1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Body and Mental Health Payudara - A-Z Mengenai Payudara

Discussion in 'Beauty and Body Care' started by uutchi29, Oct 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. uutchi29 Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    15,928
    Trophy Points:
    272
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +83,602 / -1





















    A - Z Mengenai Payudara
    :obhi::hi::oghi:

    Dear all, thread ini dibuat untuk membahas segala sesuatu mengenai payudara.
    Disini kalian bebas untuk berdiskusi mengenai kesehatan payudara, perawatan payudara, ataupun penyakit-penyakit payudara,
    baik mengenai gejala, pencegahan penyakit payudara, ataupun penyembuhan penyakit payudara.
    General rules forum dan rules female insight tetap berlaku di thread ini.
    Selama berdiskusi, harap tetap menggunakan bahasa yang sopan.
    Dan harap tidak ada yang trolling, flamming, ataupun SARA di dalam thread ini.
    Segala jenis tindak pelanggaran akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan.

    ~ Happy posting ~

    :hmm:







    Sekilas Pengertian Mengenai Payudara


    Menurut Kamus Kesehatan :
    Menurut Wikipedia :






    PLEASE REMEMBER!




    Menjaga kesehatan dan merawat payudara sangatlah penting!
    Jangan sampai kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan dalam merawat payudaramu!
    Sayangi anggota tubuhmu dan rawat dari luar dan dalam.



    Artikel dan Informasi Penting Mengenai Payudara yang Wajib Kamu Ketahui!








     
    Last edited: Nov 25, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Eunhee M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 8, 2013
    Messages:
    2,474
    Trophy Points:
    182
    Ratings:
    +9,132 / -0
    [​IMG]


    34 RAHASIA PAYUDARA


    Jangan pernah nyuekin payudara :hi:
    EVERY GIRLS HAVE THEIR OWN BOOBS :unyil:
    AND THEY'RE DIFFERENT

    Simak 34 rahasia payudara yang bisa bikin kamu makin cerdas dalam memperhatikan
    kesehatan payudara kamu !!



    [​IMG]


    OH YA :unyil:
    Sumber di ambil dari Majalah CITA CINTA dan diketikkan kembali kesini oleh saya :peace:
    Dan juga ada sedikit tambahan dari sumber lain, seperti vemale.com, detik health, liputan 6 health dan yang lain nya juga ada saya cantumkan di post :hmm:


    [​IMG]


    UNTUK MEMUDAHKAN KAMU MENCARI SESUATU, SILAKAN LIHAT INDEX

    1. Payudara Butuh Pelembab
    2. BRA TEPAT = PAYUDARA SEHAT !!!
    3. Jika Payudara Makin Besar, MAKIN ... (???)
    4. Keunikan yang namanya Payudara
    5. Bentuk dan Ukuran, Besar Sebelah ??

    6. AYO CEGAH KANKER PAYUDARA !!!
    7. AYO CEGAH KANKER PAYUDARA !!! Part 2
    8. Cara Memperbesar Payudara Dengan Minyak Bulus
    9. Pemicu Payudara Asimetris/Besar Sebelah
    10.Asimetris karena Cedera Traumatis

    11.Tambahan artikel tentang Payudara, Wajib BACA ^^
    12.Payudara Bisa Besar dengan Makan Tahu Tempe
    13.Mastitis, Penyakit Payudara yang Sering Dialami Ibu Menyusui -- WAJIB BACA ^^
    14.Olahraga untuk Mengencangkan Payudara
    15.Puting Susu tidak Keluar, Melainkan Masuk ke dalam

    16.Penyebab Puting Datar yang Biasanya Terjadi pada Ibu Hamil
     
    Last edited by a moderator: Nov 25, 2014
  4. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,369 / -10
    Sebagai seseorang yang pernah menjalani operasi tumor di kedua payudara 19 tahun yang lalu, baru kali ini saya mulai perhatian dengan hal2 yang berhubungan dengan senyawa karsinogen terutama yang berhubungan dengan organ kewanitaan. Ini pun karena baru2 ini saya mengunjungi seseorang yang baru saja mengalami pengangkatan payudara kanan dan masih menjalani Kemoterapi.

