1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pabrik Sayuran di Jepang / Japan’s Vegetable Factory

Discussion in 'Lifestyle' started by blacksheep, Jun 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,057 / -0
    Mungkin jika anda pernah berkunjung ke lahan pertanian, anda pasti akan melihat tanah yang begitu luas yang ditumbuhi oleh beraneka macam tumbuhan dan sayuran. Lahan tanah yang sedikit basah dan kotor serta telah tercemari oleh pupuk dan pestisida.

    Tetapi mungkin anda akan melihat hal ini akan berubah untuk beberapa tahun yang akan datang. Kenyataannya, sekarang beberapa petani di negara Jepang, tidak lagi menanam sayuran di atas tanah, dibawah langit layaknya beberapa petani konvensional di negara-negara lain seperti Indonesia.

    [​IMG] (Para Petani di dalam Pabrik Sayuran)

    Industri makanan di Jepang, menerapkan cocok tanam model baru yang disebut Pabrik Sayuran. Tindakan ini dilakukan untuk menanggapi skandal yang muncul karena adanya pupuk pestisida berbahaya yang di impor dari China.

    [​IMG] (Petani sedang Memeriksa kualitas Tanaman)

    Di dalam pabrik sayuran ini, para petani jepang diharuskan memakai baju pelindung, sarung tangan, penutup hidung agar dapat memasuki pabrik dengan kondisi alam buatan. Kelembaban, tempratur, pencahayaan serta faktor-faktor yang lainnya sepenuhnya diatur, dan tanaman sayuran tumbuh dengan nutrisi yang lebih baik daripada tanah. Menteri pertanian Jepang mengharapkan akan ada 150 pabrik sayuran dalam 3 tahun yang akan datang.

    Adapun keunggulan yang dimiliki oleh pabrik sayuran yaitu :

    1. Hasil dapat dipanen lebih cepat dan lebih banyak, misalkan sayuran sawi organik dapat dipanen 20 kali dalam setahun, lebih banyak daripada dipanen 2 atau 3 kali setahun dengan cara bercocok tanam biasa.
    2. Ketika akan dijual dan dimasukkan kedalam kemasan, tidak perlu di cuci.
    3. Lebih tahan lama di lemari pendingin, karena hanya memiliki sedikit kuman dari tempat mereka tumbuh.
    Luar Biasa teknologi pertanian yang diterapkan oleh pemerintah jepang. Semoga ini juga dapat ditiru dan dilaksanakan oleh bangsa kita terutama mahasiswa pertanian sehingga dapat memberikan penyuluhan kepada petani. Makanan sehat untuk bangsa kita.
    Code:
    http://newsgila.blogspot.com/2009/06/pabrik-sayuran-di-jepang-japans.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. doubledoank M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 31, 2008
    Messages:
    2,056
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,297 / -0
    mantap, teknologi pertanian seperti ini wajib dipelajari untuk memajukan pertanian negara kita....

    sapa yang mau ke jepang sono buat belajar ilmunya? :haha:
     
  4. TheMightyDork M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 8, 2009
    Messages:
    752
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +102 / -0
    gila hebat banget orang sana..

    aduh..kapan ya kita bisa merasakannya..kayaknya berharap kayak gitu di indonesia keburu mati duluan..:swt:
     
  5. BlankShade M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,443 / -0
    Wow orang sana bener2 memperhatikan kesehatan ya:th_101_::th_101_:
    Jadi pingin nyoba ke sono:onfire::onion-76::onion-76:

    Nice inpo bro:top:
     
  6. alotez M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 6, 2008
    Messages:
    1,000
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +627 / -0
    Wach Siip teknologinya.....
    Kebersihannya juga terjaga....:top:
     
  7. v3rt3x M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,394 / -0
    tapi pasti ada efeknya ke alam, karena alam diciptakan buat bercocok tanam, nah kl kegiatan bercocok tanam dialihkan ke pabrik seperti itu, pastinya ada efek ke alam, ya ga? :hihi:
     
  8. blinkerz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    yah... semoga indonesia terinspirasi dari usaha jepang + kembali memperhatikan pertanian... syukur2 bisa bikin pabrik juga ky gini :D
     
  9. david M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2007
    Messages:
    497
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +9 / -5
    hahha lama d indo kyk gitu ,sekarang aja dari dolo ampe sekarang sawah tetep pake tenaga manusia ~_~"
     
  10. sputnix M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 3, 2008
    Messages:
    712
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +163 / -0
    Jepang memang selalu no 1 di bidang teknologi
    salut banget ma Jepang
    andai Indonesia bisa 1/2 ja ky Jepang
     
  11. uzumakinovandi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    396
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +340 / -0
    di jepang malah banyak yang masang kebun d atap kan? soalnya tanah d sana mahal...
     
  12. greenteanovi211 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +40 / -0
    Wow keren banget emang jepang..
    mungkin teknologinya bisa diterapkan tuh.. tapi pemodalnya harus modalin besar buat petaninya.. Lumayan bisa buat mensejahterakan berbagai pihak (kecuali pabrik pestisida. hihi)
     
  13. lucielle M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +24 / -0
    wah, keren teknologinya
    jepang emang mantap deh
    lagian kalo sayurnya organik, pasti lebih sehat
     
  14. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,042 / -7
    yang pasti butuh dana yg gak sdikit...
    menteri2 indo mana ada yg mau sih ngebangun negara nya sendiri..
    yg ada juga duit nya dikonsumsi buat perut sendiri..:voodoo::voodoo:
     
  15. herli M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +23 / -0
    luar biasa jepang ya..
    tapi biasanya yang alami itu pasti hasilnya lebih baik
     
  16. ryzqrd M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,552
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +533 / -0
    terjamin banget nampaknya ini...
     
  17. freedy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 1, 2008
    Messages:
    528
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +7,671 / -0
    Keren boss..di Indonesia mana ada ky gt..
     
  18. danang_imut M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    211
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +9 / -0
    bukannya mereka sampe bikin kaya gitu karena mereka ga punya lahan ya.. :???:
    secara wilayah negara mereka tu tergolong kecil dan sering terjadi bencana gitu
    kalo punya tanah yg luas dan subur ky di indo sih mestinya ga perlu yg kaya gitu

    IMHO ya... no offense buat yg lain.
     
  19. stradivarius M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 16, 2007
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +46 / -0
    Wah keliatannya bersih dan terjaga banget sayurnya
     
  20. audeh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    1,646
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,107 / -0
    jepang emnag top dah gak da matinya soal teknologi :top: :top:
     
  21. little28 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wow.... keren banget ya.... tapi indonesia harus masi mencari tenaga2 ahli dalam bidang ini....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.