1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Naskah Calon Arang yang tak bisa dipentaskan sembarangan

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by bluejanuary, Sep 21, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bluejanuary M V U

    Offline

    Asian Lover

    Joined:
    Apr 19, 2012
    Messages:
    2,315
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,528 / -0
    [​IMG]
    Calon Arang, mungkin sebagian besar anak muda Indonesia tidak mengenal dirinya. Namun namanya mendunia. Dia tokoh legendaris yang muncul di zaman pemerintahan Raja Airlangga dari kerajaan Mataram, Dinasti Isyana pada 1006-1042 Masehi.

    Banyak versi mengenai kisah Calon Arang. Versi banyak diyakini masyarakat dia seorang janda dari Desa Dirah (ada yang menyebut Girah), masuk di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, yang mempraktikkan ilmu hitam. Kesaktiannya sungguh luar biasa dan digunakannya untuk menebar teror bagi orang-orang yang tidak menyukainya.

    Versi lain mengatakan Calon Arang seorang ratu Bali. Dialah ibu dari Raja Airlangga penguasa kerajaan Mataram lingkup Daha. Calon Arang menikah dengan Raja Udayana. Nama lain dari perempuan sakti ini yakni Mahendradata.

    Namun cerita yang diamini masyarakat, Calon Arang seorang penebar teror. Menurut pengakuan Seno, warga Kediri pernah menetap di Bali, sebagian kecil penduduk Pulau Dewata itu hampir jarang menyebutkan namanya lantaran diyakini tabu. "Calon Arang sumber malapetaka. Kadang mereka yang mengucapkan namanya yakin bakal terkena musibah. Bahkan ada yang berdoa sebelum bilang Calon Arang," tutur Seno pada merdeka.com, Minggu (21/9).

    Unsur magis dan misterius memang tak lepas dari sosok janda Dirah ini. Hal ini diceritakan dalam pelbagai naskah kuno salah satunya berada di Belanda yakni jurnal Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde diterbitkan pada 1926, halaman 110-180.

    Tersohornya Calon Arang lantaran mengutuk warga desa yang tak mau melamar putrinya Ratna Manggali sebab ibunya mengerikan. Lalu untuk menghentikan kutukan itu Raja Airlangga meminta bantuan Mpu Bharada memiliki kesaktian ilmu putih yang tinggi.

    Bharada mengirimkan muridnya Bahula untuk melamar Ratna Manggali sekaligus mencari tahu kelemahan Calon Arang. Ternyata diketahui Calon Arang memiliki kitab sakti dan selalu melakukan ritual pada Dewi Durga. Dia pun mampu dikalahkan setelah kitab saktinya dicuri oleh Bahula dan diberikan pada gurunya.

    Konon naskah teater Calon Arang hingga kini tidak bisa dimainkan sembarangan kecuali melakukan ritual terlebih dahulu. Dilansir dari situs krisbheda.com (2011), aslinya setiap lakon janda Dirah ini dipentaskan selalu ada orang yang berperan sebagai mayat atau tumbal-tumbalan. Peran ini kesadarannya telah dimatikan dan dia bisa benar-benar tewas jika pertunjukan kurang sukses atau ritual tidak diterima.

    Namun di zaman serba modern pementasan Calon Arang sudah berkurang daya magisnya. Apalagi banyak kelompok teater, terutama teater remaja membuat naskah parodi janda Dirah ini dan tentu saja jauh dari kesan seram.
    sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. BataraKala M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 24, 2010
    Messages:
    846
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +428 / -0
    ini nama ratu ya..
    unik ya nama-nama orang dulu :lalala:
     
  4. sai0506 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,650
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,281 / -0
    masa sih,,,
    pernah ada korban ya, ngeri :takut:
     
    Last edited: Sep 21, 2014
  5. onjune M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 12, 2012
    Messages:
    605
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +4,307 / -0
    Baru tau ane klo kekuatan magis bergantung ma perkembangan jaman :haha:
     
  6. roxasis M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 21, 2011
    Messages:
    2,867
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,285 / -0
    saya baru tau ada yang namanya Calon Arang [​IMG]
    ternyata ada folklore-nya [​IMG]
     
    Last edited: Sep 22, 2014
  7. soliqina M V U

    Offline

    Red Devils

    Joined:
    Aug 21, 2013
    Messages:
    5,866
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,047 / -0
    mgkin semakin berkembangnya jaman ,, kekuatan magisnya tidk berpengaruh,, :lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.