1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Legend/Myth Nyi Roro Kidul : Hanya Rekayasa Politik Panembahan Senopati

Discussion in 'History and Culture' started by LazyDog_, Jul 2, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,386 / -2
    Nyai Ratu Kidul adalah tokoh rekaan guna untuk memperkokoh kekuasaan Sutowijoyo. Dengan melemparkan isu bahwa Sutowijoyo menjalin aliansi dengan Penguasa lelembut dari Laut Selatan, maka pastilah akan membuat banyak lawan-lawannya bergidik. Itu dalah teknik psywar secara mistis. Sebab orang Jawa pada umumnya masih terpengaruh (menganut) kepercayaan mistik, maka itu dijadikan pertimbangan oleh Sutowijoyo.

    Ada beberapa pertanyaan yang perlu dikemukakan, berkenaan dengan kontrak Nyai Ratu Kidul dengan Sutowijoyo yang salah satu isinya adalah: “Sutowijoyo dan raja-raja Mataram keturunannya menjadi suami Nyai Ratu Kidul”, diantaranya sebagai berikut:

    (1) Jika Sutowijoyo yakin dengan pasukan lelembut dari Nyai Ratu Kidul, lalu mengapa harus takut melawan aliansi pasukan Jawa Timur di Madiun, sehingga ia harus “menipu” para penguasa Jawa Timur? Kalau hanya untuk meminimalisasi korban perang, bukankah cukup dengan cara menggerakkan pasukan lelembut untuk, misalnya, menggelitik ketiak seluruh pasukan Jawa Timur sehingga akan pingsan kaku dan mudah untuk ditawan, tak perlu dibunuh?

    (2) Jika Sutowijoyo yakin dengan kontraknya dengan Nyai Ratu Kidul, lalu mengapa ia harus “mengumpankan” anak perempuannya sendiri untuk menaklukkkan Ki Ageng Mangir? Mengapa tidak menyuruh anak buah Nyai Ratu Kidul (jin atau setan) untuk menyamar menjadi perempuan paling cantik di dunia guna memikat Ki Ageng Mangir?

    (3) Jika benar Nyai Ratu Kidul mengikat kontrak dengan Sutowijoyo bahwa anak dan keturunan Sutowijoyo sebagai raja-raja Jawa juga harus menjadi suami Nyai Ratu Kidul, lalu mengapa Jawa akhirnya jatuh ke tangan VOC dan Belanda, bahkan dioper ke Inggris, dikuasai lagi oleh Belanda, dioper ke Jepang, sampai babak belur selama 350 tahun?

     
    • Like Like x 1
    Last edited: Dec 29, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. kingstons Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 28, 2014
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    Nyi roro kidaul itu sebenarnya ga ada. Cuma bullshit doang.
     
  4. Identified M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 28, 2014
    Messages:
    881
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +262 / -0
    wah nggak paham saya kalo masalah nyi roro kidul gini, mana ada aroma2 mistisnya segala :obiii:
     
  5. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,564
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +620 / -11
    ini susah dibuktikan gan.....soalnya misteeesss hahahahhahaha

    tp klo diliat sultan2 hamengku buwono itu emang ngga punya permaisuri gan, dan perjanjian nya emang sampai HB 9 doank katanya...stelah itu udah ngga ada lagi Sultan.
     
  6. gadun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2013
    Messages:
    599
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +21 / -0
    denger namanya aj ane udah merinding gan
     
  7. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,386 / -2
    sosok nyi roro kidul itu hanya "permainananya" panembahan senopati untuk menggulingkan sultan agung dan melanggengkan kekuasaanya...

    bahkan sampe sekarang banyak pejabat" negeri ini yang masih percaya kekuatan nyi roro kidul

    Berita Utama - Media Indonesia Sabtu 23 Oktober 1999

    Megawati Meninjau Istana Merdeka Selatan.
    `Nyi Roro Kidul` Menghiasi Ruang Wapres

    Media Indonesia - Berita Utama (10/23/99)

    PADAMU negeri kami berjanji, padamu negeri kami berbakti... Lagu itu
    secara spontan dinyanyikan seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan MPR di
    kediaman pribadi Wapres Megawati Soekarnoputri.

    Seluruh anggota Fraksi PDI-P MPR dan simpatisannya, kemarin siang, menemui
    Megawati di Kebagusan, Jakarta Selatan. Mbak Mega, begitu wapres disapa,
    mengharapkan warganya tidak mengambil jarak meski dirinya sudah menjabat
    sebagai wapres.

    Ia berpesan agar para anggota MPR/DPR dari Fraksi PDI-P untuk tidak
    mengabaikan aspirasi rakyat. Sebelum meninggalkan Kebagusan, Dimiyati
    Hartono memimpin lagu Padamu Negeri. Suasana menjadi hening, mata mereka
    pun berkaca-kaca.

    Wapres juga bersilaturahmi dengan pengurus PBNU. "Kita hanya bertemu,
    bersalam-salaman. Mbak Mega sudah terpilih secara konstitusional, secara
    demokratis. Hendaknya seluruh rakyat Indonesia menerima dan mengakuinya
    sebagai wapres," kata Rais Am KH Ilyas R ukhyat.

    Seusai menerima tamu di kediamannya, Wapres Megawati langsung menuju
    Istana Merdeka selatan. Di sana, sejak siang, seluruh pegawai sudah tampak
    sibuk. Pos piket jaga pengawalan yang menghadap ke Jl Kebon Sirih
    dikerumuni wartawan untuk mencatatkan identit as.

