1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pamali / Pantangan, Masih percayakah ?

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by manteero, Aug 26, 2009.

?

Apakah anda percaya pamali / pantangan ?

  1. Saya percaya sebagian pantangan meskipun tidak logis

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Saya percaya pantangan dengan alasan yg logis

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Saya tidak percaya segala pantangan

    0 vote(s)
    0.0%
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. manteero M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    1,388
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,782 / -0
    Apakah anda masih percaya dan mematuhi berbagai pamali/pantangan dari orang tua jaman dulu?

    ini daftar pantangan yg masih dipercayai orang-orang:
    Pamali atau pantangan adalah hal-hal yang sering kita dengar
    dari orang tua kita atau kakek/nenek kita. Pantangan
    tersebut tentunya berawal dari banyaknya kasus yang terjadi
    karena melanggar pantangan tersebut meski segala sesuatunya
    adalah bersandarkan atas kehendak Tuhan. Percaya atau
    tidak... terserah bagaimana anda menyikapinya.

    Berpindah tempat pada waktu makan
    Janganlah berpindah tempat pada waktu makan, karena kelak
    berakibat akan mendapat ibu tiri. Terkecuali pindah pada
    posisi yang lebih bagus misalnya semula makannya dilantai,
    kemudian pindah kemeja makan yang semestinya, kalau itu yang
    dilakukan kelak akan cepat mendapat pekerjaan yang lebih
    baik.

    Berselimut dengan tikar
    Janganlah anda berselimut dengan tikar karena kelak anda
    akan digulung oleh ombak jika mandi di laut.

    Berteriak-teriak mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan.
    Janganlah anda berteriak-teriak berkata-kata kotor pada saat
    berada di dalam hutan, karena anda tak lama lagi akan
    dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda
    (kesurupan).

    Berfoto bersama dalam jumlah ganjil
    Janganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari
    yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.

    Bangun Tidur terlalu siang
    Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir
    berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan
    datang akan selalu menjauh kembali.

    Bersin sewaktu akan bepergian
    Anda tidak dapat langsung berpergian baik menggunakan
    kendaraan atau tidak setelah bersin.Paling tidak anda
    menunggu beberapa menit setelah bersin lalu boleh pergi,
    karena kalau anda bersin langsung pergi anda akan celaka
    diperjalanan.

    Berlama-lama dikamar mandi
    Janganlah anda berlama-lama dikamar mandi karena akan
    terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya.

    Duduk dipintu
    Anda dilarang duduk tepat didepan pintu, karena khawatirkan
    ada makhluk lewat yang melewati pintu tersebut dan anda akan
    jatuh sakit.

    Gadis keramas dihari Sabtu
    Jika anda seorang gadis, janganlah anda keramas pada hari
    Sabtu, karena berakibat anda akan mempunyai suami penyiksa

    Kebiasaan bersedih pada waktu hamil
    Janganlah selalu bersedih pada waktu hamil, karena kelak
    akan mendapatkan anak yang cengeng.

    Kebiasaan duduk di tengah pintu waktu turun hujan lebat
    Janganlah anda duduk ditengah pintu waktu turun hujan lebat
    karena suatu ketika anda dapat tersambar petir (yang
    sebenarnya petir tersebut, konon, mengincar setan).

    Kebiasaan makan asinan di malam hari
    Janganlah anda terbiasa makan asinan di malam hari, karena
    akan selalu tertimpa keresahan hati, jika ia seorang yang
    belum menikah akan sulit jodoh, dan jika sudah menikah ia
    akan sering bertengkar.

    Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras
    Janganlah melakukan Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan
    disulut kebenda keras, karena kelak akan selalu mengalami
    kekecewaan karena gagal dalam karir dan rumah tangga.

    Kebiasaan menggigit bibir sebelah bawah
    Janganlah anda selalu menggigit bibir sebelah bawah, karena
    kelak anda akan bernasib buruk dan rezeki seret.

    Kebiasaan menggigit bibir sebelah atas
    Janganlah menggigit bibir sebelah atas karena akan selalu
    banyak hutang dalam hidup

    Kebiasaan menggigit kuku
    Janganlah sering menggigit kuku, karena akan mengundang
    nasib buruk dan pembawaan sering gugup juga akan menderita
    batin.

