1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Papua Nugini, Negeri Yang Hanya Mempunyai 1800 Tentara dan Polisi

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by blacksheep, Mar 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,046 / -0
    [​IMG]
    SBY dan Presiden Papua Nugini

    Moresby - Papua Nugini, negeri tetangga yang berbatasan langsung dengan Papua terus mengejar ketertinggalan. Namun di tengah upaya untuk mensejajarkan diri dengan negara lain, kesederhanaan tetap tampak di negara bekas jajahan Australia ini.

    Kesan sederhana tampak pertama kali saat kita mendarat di Bandara International Jackson Port Moresby. Bandara internasional satu-satunya milik Papua Nugini ini tak ubahnya seperti bandara di kawasan Timur Indonesia semisal Bandara di Ternate, Maluku.

    Sepanjang jalan di negeri yang berpenduduk kurang dari 2 juta ini, berjajar rumah-rumah sederhana yang berbentuk panggung dengan bahan baku utama kayu dan seng. Jalan utama kota Port Moresby, Ibukota Papua Nugini juga tak semulus jalan di kota Kabupaten Banyuwangi di Indonesia, misalnya. Jika jalanan di kota besar berwarna hitam mengkilat, maka di Port Moresby berwarna abu-abu keputihan.

    Saat upacara penyambutan di bandara, didengarkan dentuman suara meriam tanda kehormatan kepada SBY. dan ternyata, meriam itu adalah pinjaman dari Indonesia. Tak cuma itu, metal detector yang dipakai di Crown Plaza Hotel dalam setiap acara SBY, juga dipinjamkan langsung dari Indonesia. Ada wacana, kedua alat itu akan disumbangkan ke Papua Nugini.

    [​IMG]

    Saat Presiden SBY dan rombongan dari Indonesia lewat, warga di sepanjang jalan tampak girang melambaikan tangan, tak peduli tua muda atau pun anak-anak. Tak sedikit dari mereka yang tidak memakai alas kaki.

    Tak banyak dijumpai bangunan pemerintahan di negeri yang cuma memiliki
    1.800 tentara dan polisi ini.Sepanjang kanan kiri jalan cuma didominasi oleh rumah-rumah warga, pertokoan sederhana dan gudang-gudang. Yang unik, semua bangunan di negeri ini memiliki pagar tinggi dengan kawat berduri di atasnya. Kenapa bisa seperti itu? "Di sini tingkat kriminalitasnya tinggi," kata Sutar, pegawai Konsulat Indonesia di Fenimo, Papua Nugini, Jumat (12/3/2010).

    [​IMG]

    Sutar menjelaskan, tingkat pengangguran di negeri berbukit ini mencapai 60-90 persen dari total jumlah penduduk. Karena inilah, tingkat kriminalitas sangat tinggi. Hal ini diperparah dengan jumlah aparat keamanan yang setara dengan 3 batalyon saja.

    Tak ada restoran mewah atau pun mal di negeri ini. Yang ada cuma toko-toko kelontong atau mini market sederhana yang menjual kebutuhan sehari-hari. Yang unik, di mini market yang detikcom sambangi, di mana-mana terdapat peringatan bahwa mini market tersebut dilengkapi dengan video CCTV dan peringatan agar warga tidak mengambil barang dagangan tanpa bayar. Ada juga peringatan untuk tidak meninggalkan barang berharga di tempat penitipan barang.

    Di malam hari, jarang sekali pendatang yang keluar kamar hotel. Kondisi kota yang agak gelap karena tak banyak lampu di jalanan membuat kota ini makin rawan terjadinya kriminalitas.

    Setidaknya ada 3 hotel besar di Papua Nugini, yakni Crown Plaza Hotel, Quality Hotel dan Airways Hotel. Ketiga hotel ini milik orang Australia. Para tamu hotel tersebut pun didominsi oleh orang-orang asing yang sedang bisnis tambang, gas, serta kekayaan alam Papua Nugini lainnya.

    Australia mendominasi denyut nadi bisnis di Papua Nugini. Selain di bidang pariwisata dan tambang, Australia juga menancapkan bisnis di bidang teknologi. Perusahaan seluler terbesar di Papua Nugini, Digitec, adalah milik Pengusaha Australia. Dan masih banyak lagi bidang-bidang lain yang dikuasai oleh negeri kanguru.

    Papua Nugini memiliki tiga bahasa utama yang digunakan untuk percakapan sehari-hari, yakni bahasa Nuigini, Inggris dan Portugis. Apa bedanya bahasa Papua Nugini dengan Papua? "Kalau kami cuma punya satu bahasa asli, sementara Papua punya banyak sekali bahasa daerah," kata salah seorang petugas Quality Hotel tempat kami menginap. Menurut karyawan hotel tersebut, bahasa Inggris banyak dikuasai oleh Masyarakat Papua Nugini. Hal ini wajar karena negara penjajahnya, Australia juga menggunakan bahasa Inggris.

