1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Myths Of Egypt

Discussion in 'Dunia Lain' started by Osiris2, Apr 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Osiris2 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 31, 2008
    Messages:
    3,068
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,438 / -0
    Pendahuluan
    Menurut catatan sejarah, bangsa Mesir Kuno menyembah banyak Dewa dan belum menemukan paham Ketuhanan Yang Maha Esa. Menurut kepercayaan Mesir Kuno, para Dewa merupakan makhluk-makhluk yang lebih berkuasa daripada umat manusia dan mengatur aspek-aspek kehidupan umat manusia. Mereka memberkati manusia, melindungi manusia, menghukum manusia, dan mencabut ajal manusia. Dewa-Dewi dalam kepercayaan bangsa Mesir Kuno merupakan penguasa setiap bagian dan unsur alam. Para Dewa merupakan Tuhan tersendiri sesuai dengan kemahakuasaan yang dimilikinya. Para Dewa yang menentukan nasib setiap orang.

    Bangsa Mesir Kuno sangat memuliakan Dewa mereka.Tempat memuja para Dewa dan sesuatu yang berkaitan dengan para Dewa (seperti kitab, pusaka, dan kutukan) sangat dikeramatkan. Konon makam-makam para Raja dan kuil-kuil Mesir dilindungi Dewa dan mengandung suatu kutukan bagi orang yang berniat jahat. Pada zaman Mesir Kuno, Dewa yang banyak dipuja dan dianggap sebagai Dewa tertinggi adalah Dewa matahari, Ra (Amon-Ra). Ia merupakan Dewa yang banyak disembah di daratan Mesir. Kuil Abu Simbel didirikan untuk memujanya. Setelah itu, Dewa yang banyak dipuja adalah Osiris, Dewa kehidupan alam, penguasa akhirat. Selain itu, juga ada Anubis, Dewa kegelapan

    Rules
    1. Dilarang Junk
    2.Jangan Oot,posting yang berkualitas.
    3.Tulisan diwajibkan Teks Indonesia (dilarang Teks English)
    4.Gambar usahakan dispoiler
    5.Bagi yang mau kontribusi usahakan bikin infonya selengkap mungkin ya
    6.Bagi yang mau membuat topik yang sudah dibuat,boleh asal isinya beda dan lebih bagus dari pendahulu

    Index
    Osiris - King of Underworld
    Anubis - Prince Of Underworld
    Isis - Goddess of Motherhood
    Bastet - Goddess of the Birth Chamber
     
    Last edited by a moderator: Oct 22, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    [​IMG]
    Horus Eye
    Sebagian dari kita lebih mengenal mitologi-mitologi Yunani dari pada mitos-mitos yang dimiliki Mesir.
    Namun mitologi-mitologi dari Mesir cukup menarik untuk dipelajari.

    Bangsa mesir merupakan bangsa yang terkenal sudah mempunyai peradaban dan teknologi yang maju sejak 3000 tahun sebelum masehi, mereka sudah mempunyai keahlian dalam arsitektur, astronomi dan ciri khas mereka adalah mummifikasi yang sampai sekarang masih menjadi misteri, dimana hal ini terkait dengan kepercayan mereka.

    Menurut catatan sejarah, bangsa Mesir Kuno menyembah banyak Dewa (poly theis) dan belum menemukan paham Ketuhanan Yang Maha Esa. Menurut kepercayaan Mesir Kuno, para Dewa merupakan makhluk-makhluk yang lebih berkuasa daripada umat manusia dan mengatur aspek-aspek kehidupan umat manusia.

    Para dewa mempunyai peran dalam memberkati manusia, melindungi manusia, menghukum manusia, dan mencabut ajal manusia. Dewa-Dewi dalam kepercayaan bangsa Mesir Kuno merupakan penguasa setiap bagian dan unsur alam. Para Dewa merupakan Tuhan tersendiri sesuai dengan kemahakuasaan yang dimilikinya. Para Dewa yang menentukan nasib setiap orang.

    Bangsa Mesir Kuno sangat memuliakan Dewa mereka.Tempat memuja para Dewa dan sesuatu yang berkaitan dengan para Dewa (seperti kitab, pusaka, dan kutukan) sangat dikeramatkan. Konon makam-makam para Raja dan kuil-kuil Mesir dilindungi Dewa dan mengandung suatu kutukan bagi orang yang berniat jahat.

    Mesir mempunyai Mitologi yang komplex, terkait dengan perubahan masa dari kepimpinan dan perbedaan kota dimana dapat terjadi perbedaan mitologi antar kota namun terkadang terjadi juga penggabungan mitologi dari kota-kota yang berbeda, misalnya Amon dari thebes dengan Ra dari Heliopolis, menjadi Amon Ra.
    Walaupun mempunyai sistem mitologi yang lebih Rumit dari Mitologi lain, mitologi mesir mempunyai keasyikan tersendiri dalam mempelajarinya.

    Mari kita mulai dari Penciptaan :
    Code:
    http://www.egyptianmyths.net/
    Wikipedia.org
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited: Jun 5, 2012
  4. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    The Gods (Dewa-dewi)


    Aker - "the Bender"
    Guardian of the traveling sun.
    [​IMG]
    Aker (Akeru, Akerui)
    Symbols: Akhet

    [​IMG]
    Aker termasuk dewa bumi kuno di mesir. Aker di percaya menjaga gerbang fajar, dimana matahari terbit setiap paginya.

    Aker di gambarkan sebagai 2 singa yang duduk saling membelakangi dan diantara mereka menunjukan/terdapat matahari terbit dihorizon/ujung langit. Dengan posisi tersebut Aker membentuk simbol Akhet, yang merupakan simbol dari Cakrawala (seperti gambar di atas).
    Kedua singa tersebut memiliki sebutan Sef dan Duau, yang berarti Kemarin dan Hari Ini.

    Masyarakat mesir kuno percaya gerbang Pagi dan Malam dijaga oleh Aker, sehingga mereka sering menempatkan patung singa di depan gerbang Istana, Rumah, dan pintu Kuburan. Hal ini dipercaya bahwa Anker melindungi Rumah-rumah dan kuburan dari gangguan roh jahat dan mahluk jahat lainnya. Kadang-kadang mereka memberikan patung-patung tersebut kepala kepala laki-laki dan perempuan. Orang-orang Yunani menyebut patung ini SPHINX


    Ammut - "Dead-Swallower"
    Demon; ate souls.
    [​IMG]
    Ammut (Ammit, Ahemait)
    [​IMG]
    Di Mesir kuno, Ammit (juga dieja Ammut dan Ahemit yang berarti Devourer atau Pemakan Tulang) adalah iblis betina dengan bagian tubuh Buaya, Singa, dan Kuda Nil, tiga binatang pemakan manusia yang di ketahui oleh masyarakat mesir kuno. Ammit juga memiliki julukan lainnya seperti Devourer of the Dead, Eater of Hearts, dan Great of Death.

