1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Orangutan Tapanuli

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by macbudi, Mar 17, 2021.

  1. macbudi Members

    Offline

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4 / -0
    Apakah kalian tau hewan orangutan?
    Orangutan adalah salah satu primata (Kera Besar) yang ada di Dunia.
    Di Indonesia, spesies orangutan sebelumnya hanya dua yaitu orangutan sumatra, orangutan kalimantan.
    Orangutan kalimantan sendiri mempunyai 3 subspesies.

    Tepatnya tahun 2017, telah ditemukan jenis baru dari orangutan, yaitu orangutan tapanuli.
    orangutan tapanuli ini hanya ditemukan di Kawasan Ekosistem Batang Toru, atau Hutan Tapanuli di 3 Kabupaten, Yaitu Kabupaten Tapanuli Tengah, Selatan dan Utara.

    Orangutan tapanuli atau dengan naman latin Pongo tapanuliensis berbeda secara DNA dengan orangutan sumatra, tapi lebih dekat ke orangutan kalimantan.

    Orangutan tapanuli [Pongo tapanuliensis], yang hidup di Ekosistem Batang Toru, Sumatera Utara, resmi dinobatkan sebagai jenis baru, November 2017. Hasil penelitian Alexander Nater et al, berjudul “Morphometric, Behavioral, and Genomic Evidence for a New Orangutan Species” yang dipublikasikan di Jurnal Current Biology menasbihkan temuan yang diteliti sejak 1997 tersebut.

    Pemerintah Indonesia telah menetapkan orangutan tapanuli sebagai spesies dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No.P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Penetapan Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.

    Melalui SK No.308/MENLHK/KSDAE/ KSA.2/4/2019 Tentang Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia Tahun 2019-2029 yang diluncurkan 12 Agustus 2019, Pemerintah Indonesia juga telah menerbitkan rencana aksi pelestarian orangutan tapanuli sebagai target prioritas nasional.

    Dari Tulisan Rahmadi R (mongabay.com)
    Rambut orangutan dapat digunakan sebagai pembeda. Secara umum, orangutan tapanuli lebih mirip dengan orangutan sumatera dalam hal bentuk tubuh, warna, dan banyaknya rambut.
    Orangutan tapanuli memiliki rambut lebih panjang dan lebat sehingga bagian ujung rambut cenderung keriting. Umumnya, betina dan jantan dewasa memiliki rambut yang tumbuh mulai dari atas bibir sampai dagu. Sementara, kepala orangutan tapanuli lebih kecil dan bentuk wajahnya lebih rata.

    Menurut Ayomi Amindoni, BBC Indonesia


    [​IMG]
    Sumber Gambar Mongabay.com


    Perbedaan fisik antara Orangutan Tapanuli dan kedua jenis yang lain:

    • Tengkorak dan tulang rahang Orangutan Tapanuli lebih halus daripada Orangutan Sumatera dan Orangutan Kalimantan
    • Bulunya lebih tebal dan keriting
    • Orangutan Tapanuli jantan memiliki kumis dan jenggot yang menonjol dengan bantalan pipi berbentuk datar yang dipenuhi oleh rambut halus berwarna pirang
    • Mereka berbeda dengan fosil orangutan (berasal dari jaman Pleistosen akhir) berdasarkan ukuran gigi geraham
    • Panggilan jarak jauh (long call) jantan dewasa Orangutan Tapanuli berbeda dengan panggilan dari kedua jenis orangutan lain
    • Orangutan Tapanuli memakan jenis tumbuhan yang belum pernah tercatat sebagai jenis pakan, termasuk biji Aturmangan (Casuarinaceae), buah Sampinur Tali/Bunga (Podocarpaceae) dan Agatis (Araucariaceae).
     
    • Like Like x 4

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.