1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Discussion Obat Pelangsing: Apakah Benar-Benar Aman?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by zz11, May 17, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,088
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,249 / -0
    Baru nemu berita tentang Obat Pelangsing...


    Magnet Obat Pelangsing Menggiurkan Kaum Hawa

    Oleh Dahlia Krisnamurti | Inilah – Min, 15 Mei 2011



    INILAH.COM, Jakarta - Menjadi langsing dan bisa memakai busana apapun memang menggoda bagi setiap wanita. Tak sedikit dari mereka melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Salah satunya mengkonsumsi obat pelangsing.


    Selain obat-obatan resep yang sudah terbukti secara medis, di pasaran tersedia berbagai produk suplemen, jamu, dan obat tradisional untuk mengurangi kelebihan berat badan. Meski belum ada bukti ilmiahnya, sejumlah produk tersebut sudah dapat menjadi 'magnet' bagi sebagian kaum perempuan untuk melangsingkan tubuhya.

    Lantas seberapa amankah obat pelangsing itu sebenarnya?

    Obat pelangsing memang menjadi salah satu solusi yang kerap dipilih untuk menurunkan berat badan. Tapi awas! Jangan terlalu mudah untuk minum obat pelangsing, bisa-bisa justru bukan langsing yang Anda dapat, tapi justru sakit.

    Obat pelangsing umumnya mengandung psikotropika golongan II yaitu turunan amphetamine. Karenanya bagi Anda yang ingin mengkonsumsinya sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

    Ampetamin tidak bisa dikonsumsi tanpa adanya resep dokter. Tapi yang sering terjadi adalah mengkonsumsinya dengan dosis tidak sedikit. Sebenarnya jika mengkonsumsinya dengan aturan ketat dan di bawah pengawasan dokter, efek negatif obat pelangsing itu bisa diminimalkan.

    Tetapi yang terjadi belakangan ini adalah seringkali perempuan mengkonsumsinya dengan dosis tinggi karena berharap obat pelangsing akan lebih cepat menjadikan tubuhnya langsing. Jadi tetaplah berkonsultasi dengan dokter, jika ingin mengkonsumsi obat pelangsing. Selain itu, belilah langsung ke toko obat/ apotik yang terpercaya.

    Bagaimana cara kerjanya?

    Penggunaan obat pelangsing tidak bisa dianggap instan. Obat pelangsing bekerja dengan cara bermacam-macam, di antaranya adalah membuang lemak di dalam tubuh, menekan nafsu makan, mempercepat rasa kenyang, meningkatkan absorpsi lemak, dan bulk fillers (pengganjal perut).

    Sementara itu, untuk memilih obat pelangsing, sebaiknya harus mengetahui kelebihan dan kekurangan obat pelangsing itu untuk menjaga keamanan kesehatan.

    Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia, Dr. Johanes Chandrawinata Sp Gk menjelaskan obat pelangsing yang berupa suplemen seperti fat burner biasanya mengandung kafein tinggi. "Penggunaan dalam dosis tinggi, suplemen semacam ini bisa mengganggu irama jantung dan menyebabkan hibertensi," ujarnya.

    Bagi Anda yang berusaha melangsingkan tubuh dengan obat pelangsing, hindari pemakaian obat yang punya efek samping diuretik atau meningkatkan kencing dan buang air besar.

    Produk jenis itu memang cepat menurunkan berat badan, akan tetapi cairan tubuh terkuras dan aliran darah ke organ vital terganggu. Jika digunakan dalam jangka panjang, obat-obatan itu bisa menyebabkan gangguan jantung dan ginjal.

    Obat penurun berat badan yang beredar di Indonesia dan sudah disetujui Badan POM saat ini adalah golongan diethylpropion dan orlistat. Keduanya sudah teruji klinis aman untuk penggunaan jangka panjang. [mor]

    Permasalahannya:
    1. Sibutramine, obat pelangsing yang banyak dipakai di seluruh dunia, ditarik dari peredaran oleh Abbott pada kuartal keempat tahun 2010, karena risiko terhadap kesehatan jantung para pemakainya.
    2. Beberapa obat pelangsing yg sudah mau diedarkan ditolak oleh badan regulatori karena data keamanan yang masih dipertanyakan.
    3. Tentang orlistat yang tadi dibilang aman, ternyata obat ini baru diberitakan dapat merusak ginjal dan pankreas.

    Jadi? Masihkah menganggap obat pelangsing itu aman?
    Bagaimana pendapat kalian :bingung:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,624
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    err, amphetamine katanya adalah salah satu turunan psikotropika, berarti berpengaruh juga pada mental si pemakai
    untuk obat pelangsing, seberapa jauh pengaruhnya pada mental pemakai? :???:
     
  4. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,088
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,249 / -0
    dari yg gw tau (pengalaman beberapa temen), mental mereka mengalami perubahan juga
    jadi agak cepat tersinggung, susah tidur, dll; jadi benar2 seperti konsumsi obat stimulans saraf gitu...
     