    Ammit tinggal di Timbangan Keadilan di Duat, dunia bawah Mesir. Di Hall of Two Truths Anubis menimbang hati seseorang terhadap Ma'at, dewi kebenaran, yang kadang-kadang digambarkan secara simbolis bulu burung unta. Jika hati itu tidak murni, Ammit akan memakan habis hati tersebut, dan jiwa-jiwa yang tidak memenuhi syarat tidak akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka terhadap Osiris dan Keabadian. Setelah Ammit menelan hati tersebut, jiwa itu diyakini tidak akan tenang dan gelisah selamanya, ini disebut Mati untuk kedua kalinya. Ammit juga kadang-kadang dikatakan berdiri di sebuah danau api. Dalam beberapa tradisi, hati yang tidak layak akan dilemparkan kedalam lautan api untuk dimusnahkan. Beberapa pakar sejarah percaya Ammit dan danau api tersebut merupakan konsep yang sama dari kehancuran.

    Ammit tidak disembah, dan tidak pernah dianggap sebagai dewi, melainkan ia memiliki arti ketakutan bagi masyarakat mesir kuno, mengancam mereka untuk kegelisahan/ketakutan kekal jika mereka tidak mengikuti prinsip Ma'at.

    Ammit diikatkan denga dewi Tawaret, yang memiliki penampilan fisik yang sama dan, sebagai sahabat Bes. Para sejarawan juga bependapat bahwa karakteristik Ammit dan danau api mungkin merujuk atau memiliki hubungan dengan Dewi Sekhmet.

    Anubis - "the Royal Child"
    Jackal-god of mummification.​

    [​IMG]
    Anubis (Yinepu, Anpu)

    Symbols: jackal, ox-hide hanging from a pole, embalming equipment, flail, flags
    Cult Center: Heliopolis, Cynopolis

    [​IMG]
    Dewa Serigala memumikan. Dia membantu dalam upacara dimana orang mati dimasukan kedalam neraka. Anubis dipuja sebagai penemu pembalseman dan yang di balsem Osiris dan dengan demikian membantu untuk menjaganya bahwa dia bisa hidup lagi.

    Anubis di gambarkan sebagai seorang pria dengan kepala serigala, memegang tongkat ilahi yang dibawa oleh raja-raja dan dewa, juga hanya sebagai serigala hitam atau sebagai anjing yang menyertai Isis. Lambanya adalah seekor sapi jantan hitam dan putih berlumuran darah dan tergantung di tian. Sampai saat ini para sejarawan belum mengetahui arti dari simbol tersebut.

    Anubis memiliki 3 peranan penting. Pertama Anubis mengawasi proses pembalseman, lalu ia menerima mumi itu kedalam kubur dan melakuakn upacara pembukaan mulut dan kemudian membimbing jiwa ke surga penawaran (dimana hati manusia akan di timbang). Yang paling penting Anubis memantau proses Timbangan Kebenaran untuk melindungi jiwa-jiwa yang telah mati dari penipuan dan kematian kekal.

    Pada awal sejarah mesir, Anubis adalah dewa kematian. Namun peran tersebut telah diambil oleh Osiris saat popularitasnya meningkat.

    Dewa Pembalseman mungkin terkait dengan serigala karena dengak kebiasaan serigala mengintai di sekitar makam dan kuburan. Salah satu alasan orang Mesir kuno berusaha membuat makam mereka lebih rumit adalah untuk menjaga agar Sisa tubuh aman dari serigala yang mengintai sekita makan dan kuburan. Itu wajar saja karena dewa mumifikasi akan terhubung dengan mereka. Dengan menyembah Anubis, Orang Mesir kuno berharap untuk memohon Anubis menjaga jasad mereka dari serigala, dan menjaga tubuh mereka agar tidak terjadi pembusukan.

    Anubis adalah anak dari Nephthys, dan ayahnya Osiris. Salah satu mitos mengatakan bahwa Nephthys terlena akan rayuan Osiris sehingga melahirkan Anubis. Namun mitos yang lain mengatakan bahwa dia menyamar sebagai Isis dan menggoda Osiris kemudian melahirkan Anubis.

    Amon - "the Hidden One"
    Theban king of the gods. ​

    [​IMG]
    Amon (Amen, Amun, Ammon, Amoun)
    Symbols: ram, goose, bull
    Cult Center: Thebes, Hermopolis

    [​IMG]
    Dewa Thebes, ia ditampilkan sebagai manusia. Dia dipandang (bersama dengan Amanuet permaisurinya) di Hermopolis sebagai Dewa penciptaan awal. Sampai saat dinasti XIIth Amon adalah dewa Theba , tidak lebih hanya di daerah lokal, tetapi setelah Raja dari Thebes menaklukan saingannya untuk memimpin Mesir dia berhasil membuat kotanya menjadi Ibukota baru Mesir. Mungkin di bawah dinasti tersebut upaya untuk memberikan posisi tertinggi kepadanya dilakuakan dan kemudian dia dinyatakan sebagai "Raja para Dewa".

    Selain Amon mendapatkan posisi politik yang tinggi, ia juga menikmati popularitas di kalangan rakyat biasa Mesir. Ia disebut Wazir (Penasihat) masyarakat miskin. Dikatakan dia melindungi yang lemah dari yang kuat dan dia juga merupakan penegak keadilan. Mereka yang ingin meminta bantuan Amon diharuskan untuk menunjukan kelayakan mereka atau mengakui dosa-dosa mereka terlebih dahulu.

    Biasanya, kekuatan dewa akan menambah kemasyhuran bagi Pharaoh. Namun, ketika Amon tumbuh dalam popularitas, imamnya (pendamping) tumbuh semakin kuat dalam pengaruh dan kekayaan. Dengan demikian, mereka mencoba untuk masuk kedalam arena politik. Ketika ratu Hatshepsut mendapatkan dukungan diantara iman Amon, dia memuja dan menghormati Dewanya dengan mengklaim bahwa Dewa tersebut adalah ayahnya, lalu dia membangun kuil di Deir el-Bahri untuk menghormatinya.

    Ironisnya, manuver politik untuk menghancurkan popularitas Amon dimulai pada masa pemerintahan Thutmosis IV. Gerakan ini dimulai dari Rumah Kerjaan untuk memberi penghormatan kepada bentuk Murni Matahari. Aten (The sun-disk) perlahan-lahan menjadi dewa dari Fir'aun. Gerakan ini diperkirakan terjadi pada massa pemerintahan Akhenaten. Selama pemerintahan Akhenaten sebagai Fira'un, ia memindahkan Ibu kota mesir dari Thebes ke Akhetaten, dimana dia dan para pengikutnya dapat menyembah Aten secara khusus. Akhenaten juga mulai mengkampanyekan menghapus nama Amon dari karya-karya publik mesir.