    Pagi tadi juga salah seorang sahabat saya cerita kalau disambati teman yang di puting payudaranya keluar cairan bening. Setelah browse sana sini sebentar, akhirnya saya menemukan artikel tentang tanda2 kanker payudara. Yuk kita waspadai…

    KANKER PAYUDARA
    Kanker payudara dapat dideteksi dari beberapa gejala, mencakup:
    • Adanya ruam-ruam pada kulit di sekitar payudara, areola atau puting terlihat bersisik, memerah dan membengkak
    • Keluar cairan dari puting susu
    • Terdapat benolan di daerah bawah lengan
    • Puting susu menjadi “lunak”
    • Perubahan ukuran atau bentuk payudara (asimetris)
    • Puting susu tertekan ke dalam (sebagian atau seluruhnya)

    [​IMG] [​IMG]

    Kanker dapat diawali dari sel-sel yang belum membentuk benjolan. Ketika kanker berkembang, tumor akan tumbuh dan benjolan dapat dirasakan lebih jelas hanya dengan pemeriksaan manual yang dilakukan dokter. Selain itu, kelenjar getah bening bisa membesar yang menandakan sel kanker telah menyebar.
    Umumnya saat diagnosis kanker payudara, pada awalnya tidak menimbulkan rasa sakit yang bisa menjadi tanda munculnya penyakit ini. Namun pada beberapa pasien mengaku mengalami rasa sakit di seputar benjolan payudara. Bagi yang mengalami rasa sakit payudara terus menerus dan mencurigakan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter, meskipun belum terasa adanya benjolan.
    Pada stadium awal, tanda2 kanker payudara mungkin akan terdeteksi saat melakukan pemeriksaan sendiri payudara (SADARI), ketika pemeriksaan klinis, atau bahkan setelah melalui test mamografi. Pada tahap awal kanker payudara, biasanya tidak memperlihatkan tanda2 sama sekali, karena itu penting sekali untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh.

    sumber..

    tambahan
    Apakah Kanker Itu ?

    Tubuh kita terdiri dari sel-sel yang selalu tumbuh. Kadang-kadang pertumbuhan tersebut tidak terkontrol dan membentuk suatu gumpalan. Kebanyakan tidak menimbulkan bahaya. Tetapi bila gumpalan yang tidak normal terus bertumbuh dan menjadi ganas inilah yang disebut Kanker.

    Apa Penyebab Kanker Payudara ?

    Penyebab kanker payudara masih banyak diperdebatkan oleh para ahli. Tetapi penyakit ini lebih banyak terdapat diantara :

    - Wanita di usia 45 tahun
    - Wanita yang mempunyai saudara (ibu, kakak) yang pernah terkena kanker payudara
    - Wanita yang pernah mengidap kanker

    Bagaimana Tanda-tandanya ?

    Payudara selalu berubah dalam kehidupan seorang wanita seiring dengan meningkatnya usia seseorang. Perlu diketahui payudara anda normal atau tidak dapat ditemukan tanda-tanda awal terjadinya kanker yaitu :

    - Adanya gumpalan benjolan di bawah ketiak
    - Jaringan buah dada yang menebal dan terasa sakit
    - Puting susu terasa sakit dan keluar darah
    - Perubahan kulit pada daerah puting susu

    Bagaimana Cara Mendeteksi ?

    Lakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara sendiri) di rumah. Lakukan SADARI satu minggu setelah menstruasi.

    Kunjungi dokter keluarga anda dan dapatkan keterangan mengenai pemeriksaan Mamography dengan melihat perubahan yang ada pada tubuh serta tanda-tanda bahaya tadi.

    penyebab kanker payudara
    Penyakit Kanker Payudara

    Kanker Payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara, Hal ini bisa terjadi terhadap wanita maupun pria. Dari seluruh penjuru dunia, penyakir kanker payudara (Breast Cancer/Carcinoma mammae) diberitakan sebagai salah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian nomer lima (5) setelah ; kaker paru, kanker rahim, kanker hati dan kanker usus.

