdentang. Zamrisyaf menyimak rumah lonceng beradu dengan bandulannya.

    "Gelombang laut memiliki energi yang diteruskan bandulan lonceng. Bandulan lonceng menghasilkan energi bunyi, tetapi bandulan pada PLTGL-SB rancangan saya menghasilkan listrik," katanya

    Zamrisyaf mengubah energi gelombang laut menjadi energi listrik melalui perantara energi gerak bandulan yang menjadi penggerak roda gila. Pada akhirnya, roda gila menggerakkan turbin atau dinamo yang berputar dan menghasilkan listrik.

    "Teknologi ini sudah mendapatkan hak paten dan siap dikomersialkan," kata Zamrisyaf

    [​IMG]


    sumber 1
    sumber 2




    [​IMG]

    :grp::thx:
    :idwsmania:

    PeG@SuS


    Visit MY THREADS (updated) :
    [​IMG]




     
    Last edited: May 23, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Metal_Raiderz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    Kasian :haha:

    btw klo d Indonesia PLTGelombang masih cuma jadi wacana doanx,, klo di German sich uda di praktekin dari dulu..
    Pdahal ide Lstrik tenaga gelombang uda ada sejak jaman mbah Harto dengan Menristeknya BJ Habibie :peace:
     
  4. chumbers M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 5, 2011
    Messages:
    587
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +127 / -0
    Wah boleh juga nih gan pltgl-sb. Buat alternatif.
    Abisnya di daerah ane keseringan dapet jatah pemadaman listrik nih. Padahal udah pake sistem pulsa. Tapi tetep aja mati trs.
    Kenapa ya orang2 pada takut sama pltn? Padahal kalo aspek2 yang di perluin itu sudah terpenuhi udah jadi tuh pltn. Asalkan perawatan nya emang bener2 harus dijaga. Semua kan ada resikonya. Kalo gak mau ada resiko mendingan diem dirumah kurung diri di kamar CMIIW. :peace:
     
  5. kupretkampret Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 27, 2012
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    efisien g tuh...,laut kan tingkat korosinya tinggi...ntar baru setahun dah rusak...
     
  6. indofevers Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 10, 2012
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    kayaknya bakalan cocok banget diterapin di Indo, mengingat luas laut > darat
    klo emang efektif dan efisien mudah2an segera diterapi di Indo mengingat banyak saudara2 kita yg belum menikmati listrik

    Dukung Gerakan 75 Tahun PLN, 100% Daerah Indonesia Teraliri Listrik
     
  7. fausta_akbar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 20, 2014
    Messages:
    1,112
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +65,304 / -0
    suatu kemajuan bagi bangsa indonesia untuk menerapkan teknologi ini
    apalagi indonesia negara dengan garis pantai yg panjang
     
  8. deckvirushacker M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 16, 2011
    Messages:
    407
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,751 / -3
    ini ky pembangkit listrik dengan menggerakkan turbin kaplan itu bukan?? kalau lihat dari gambarnya sedikit beda...(bingung..)
     
  9. denastion Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 26, 2012
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    mudah2an dengan adanya temuan2 baru bisa jadi alternatif buat krisis energi khususnya listrik di indonesia
     
  10. ojokesusu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 21, 2010
    Messages:
    317
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,321 / -0
    eduuuun, pada pinter2 banget yak manusia, bisa mengoptimalkan energi2 yg bermanfaat ...
     
  11. petesan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 24, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    wahh keren2x semoga tidak berakhir hanya sebatas penelitian saja
     
  12. tatakdudung Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    wah, cocok buat negara seperti Indonesia,

    semoga hasil penelitian menjadi hasil nyata buat kehidupan di negara kita. Bukan hanya sekedar penelitian,
     
  13. ilhamdx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2014
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +5 / -2
    Bakalan jadi wacana doang sepertinya
     
  14. h47r14n Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +7 / -0
    liat konsepnya ane jadi bertanya-tanya kira-kira generatornya dibuat mengapung di air ya? penyaluran energi listrik yang dihasilkan gimana? Laut kan ada pasang surutnya, gimana cara mensiasatinya?
     
  15. FaddliLWibowo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 25, 2013
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -1
    Energi terbaru terbarukan, keep innovation
     
  16. bismoko Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +16 / -1
    kajianna buat penerapan scara masal yg penting
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.