1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Other Operation Valkyrie

Discussion in 'History and Culture' started by edrik, Jul 27, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. edrik M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +286 / -0
    Operation Valkyrie mungkin jarang di dengar.... tetapi buat yang suka dengan WWII pasti setidaknya pernah dengar istilah itu...

    merupakan code untuk memberitahu bahwa hitler sudah modar...

    nah berikut daftar para pemberontak
    1. Carl Goerdeler
    2. Kolonel Mertz von Quirnheim
    3. Jenderal Friedrich Olbricht
    4. Kolonel Claus von Stauffenberg
    5. Ludwig Beck
    6. Erwin von Witzleben
    7. Mayor Jendral Henning von Tresckow

    mereka sadar betul kalo Jerman/Nazi sedang dalam bahaya besar. dan menurut mereka akan lebih baik kalo menyudahi perang.
    sebenarnya rencana tersebut sudah dimulai setelah jerman mulai kalah perang. sayangnya sang Hitler memang selalu beruntung dan selalu selamat dalam berbagai upaya pembunuhan.

    akhirnya....disusunlah sebuah pemboman di Rastenburg Prusia Timur (sekarang termasuk wilayah Polandia).
    Di tempat yang bernama Wolf Lair / Wolfsschanze (sarang serigala) ketika Hitler mengadakan pertemuan untuk membicarakan langkah militer bersama para petingginya.

    dalam operasi ini

    Stauffenberg yang ditemani ajudannya, Letnan Werner von Haeften berhasil meledakan bom yang dikemas didalam sebuah tas kerja dan diletakkan di posisi yang paling dekat dengan Hitler. Setelah bom itu meledak dan Stauffenberg mengasumsikan Hitler tewas, ia segera menghubungi Jenderal Olbricht untuk segera mengaktifkan operasi Valkyrie.

    nah disini pun sang pemimpin Nazi tersebut lagi lagi selamat (kucing kali nih orang)
    mungkin karena jeda waktu dan kebiasaan sang hitler selalu merubah rencana di detik detik terakhir menjadi para pemberontak kesulitan mengatur rencana pembunuhan.
    memang dia mengerikan dan penjahat perang... tetapi sekali lagi harus di akui beliau salah satu JENIUS yang pernah hidup.

    Akhirnya segera tercium upaya kudeta kepada hitler. Jaringan "The German Resistance" menjadi incaran tentara yang setia kepada Hitler.
    Otomatis usaha kudeta dengan menggunakan Operasi Militer Valkyrie ini gagal, kepanikan terjadi di kelompok pemberontak. Kegagalan usaha kudeta ini juga karena kurangnya dukungan faktor alat komunikasi yang sangat berperan penting untuk kesuksesan misi tersebut.

    merebut kekuasaan tidak cukup hanya dengan "moncong senjata", tetapi juga penguasaan jalur komunikasi. Ketika jalur komunikasi ditutup, mereka langsung lumpuh. Josef Goebbels (yang menjabat sebagai 'Menteri informasi'), ia adalah salah seorang yang paling setia kepada Hitler, pada hari itu juga memerintahkan stasiun radio mengabarkan bahwa Hitler selamat dalam percobaan pembunuhan.

    iyah begitulah... sedihnya.... mereka semua di bunuh dan bunuh diri..
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Tanzmania M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    964
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,483 / -0
    Hitler memang dijagumin karena jenius
    Syg gila peranfg :panda'

    Sent from my Journey android using Tapatalk
     
  4. HcDohl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    1,125
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +984 / -0
    Hitler hanya orang biasa....

    bukan jenius....

    dia nasionalisnya terlalu tinggi makanya.....

    jadi tiran.....
     
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    Tolong lampirkan sumbernya ya TS... :)
    Biar sesuai rules. :)

    Terima kasih.
     
  6. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,665
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +5,887 / -1
    dia bukan jenius tp jka diblg cerdas gw setuju :iii:
    apalagi dia hny seorg fasis:sebuah nasionalis yang begitu kuat dan malah menjadi aneh

    :iii:dan btw dia gk gila perang loh
    tp ingin membuat kejayaan jerman stlh hrg diri jerman diinjak2 oleh negara eropa
    dan di sisi lain menurut para ahli bhw jerman dipancing dan bhkn ktnya jerman sndiri gk mw perang tp sngaja dipancing[msalnya kyk perang di selat chanel gk slh tmpt pasukan prancis kabur dr normandy ke inggris kenapa pasukan jerman tak mengejar?pdhal yg kabur pakai kapan nelayan]
    tp gk tw jg ini soal jerman yg dipancing krn itu hny kt bbrp ahli sejarah[lah ahli sejarah bsa banyak tp sejarah yg diceritakannya soal2 konflik gni bsa berbeda2]
     
  7. ranegriff M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +19 / -0
    Prinsip fasis hitler lahir setelah hitler ikut dan merasakan pahitnya perang pada saat perang dunia pertama (WW1), padahal sebelumnya hitler ga pingin jadi politisi tetapi jadi seniman (ditolak masuk universitas di vienna)...
     
  8. Elk4put M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    yg suka nonton film.versi filmnya ada.yg maen tom cruise.entah meranin sapa.tapi jadi rebelnya.tangan tinggal 1.krn kena bom sekutu.critanya.difilm.di sela2 film masterpiecenya wagner muncul pas adegan 2 anak kecil klo gak salah nyoba menginterpretasi hasil musik wagner.RIDE OF THE VALKYRIE.aku nonton pas taun baru ama di DVD.
     