    # Penyebab Penyakit Kanker Payudara

    Penyakit kanker payudara terbilang penyakit kanker yang paling umum menyerang kaum wanita, meski demikian pria pun memiliki kemungkinan mengalami penyakit ini dengan perbandingan 1 di antara 1000. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker ini terjadi, namun beberapa faktor kemungkinannya adalah :

    1. Usia, Penyakit kanker payudara meningkat pada usia remaja keatas.

    2. Genetik, Ada 2 jenis gen (BRCA1 dan BRCA2) yang sagat mungkin sebagai resiko. Jika ibu atau saudara wanita mengidap penyakit kanker payudara, maka anda kemungkinan memiliki resiko kanker payudara 2 kali lipat dibandingkan wanita lain yang dalam keluarganya tidak ada penderita satupun.

    3. Pemakaian obat-obatan, Misalnya seorang wanita yang menggunakan therapy obat hormon pengganti {hormone replacement therapy (HRT)} seperti Hormon eksogen akan bisa menyebabkan peningkatan resiko mendapat penyakit kanker payudara.

    4. Faktor lain yang diduga sebagai penyebab kanker payudara adalah; tidak menikah, menikah tapi tidak punya anak, melahirkan anak pertama sesudah usia 35 tahun, tidak pernah menyusui anak.

    Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penyakit kanker payudara meningkat pada orang yang sering menghadapi kondisi stress (goncangan jiwa) dan juga bagi wanita yang sebelumnya mengalami menstruasi dibawah usia 11 tahun.

    # Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Payudara

    Bagi anda yang merasakan adanya benjolan aneh disekitar jaringan payudara atau bahkan salah satu payudara tampak lebih besar, Sebaiknya cepat berkonsultasi kepada dokter. Benjolan ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, mulai dari ukuran kecil yang kemudian menjadi besar dan teraba seperti melekat pada kulit. Beberapa kasus terjadi perubahan kulit payudara sekitar benjolan atau perubahan pada putingnya.


    Saat benjolan mulai membesar, barulah menimbulkan rasa sakit (nyeri) saat ditekan. Jika dirasakan nyeri pada payudara dan puting susu yang tidak kunjung hilang, sebaiknya segera memeriksakan diri kedokter. Puting susu yang mengkerut kedalam, yang tadinya berwarna merah muda dan akhirnya menjadi kecoklatan bahkan adanya oedema (bengkak) sekitar puting merupakan salah satu tanda kuat adanya kanker payudara. Hal lain adalah seringnya keluar cairan dari puting susu ketika tidak lagi menyusui bayi anda.

    # Diagnosa Penyakit Kanker Payudara

    Penyakit kanker payudara dapat diketahui dengan pasti dengan cara pengambilan sample jaringan sel payudara yang mengalami pembenjolan (tindakan biopsi). Dengan cara ini akan diketahui jenis pertumbuhan sel yang dialami, apakah bersifat tumor jinak atau tumor ganas (kanker).

    # Type Penyakit Kanker Payudara

    Melalui pemeriksaan yang di sebut dengan mammograms, maka type kanker payudara ini dapat dikategorikan dalam dua bagian yaitu :
    [​IMG]

    1. Kanker payudara non invasive, kanker yang terjadi pada kantung (tube) susu {penghubung antara alveolus (kelenjar yang memproduksi susu) dan puting payudara}. Dalam bahasa kedokteran disebut 'ductal carcinoma in situ' (DCIS), yang mana kanker belum menyebar ke bagian luar jaringan kantung susu.

    2. Kanker payudara invasive, kanker yang telah menyebar keluar bagian kantung susu dan menyerang jaringan sekitarnya bahkan dapat menyebabkan penyebaran (metastase) kebagian tubuh lainnya seperti kelenjar lympa dan lainnya melalui peredaran darah.

    # Penanganan dan Pengobatan Penyakit Kanker Payudara

    Penanganan dan pengobatan penyakit kanker payudara tergantung dari type dan stadium yang dialami penderita. Umumnya seseorang baru diketahui menderita penyakit kanker payudara setelah menginjak stadiun lanjut yang cukup parah, hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan atau rasa malu sehingga terlambat untuk diperiksakan kedokter atas kelainan yang dihadapinya.

    1. Pembedahan, Pada kanker payudara yang diketahui sejak dini maka pembedahan adalah tindakan yang tepat. Dokter akan mengangkat benjolan serta area kecil sekitarnya yang lalu menggantikannya dengan jaringan otot lain (lumpectomy). Secara garis besar, ada 3 tindakan pembedahan atau operasi kanker payudara diantaranya ;

    - Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara (lumpectomy). Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.
    - Total Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak.
    - Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.

