1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info MUI Resmi Tetapkan Penggunaan Cryptocurrency Adalah Haram

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Nov 11, 2021.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,434
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +85 / -0
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengharamkan penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang adalah haram dalam Forum Ijtima Ulama yang digelar pada hari ini.

    Digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pada Kamis siang ini, Ketua Fatwa MUI Asrorum Niah Soleh mengumumkan keputusan tersebut.

    "Penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang hukumnya haram," kata Asrorum Niah Soleh seperti dikutip dari detikcom.

    "Cryptocurrency sebagai komoditas atau aset digital tidak sah diperjualbelikan karena mengandung gharar, dharar, qimar, dan tidak memenuhi syarat sil'ah secara syar'i," lanjuutnya.

    Niah Soleh mengungkapkan, selain dari sudut pandang ilmu Islam, keputusan mengharamkan cryptocurrency keputusan tersebut juga diambil setelah mempertimbangkan bahwa cryptocurrency bertentangan dengan Undang-undang Nomor 7 tahun 2011 dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 17 tahun 2015.


    [​IMG]
    Forum Ijtima Ulama MUI (Karin Nur Secha/detikcom)

    Syarat syar'i dalam penggunaan mata uang antara lain ada wujud fisik dan memiliki nilai. Selain itu, syarat lainnya adalah diketahui jumlah secara pasti, memiliki hak milik, dan bisa diserahkan kepada pembeli.

    Selain mengharamkan, MUI menyatakan uang kripto sebagai komoditas atau aset digital tidak sah diperjualbelikan. Tapi MUI menyebut uang kripto sebagai komoditas atau aset dengan sejumlah syarat sah untuk diperjualbelikan.

    "Cryptocurrency sebagai komoditas atau aset yang memenuhi syarat sebagai sil'ah dan memiliki underlying serta memiliki manfaat yang jelas sah untuk diperjualbelikan," jelasnya.

    Cryptocurrency merupakan salah satu topik yang dibahas dalam Ijtima Ulama Komisi Fatwa Se-Indonesia VII yang diselenggarakan sejak Senin (9/11/2021) lalu, sedangkan topik lainnya adalah fikih kontemporer terutama munculnya berbagai permasalahan berbasis digital di tengah masyarakat saat pandemi COVID-19.

    "Jadi aset kripto sebagai salah satu instrumen keuangan berbasis digital ini juga hal baru ini dibahas didalami dan ditetapkan sebagai panduan di dalam praktik kehidupan bermasyarakat," imbuhnya.

    Terakhir, Asrorun menjelaskan, dalam Ijtima Ulama ini, ada pembahasan mengenai optimalisasi zakat, transplantasi rahim, dan pemilu yang bermaslahat. Reformasi agraria juga dibahas.


    Sumber: Portal IDWS
     
    • Like Like x 1
  2. sega Gatotkaca

    Offline

    hoarder

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    3,794
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +147,977 / -8
    MUI menyatakan uang kripto sebagai komoditas atau aset digital tidak sah diperjualbelikan.
    Tapi MUI menyebut uang kripto sebagai komoditas atau aset dengan sejumlah syarat sah untuk diperjualbelikan.

    jd syaratnya apa biar sah??..geje nih mui.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.