    Setelah kematian Akhenaten, pengantianya Tutankhamon memindahkan kembali Ibukota mesir kembali ke Thebes dan mengembalikan dewa lama. Namun, Amon tidak bisa mengembalikan pengikut lamanya setelah Pharaoh dan negaranya fokus mengabdikan diri dan agama mereka kepada para dewa dari keluarga keluarga Osirian.

    Anqet - "Embracing Lady"
    Water goddess of Elephantine.
    [​IMG]
    Anqet (Anuket, Anukis, Anket)
    Cult Center: Elephantine

    [​IMG]
    Anqet adalah dewi pulau Sahal, dekat dengan Air Terjun pertama di sungai Nil. Dia digambarkan sebagai sosok wanita yang memakai mahkota dari bulu burung unta. Hewa sucinya adalah Kijang. Anqet adalah putri dari Satet, istri Khnemu. Bersama mereka bertiga membentuk Triad of Elephantine, pada dewa utama kota Elephantine.

    Anqet awalnya dewi air dari Sudan. Namanya berarti "Merangkul" yang ditafsirkan bahwa pelukannya selama banjir tahuna Nil dapat menyuburkan ladang. Kemudian, dia menjadi dewi nafsu, dengan atribut dan pemujaan yang cabul. Namun, asal pemujaannya dapat di telusuri kembali ke kerajaan lama. Dia sangat erat kaitannya dengan Nubia. Dia bukanlah dewi asing (dari sudan).

    Pemujaan terhadap dirinya pada umunya ada di seluruh Nubia utara dan pusat pemujaannya ada di Pulau Sahal, dekat Aswan. Disana dia disebut sebagai "Lady of Sahal" (Nebt Satet). Kuil Anqet di Sahal disebut "Amen-heri-ab"
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Apr 15, 2011
  5. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,689
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,138 / -1
    :top:
    sejauh ini mantap bro,gw suka nih thread
    gw tgg update-an ny
    grp send
     
  6. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    Thanks gan :xiexie:
    disini ane update tentang dewa-dewinya dulu, lumayan banyak soalnya.
     
  7. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    The Gods (Dewa-dewi) Part 2


    Apep
    Snake who tried to kill the sun.
    [​IMG]
    Apep (Apophis)
    [​IMG]
    Apep adalah seekor ular besar (atau buaya) yang hidup di perairan Nun atau di ujung Nil. Setiap hari dia berusaha untuk menggangu perjalanan Matahari Barque Re (Ra). Dalam beberapa mitos, Apep adalah dewa matahari yang dibuang. Hal ini menjelaskan kekuatan ular dan kebenciannya terhadap perjalanan Matahari. Dalam pertempuran Seth untun mendapatkan tahta Mesir, ia mengklain bahwa ia lebih kuat dari Horus, karena ia berdiri di haluan dari Barque Re (Ra) dan ia bisa mengalahkan musuh-musuh Re (Ra).

    Apep merupakan ancaman bagi Re (Ra) dalam perjalanannya setiap hari. Ketika dia berhasil mengalahkan Re (Ra) maka akan terjadi badai. Ketika Apep menelan Barque, maka akan terjadi gerhana matahari.

    Apep tidak pernah memiliki kemenangan abadi, karena doa-doa dari para Iman dan pengikutnya. Sebuah buku yang disebut The Books of Overthrowing Apep berisi daftar nama rahasianya dan himne yang merayakan kemenangan Re (Ra). Menurut buku tersebut, Apep sebelumnya telah dibunuh, dipotong-potong, dan dibuang ke jurang. Namun, ia selalu hidup untuk menyerang Re keesokan harinya. Orang-orang mesir pada saat itu akan pergi ke kuil dan membuat gambar ular dari lilin. Mereka akan meludahi gambar tersebut lalu membakarnya dan merusaknya. Mereka melakukan ini dengan membaca mantra-mantra dari buku "The Books of Overthrowing Apep" untuk membantu Re mengalahkan Apep.

    Judul-judul bab dari buku pertama ialah :
    Chapter of Spitting Upon Apep
    Chapter of Defiling Apep with the Left Foot
    Chapter of Taking a Lance to Smite Apep
    Chapter of Fettering Apep
    Chapter of Taking a Knife to Smite Apep
    Chapter of Putting Fire Upon Apep

    Buku ini menjelaskan secara rinci kerusakan dan kehancuran yang akan jatuh kepada Apep. menurut buku ini, Apep akan ditusuk, kemudian diiris dengan pisau merah membara sehingga setiap tulang dan tubuhnya akan terpisah, kepalanya, ekornya, akan terputus. Jasadnya kemudian hangus, gosong, dan dipanggang untuk dimakan oleh api. Nasib yang sama akan menimpa sekutu Apep dan semua yang membentuk bagian dari dirinya, dan nasib yang sama akan jatuh kepada keturunan mereka.

    Aten
    Disk of the sun.​

    [​IMG]
    Symbols: sun disk, heat and light of the sun
    Cult Center: Akhetaten (Tel El-Amarna)

    [​IMG]
    Aten adalah makhluk yang mewakili dewa atau roh matahari, dan lingkaran cakram (Disk) matahari yang sebenarnya. Aten digambarkan sebagai disk (cakram) matahari dengan sinar yang mencapai permukaan bumi. Pada ujung sinar terdapat tangan manusia yang panjang yang memberikan Ankh (Kunci kehidupan) ke Pharaoh.

    Asal Aten masih kurang jelas, Aten mungkin berasal dari pusat penyembahan kuil dewa matahari di salah satu desa kecil di dekat Heliopolis.

    Aten disebut sebagai pencipta manusia dan penjaga roh dunia. Di dalam kitab/buku Orang mati
    (Book of the Dead), Aten disebut oleh jiwa yang telah mati "Sembah, Aten, engkau penguasa cahaya, ketika engkau bersinar, semua wajah menjadi hidup".

    Tidak mungkin kita membahas Aten tanpa promotorn terbesarnya, Fira'un Amenhotep IV atau Akhenaten. Pada awal masa pemerintahannya, Akhenaten menyembah baik Amon (Dewa utama di Thebes pada saat itu) dan Aten. Ketika dia mengembalikan dan memperbesar kuil Aten yang dibangun oleh ayahnya Amenhotep III, hubungannya dengan Amon menjadi menegang. Para Iman (Dewa) menjadi kekuatan utama di Mesir dan jika Dewa lain kedudukannya semakin tinggi maka mereka akan kehilangan posisinya. Pada akhirnya, kerena hubungan yang semakin menegang Akhenaten memutuskan untuk membangun ibukotanya sendiri di sekitar Nil, yang disebut "Akhetaten", Horizon dari Aten.

