1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

PAN Perjuangkan Pluralisme di Bali

Discussion in 'JaBoDeTaBek' started by syahhputra05, Jan 30, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. syahhputra05 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2015
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +0 / -0
    cahaya.co - Banyaknya suku di Indonesia, membuat kita berfikir bagaimana untuk mempertahankan kehidupan yang multi etnik tersebut. Caleg perempuan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bali asal Malang, Jawa Timur, Dara Yani Juraida memperjuangkan kehidupan pluralisme dan keserasian antar etnis di Pulau Dewata, Bali.

    "Bali selama ini dikenal berkarakter indah multi etnis dan memberi inspirasi dalam mewujudkan kehidupan pluralisme yang berbingkai dalam persaudaraan (menyama braya)," ujar Dara, Jumat (4/4).

    Perjuangan pluralisme itu untuk membangun kesadaran hidup masyarakat akan pentingnya hidup bersama-sama di lingkungannya. Kesadaran tersebut akan tumbuh melalui praktek sehari-hari dan pendidikan.

    "Semua jenis etnis nusantara dari Sabang sampai Merauke ada di Bali. Demikian juga semua warga negara dunia, ada yang tinggal di Bali karena kecintaannya terhadap Bali yang aman dan damai serta memberikan inspirasi tata kehidupan yang sarat nilai kebersamaan," katanya.

    Sampai saat ini hubungan antaretnis berjalan dengan baik dan mengesankan. Namun bisa saja, suatu saat datang orang yang antipluralisme dan menodai hubungan etnis yang sudah ada. Maka dari itu, hal ini harus menjadi perhatian yang sangat penting. Praktik poltik di khawatirkan akan menodai hubungan etnis.

    "Dengan cara memprovokasi untuk kepentingan politik sesaat dengan mengabaikan tatanan dan peradaban yang sudah melembaga," imbuhnya. (taw / ac)




    www.cahaya.co
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.