    2. Radiotherapy (Penyinaran/radiasi), yaitu proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa di payudara setelah operasi. Tindakan ini mempunyai efek kurang baik seperti tubuh menjadi lemah, nafsu makan berkurang, warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam, serta Hb dan leukosit cenderung menurun sebagai akibat dari radiasi.

    3. Therapy Hormon, Hal ini dikenal sebagai 'Therapy anti-estrogen' yang system kerjanya memblock kemampuan hormon estrogen yang ada dalam menstimulus perkembangan kanker pada payudara.

    4. Chemotherapy, Ini merupakan proses pemberian obat-obatan anti kanker dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker. Sistem ini diharapkan mencapai target pada pengobatan kanker yang kemungkinan telah menyebar kebagian tubuh lainnya. Dampak dari kemoterapy adalah pasien mengalami mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan pada saat kemoterapi.

    5. Pengobatan Herceptin, adalah therapy biological yang dikenal efektif melawan HER2-positive pada wanita yang mengalami kanker payudara stadium II, III dan IV dengan penyebaran sel cancernya.

    # Pencegahan Penyakit Kanker Payudara

    Bagi anda yang merasakan ada hal yang tampak berbeda pada payudara, segeralah memeriksakannya ke dokter jangan sampai terlambat. Misalnya adanya pembesaran sebelah, adanya benjolan disekitar payudara, nyeri terus menerus pada puting susu dan sebagainya seperti pada keterangan tanda dan gejala payudara diatas.

    Tindakan lain yang bisa anda lakukan adalah Hindari kegemukan, Kurangi makan lemak, Usahakan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C, Jangan terlalu banyak makan makanan yang diasinkan dan diasap, Olahraga secara teratur, dan Check-up payudara sejak usia 30 tahun secara teratur.

    sumber


    Tanaman Ciplukan Cegah Kanker Payudara
    http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=48253&p=7607700&viewfull=1#post7607700
     
    Last edited by a moderator: Sep 4, 2014
  5. ODead M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    1,506
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,374 / -0
    mau nambahin aja...
    Klo Ca tuh sel2 ganasnya bisa menjalar k mana2...
    Bda sma tumor...
    Tp sbnarnya 2 penyakit ini sama yaitu KEGANASAN

    Anyway :niceinfo: gan... :top:




    Sapa bilang cwo gbs kna??? ada kok d tret lain, cba cari aja ttg nih Ca
     
  6. pakdhegatot Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2009
    Messages:
    73
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +34 / -0
    iya bener. aku pernah baca itu. cowok juga bisa kena
    cuman kecenderungannya tetap lebih banyak ke cewek
     
  7. galuhrestu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    474
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,073 / -0
    iya bener cowo juga bisa kena loh,,jadi hati-hati..
     
  8. BoA M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    744
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +728 / -0
    Brarti msh fiktif dong klo payudara diremas2 bs nyebabin kanker.. Itu smua kan tergantung pola hdp masing2 org..
    Btw, spoiler gbr na serem abis dah.. gw mpe ga tahan liatnya.. Hiiiii!!!! :takut:
     
  9. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,057 / -0
    Tanaman Ciplukan Cegah Kanker Payudara

    Tanaman ciplukan merupakan tanaman perdu yang mudah ditemukan di ladang ternyata mampu mencegah kanker payudara. Tanaman dengan nama latin Physallisa angulata L memiliki efek sitotoksik dan mampu menekan pertumbuhan sel kanker secara in vitro.
    View attachment 6705
    Ciplukan mengandung senyawa Fisalin dan Withanolid yang disinyalir dari berbagai laporan mengandung aktivitas antikanker. Tanaman ini juga bersifat sitotoksik pada beberapa sel kanker, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara MDA-MB 231, sel adenokarsinoma paru NCL-H23, sel leukimia, serta memiliki aktivitas anthihepatoma pada sel hepatoma manusia Hep G2, Hep 3B, dan PLC/PRF/5.

    "Dari penelitian-penelitian yang dilakukan menguatkan bila Ciplukan memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai agen kemopreventif," ungkap Ameilinda Monikawati di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) di Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu (1/12/2010).

