1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Other Peluang Bisnis Batu Marmer

Discussion in 'Micro Business Talks' started by adhimaspamuji, Feb 16, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. adhimaspamuji Members

    Offline

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Batu marmer merupakan batuan metamorf yang memiliki variasi warna maupun teksturnya. Batu marmer terjadi dari pengkristalan akibat melunaknya batu kapur dari panas dan tekanan yang menyebabkan perubahan mineral dalam batu tersebut. Konsistensi utama dari batu marmer adalah kalsium dan dolomit.

    Batu marmer terdiri dari berbagai macam warna, tergantung pada komposisi mineral di dalamnya. Marmer yang terbentuk dari batu gamping murni atau yang disebut sebagai marmer asli berwarna putih. Besi oksida kotoran di batu kapur akan menghasilkan batu marmer warna kuning, oranye, merah muda atau warna merah.

    Mineral lempung dapat menghasilkan batu marmer warna abu-abu yang sering terjadi di band setelah stratifikasi komposisi dari batu kapur yang asli. Bahan bitumen berlimpah dapat menghasilkan warna abu-abu gelap dengan marmer hitam. Marmer bertekstur ular sering memiliki warna hijau.

    Industri batu alam marmer saat ini telah berkembang sangat cepat. Kegunaan dari batu ini sangat bermacam-macam, mulai dari sebagai bahan pembuatan perabot rumah tangga, konstruksi bangunan, bahan baku pembuatan patung, maupun berbagai jenis piala.

    Klasifikasi batu marmer :

    Dolomit, yaitu jika kandungan karbonat magnesium didalamnya lebih dari 40%.
    Magnesium, yaitu jika kandungan magnesium dalam batu tersebut mencapai 5 hingga 40 persen
    Kalsit, yaitu jika kandungan karbonat magnesium dalam batu tersebut kurang dari 5 persen.
    Jenis-jenis batu marmer :

    Carrara Marble, yaitu batu marmer yang berwana putih murni yang biasa digunakan oleh orang-orang Yunani dan Romawi untuk membuat patung-patung dan air mancur.
    Faux marbling, yaitu mengacu pada lukisan permukaan yang dimaksudkan agar terlihat seperti marmer. Hal ini umumnya digunakan di gedung-gedung.
    Kertas marbling, merupakan teknik lain yang digunakan untuk menyerupai marmer yang asli. Pola warna yang berbeda digunakan bersama-sama untuk memberikan tampilan dan nuansa dari marmer.
    Limestone, biasanya berwarna beige atau cokelat, jenis marmer ini biasanya terbentuk di dasar danau.
    Breksi, yaitu jenis marmer yang juga biasa disebut Breksi Oniciata atau Breche Nouvelle yang terjadi karena adanya tanah longsor.
    Marmer hijau, Ini sebenarnya bukan marmer asli, tetapi serpentinites.
    Marmer hasil budidaya, yaitu hasil kombinasi antara debu marmer dengan semen.
    Manfaat Marmer

    Berikut ini beberapa kegunaan marmer :

    1. Sebagai bahan konstruksi bangunan

    manfaat marmerMarmer memiliki banyak kegunaan dekoratif dan struktural. Ia dapat digunakan dalam interior atau eksterior dari rumah atau bangunan, yaitu digunakan dalam dinding eksterior dan veneer, lantai, dekoratif fitur, tangga dan jalan setapak. Berbagai macam alasan yang mendasari penggunaan batu marmer antara lain :

    Sebagai salah satu jenis batu alam, batu marmer sangat tahan lama.
    Mudah dibersihkan
    Memiliki penampilan yang spektakuler
    Namun perlu diperhatikan juga adanya faktor kerusakan yang dapat membatasi penggunaan batu tersebut, karena batu marmer memiliki kerentatan untuk terjadi kerusakan.

    2. Sebagai bahan dasar arsitektur

    Marmer memberikan nilai keanggunan dan kecantikan. Batu ini juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aneka furniture di rumah seperti, meja, jendela, perapian, dan barang-barang kerajinan lainnya.

    Batu marmer adalah jenis batu alam yang tembus cahaya, sehingga dapat memberikan sifat lunak padanya. Batu ini juga memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menyerap cat. Sehingga menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan patung. Tekstur yang lembut menjadikannya sangat mudah untuk dipahat. Beberapa patung yang paling terkenal di dunia yang telah dihasilkan dari marmer antara lain adalah patung Artemis, yaitu dewi Yunani dari sebuah karya Yunani asli.