    Istana itu menghadap Jl Merdeka Selatan. Di sinilah wapres menghabiskan
    waktunya selama lima tahun ke depan. Tampak sejumlah karyawan
    membersih-bersihkan kamar kerja wapres dan para staf sekretariat serta
    ajudan. Bagian pantry (dapur kecil) yang biasanya sepi, kini kelihatan
    agak sibuk menyambut tuan rumah yang baru.

    Tidak ada yang berubah. Hiasan seperti tirai pemisah dari kayu jati
    berukir, miniatur pesawat terbang CN-235 dan N-250, beberapa pot bunga
    masih menghiasi ruangan tengah.

    Sekitar 30 menit sebelum kedatangan Wapres Megawati, para Asisten Wapres
    beserta stafnya berdatangan ke beranda tengah itu untuk menyambutnya.

    Baru sekitar pukul 15.40 WIB, Wapres Megawati tiba di Istana Merdeka
    Selatan bersama suaminya, Taufik Kiemas, putra dan putrinya serta menantu.
    Turun dari kendaraan Mercedez B-2, wapres yang siang itu mengenakan rok
    berbunga lembut langsung disambut oleh Sekretaris Wapres Dr Watik
    Pratiknya, Asisten Wapres bidang Kesra Jimly Asshidiqie, Asisten Wapres
    Indria Samego, dan Asisten Wapres bidang Ekonomi Umar Juoro. Setelah
    bersalaman dengan mereka, Wapres kemudian berkenalan dengan para staf
    Kantor Wapres dan
    para wartawan.

    Wapres kemudian langsung meninjau ruang kerjanya dan menyempatkan diri
    duduk di kursi kerjanya. Ruang kerja wapres yang sudah sekitar 17 bulan
    tidak dihuni itu, tampak lengang. Ruangan itu cukup besar, dihiasi tiga
    lemari kaca yang berisi sejumlah suvenir
    dari berbagai negara, foto-foto para wakil presiden sebelum ini mulai
    wapres pertama Muhammad Hatta hingga BJ Habibie dan di sudutnya terletak
    guci besar buatan Cina.

    Di dinding ruangan kerja itu terdapat lukisan Nyi Roro Kidul sedang
    menaiki kereta kencana, lukisan bunga dan kolam air terjun mini yang
    menambah keasrian ruangan. Di samping meja kerja, terletak toilet sedang
    agak ke belakang terdapat ruang makan dan rua ng salat serta tempat tidur
    untuk beristirahat sejenak.

    Wapres hanya sebentar berada di Istana Merdeka Selatan, ia langsung
    meninjau rumah dinas Wapres di Jl Diponegoro. Mulai pekan depan wapres
    tinggal di sini. (Rid/Awi/P-3)
     
  8. BlackCard Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
    Jadi Nyi Roro Kidul bukan mitos tapi rekayasa... nice info, selama ini ane dibohongin sama temen kalau gitu...
     
  9. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,386 / -2
    tp logika bukan satu"nya pembenar, bs jg mencari kebenaran dgn intuisi
    para filsuf menggunakan akal sebagai alat pencarian kebenaran hakiki. Namun, disisi lain mistikus menggunakan intuisi sebagai alat untuk mendapatkan kebenaran yang hakiki.
    jadi sah" aja kalo ada yg membenarkan mitos tsb
     
    Last edited: Jan 8, 2015
  10. SPIRITOFCOROLASO M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 1, 2013
    Messages:
    4,090
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,059 / -0
    jadi sebenernya ratu pantai selatan (nyi roro kidul) beneran ad ato cuman mitos sich.. :bloon:
     
  11. ryopamungkas Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 22, 2015
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +1 / -0
    yaaahh..gimanapun logika yg dipake,tetep aj ini mistis,susah dibuktikan kebenarannya..mau logika serasional apapun,toh tetep aj berujung pada asumsi belaka..just my opinion
     
  12. JeYono Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 5, 2015
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    dengan kala lain masyarakat nya mudah banget dikibulin, dan sampe sekarang lagi
     
  13. kodokgendut77 Members

    Offline

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    sangat sulit untuk melepaskan masayarakat indonesia dari sisi mistis, karena hal semacam ini telah bercampur dengan budaya masyarakat itu sendiri.
     
  14. imoutochan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    644
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +95 / -0
    Mitos ini
    Biar gimana juga makhluk gaib dari kalangan jin dan setan ga memiliki kuasa atas manusia
    Palagi bisa bikin sebab kematian :XD:
     
    • Like Like x 1
  15. yukichan89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 9, 2013
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    42
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2 / -0
    klo ini mah percaya ga percaya aja sich...tp ttp aja klo denger namanya serem jg..hehe
     
  16. mlxjakarta Banned User

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 13, 2012
    Messages:
    644
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -1
    Sekalipun kita bilang ga ada
    tapi mitosnya udah keburu melekat dan dijadikan kepercayaan oleh beberapa orang
     
  17. miruzarifuki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 5, 2011
    Messages:
    95
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -1
    waduh.. waduh.. jadi sebenernya ini cuma mitos demi kepentingan politik aja gitu gan?
     
  18. Ti90 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 7, 2012
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +2 / -1
    Mitos maupun rekayasa, itu tergantung gimana sudut pandang anda sekalian,
    disatu sisi Ratu pantai selatan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.
     
  19. musahakam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12 / -0
    masih menimbulkan polemik hingga kini
     
  20. Seifeer Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 3, 2010
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -1
    nah lu ini mitos vs realita..

    ane turut nyimak d
     
  21. r1andra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2011
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    ya percaya ga percaya sih...
    klo diliatin jg pasti mrinding...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.