    Di Akhetaten, Akhenaten membentuk agama negara (agama utama) baru, yang fokus kepada penyembahan kepadan Aten. Ia mengatakan bahwa Aten adalah dewa tertinggi dan tidak ada yang setara dengan dirinya (Aten), selain Akhenaten sendiri. Telah dikatakan bahwa Akhenaten membentuk agama monoteisme pertama di sekitar Aten. Namun bukan ini masalahnya. Akhenaten sendiri dianggap sebagai dewa pencipta dan seperti Aten, dia dilahirkan kembali setiap hari.

    Akhenaten mulai mengkampanyekan untuk menghapus jejak dewa lama, terutama Amon. Ia menghapus nama Amon dari kuil-kuil dan pekerjaan umum. Dia bahkan melangkah lebih jauh dengan menghapus cartouche ayahnya sendiri, karena kata "Amon" terdapat di dalamnya. Bahkan kata "Dewa-dewa" tidak dapat di terima, karena mengatakan ada dewa selain Aten.

    Atum - "the Complete One"
    God of the setting sun.​

    [​IMG]
    Atum (Tem, Temu, Tum, Atem)
    Symbols: Udjat, Bennu (phoenix), lotus/blue water lily, obelisks and pyramids
    Cult Center: Heliopolis

    [​IMG]
    Atum termasuk salah satu dewa yang paling tua dia Mesir dan merupakan bagian dari kosmologi Heliopolitan. Atum awalnya merupakan bagian dari dewa bumi, kemudian dia menjadi terikat dewan Re (Ra), dewa matahari. Secara khusus, Atum dianggap sebagai matahari terbenam. Kemudia dia menjadi terikat dengan Ptah dan Akhirnya Osiris.

    Menurut Imam dari Heliopolis, Atum adalah orang pertama yang muncul dari perairan Nun pada saat penciptaan. Awalnya ia adalah ular di Nun, dan akan kembali ke bentuk tersebut di saat akhir zaman. Namun, Atum digambarkan dalam seni sebagai seorang pria yang mengenakan mahkota ganda hulu dan hilir Mesir. Dengan Demikian Atum adalah dewa pertama dalam bentuk manusia yang diakui oleh rakyat mesir kuno. Sebelumnya dewa-dewa mereka selalu memiliki wujud binatang.

    Setelah penciptaan dirinya dari Nun, Atum menciptakan anak-anaknya Shu dan Tefnut dengan cara m*sturb*si. Hal ini mungkin tampak mustahil, tapi Atum adalah dewa biseksual. Dia digambarkan baik laki-laki maupun perempuan hidup. Oleh karena itu, air maniya mengandung semua yang dibutuhkan untuk menciptakan kehidupan baru dan Dewa. Orang mesir menyebutnya sebagai "Great he-she" dan namanya berati "the complete one".

    Kemudian mitos mengatakan bahwa anak-anaknya adalah hasil dari hubungan dengan bayangannya atau dengan dewi Lusaaset.

    Baal - "Lord," "Power"
    Semetic god of storms​

    [​IMG]
    Baal
    Symbols: bull, cedar tree
    Cult Center: Baal-Saphon, Memphis

    [​IMG]
    Selama kerajaan baru, Mesir mulai memperluas daerah kekuasaanya ke timur, di beberapa daerah lokal mulai banyak dewa yang disembah oleh masyarakat Mesir. Dinataranya terdapat dewa-dewa asing seperti Qetesh, Reshep, dan Baal. Baal adalah dewa dari Semit barat yaitu Dewa badai dan Dewa langit, yang disembah di mesir sejak dinasti ke-18. Pada tahun 1400 SM, dia adalah dewa yang penting bagi Kanaan dan itu disebutkan di dalam Alkitab Ibrani Sebagai pesaing dengan Tuhan untuk mendapatkan kasih sayang bangsa Israel. di Alkitab Baal digambarkan membunuh dan memakan manusia (Yeremia 19).

    Menurut mitologi timur, Baal menghancurkan Yam, Dewa "The grea green" (penguasa laut Mediterania). Baal sendiri kemudia dibunuh oleh Mot, dewa Semit yang di personifikasikan kematian. Saudara perempuan Baal sekaligus permaisurinya, Anat, membangkitkannya. Anat adalah dewi pejuang yang pergi membalas dendam atas pembunuhan kepada Baal dengan membelah tubuh Mot dengan pedangnya, melemparkan tubuhnya kedalam api, lalu menggiling tulangya dan memberikannya kepada burung-burung juga binatang yang ada di sekitarnya.

    Baal dan Anat dikatakan menikah ketika mereka menyamar menjadi banteng dan sapi.

    Meski terdapat hubungan dengan pembunuhan Baal sekaligus pembangkitannya dengan pembunuhan Osiris dan pembangkitannya oleh adiknya Isis memiliki kesamaan, namun koneksi antara dua dewa tersbut sama sekali tidak dibuat oleh penyembah Baal di Mesir. Sebaliknya, Baal dihubungkan dengan pembunuh Osiris, Seth. Seth dan Baal sama-sama dewa badai. Dalam narasi pertempuran Kadesh, Firaun Rameses II disebutkan "Seth, memiliki kekuatan besar, dan Baal juga".

    Baal digambarkan sebagai prajurit yang kuat, dengan lekukan jenggot gaya Syiria. Dia memakai helm bertanduk dan membawa berbagai jenis senjata, termasuk pedang, dan tongkat pemukul yang terbuat dari pohon Ceder, atau Petir.

    Bastet - "Devouring Lady"
    Cat-goddess of the home.​

    [​IMG]
    Bastet (Bast)
    Symbols: cat, lioness, sistrum, Udjat (Eye of Horus)
    Cult Center: Bubastis

    [​IMG]
    Dewi Bastet biasanya digambarkan sebagai seorang perempuan dengan kepala kucing. Namun, sampai dengan 1000 SM dia digambarkan sebagai seorang singa betina (berkepala singa). Bastet adalah putri dari Re, sang dewa matahari. Mungkin dari sinilah Bastet mendapatkan karakteristik kucing. Ketika Re menghancurkan musuhnya Apep, ia biasanya digambarkan sebagai kucing. Ketika digambarkan seperti kucing, Bastet dihubungkan dengan Bulan (anaknya Khonsu adalah dewa bulan). Ketika digambarkan sebagai Singa betina dia dikaitkan dengan Sinar Matahari.

    Bastet adalah dewa api, kucing, dan wanita hamil. Menurut salah satu mitos, Bastet adalah perwujudan dari jiwa Isis. Dia juga disebut "Wanita dari timur". Dengan demikian pasangannya "Wanita dari barat" Sekhmet.

    Bastet sebagai wanita berkepala kucing memiliki dua kepribadian yang berbeda, jinak dan agresif. Sisi jinaknya ditunjukan dengan tugasnya sebagai kucing rumahan untuk melindungi rumah dan wanita hamil. Sifat agresifnya terungkap dalam cerita pertempuran Firaun yang dikatakan menyembelih musuhnya seperti Bastet menyembelih korbannya.