  5. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    ih daripada makan obat obatan gituan
    mendingan yang alami dah, minum teh tawar hangat, banyak makan buah, banyak jalan kaki dan olahraga
    efek sampingnya paling rasa jenuh dengan gaya hidup kayak gitu sama capek
    efek samping lainnya ya dapat berat badan ideal dan hidup sehat jarang penyakitan

    MAU?
     
  6. Anita_Angel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2011
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +45 / -0

    bener kk,
    mending diet manual aja, puasa penuh selama 1satu bulan :p

    mending ngurangin makanan berlemak ja kk selama setahun dijamin dah :p
     
    • Like Like x 1
  7. djancook Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +213 / -0
    menurut ane kalo mo langsing cara yang aman yaitu mengatur pola makan + nutrisi/gizi, n olahraga teratur aja
     
  8. RE112 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 14, 2011
    Messages:
    3,537
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,197 / -0
    temennya tante gw ada yang ngonsumsi obat pelangsing tapi sekarang yang ada dia malah tambah gemuk :glek:
    katanya sih obatnya itu cuma ngebuat perut kenyang dan ngebuat dia ke toilet mulu sama kaya yang kata TS:iii:
    jadi saran gw jangan nyoba yang gituan coba aja ke tempat fitness atau olahraga dengan teratur berikut makanannya juga harus dijaga dengan begitu nanti akan kurus kok dengan sendirinya :peace:
     
  9. laluabdrahman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,688 / -0
    menerapkan pola makan sehat lebih baik daripada minum pil pelangsing...
    walaupun begitu, memang ada orang-orang tertentu punya "bakat" menjadi gemuk..
     
  10. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,389 / -0
    mau nambahin dikit, obat pelangsing yg jenisnya diuretik sebenarnya tidak menurunkan berat badan, tapi membuang cairan tubuh dengan cara membuat org jadi lebih sering buang air kecil. dan berhubung tubuh kita 60-70% nya adalah air, maka ga heran klo cairan tubuh banyak yg kebuang maka berat badan akan berkurang. tapi ini berbahaya dan ga akan tahan lama. toh nantinya kita tetap akan minum untuk mengganti cairan tubuh yg hilang tadi
     
  11. Ryosuke M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    2,073
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,031 / -0
    yah namanya obat tetep aja ada efek sampingnya..

    jadi cara paling sehat klo mau langsung ya olah raga dan atur pola makan :haha:
     
  12. aa_doky M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    1,207
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,672 / -0
    wew, fakta yang bagus. ternyata memang lebih baik olahraga ya dari semua aspek juga
     
  13. zagard Members

    Offline

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo ga salah katanya bisa buat kandungan kering yah buat cwe jadi susah hamil......ya intinya ada harga ada barang sih :p alias impresi*n wakakkaka
     
  14. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,088
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,249 / -0
    iya, abisan obat pelangsing rata2 merangsang otak dan jantung, jadi lama2 bisa bahaya tuh organ kalo dirangsang berlebihan terus...
    Diet dan olahraga tetap yg terpenting dan satu lagi, jangan pengennya instan, gak aman itu.
     
  15. heartbeat0 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    duh kalo yang namanya mau kurus, mendingan yang alami2 ajah degh! jangan suka yang aneh2! obat lah! suntik lah! sedot lemak!
    olahraga dan mengatur pola makan udah menjadi metode yang paling baik dan sehat!
    kalo emang orangnya sendiri gak bisa nahan nafsu makan dan gak punya keinginan penuh buat kurus, pasti nanti bakal balik lagi...
     
  16. peter18 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 15, 2011
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    temen kakak ane, minum obat pelangsing, jadi gagal ginjal, sekarang udah alm. kasian
     
  17. darinka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 10, 2011
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    yg g alami sih mmg serem... bisa kena ginjalnya... mendingan ngurangin nasi m banyakin sayur dan buah + olahraga kl mo langsing :)
     
  18. vettelizz11er M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +167 / -0
    obat pelangsing tuh kerjanya kalo bukan nguras air dari badan, merangsang otak dan saraf biar lebih aktif (ini bisa kena jantung), atau merangsang b-a-b berlebihan...
    memang harusnya pake cara alami deh keknya.
     
  19. bluesh19 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    331
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +49 / -0
    setuju banget,,, kalo efek sampingnya malah bikin sakit buat apa minum obat pelangsing,,,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.