    Kebiasaan memutir rambut
    Janganlah anda memutir-mutir rambut karena kelak anda akan
    menjadi bahan gunjingan orang dan menjadi korban fitnah.

    Kebiasaan pura-pura menangis
    Janganlah berpura-pura menangis karena akan berakibat orang
    tua akan menerima musibah.

    Kebiasaan bersiul diwaktu malam
    Janganlah anda selalu bersiul diwaktu karena disaat anda
    tidur dimalam itu dan akan mendengar siulan yang berasal
    dari luar kamar anda itu adalah ulah dari makhluk halus yang
    merasa terganggu dengan siulan anda dan membalasnya.

    Kebiasaan bersiul didalam rumah
    Janganlah anda selalu bersiul didalam rumah, karena akan
    mengundang makhluk halus yang akan berbuat jahat.

    Kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih
    Janganlah mempunyai kebiasaan memberi saputangan kepada
    kekasih karena kan berakibat perpisahan tiada sebab.

    Kebiasaan membuang nasi sisa makan, karena masih kenyang
    Janganlah selalu membuang nasi sisa makan, karena masih
    kenyang bermakna kelak selama satu tahun akan mengalami
    bentrokan keluarga yang beruntun.

    Kebiasaan makan pakai mangkuk
    Janganlah anda selalu suka makan pakai mangkuk, karena akan
    sering ditinggal pergi saudara.

    Kebiasaan mengusap muka/wajah dengan baju
    Janganlah selalu mengusap muka/wajah dengan baju karena akan
    selalu dibenci orang dan susah rezeki.

    Kebiasaan memakai baju sambil berjalan
    Janganlah suka, sering memakai baju sambil berjalan, karena
    akan berakibat cita-cita tidak akan terlaksana.

    Kebiasaan menyiksa anak perempuan
    Janganlah anda memukul atau menyiksa anak, adik, saudara
    perempuan karena kelak jika ia sudah menikah ia akan selalu
    disakiti dan disiksa oleh suaminya.

    Kebiasaan bernyanyi atau besiul pada waktu sedang makan
    Janganlah anda selalu bersiul bila sendang makan karena anda
    akan mengalami kegagalan dalam usaha.

    Kebiasaan memukul anak wanita pada pantat (bokong)
    Janganlah anda selalu memukul anak wanita pada pantat
    (bokong), karena kelak anak tersebut akan menjadi hyper ***,
    dan bila sudah berumah tangga akan selalu ribut dengan
    suaminya.

    Kebiasaan mencabuti bulu alis mata
    Janganlah suka mecabuti alis mata (khususnya wanita) karena
    akan menyebabkan ketidak nyamanan pada saat berhubungan
    intim.

    Kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan
    Janganlah anda melakukan kebiasaan memeluk kepala dengan
    kedua tangan karena akan menjadikan diri anda kehilangan
    akal dan pikiran menjadi buntu, meneketehe dan dungu.

    Kebiasaan memeluk lutut sambil berjongkok
    Janganlah terbiasa memeluk lutut sambil berjongkok, karena
    akan berakibat selalu meneketehe pada saat menghadapi
    masalah dan putus asa.

    Memotong Kuku menurut hari
    Janganlah memotong kuku pada hari Minggu, karena akan
    mendapat bencana, demikian juga pada hari Senin, karena akan
    ada orang yang dengki atau irihati, selain itu hari Sabtu
    juga termasuk hari yang kurang baik untuk memotong kuku
    karena akan mendatangkan halangan atau rintangan bagi anda.
    Disarankan untuk memotong kuku pada hari Selasa karena akan
    disukai orang banyak. Hari Rabu juga termasuk hari baik
    karena akan membawa keselamatan dan perlindungan dari Tuhan.
    Hari baik yang disarankan adalah hari Kamis anda akan
    mendapat rezeki. Terakhir hari yang disarankan membawa
    kebaikan adalah hari Jum'at karena akan membuat anda disukai
    dan dicintai orang.

