1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Obesitas Pemicu Diabetes

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Aug 27, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    VIVAnews - Memiliki berat tubuh ideal bukan sekadar persoalan estetika. Para ilmuwan menemukan alasan mengapa mereka yang gemuk atau menderita obesitas rentan terserang gangguan kesehatan kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

    Mereka melakukan penelitian dengan melihat secara spesifik kemungkinan sindroma metabolisme pada orang gemuk. Sindroma ini umumnya ditandai gejala peningkatan tekanan darah, naiknya gula darah, kelebihan lemak pada perut dan tingkat kolesterol di luar batas.

    Dalam penelitian itu, mereka menemukan sel lemak melepaskan indikator yang berhubungan dengan kekebalan insulin serta peradangan kronis pada jantung dan pembuluh darah. “Beberapa lemak dapat berbahaya bagi tubuh,” kata Ishwarlal Jialal, profesor bidang endikronologi, diabetes, dan metabolisme UC Davis, seperti dikutip Times of India.

    Jialal membuktikan sindroma metabolisme berisiko tinggi pada orang yang menderita obesitas. Namun, ia mengatakan bahwa sindroma metabolik ini dapat disembuhkan melalui diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan hingga batas ideal.

    Jialal melakukan penelitian ini selama 34 tahun. Persoalan utama adalah pasien terlambat melakukan melakukan pencegahan. “Sekali orang terkena penyakit kardiovaskular atau diabetes, itu sudah terlambat dan biaya pengobatannya sangat mahal,” kata Jialal seperti yang tertulis dalam jurnal Clinical Endocrinology and Metabolism.

    Mereka yang tergolong obesitas memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 30. Sedangkan orang gemuk dibatasi pada skala 25-30, dan tubuh ideal sebesar 18,5-24,9.

    IMT dihitung dari berat badan (kilogram) dibagi tinggi badan kuadrat (meter persegi). Sebagai gambaran, seseorang berbobot 70 kilogram dan tinggi badan 160 sentimeter memiliki IMT 27,4 kilogram per meter persegi. Angka yang memposisikan dia dalam kategori gemuk itu muncul setelah membagi bilangan 70 kilogram dengan 2,56 meter persegi (1,6 meter x 1,6 meter). (Rudy Bun)

    Sumber
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited by a moderator: Jun 13, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. vettelizz11er M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +167 / -0
    Obesitas kan bikin insulin sulit diterima reseptornya di jaringan tubuh, sehingga insulin tidak dapat bekerja dengan baik dan kadar gula darah pun meningkat.
     
  4. febbvebb Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 31, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    tapi obesitas emang pemicu diabetes.. secara orang yang kelebihan berat badan pasti konsumsi lebih banyak gula yang memicu pada diabetes nantinya kan..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.