1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

NASA: Brazuca lebih baik dari Jabulani!!!!

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by dhendydhiya, Jun 23, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dhendydhiya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 21, 2012
    Messages:
    154
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    Masih ingat kah Anda tentang Jabulani? Bola Piala Dunia Afrika empat tahun yang lalu tersebut terkenal akan gerakannya yang tak bisa diduga. Tak ayal, komplain pun mengalir, bahkan dari sang juara, timnas Spanyol. Lalu bagaimana dengan bola yang dipakai di piala dunia kali ini?

    Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) ikut berkomentar terkait performa Brazuca, bola resmi Piala Dunia Brasil 2014. Mereka mengklaim jika bola yang hanya mempunyai 6 panel tersebut jauh lebih unggul dari Jabulani dengan 8 panelnya.

    Dikutip dari Gizmodo (12/6), Dr. Rabi Mehta dari NASA mengungkapkan jika Brazuca memiliki keseimbangan lebih saat terbang dan lebih mudah dikontrol dibanding bola konvensional yang memiliki 32 panel.

    Dr. Mehta melakukan eksperimen aerodinamika bola Brazuca di laboratorium NASA dengan meletakkan bola tersebut di terowongan udara dan saluran air selebar 17 inci. Hasilnya Brazuca memiliki efek knuckling (perubahan arah bola ketika bola tak berputar) yang lebih rendah dari Jabulani, yakni di kecepatan 48 kilometer per jam. Semakin tinggi knuckling-nya akan semakin sulit bola untuk dikontrol.

    Berdasarkan tes aerodinamika tersebut, Brazuca terbukti lebih aerodinamis meskipun memiliki panel yang lebih sedikit. Rahasianya terletak pada permukaan yang lebih kasar dan panel yang berbentuk seperti jari-jari. Oleh sebab itu, Brazuca mampu mendistribusikan udara dengan seimbang keseluruh permukaannya.

    http://cdn.klimg.com/merdeka.com/re...498/nasa-brazuca-lebih-baik-dari-jabulani.jpg

    :thx:

    :grp:

    MAAF KALO :kacau:
    :maaf: NEWBIE SOALNYA
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. musafir207 M V U

    Offline

    Wanderer

    Joined:
    Jun 1, 2012
    Messages:
    1,181
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,205 / -0
    seingat ane, dulu waktu piala dunia 2010, jabulani memang benar-benar menjadi sorotan, karena mendapat respon yang negatif dari pemain terutama penjaga gawang...
    hal ini didasari oleh ketidakstabilan putaran bola saat ada di udara, sehingga menyulitkan penjaga gawang untuk membaca arah datangnya bola...
    kalo brazuca kayak gak ada respon negatif yang muncul ke permukaan,,, jadi kayak bolanya memang bener-bener bagus
     
  4. bayuparwata M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,506
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +35,477 / -0
    Baru tau ane gan.
    :xiexie:
    Trnyta bolanya bola khusus ya.. Kirain kaya yg biasanya....
    :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.