    Pusat penyembahan Bastet terletak di Bubastis (Per-Bast, Pa-Bast, Pibeseth, Tell-Basta) di muara timur. Ferstival perayaannya di adakan pada April dan Mei. Herodotus salah satu sejarawan Yunani yang terkenal menggambarkan festival tersebut
    "Ketika rakyat Mesir melakuan perjalanannya ke Bubastis mereka melakukannya dengan tradisi: Laki-laki dan perempuan berlayar bersama-sama, dan di setiap perahu banyak terisi oleh laki-laki dan wanita. Beberapa wanita bergoyang dan beberapa meniup pipa mereka selama perjalanan, selama yang lain menyanyi dan bertepuk tangan. Jika mereka melewati suatu kota dalam perjalanannya, beberapa wanita akan turun dan berteriak sekaligus mengejek wanita setempat, sementara yang lain menyanyi dan membuat keributan. Mereka melakukan ini di setiap kota yang mereka lalui di sekita Nil. Ketika mereka tiba di Bubastis, mereka memulai festival dengan perngorbanan besar dan pada kesempatan ini lebih banyak anggur yang di konsumsi dari pada selama sisa tahun.
     
    Last edited: Apr 15, 2011
  8. HcDohl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    1,125
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +985 / -0
    Lanjutin dong bro
    gua kasih GRP juga
     
  9. dEricT M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    998
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +17,131 / -0
    Bener Lanjutin, gw suka yg berbau-bau mistis masa lalu kayak gini..
     
  10. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    The Gods (Dewa-dewi) Part 3

    Bat
    Ancient celestial cow-goddess.​


    Bat
    [​IMG]
    Bat termasuk dewi kuno, bukti paling awal menyatakan bahwa dia ada pada periode Pra-Dinasti. Bat adalah dewi sapi dari langit yang memiliki kekuatan untuk melihat masa lalu dan masa depan. Kekuatannya tertulis di Teks Pyramid, dimana dia dipanggil sebagai "Bat, dengan dua wajah". Para Firaun yang meninggal berhubungan dengan Bat dalam wujud itu. Kemudia, dia tampak sebagai perwujudan Sistrum.

    Bat adalah dewa utama selama berabad-abad dalam Nome ke-7 Mesir. Selama periode kerajaan Mesir pertengahan, ia digantikan oleh Hathor, yang mendominasi Nome ke-6 diatasnya.

    Bat jarang digambarkan dalam karya seni Mesir, namun gambarannya sering terlihat di jimat. Bat digambarkan sebagai wanita berwajah manusia dan memiliki telinga sapi juga tanduk melengkung yang menempel di pelipisnya. Dia kemungkinan besar dewi sapi yang sering terlihat di puncak Namer yang terkenal, yang mana merayakan penyatuan Hulu dan Hilir Mesir. Bat juga terkenal sebagai penyatuan pectoral (dada), dimana ia sebagai Sistrum, duduk diantara Horus dan Seth. Horus dan Seth adalah dewa Atas dan Bawah (Hulu dan Hilir) Mesir. Gambaran tentang dia mempengaruhi pemujaan Hathor.

    Bes
    Dwarf-god of music & warfare.​

    [​IMG]
    Bes
    Symbols: Lion, knives, bells, drums
    Cult Center: the private home; during the Greek Period, Abydos

    [​IMG]
    Bes adalah dewa musik dan tari, dewa perang dan pembantaian juga menghancurkan kekuatan alam. Dia juga termasuk pelindung anak-anak. Bes kemungkinan besar berasal dari Afrika, dan yang lainya berpikir dia datang dari Semit (Timur Tengah).

    Bes biasanya digambarkan sebagai manusia kerdil dengan kepala yang besar. Dia berjenggot dan lidahnya menjulur keluar. Dia mempunyai hidung yang datar (pesek), alis lebat dan bulu yang banyak tumbuh di telingannya. Di sekitar tubuhnya dia menggunakan kulit binatang, yang ekornya menggantung dibelakangnya dan menyentuh tanah. Dan di kepalanya dia memakai mahkota yang terbuat dari bulu, menunjukan asalanya Afrika. Sebagai dewa musik, dia biasanya di gambarkan bermain harpa. Sebagai seorang prajurit dia bisanya digambarkan memakai pakaian tentara dan memegang prisai juga pedang pendek.

    Salah satu gambaran Bes yang pertama ditemnukan di kuil Hatshepsut. Hatshepsut adalah Pharaoh (firaun) perempuan dari kerajaan baru.

    Buto - "She Who is Green"
    Cobra-goddess of Lower Egypt​

    [​IMG]
    Buto (Uatchit, Udjat, Wadjit, Edjo)
    Symbols: cobra, Udjat, Red Crown and the cobra-headdress or uraeus worn by royalty.
    Cult Center: Buto

    [​IMG]
    Buto adalah dewi kobra yang rumah dan pusat pemujaannya berada di muara sungai Nil di Per-Uatchit. Pada saat itu dia menjadi pelindung wanita yang terkenal di Mesir Bawah (selatan). Oleh karena itu Buto sering di hubungkan dengan Dewi Mesi Atas (utara), Nekhebet. Bersama-sama mereka sering muncul di potongan karya seni sebagai simbol dua negri atau persatuan Mesir.

    Buto tidak hanya melindungi Mesir, dia juga seorang pelindung yang agresif bagi raja. Dia digambarkan sebagai kobra uraeus, yang pertama kali di pakai di dahi Re dan kemudian Pharaoh (firaun). Kerudungnya berada dalam posisi mengancam dan Buto siap untuk meludahkan racun ke musuh-musuh Pharaoh atau membakar mereka dengan tatapan apinya. Diperkirakan, mungkin kekuatannya juga bisa digunakan terhadap Pharaoh. Bisa dari gigitannya mungkin digunakan oleh Anubis untuk menentukan waktu kematian Pharaoh.

    Buto adalah perwujudan dari panas Matahari yang membakar, ia disebut "Wanita Surga" dan ratu dari semua dewa. Dia sering dihubungkan dengan Horus Tua, yang merupakan dewa pelindung Mesir Bawah (selatan). Ia juga dikaitkan dengan Harpokrates (Horus Muda), Buto melindunginya dari Seth ketika di rawa-rawa muara sungai Nil, ketika Isis mencari tubuh Osiris.

    Buto digambarkan dalam karya seni sebagai wanita yang menggunakan uraeus atau Mahkota merah Mesir bawah. Dia digambarkan membawa batang papirus (sejenis tumbuhan rumput yang dapat dibuat menjadi kertas) yang di belit oleh kobra. Kadang-kadang dia hanya digambarkan sebagai kobra yang melingkar sekitar keranjang dan mengenakan mahkota.