  9. zaemon83 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 10, 2011
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    Sekarang nama Kolonel Claus von Stauffenberg di jadikan sebuah nama jalan di Jerman...,karena Kolonel Claus von Stauffenberg di anggap pahlawan oleh sebagian Rakyat Jerman
     
  10. putracl Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    setuju gan filmnya bagus,aktornya bagus
    cuma sayang ngak happy ending seperti sejarahnya
     
  11. evangelistvahala Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    Nice Share TS... kalo gak salahh ini juga sempat ada bukunya yang membahas detail-nya operasi ini...
    Tapi memang kebiasaan hitler buat ganti rencana itu kadang juga bisa jadi sebab kemenengan dia di fase awal perang dunia 2... sulit diduga dan cepat...
    Sola ke-jeiusan hitler ini memang sulit standarnya... tapi yah bisa dibayangkan dari orang yang gak modal apa-apa bisa jadi tiran dengan bermodal "mulut dan dendam" doang itu sudah sesuatu yang jarang ada, mungkin secara ilmu komunikasi ini perlu dipelajari... bagaimana si hitler bisa menyampaikan pesan "dendam dan kebenciannya" dan direspon dg baik oleh masayarakat.
     
  12. Elk4put M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    aslinya emang gitu sih..bad ending.jendral yg berkhianat di dor di tempat.tapi nurut film yg aku tonton.pas diakhirnya..ada 1 yg selamat.namanya sapa tuh.lupa..sry..
    yg selamat backstab temen sendiri.versi sejarah di film gak terlalu beda.hanya sedikit dramatisasi.
     
  13. H10 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2012
    Messages:
    877
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,822 / -0
    Sebenernya hitler baek, tapi karena dendam masa kecilnya sama sebuah suku dia jadi murka gitu deh .. saya pernah baca bukunya kq :panda:
     
  14. im_the_dark M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 20, 2012
    Messages:
    2,584
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +35,330 / -0
    operasi valkyrie setau gw emang rencana pembangkangan tapi gagal

    hitler pandai membaca situasi emang , sebelum dia kalah , dia belum pernah menemukan lawan "taktik" yang sepadan

    akhirnya jendral patton dari USA benar-benar membuat dia kalah taktik
     
  15. m1cco Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 17, 2012
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +100 / -0
    Operation Valkyrie (Walk├╝re) adalah prosedur pengamanan kota bila negara sedang terancam bahaya. Sejumlah pasukan yang sudah ditempatkan di sejumlah titik kota akan dengan serentak menguasai titik- titik penting Ibukota dan di seluruh propinsi bila menerima pesan gawat darurat kalau di Indonesia Supersemar...
     
  16. Akatsuki_Rolan40 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    18,276
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +108,883 / -1
    Ternyata yg namanya pengkhianat ada ajah yah d mana2....
    Tp g smuanya sukses berkhianat...Kya mreka yg nyoba khianatin Hitler ini contohnya...
     
  17. bujin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    sia2 ya jadinya, padahal kalau berhasil, PDII bisa selesai lebih cepat
    hitler memang pinter, sayang katanya dia pengidap skizofrenia
     
  18. kadalganteng Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 24, 2011
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    yaa ane sih tau valkyrie itu jadi judul film,,hehe
    kalo mau berontak dalam skala kecil ya susah banget...apalagi kan si hitler itu lihai,,terbukti susah mati tuh orang.. :D
     
  19. Elk4put M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    klo dah ada beberapa nama jendral NAZI yg backstab.nyoba buat kudeta.yg namanya Kolonel Claus Von Stauffenberg.diperanin ama Tom Cruise di versi filmnya.yg versi filmnya tangannya buntung sebelah gara2 serangan udara sekutu di afrika.
     
  20. 5150 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    346
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +73 / -1
    versi film valkyrie menurut saya adalah film hollywood yang paling cocok dengan sejarah aslinya, nonton film nya kayak nonton versi dokumenter dari sejarah kudeta von stauffenberg...gak banyak cerita film nya yang di "amerikanisasikan"

    kalo menurut ane ke gagalan dari kudeta disebabkan kuatnya tradisi militer para senior di wehrmact yang masih sangat mengadopsi tradisi militer prussia...dimana negara adalah "fatherland" dan fuhrer adalah bapak bangsa jerman. jadi setiap warga jerman wajib dan harus mematuhi perintah bapak bangsa hidup dan matinya...ini salah satu alasan hitler mewajibkan sumpah setia pada fuhrer ke setiap militer dan warga jerman saat pelantikannya.

    banyak jendral jerman yang memang tidak suka dengan kepemimpinan hitler, tetapi mereka tidak mau kudeta karena tradisi tersebut.
    jadi saat pemberontakan terjadi, mereka melakukan pembiaran akan hal tersebut, tidak berpihak pada pemberontak tapi juga tidak memperingatkan hal ini ke hitler.

     
  21. hishigi_87 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 2, 2011
    Messages:
    322
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +56 / -0
    Hitler emang susah matinya gan.. :haha:
    .. berkali-kali lolos dari percobaan pembunuhan..
    .. mati juga akhirnya bunuh diri :nikmat:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.