    Meanfaat tanaman tersebut terbukti mampu menghambat sel kanker payudara setelah dijadikan ekstrak. Ekstrak diperoleh daripengolahan buah ciplukan yang telah dihilangkan akarnya.

    Ameilinda mengatakan aktivitas kemopreventif ekstrak etanolik herba Ciplukan menjadi alternatif pengobatan penderita kanker payudara. Sementara pengobatan kanker payudara dengan kemoterapi selama ini dinilai kurang efektif. Dengan kemoterapi seringkali menimbulkan adanya resistensi, serta beberapa efek samping seperti mual, muntah, toksisitas pada jaringan normal, toksisitas pada jantung menekan sistim imun.

    "Karenanya dibutuhkan suatu alternatif terapi kanker yang lebih aman, terjangkau dan efektif," katanya.

    Secara in vitro dari penelitian ini berhasil menekan pertumbuhan sel kanker hingga 20 persen. Hanya saja tidak hanya secara in vitro, untuk mendukung penelitian potensi Ciplukan sebagai agen kemopreventif pada kanker payudara maka dilakukan pula secara uji in vivo. Uji secara in vivo ini bertujuan untuk mengobservasi pengaruh EHC pada hewan uji tikus betina galur Sprague Dawley.

    Uji in vivo ini, kata Amelianda dilakukan melalui pengamatan hispatologi sel payudara dengan metode pewarnaan Hematoksilin & Eosin, serta aktivitas antiproliferasi EHC dengan metode AgNOR pada tikus yang terinduksi DMBA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EHC mampu menghambat proses karsiogenesis dari DMBA dan memiliki aktivitas antiproliferatif dengan menunjukkan black dots (nilai mAgNOR) dibandingkan dengan kelompok kontrol DMBA.

    Dari penelitian yang dilakukan Amelianda, Inna dan Sofa berkesimpulan Ciplukan berpotensi untuk dikembangkan sebagai agen kemoprevensi kanker payudara melalui induksi apoptosis dan penghambatan proliferasi sel. Selain itu Ciplukan dapat dijadikan pula sebagai agen ko-kemoterapi dengan doxorubicin.

    "Karenanya uji selektivitas serta ekspresi berbagai macam protein yang terkait dalam pemicuan apoptosis dan regulasi daur sel perlu dilakukan untuk mengetahui kemanan dan mekanisme molekulernya dalam menghambat pertumbuhan kanker payudara," tutur Amelianda.

    Dari penelitian tiga mahasiswa Fakultas Farmasi yakni Ameilinda, Inna Amandari dan Sofa Farida berhasil menguji potensi kemopreventif ekstrak etanolik herba Ciplukan (EHC) pada sel kanker payudara. Berkat penelitiannya tersebut, ketiga mahasiswa tersebut dinyatakan menjadi pemenang I Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Kompetisi Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-9 tahun 2010, sekaligus berhak mendapat hadiah uang sebesar Rp 12 juta.


    Sumber : us.health.detik.com
    Code:
    http://anasarema.blogspot.com/2010/12/tanaman-ciplukan-cegah-kanker-payudara.html
     
    • Like Like x 1
  10. sinra Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jun 26, 2010
    Messages:
    16,984
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,247 / -0
    walau bukan wanita harus tetap perhatian gan, cz buat kekasih kita nanti, kan gak mau pasangan kita kena kangker...
     
  11. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,275 / -0
    Cowok bisa kena, meskipun persentasinya sangat rendah (kira-kira 1/10000 atau kurang kalo ga salah); tapi biasanya baru ketauan setelah tahap penyakit sangat lanjut.
    Soalnya jaringan payudara pria jauh lebih kecil, jadi kalo ada apa2 kadang enggak kerasa; udah gitu juga pria kan hampir ga pernah melakukan periksa payudara sendiri; jadi kalo ada benjolan baru deh pada kaget :iii:
     
  12. aira_LMH_PMY M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 28, 2011
    Messages:
    1,017
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +1,171 / -0
    ya betul tuh, cowok juga bisa kena Ca mamae, walaupun hanya 1%
     
  13. regodian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    681
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +188 / -0
    supaya kanker paydara cepat diketahui, periksalah payudara sebulan sekali dengan teknik SADARI (perikSA payuDAra sendiRI)
    bila ditemukan kelainan, segera konsul ke dokter

    Langkah PERTAMA

    Berdiri didepan cermin, dada dibusungkan dan tangan diletakkan di pinggang. Perhatikan UKURAN, BENTUK dan WARNA payudara, serta puting. Wajib memeriksakan ke dokter, jika ada kulit payudara pada satu tempat ‘masuk’ kedalam, berkerut, kemerahan , terdapat luka yang sulit menyembuh atau membengkak. Puting susu retraksi/masuk kedalam atau letak abnormal.