    Mengangkat kaki
    saat bertiduran (tengkurap)/melakukan kaki keatas keduanya
    atau satu saja, bertanda bahwa anda menginginkan
    menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada ibu anda.

    Membuka payung
    Anda dilarang membuka payung didalam rumah, karena akan
    terjadi sesuatu yang buruk dikeluarga anda.

    Menggunting kuku malam hari
    Janganlah anda menggunting kuku pada mari, karena akan
    membuat usia anda lebih singkat.

    Menyapu di malam hari
    Janganlah anda menyapu dimalam hari karena akan sulit untuk
    mencari rezeki.

    Menjahit kancing baju ketika baju masih dipakai
    Janganlah menjahit kancing baju ketika ketika baju masih
    dipakai karena akan menderita penyakit yang parah dan selalu
    gagal dalam usaha selama 1 bulan.

    Menyisir rambut sambil berjalan
    Janganlah adan menyisir rambut sambil berjalan, karena anda
    akan mendapat malu di depan umum.

    Mandi disiang hari bolong
    Janganlah mandi disiang hari bolong, karena berakibat anda
    akan cepat tua.

    Makan nasi menggunakan piring kecil
    Janganlah anda Makan nasi menggunakan piring kecil, karena
    akan berakibat selama hidup akan tersisih dari keluarga.

    Makan disudut meja
    Janganlah anda makan disudut meja, karena akan berakibat
    kelak anda akan dimusuhi mertua dan perkimpoiannya akan
    hancur.

    Makan otak binatang
    Janganlah anda memakan otak binatang khususnya untuk anak
    kecil, karena akan menimbulkan uban sebelum waktunya.

    Makan dicobek atau lumpang
    Janganlah anda makan dicobek atau lumpang, karena akan
    berakibat kelak anda akan dimusuhi mertua tanpa sebab.

    Makan didaun yang dilipat
    Janganlah Makan didaun yang dilipat, karena akan berakibat
    kelak kehidupan keluarga anda tidak akan harmonis.

    Makan selalu dengan tangan tanpa sendok
    Janganlah anda makan selalu dengan tangan tanpa sendok,
    kelak barakibat kehidupan anda menderita, bila ia seorang
    wanita akan menderita kanker rahim.

    Makan didepan pintu
    Janganlah anda makan didepan pintu, kelak akan berakibat
    sulit mendapat jodoh.

    Makan telur ikan terlalu banyak
    Janganlah makan terlalu banyak telur ikan khususnya untuk
    anak kecil, karena kelak akan berakibat terjangkit penyakit
    cacar yang membuat muka bopeng.

    Mengeluarkan suara ketika makan
    Janganlah anda mengeluarkan suara ketika sedang makan,
    karena akan berakibat menjadi bahan gunjingan orang lain,
    atau menjadi pengundang binatang buas.

    Makan buah pisang (jantung)
    Janganlah makan buah pisang (jantungnya) khususnya anak
    kecil, karena kelak akan berakibat sianak akan bodoh, dungu,
    dan bloon.

    Makan masakan kaki ayam
    Janganlah makan masakan kaki ayam khususnya anak kecil,
    karena kelak tulisannya akan jelek seperti cakar ayam.

    Makan pisang yang berada di posisi pinggir (dalam satu sisir pisang)
    Janganlah anda memakan pisang yang berada disisi pinggiran
    pada sisiran pisang, karena akan mendapat sikap selalu
    disisikan dalam setiap pergaulan.

    Makan sirih bagi wanita muda
    Jika anda adalah wanita janganlah anda bersirih (makan
    sirih), karena kelak akan berakibat saat hari pernikahan
    kelak akan mengalami haid/menstruasi.

    Menjual cuka asam pada malam hari
    Janganlah anda menjual cuka asam pada malam hari, karena
    akan berakibat pelanggan anda akan berkurang, dan selalu
    betengkar dengan tetangga.

    Menjual silet dan jarum pada malam hari
    Janganlah anda menjual silet dan jarum pada malam hari,
    karena akan berakibat toko, usaha anda akan bangkrut.