    Jika kita bertandang ke Papua Nugini, ada beberapa produk Indonesia yang juga diminati. Di antaranya adalah Indomie dan Aqua. Satu botol Aqua ukuran sedang, dijual seharga 6 Kina (mata uang Papua Nugini) atau sekitar Rp 18.000 (1 Kina: Rp 3.000). Harga barang-barang di negara panas bersuhu sekitar 40 derajat celsius tersebut tak jauh beda dengan di Australia, sama-sama mahal. Sedangkan nama Indomie ditambah dengan embel-embel makanan khas setempat, sehingga menjadi Indomie Karuyuk. Karuyuk adalah makanan khas Papua Nugini berbahan dasar ayam.

    Negara yang merdeka tahun 1975 ini terus berbenah. Demi mengejar ketertinggalan, berbagai kerjasama dengan negara asing terus dilakukan, termasuk dengan Indonesia.

    "Kami senang dengan kehadiran Presiden SBY dan rombongan ke negeri kami. Kami pastikan, kerjasama dengan Indonesia tak cuma dalam bidang pertanian saja, melainkan Industri, pertahanan dan lain sebagainya," kata PM Michael Somare saat jumpa pers usai menggelar pertemuan bilateral dengan SBY.

    Sumbre : Detik

    [​IMG]
    Code:
    http://www.strov.co.cc/2010/03/papua-nugini-negeri-yang-hanya.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. zakuroba M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    1,605
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +7,358 / -0
    wah...kalo semisal kena serangan dari negara lain gmna za... :???:
     
  4. mulia24 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    wah, parah juga kalau tinggal di negara dengan kriminalitas tinggi, di Indonesia saja tingkat kriminalitas amat tinggi (walau no comment dari pejabat yang berwenang), bagaimana pula dengan di papua nugini yang terang2 di katakan kriminalitasnya tinggi. :keringat:

    kalau dilihat dari petanya, terlihat bahwa PNG (papua new guinea) luas juga tuh, sayang SDA nya tidak bisa mereka kelola sendiri (mungkin belum) masih di tangan australia. kalau bisa dikelola sendiri dan dengan negara yang jumlah pulau dan penduduknya tidak serame Indonesia niscaya negara ini bisa jauh lebih maju dari negara2 di asia tenggara. :nikmat:
     
  5. shoichisaionji M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +336 / -0
    wedew...
    klo ad demo ato yg laen smua pol d krahkan smua na...
     
  6. deJeer Administrator
    Head Admin

    Offline

    Watching You

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    16,502
    Trophy Points:
    292
    Ratings:
    +31,176 / -1
    kl itu Indonesia....
    dah ancur gedung2 dpr mpr didemo...
    tapi papua nugini ayem tentrem keknya
    :sigh:
     
  7. chickenundead M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 19, 2009
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +65 / -0
    Pakaian adatnya masih mirip orang-orang Papua yah??
     
  8. jayz91 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    507
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +67 / -0
    untung aj udah misah dr indonesia.....
    yang ada cm nyusahin doank...:hot:
    pengen merdeka lah...ini lah...itu lah.....
    nah sekarang kerasa kan?? (egois bgt y gw?? hahahahaa)
     
  9. Shuichi M V U

    Online

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,518
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154,805 / -3
    Walaupun tentara & polisinya sangad minim...
    tapi kek nya jarang ada kerusuahan & demo yg terjadi deh di Papua....
     
  10. juwitamalam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 27, 2009
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    gila negri segitu gedenya penduduk cuma 2 juta ? n aparat keamanannya cuma 1800 ?
    ckckck.....apa bisa nanganin semua masalah tuh ? kan katanya tingkat kriminalitasnya tinggi.
     
  11. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,266 / -0
    Iya sich kriminalitasnya tinggi, tapi mungkin itu lebih dipengaruhi kondisi negaranya yang banyak masalah mulai dari ekonomi sampe pangan...
    Otomatis dengan jumlah aparat yg dikit, kecenderungan berbuat kejahatan lebih tinggi :dead:
     
  12. yudi_haryanto M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    4,618
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +22,600 / -0
    tingkat pengangguran 60-90 persen daritotal jumlah penduduk :kaget:

    gila bgt :swt: trnyata ada ya negara yg jumlah penganggurny lbh dari setengah jumlah penduduk :keringat:

    pantesan aja kriminalitasny tinggi
     
  13. Fusilier Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +21 / -0
    Itu dia yang ditakutkan oleh pemerintah. Paling-paling negara tetangganya sebatas memperkuat perbatasan. PBB cuman bisa mengembargo si penyerang (kecuali dipukul Amerika Serikat).
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.