    Langkah KEDUA

    Kemudian angkat tangan, perhatikan payudara seperti pada langkah pertama diatas. Kemudian tekan / pencet puting susu. Jika ada cairan abnormal yang keluar, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

    Langkah KETIGA

    Berbaring dengan tangan (pada sisi yang sama dengan payudara yang akan diperiksa) , diletakkan dibawah kepala. Tangan kiri dipakai untuk memeriksa payudara kanan begitu sebaliknya. Raba seluruh payudara (seperti pada gambar) mulai dari atas kebawah, sisi kiri ke sisi dalam, dari lekukan ketiak sampai kearah payudara. Bisa juga mulai dari puting, dengan arah melingkar terus sampai ke sisi luar lingkaran payudara. Pastikan seluruh payudara terdeteksi, raba dengan kekuatan yang ringan, halus tapi mencapai seluruh kedalaman payudara (bisa merasakan tulang iga dibelakang payudara)

    Langkah KEEMPAT

    Langkah terakhir, lakukan dengan berdiri atau duduk. Lakukan perabaan seperti pada langkah ke tiga.

    [​IMG]

    sumber:
    http://mahkotadewa.com/blog/2009/10/teknik-sarari-periksa-payudara-sendiri/
     
  14. manghorne Members

    Offline

    Joined:
    Sep 26, 2011
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nais inpo...
    tapi kok bisa ngeri gitu ya gambarnya yang kena kanker...sampe mmbusuk gitu...
     
  15. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,012 / -0
    5 Cara Mengecek Kesehatan Payudara

    Kanker payudara merupakan salah satu ancaman besar bagi perempuan. Namun, perempuan kerap tak sadar jika dirinya sudah mengidap kanker payudara.

    "Sekitar 60 persen penderita kanker payudara datang dengan kanker stadium lanjut," ujar Direktur Utama RS Kanker Dharmais Sonar Sonny Panigoro sekaligus dokter spesialis bedah onkologi.

    Padahal, semakin dini kanker ditemukan maka peluang pasien untuk bebas dari kanker kian besar.

    Dokter spesialis radiologi Luqman Adji Saptogino dari RS Pondok Indah menambahkan, guna memelihara kesehatan payudara, perempuan disarankan melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) secara teratur. SADARI sebaiknya dilakukan beberapa hari setelah menstruasi.

    Umumnya kanker payudara yang benjolannya kurang dari 1 cm belum bisa diraba. Sehingga, cek berkala diperlukan dengan menggunakan beragam metode dan alat.


    Berikut lima deteksi dini kanker menggunakan metode dan peralatan yang banyak dikenal dan tersedia di rumah sakit di Indonesia:

    Uji Payudara Klinis (UPK)

    Pemeriksaan intensif oleh dokter profesional untuk mengidentifikasi abnormalitas pada ukuran, bentuk, serta perubahan kulit atau puting payudara. Perempuan berusia 20-30 tahunan disarankan untuk melakukan UPK setidaknya sekali dalam tiga tahun.

    Mamografi

    Proses scanning dengan menggunakan sinar X-ray skala rendah untuk melihat bagian dalam payudara. Gambar hitam putih pada film yang dihasilkan akan dibaca dan ditafsirkan oleh ahli radiologi. Perempuan berusia di atas 40 tahun disarankan untuk melakukan mamografi setiap tahun.

    Breast Ultrasound

    Ultrasound menggunakan gelombang suara untuk memindai payudara yang kemudian diproyeksikan ke layar komputer dalam gambar hitam putih. Sebelum pemindaian, gel dioleskan di kulit payudara dan alat pemindai yang disebut transducer digosokkan ke area payudara yang telah dioleskan gel.