    Menjual garam pada malam hari
    Janganlah anda menjual garam pada malam hari, karena akan
    membawa kebangkrutan pada toko, warung, usaha anda.

    Menyalakan rokok bersumber api (yang sedang membuat senjata tajam)
    Jangan menyalakan rokok bersumber api dari bara besi yang
    sedang membuat senjata tajam, karena setelah jadi senjata
    tajam ia akan segera memakan korban jiwa.

    Memakai payung dalam rumah
    Janganlah memakai payung dalam rumah karena akan selalu
    kesukaran dalam hidup.

    Malas menghadiri undangan perkimpoian
    Janganlah sering tak menghadiri undangan perkimpoian karena
    akan membuat anda sulit jodoh.

    Makan sebelum orang tua makan
    Janganlah mendahului makan sebelum orang tua makan, karena
    akan menjadikan sulit untuk mendapat rezeki

    Memotong rambut malam hari di rumah
    Janganlah suka memotong rambut dimalam hari di rumah, karena
    berakitbat anda akan didatangi makhluk halus jahat dalam
    mimpi.

    Tidur disore hari menjelang magrib
    Janganlah anda tidur disore hari menjelang magrib, karena
    kelak anda akan menjadi orang tak bermalu (gila).

    Tidur terlentang dengan tangan dikepala
    Janganlah anda tidur terlentang dengan tangan menindih
    kening kepala anda, karena secara tidak langsung akan
    menyumpahi orang tua anda untuk pergi untuk selama-lamanya.

    Wanita muda makan masakan tunggir ayam
    Jika anda seorang wanita muda/belum bersuami hendaknya
    jangan memakan tunggir ayam, karena kelak anda akan
    mendapatkan suami yang tidak setia dan selalu makan hati.

    Membersihkan telinga dimalam hari
    Janganlah anda membersihkan telinga dimalam hari, karena
    akan membawa anda kedalam kesulitan rezeki.

    Membuang puntung rokok yang masih panjang
    Jangan membuang puntung rokok yang masih panjang, karena
    akan menjadikan ada akan kesulitan rezeki.

    Mandi dipantai dengan pakaian warna merah atau hijau tua
    Janganlah sering, selalu memakai pakaian warna merah atau
    hijau dipantai karena suatu saat kelak akan dijadikan
    mempelai wanita atau pria oleh makhluk halus.

    Para gadis atau perjaka biasa membeli barang bekas
    Jika ada gadis atau perjaka biasa membeli barang bekas kelak
    suatu saat akan menikah dengan janda atau duda.

    Jangan anda tidur dengan posisi kepala ada di sebelah utara
    dan kaki di sebelah selatan, karena anda akan cepat
    meninggal (posisi mayat yang dikubur)
     
    Last edited: Aug 27, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. experience27 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    8,569
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,873 / -0
    waduh gw ga pernah sama sx mikir2 gtu malah.. maen hajar aja selama itu sopan
     
  4. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    pamali mah buanyak, sebagian ada benarnya, sebagian konyol...

    saran gw, dengerin aja omongan orang tua... jangan banyak ngebandel

    selebihnya terserah anda :alucard: :alucard: :alucard:
     
  5. kodokodok M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 11, 2007
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +73 / -0
    kalo kata nyokap gw sih jgn duduk di pintu

    katanya susah dpt jodoh

    tpkalo kt gw ya emang kalo duduk di pintu kan ngalangin orang yg mao masuk

    tp kok hubungannya ama susah dpt jodoh ya
     
  6. sea_food M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    372
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +197 / -0
    wah bru tau sbnyk itu pamali2an
    klo emang itu logis sih ikutin aja (contohnya kya jngn duduk di dpn pintu soalnya bs ngalangin orng)
    klo emang itu ga logis dan malah jd penghambat ngapain diikutin
     
  7. Keefer Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 31, 2008
    Messages:
    120
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    tergantung pantangannya, klo dirasa berlebihan/sulit diikuti ya ga usah.
     
