1. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  2. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  3. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!

Nikmatnya Teh Dari Berbagai Sudut Pandang Budaya

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by omeoo, Sep 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. omeoo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +28 / -0
    Sumber dari sini
    [​IMG]
    Dalam beragam kebudayaan dari berbagai penjuru dunia, teh diinterpretasikan sebagai minuman yang merepresentasikan kultur dan tradisi. Hal ini merupakan alasan mengapa kegiatan minum teh itu sendiri menjadi bagian dari budaya banyak bangsa dan semakin identik dengan sifat seremonial.

    Dari semua ritual minum teh yang hingga saat ini diwariskan dari generasi ke generasi, hampir seluruhnya mencakup aspek-aspek kebudayaan seperti aspek sosial, estetik dan etika. Penerapan aspek-aspek tersebut tentu saja berbeda-beda, sehingga tata cara minum teh yang lahir di tiap-tiap kebudayaan memiliki keunikannya masing-masing.

    Selain perbedaan dalam hal ritual, tiap-tiap daerah juga memiliki jenis teh favoritnya masing-masing, berikut variasi penyajiannya. Dalam upacara minum teh Jepang misalnya, dimana teh hijau berikut cemilan manis paling umum disajikan.

    Berbeda dengan Jepang, masyarakat India lebih menggemari varian-varian teh hitamnya yang sangat populer: Darjeeling, Assam dan Nilgiri. Kegemaran masyarakat India pada teh hitam tentunya tidak lepas dari peran Inggris yang memperkenalkan kultur teh ke negara tersebut saat masih berstatus koloni Britania. Di Inggris yang rata-rata penduduknya mengkonsumsi 5 cangkir teh per hari, teh yang umumnya disajikan untuk afternoon tea adalah teh hitam dengan tambahan susu dan kadang gula.

    Meskipun Inggris telah lama dikenal sebagai negara Eropa yang paling identik dengan kultur teh, ternyata beberapa negara Eropa lain seperti Jerman, Portugal dan Perancis juga memiliki kegemaran tersendiri pada minuman herbal ini. Jenis teh yang digemari di negara-negara tersebut bervariasi, mulai dari teh Darjeeling dan teh Assam hingga teh Jawa dan teh Sumatra yang tentunya berasal dari Indonesia.

    Meski Indonesia tidak memiliki budaya serta tata cara minum teh yang khas, kecintaan masyarakat kita terhadap teh lebih terlihat dari bentuk budaya yang sifatnya lebih ‘pop’, yaitu kegemaran terhadap minuman teh dalam kemasan, terutama di kalangan muda. Hal ini dipengaruhi oleh jiwa muda yang umumnya diwarnai oleh antipati pada level tertentu terhadap segala sesuatu yang berbau formal. Dengan tingginya intensitas kesibukan di masyarakat kita, tidak heran apabila teh dalam bentuk kemasan menjadi alternatif favorit untuk menikmati teh di tengah-tengah jenuhnya rutinitas.

    Semoga bermanfaat
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    23,483
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +69,143 / -15
    iya, kalo di mari mulai ngetren teh instan dalam kemasan. :nikmat:

    :lol: kalo liat di anime-anime Jepang, bikin tehnya pake digiling dulu, terus diremas-remas kayak bikin sambel, baru deh dimasukin mangkok, dituang air panas.
     
  4. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +59 / -0
    ane sendiri sdh menjadikan teh bagian dr kehidupan ane...tiap pagi ma malam wajib minum teh...
     
  5. totonpunk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    1,434
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +479 / -0
    Di film red cliff, teh bisa menghambat upaya cao cao untuk menyerang musuhnya
    di cuaca yang panas, es teh bisa menolong dan harganya lebih murah daripada es jeruk he he he
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.