    Ultrasound biasanya digunakan sebagai pendamping mamografi, terutama untuk memindai payudara yang memiliki jaringan padat. Kombinasi metode mamografi dan ultrasound menghasilkan akurasi lebih tinggi.

    Magnetic Resonance Imaging (MRI)

    MRI tidak menggunakan sinar x-ray, melainkan menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk menghasilkan pencitraan yang lebih detail. Pada pemeriksaan MRI, pasien akan diberi suntikan gadolinium di daerah lengan untuk mendapatkan detil jaringan payudara lebih jelas.

    Perempuan yang memiliki risiko tinggi dan diduga terkena kanker payudara sebaiknya melakukan MRI, terutama apabila pada mamografi dan USG tidak memberikan hasil yang jelas.

    3D Sonomammogram

    Metode pendeteksian dini kanker payudara yang terbaru, yaitu 3D Sonomammogram, alat pencitraan dengan teknologi ultrasound 3D terbaru untuk memperoleh, menganalisis dan melaporkan volume anatomi payudara secara rinci. Alat tersebut mampu memberikan hasil berupa gambar payudara lengkap secara tiga dimensi dan komprehensif dengan uji yang dilakukan dalam waktu relatif singkat, yaitu sekitar 15 menit.

    "Pencitraan yang dihasilkan mencakup sel uruh anatomi koronal payudara yang sebelumnya tidak dapat diberikan oleh metode ultrasonografi konvensional," kata Rahmi Alfiah Nur Alam, dokter spesialis radiologi.

    Dengan demikian, teknologi itu memberikan gambaran yang lebih lengkap atas anatomi dan arsitektur jaringan payudara.

    Sumber
     
  16. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,275 / -0
    Sebelum ke rumah sakit sebaiknya wanitanya juga ngecek sendiri setiap habis mandi, ada yg ngga beres kah di payudara?
    Kalau ada, segera hubungi rumah sakit. Jangan tunggu sampe benjolannya membesar/menjadi sakit.
     
  17. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Pas zaman kuliah dulu ada salah satu temanku yang kena tumor payudara. Gara-gara itu aku jadi paranoid waktu payudaraku terasa sakit. Waktu diraba juga terasa ada beberapa benjolan. Karena nggak ingin terlambat, akhirnya aku pergi ke dokter. Ternyata kata dokter nggak ada yang salah dengan payudaraku. Cuma masalah hormonal karena menjelang menstruasi.

    Lantas bagaimana caranya membedakan benjolan (sementara) akibat hormon dan benjolan yang (benar-benar) tumor? :???:
     
  18. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,275 / -0
    Benjolan biasa (hormonal): biasanya membesar kira2 seminggu sebelum haid, seluruh payudara berasa seperti penuh/bengkak tapi tidak jelas sakitnya di mana.
    Benjolan tumor: biasanya nongol hanya di kuadran luar atas, bentuknya membulat/tidak beraturan dan terbatas, tidak di seluruh payudara, setelah haid selesai pun tidak menghilang.
    Benjolan kanker: mirip benjolan tumor, tapi biasanya bentuk tidak beraturan, tidak bisa digerakkan dari dasarnya, dan benjolan ini sangat jarang disertai nyeri.
     
  19. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Kuadran luar atas ini maksudnya tepian cup? :bingung:

    Aku baca di beberapa iklan klinik pengobatan alternatif, katanya benjolan kanker malah terasa nyeri. Bahkan disebutkan juga kalau wanita mesti curiga kalau puting payudara berubah warna/bentuk dan mengeluarkan cairan walaupun tidak sedang menyusui. Nah, cairan yang berbahaya ini yang berwarna putih itukah?
     
  20. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,275 / -0
    Kuadran luar atas = bagian payudara yg dekat sama lengan bagian dalam.
    Memang bisa sih nyeri sis, tapi nyeri bukan gejala utama benjolan kanker...
    Lalu, yg kedua itu benar, jika keluar cairan tapi sedang tidak menyusui, dan puting berubah bentuk, itu juga tanda2 kanker.
    Cairannya ga harus putih, bisa kuning, bahkan bisa juga merah (warna mirip darah).
     
    • Thanks Thanks x 1
  21. AbeonE M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    1,060
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +12,214 / -0
    baru tau gue gan [​IMG]
    kalo cairannya ketelen gemana ya :???:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.