    Duamutef - "Praising his Mother"
    Protected stomach of the dead.​

    [​IMG]
    Duamutef
    (Tuamutef, Golden Dawn, Thmoomathph)

    [​IMG]
    Duamutef adalah salah satu dari empat anak Horus, ia digambarkan sebagai mumi serigala.

    Horus (yang lebih tua) memiliki banyak istri dan anak, dan "keempat anaknya" tersebut di kelompokkan bersama dan pada umunya dikatakan lahir dari Isis. Duamutef salah satunya. Tiga lainya Imsety, Hapy, dan Qebehsenuef. Mereka lahir dari bunga teratai dan dewa Matahari yang dikatikan dengan penciptaan. Mereka diambil dari perairan Nun oleh Sobek tas perintah Re. Ia percaya bahwa Anubis memberi mereka tugas menguburkan mumi, Pembukaan Mulut, Penguburan Osiris dan semua orang. Horus kemudian memberi mereka tugas untuk melindungi 4 penjuru mata angin (Utara, Selatan, Barat, dan Timur). Di aula Ma'at merek duduk di atas bunga lotus di depan Osiris. Biasanya, mereka lebih dikenal sebagia pelindung organ bagian dalam dari para mayat. Setiap anak melindungi setiap organ dan setiap anak masing-masing dilindungi Dewi.

    Duamatef memiliki peran untuk melindung organ perut para mayat dan merupakan penjaga dari Timur. Ia dilindungi oleh Dewi Neith.

    Geb - "Earth"
    God of the earth.
    [​IMG]
    Geb(Seb, Keb)
    (Seb, Gebb, Keb, Kebb)

    Symbols: goose, earth
    Cult Center: Heliopolis

    [​IMG]
    Geb adalah anak dari Shu dan Tefnut dan saudara sekaligus suami dari Nut. Dari Nut dia memiliki empat anak, Osiris, Isis, Seth dan Nephthys.

    Geb adalah dewa bumi. Meskipun begitu, Geb menuntun para roh ke surga dan memberikan mereka daging (makanan) dan minuman. Ini cukup menarik, dimana biasa bumi dan alam sering dihubungkan dengan wanita (Mother Earth, Mother Nature, Demeter of the Greeks, etc..), masyarakat mesir kuno malah lebih memilih laki-laki dalam hal ini.

    Pada periode stele, Phakussa stele menceritakan bagaimana Geb jatuh cinta terhadap ibunya sendiri, Tefnut. Dia berjanji kepada ibunya untuk melakukan perjalanan ke seluruh penjuru Mesir sampai ayahnya Shu, yang saat itu menjadi raja Mesir, meninggal. Pada hari itu, Geb pergi ke tempat ayahnya di Memphis dan menemukan Tefnut. Dia membawa ibunya dan dengan paksa memperkosanya. Dikatakan dia tidak dihukum atas perbuataanya. Dia kemudian menjadi raja yang berkuasa dan mendapatkan gelar “Pewaris pada dewa”. Geb sangat dikagumi sebagai penguasa, dan singgasananya diketahui sebagai epithet “Singgasana Geb”

    Dia biasanya digambarkan sebagai pria yang mengenakan mahkota timur dan mahkota selatan. Juga sering ditambahkan dengan mahkota Atef atau mahkota angsa. Angsa adalah hewan sakral bagi Geb, dan dia sering disebut sebagai “The Great Cackler” dan dikatakan tertawanya Geb adalah sumber dari gempa bumi.

    [​IMG]
    Gambaran lainnya menunjukan dia berbaring di bawah istrinya (Nut, dewi langit) dan ayahnya (Shu, dewa udara). Dia bersandar menggunakan satu siku dengan lutut dan lengannya di udara. Dengan cara ini dia melambangkan lembah dan bukit dari daratan, yang mana disebut sebagai “Rumah Geb”. Dia juga sering digambarkan sebagai pria berkulit hitam dan hijau (warna kehiduapan, tanah dan warna vegetasi yang ada di sekitar Nil) dengan daun di tangannya.

    Pusat pemujaan Geb sepertinya berada di Heliopolis (Dekat Kairo).
     
    Last edited: Apr 23, 2011
  11. rolandmirage Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 21, 2011
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +322 / -0
    [
    QUOTE=raikandus;9365787]
    The Gods (Dewa-dewi) Part 2


    Apep
    Snake who tried to kill the sun.
    [​IMG]
    Apep (Apophis)
    [​IMG]
    Apep adalah seekor ular besar (atau buaya) yang hidup di perairan Nun atau di ujung Nil. Setiap hari dia berusaha untuk menggangu perjalanan Matahari Barque Re (Ra). Dalam beberapa mitos, Apep adalah dewa matahari yang dibuang. Hal ini menjelaskan kekuatan ular dan kebenciannya terhadap perjalanan Matahari. Dalam pertempuran Seth untun mendapatkan tahta Mesir, ia mengklain bahwa ia lebih kuat dari Horus, karena ia berdiri di haluan dari Barque Re (Ra) dan ia bisa mengalahkan musuh-musuh Re (Ra).

    Apep merupakan ancaman bagi Re (Ra) dalam perjalanannya setiap hari. Ketika dia berhasil mengalahkan Re (Ra) maka akan terjadi badai. Ketika Apep menelan Barque, maka akan terjadi gerhana matahari.

    Apep tidak pernah memiliki kemenangan abadi, karena doa-doa dari para Iman dan pengikutnya. Sebuah buku yang disebut The Books of Overthrowing Apep berisi daftar nama rahasianya dan himne yang merayakan kemenangan Re (Ra). Menurut buku tersebut, Apep sebelumnya telah dibunuh, dipotong-potong, dan dibuang ke jurang. Namun, ia selalu hidup untuk menyerang Re keesokan harinya. Orang-orang mesir pada saat itu akan pergi ke kuil dan membuat gambar ular dari lilin. Mereka akan meludahi gambar tersebut lalu membakarnya dan merusaknya. Mereka melakukan ini dengan membaca mantra-mantra dari buku "The Books of Overthrowing Apep" untuk membantu Re mengalahkan Apep.