    3. Sebagai pupuk

    Batu marmer yang dipanaskan dapat mengusir karbondioksida yang terkandung dalam kalsit tersebut, sehingga yang tersisa adalah kalsiumdioksida atau zat kapur. Hal ini dapat digunakan sebagai Kapur yang digunakan sebagai pupuk untuk lahan pertanian, yaitu untuk mengurangi keasaman dalam tanah. Bila diterapkan bersama-sama dengan pupuk, hal tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Agricultural Research Service, Departemen Pertanian Amerika Serikat pada laha jagung menyatakan bahwa sebagian dari ladang jagung yang tidak ada kandungan unsur kapur dan pupuk menyebabkan tanaman tersebut berjuang untuk bertahan hidup.

    4. Sebagai bahan pewarna

    Marmer yang berwarna putih kadang-kadang digunakan untuk menghasilkan produk yang dikenal sebagai “kapur sirih,” yaitu serbuk putih yang digunakan sebagai pigmen, brightener dan pengisi dalam cat, kertas dan produk lainnya.

    5. Sebagai batu nisan

    Marmer merupakan batu alam yang sangat menarik. Karena batu ini menawarkan nilai ekonomis karena relatif mudah untuk dipotong dan dan diukir jika dibandingkan dengan bebatuan lain seperti granit yang tidak tahan terhadap curah hujan, asam, dan cenderung kehilangan tepi dan detail dari waktu ke waktu. Untuk itulah mengapa batu marmer juga dimanfaatkan sebagai batu nisan yang berguna sebagai penanda pada tempat-tempat pemakaman.

    6. Menetralkan asam

    Batu marmer terdiri dari kalsium karbonat yang membuatnya sangat efektif untuk menetralisir asam. Saat batu marmer mencapai kemurnian tertinggi, ia akan sering hancur menjadi bubuk. Hal ini dapat diproses untuk menghilangkan kotoran dan kemudian digunakan untuk membuat produk seperti Tums dan Alka-Seltzer yang digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan yang diakibatkan kelebihan zat asam dalam tubuh. Marmer yang hancur juga digunakan untuk mengurangi kadar asam tanah, kadar asam sungai dan sebagai bahan asam penetral dalam industri kimia.

    7. Sebagai tambahan kalsium dalam makanan hewan ternak

    Sapi perah dan ayam membutuhkan pasokan kalsium untuk menghasilkan susu dan telur. Peternakan yang memelihara hewan-hewan ini sering menggunakan pakan ternak yang telah dilengkapi dengan tambahan kalsium. Kapur bubuk dari marmer dapat digunakan untuk memproduksi suplemen ini, karena ia memiliki tekstur yang lembut untuk gigi hewan, mudah larut, dan kaya akan kalsium.

    8. Sebagai alat terapi untuk penyembuhan beberapa penyakit

    Batu marmer dapat dipotong dan dipoles menjadi berbagai bentuk dan ukuran yang dapat digunakan untuk bekerja di area tubuh tertentu. Batu ini dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan batu panas.

    Batu marmer dapat bertindak sebagai dekongestan yang kuat untuk membantu meredakan pembengkakan dan melancarkan aliran darah dalam tubuh. Bila digunakan dengan kombinasi batu-batu panas, dapat mengurangi vasodilatasi dan penyempitan organ tubuh yang nantinya dapat membantu menyebarkan nutrisi dalam tubuh, sehingga dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang menyerang jaringan tubuh seperti :

    Mengurangi peradangan dan luka akut
    Meredakan rasa sakit dan penyumbatan daerah sinus
    mengurangi lingkaran bengkak dan gelap mata dan meningkatkan warna kulit pada wajah

    9. Sebagai bahan dasar pembersih rumah

    Batu marmer terdiri dari kalsit, yaitu mineral dengan kekerasan Mohs tiga. Oleh karena itu batu alam ini juga sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan cairan pembersih untuk kamar mandi maupun dapur. Kelembutan pada batu marmer menjadikannya sebagai alat pembersih yang tidak menimbulkan goresan maupun kerusakan lainnya.

    Kekuatan alam dan agen cuaca mungkin memiliki efek untuk membuat kerusakan dan struktur batu marmer. Agen tersebut termasuk hujan, salju, suhu, angin dan polutan atmosfer. Umumnya agen-agen tersebut bertindak dalam kombinasi untuk menimbulkan kerusakan pada batu marmer, misalnya :

    Air hujan, terutama dalam kombinasi dengan gas atmosfer, dapat mengakibatkan pembubaran batu marmer, serta membuat kandungan garam dalam batu tersebut menjadi lebih tinggi.
    Suhu dapat mempengaruhi tingkat kerusakan pada saat proses pemotongan serta pola migrasi garam dalam batu. Suhu yang tinggi dapat meningkatkan tingkat perubahan kimia dalam batu, sedangkan suhu yang rendah dapat menimbulkan risiko pada pembekuan batu. Perubahan suhu yang cepat dapat menghasilkan tekanan dalam materi batu marmer yang dikarenakan diferensial ekspan. (Batu Marmer)
     
Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.