1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Olahraga untuk Obati Varises

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by smkosasih, Apr 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,187 / -0
    Orang yang memiliki varises di kaki kadang takut berolahraga, karena berpikir latihan fisik dapat memperburuk varisesnya. Tapi olahraga yang tepat sebenarnya dapat meningkatkan sirkulasi darah melalui kaki, yang membantu mencegah dan mengurangi varises.

    Setiap olahraga yang melibatkan kaki baik untuk mencegah spider veins (pembuluh vena laba-laba, sejenis varises), yang terbaik dan paling efektif adalah melatih otot-otot betis yang lebih rendah. Varises adalah urat pada dinding yang lemah sehingga menyebabkan tonjolan di atas permukaan kulit.

    Melakukan olahraga renang, berjalan, bersepeda, jogging, aerobik dengan teratur dapat mencegah varises. Dan jika sudah terlanjur memiliki varises, latihan kaki sedang dapat membantu meringankan dan mengurangi sakit pada kaki karena varises.

    Seperti dilansir dari GeniusBeauty, latihan berikut dapat meningkatkan kekuatan kaki dan otot, membantu meningkatkan sirkulasi, serta membantu mencegah dan mengurangi varises, yaitu:

    1. Peregangan betis
    Untuk melakukan ini diperlukan tangga aerobik, bangku pendek atau sesuatu yang stabil, tinggi dan kuat. Berdiri di tangga dengan kedua kaki. Tumit harus diperpanjang ke ujung tangga.

    Naikkan badan dengan menggunakan jari-jari kaki dan kemudian turunkan tumit ke bawah tangga. Lakukan latihan ini dekat dinding untuk menjaga keseimbangan. Lakukan sekitar 40 kali, dan dengan latihan ini dapat meregangkan otot betis belakang.

    2. Mengayuh
    Berbaringlah di atas lantai dengan punggung, tangan ke samping atau di bawah pantat. Angkat kaki dan kayuhlah, seolah-olah sedang naik sepeda. Jika Anda memegang kaki lebih rendah, latihan ini juga bekerja pada perut.

    3. Jinjit
    Berjalan di atas ujung jari kaki alias jinjit ketika sedang bekerja di rumah. Latihan ini dapat meregangkan betis.

    4. Berjalan dengan tumit
    Latihan ini juga sederhana dan dapat dilakukan di rumah sambil bersih-bersih. Latihan ini lebih efektif untuk kekuatan otot betis.

    5. Mengangkat kaki
    Berbaring di lantai dengan punggung, tangan ke samping atau di bawah pantat. Tekan punggung bawah dan pantat ke lantai. Angkat satu kaki lurus ke atas dan tahan satu kaki tetap di lantai, membentuk sudut tegak lurus. Ulangi dengan menukar posisi kaki yang lain. Latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi di kaki.

    6. Lutut membungkuk
    Berbaring di lantai dengan punggung. Tarik satu lutut ke dada, dan yang satunya tetap di lantai. Sementara tetap dengan posisi ini, lenturkan kaki. Semua gerakan harus dilakukan perlahan dan tegas. Kemudian tukar posisi dengan kaki yang lain. latihan ini membuat seluruh otot-otot kaki bekerja.

    7. Istirahat setelah latihan
    Dianjurkan untuk meninggikan kaki sekitar 15 hingga 30 cm di atas jantung setelah melakukan latihan ini atau latihan-latihan kaki yang lain, khususnya yang melibatkan otot-otot besar tubuh bagian bawah.

    Terlepas dari latihan, bila sering bepergian atau berdiri untuk jangka waktu yang lama, lakukanlah teknik pengistirahatan ini untuk mencegah dan mengurangi varises. Atau dapat dengan cara berbaring di lantai dengan pantat hampir menyentuh dinding. Hal ini dapat mengistirahatkan kaki.

    sumber:detikHealth
     
  2. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    wah makasih banget gan..
    pokoknya :top: dah
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.