    Judul-judul bab dari buku pertama ialah :
    Chapter of Spitting Upon Apep
    Chapter of Defiling Apep with the Left Foot
    Chapter of Taking a Lance to Smite Apep
    Chapter of Fettering Apep
    Chapter of Taking a Knife to Smite Apep
    Chapter of Putting Fire Upon Apep

    Buku ini menjelaskan secara rinci kerusakan dan kehancuran yang akan jatuh kepada Apep. menurut buku ini, Apep akan ditusuk, kemudian diiris dengan pisau merah membara sehingga setiap tulang dan tubuhnya akan terpisah, kepalanya, ekornya, akan terputus. Jasadnya kemudian hangus, gosong, dan dipanggang untuk dimakan oleh api. Nasib yang sama akan menimpa sekutu Apep dan semua yang membentuk bagian dari dirinya, dan nasib yang sama akan jatuh kepada keturunan mereka.
    :kaget: kucingnya make pisooo :hahai:
    tapi :top: om TS lanjutkan update lagi

    majang pekiwan :peace::hahai:
     
  12. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    kan kucing itu Ra (Ra emang sering digambarkan sebagai seekor kucing)
    santai aja pasti update sampai tuntas :top:
    kalau gak sibuk pasti update terus (lagian nyusun kata-katanya susah, maklum jarang nulis :swt: )
     
  13. Ruzh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 24, 2010
    Messages:
    998
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,573 / -0
    woh mantap lengkap abis pembahasan dewa2 mesirny. lanjutkan bro
     
  14. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,689
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,138 / -1
  15. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    The Gods (Dewa-dewi) Part 4

    Hapi - "Runner"
    God of the Nile.
    [​IMG]
    Hapi (Hapy)
    Symbols: running water

    [​IMG]
    Hapi adalah dewa Mesir kuno Sungai Nil. Dia tidak hanya kuno (sudah ada sejak zaman dahulu) bagi rakyat kita manusia Modern tapi juga bagi rakyat Mesir kuno. Faktanya, “Hep”, asal nama Hapi mungkin adalah nama sungai Nil terdahulu.

    Hapi di gambarkan sebagai seorang pria dengan payudara perempuan dan perut menonjol. Payudara penuh dan perutnya menunjukan kesuburan dan kemampuannya untuk memlihara tanah melalui banjir tahunan sungai Nil. Sama halnya dengan pembagian wilayah mesir menjadi dua bagian (Utara dan selatan) begitu juga daerah kekuasaan Hapi yaitu sungai Nil. Sebagai dewa Nil utara, Hapi digambarkan memakai papirus, simbol Mesir Hilir di kepalanya. Dalam wujud ini, ia dipanggil “Hap-MEHT”. Dewa sungai ni Hulu adalah “Hap-Reset”, dia memakai tanaman teratai (simbol selatan) sebagai Simbol si kepalanya. Ketika seorang seniman berusaha mengambarkan Hapi sebagai dewa Nil seluruhnya, ia digambarkan memegang kedua tanaman teratai dan papirus di tangannya atau ditaruh di vas dan dipegangnya.

    Mitra perempuan dan istri Hepi di selatan adalah Nekhebet, yang merupakan dewi selatan pada umunya dan digambarkan sebagai burung pemakan bangkai. Istri dari Hapi di utara adalah Buto, yang digambarkan sebagai kobra dan setara dengan Nekhebet di selatan.

    Osiris awalnya dewa air atau sungai dan akhirnya Hapi diidentifikasi bersamanya. Namun, sebaliknya Hapi diakui sebagai salah satu dewa Mesir terbesar dan ia dinyatakan tidak hanya pembuat alah semesta, tetapi pencipta segala sesuatu dari yang ada dan dari sesuatu yang tidak ada. Hapi juga dikaitkan dengan Nun, Hapi sebagai sumber sungai Nil yang di percaya berada di dekat air terjuan di daerah kekuasaan Nun.

    Hapi memiliki hal misterius tentang dirinya. Orang Mesir percya bahwa Nil muncul dari tanah antara dua gunung (Qer-Hapi dan Mu-Hapi) antara pulau Elephantinedan Phile. Namun orang mesir tidak tahu bagaimana atau mengapa banjir sungai Nil terjadi setiap tahun. Mereka percaya bahwa dewa Khenmu, Anqet, dan Satet adalah penjaga sumber Sungai Nil. Tugas mereka adalah untuk memastikan bahwa jumlah banjir yang terjadi setiap tahun tidak berlebihan. Hapi bertugas mengatur air yang mengalir di sungai Nil. Banjir yang terjadi umunya di sebut sebagai “Kedatangan Hapi” oleh orang Mesir kuno. Orang Mesir akan melemparkan Jimat dan persembahan lainnya ke dalam sungai Nil di tempat khusus untun menenangkan Hapi dan untuk memastikan bahwa ia akan memberika jumlah luapan air yang cukup untuk ladang mereka.

    Hapy - "Runner"
    Guarded the lungs of the dead.
    [​IMG]
    Hapy (Hapi, Ahephi)
    [​IMG]
    Hapy adalah salah satu dari empat anak Horus, ia digambarkan sebagai mumi dengan kepala babon.

    Horus (yang lebih tua) memiliki banyak istri dan anak, dan gelar “Emapt anyaknya” (four sons) dikelompokan bersama dan pada umunya dikatakan lahir dari Isis, Hapy salah satunya. Tiga lainya Imsety, Duamutef, dan Qebehsenuef. Mereka lahir dari bunga teratai dan dewa Surya yang dikatikan dengan penciptaan. Mereka diambil dari perairan Nun oleh Sobek atas perintah Re (Ra). Ia percaya bahwa Anubis memberi mereka tugas penguburan dari mumifikasi, Pembukaan Mulut, penguburan Osiris dan semua orang. Horus kemudian menjadikan mereka pelindung dari empat mata angin utama (Utara, Selatan, Timur, dan Barat). Di Aula Ma’at mereka duduk di atas bunga lotus di depan Osiris. Mereka lebih dikenang sebagai pelindung organ dalam orang yang meninggal. Setiap anak melindungi tiap-tiap organ, dan setiap anak masing-masing dilindungi oleh Dewi.

    Hapy berperan untuk melindungi organ Paru-paru orang yang meninggal dan menjadi Penjaga Utara. Ia dilingungi oleh dewi Nephthys. Hapy kadang-kadang sulit dibedakan dengan dewa sungai Nil Hapi.

    Hathor - "House of Horus"
    Cow-goddess of love & music​

    [​IMG]
    Hathor (Het-hert)

    Symbols: cow, lioness, falcon, cobra, hippopotamus, sistrum, musical instruments, drums, pregnant women, mirrors, cosmetics
    Cult Center: Dendera

    [​IMG]
    Dewi cinta yang bertanduk, ia juga dewi kebahagiaan, tari dan musik, dan pelindung perempuan. Dia digambarkan sebagai sapi, atau sebagai wanita dengan kepala sapi juga banyak digambarkan sebagai wanita yang memakai atribut tanduk sapi yang didalamnya (diantara kedua tanduk) terdapat lingkaran tata surya/matahari.

    Pada awal mitologi mesir dia diketahui sebagai ibu dari Horus (kemudian Isis di asusimkan memiliki peran ini). Bukt ini dapat terlihat didalam namanya ”Hator” yang berarti ”Rumah Horus”. Sebagai ibu dari Horus, Ratu mesir sering dihubungkan dengan dia. Ini adalah hal yang biasa, dimana ratu mesir menjadi ibu pharaoh, Horus. Isis sering ditunjukan dengan tanduk sapi seperti tanduk di kepala Hator ketika para seniman pada massa itu ingin menekankan perannya sebagai ibu dari Horus.