  8. juprir Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 7, 2008
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +3,806 / -0
    ngga percaya . . . cape kalo percaya yang gituan, terlalu banyak pamali
     
  9. josher M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    1,498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,354 / -0
    soalnya anak di kandungan bisa ikut merasakan emosi sang ibu
    jadi kalo ibunya sedihhh terus waktu hamil, anak juga akan sedih terus n gampang menangis
    makanya ibu2 kalau hamil itu selalu disuruh menjaga kestabilan emosinya

    n jangan sekali2 ngomong soal gugurin anak
    si anak bisa merasakan dan akan bermasalah tentang tujuan hidupnya saat dia remaja

    ada cerita sepasang ortu yang ingin gugurin anaknya tapi ga jadi
    nah, waktu lahir, bayinya itu sama sekali ga mau nyusu
    dikasih apa saja ngga mau. seolah-olah dia memang ingin mati
    baru setelah ibunya nangis dan minta maaf kepada bayinya, bayinya baru mau nyusu
    (ini cerita nyata)
     
    Last edited: Aug 28, 2009
  10. Tailaxu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 24, 2009
    Messages:
    389
    Trophy Points:
    116
    Ratings:
    +4,384 / -0
    kl masi logis mah y percaya donk..
    kl aneh2 mah musti diselidiki lg tuh..
     
  11. n_hobi_xxx M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    282
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    kalo nurut gw sih sebaiknya turuti perintah dan nasehat ortu anda, jgn lupa banyak doa, sehingga hidup bisa lebih tenang aman dan nyaman :top:
     
  12. prufessuer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,655 / -0
    banyak juga pantangannya :hot:

    gw mah ga pcaya!!! :hahai:

    habis aneh-aneh tuh pantanganny :swt:
     
  13. litata M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    2,100
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,014 / -0
    percaya gak percaya sih..
    yah kalo masuk akal ya diikuti
     
  14. uyya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +92 / -1
    sebenernya yang kayak gitu tu buat nambah-nambahin aja kali ya ...
    maksud larangannya tu baik (kayak jangan duduk di pintu, jangan suka gigitin kuku, dll), tapi embel2 "nanti..."-nya tu yang kadang gak masuk akal ... gak nyambung gitu dengan apa yang kita lakuin ... haha

    ya namanya juga dari orang tua jaman dulu , kalo orang tua ngomong, diikutin aja dah, ambil positifnya ... selama ini sih aku kurang percaya ma yang gituan ... =P
     
  15. zodra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 4, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    percaya nggak percaya sih.. cz sebenarnya maksud dan tujuan adanya pamali tuh baek, tapi orang dulu bikin pamali tuh kan wat nakut2in, biar gag ngelakuin apa yg dilarang, meski terdengar gag logis.:sigh:
     
  16. darkgallon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Gak percaya
    Gunting kuku wkt mlm gak blh krn jaman dl kn gak ad lampu jd tkt kgunting dagingnya tp gr2 anak2 batu jdny diboongin buang hokilah dll
    duduk di pintu = menghalangi jalan
    gigit kuku = jorok, kuman
    dll
     
  17. bee_can Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    1,951
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,491 / -0
    kalau memang masuk akal dan bermanfaat bagi diri kita sendiri ya pasti diikutin. tapi kadang ada juga pantangan yang agak tidak masuk akal, karena nasehat dari orang tua ya diikutin juga. asalkan tidak merugikan orang lain apa salahnya mengikuti nasehat orang tua. pasti untuk kebaikan kita juga.
     
  18. daigo_madoka M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    287
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +446 / -0
    Nggak percaya alasannya.
    Tapi sebagian pantangannya demi kebaikkan. :)
     
  19. angsperdoel Members

    Offline

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    biasanya gak terima dengan alasannya......!!
    mangkanya gw sering gak percaya.
    tapi kalo dari ibu yang bilang gak berani membantah...heeeee....
    taku kualat.
     
  20. guitart Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 28, 2009
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +162 / -0
    Percaya sama tuhan :cihuy:

    selama itu tidak merugikan orang lain ya :angel:
     
  21. tehkotak88 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,318
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,654 / -0
    Beberapa ada bnernya juga...

    Kek yg ini
    G bilang logis...klo kesiangan mulu gmn kerja mo beres, tul ga?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.