    Dikatakan ketika seorang anak lahir, tujuh Hator datang ke sisi bayi tersebut untuk memberitahukan takdirnya. Ketujuh Hator tersebut di percayai mengetahui masa depan dan waktu kematian setiap orang mesir. Takdir seseorang tergantung pada waktu kematian dan hubungan dari keberuntungan dari ramalan buruk.

    Dipercaya bahwa Hator akan menukarkan bayi (kalangan raja) yang memiliki ramalan buruk/masa depan yang gelap dengan bayi yang lebih beruntung di masa depan, sehingga mampu melindungi dinasti dan bangsa. Para Hator digambarkan sebagai kelompok wanita muda yang memainkan tambourines (Rebana ;Indo) dan mengenakan Disk dan tanduk Hator. Selama masa Ptolemaic (masa ketika Yunani menguasai mesir), mereka dikaitkan dengan Pleiades.

    Dalam cerita Ra, dia diciptkan oleh ayahnya Ra sebagai ”Sekhmet”, penghancur laki-laki, yang tidak taat kepadanya. Kemudian Ra mengubah pikirannnya, tetapi Ra pun tidak bisa menhentikan dia dari membunuh para laki-laki. Ra lalu menyamarkan Bir menjadi darah di mata Sekhmet dan ketika Sekhmet menjadi mabuk, dia tidak bisa lagi membunuh dan lalu kemudian dia dikenal sebagai Hator, dewi cinta.

    Pusat penyembahannya dipusatkan di Dendera. Dimana dia disana sebagai dewi kesuburan dan melahirkan. Di dalam Thebes ia dipandang sebagai dewi orang mati, dan di Yunani dia dihubungkan dengan Aphrodite (dewi cinta).

    Heh
    God of infinity.​


    [​IMG]
    Heh
    [​IMG]
    Heh adalah dewa tak terbatas (God of Infinity) dan dewa tak berbentuk. Namun dia sering ditampilkan sebagai sosok seorang pria berjongkok sambil memegang dua rusuk (batang daun) sawit di kedua tangannya, masing-masing diakhirin dengan kecebong dan cincin Shen. Cincin Shen adalah simbol tradisional ketidakterbatasan (infinity). Rusuk sawit merupakan simbol berlalunya waktu, di kuil-kuil rusuk sawit tersebut digambarkan melekuk-lekuk untuk merekam (menggambarkan) siklus waktu. Kecebong adalah tulisan rahasia yang mewakili jumlah 100.000.

    Gambar Heh sendiri dengan tangan terangkat adalah simbol/tulisan rahasia untuk jumlah satu juta.

    Heh adalah anggota dari Ogdoad dan Hermopolis. Dia dan permaisuri Hauhet bersama-sama adalah pengambaran/aspek ketidak terbentukan dan ketidak terbatasan yang ada di alam semesta sebelum penciptaan. Dalam Hermopolis, ia digambarkan sebagai seekor ular.

    Heket
    Frog-goddess of infinity.​


    [​IMG]
    Heket (Heqat)
    Cult Center: Elephantine, Her-wer
    [​IMG]
    Heker adalah dewi katak bagi yang melahirkan. Dia digambarkan sebagai seekor katak atau seorang wanita dengan kepala katak. Pada dinding kuil dia biasanya dalam bentuk antropormofik, sedangkan pada jimat Heket biasanya dalam bentuk binatang.

    Heket awalanya di jelaskan dalam mantra sihir dari teksa Piramida yang dirancang untuk memungkinkan Firaun naik ke langit.

    Heket dihubungkan dengan kelahiran pertama kali dikaitkan dengan kelahiran Papirus Westcar yang mana tanggalnya bertepatan dengan Kerajaan tengah (Middle Kingdom). Dilama teks dijelaskan tentang kelahiran ajaib dari para 3 Pharaoh pasa saat itu (dinasti ke-5). Heket pada saat itu mempercepat proses melahirkan membuat agar bayi tersebut selamat saat melahirkan.

    Wanita hamil pada saat itu sering memakai jimat dan penutup kepala yang menampilkan/memiliki simbol Heket, agar melindungi mereka saat melahirkan. Dia sering digambarkan pada pisau gading kerajaan saat peridode kerajaan tengah (Middle Kingdom). Pisau ini digunakan secara gaib untuk melindungi rumah (Rumah Kerajaan). Bidan pada saat itu sering disebut "Hamba dari Heket" (Servants of Heket).

    Kuilnya berada di Qus di Mesir Atas (utara). Di dalam makam Petosiris ada teks yang berkaitan dengan cerita tentang bagaimana Heket memimpin prosesi untuk menghormati kuilnya dan meminta perubahan/restorasi. Heket juga digambarkan di dinding kuil Abydos, dia digambarkan menerima persembahan anggur dari Seti I.
     
    Last edited: Jul 20, 2011
  16. QornulManazil M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    369
    Trophy Points:
    36
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +301 / -2
    kenapa dewanya isinya badan manusia kepala binatang?
     
  17. SankareaCiel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    2,741
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +706 / -0
    beberapa ada yan sudah tau, tapi gak selengkap dan sedetail ini infonya :iii:

    lanjut ya bro :peace:
     
  18. Grimore M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 3, 2011
    Messages:
    980
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +42 / -0
    mantab gan, masih ada lanjutannya:???: banyak banget dewa-dewinya:hot:

    pingin lbih tw masalah ancient egypt juga bisa :???:
     
  19. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    Karena pada masa itu orang mesir kuno menganggap hewan seperti sapi, kerbau, kucing, dan buaya sebagai hewan yang sakral.
    secara umum :
    Sapi melambangkan kemakmuran pertanian dan perternakan
    Kucing melambangkan kerukunan rumah tangga
    Buaya melambangkan kematian (dan beberapa hewan buas lainnya)
     
  20. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,689
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,138 / -1
    gw bantu jwb si ts :rokok:
    selain itu mrk menganggap ada kekuatan mistis pd setiap jenis hewan[yg dipercayai para pendeta mereka]
    yg trs selanjutnya pada abad2/masa2 slanjutnya hal2 kepercayaan itu berkembang menjadi sprti itu[dewa2,dewi2 segala macam]
    junk :oii:
    apalagi patung rata2 gitu smua,dan ini setw saya di bidang pahat memahat gk kurus :swt:
     
  21. Grimore M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 3, 2011
    Messages:
    980
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +42 / -0
    tetep dewa mesir kebangganku, amon ra n anubis

    eh brita tntang anubis n osirisny msh ada lgi nggak :???: soalny pengen lbih tw tentang dua dewa ni

    ngmng2 dwa2ny mesir ada sejubun :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.