1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Social Life Mohon Bantuan Para Hijabi

Discussion in 'CurHat' started by chessecake, Aug 3, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. chessecake Members

    Offline

    Joined:
    Aug 3, 2014
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    hi semua saya baru disini,kata temen saya disini forum paling ramai di indonesia buat share2 dan cerita2.
    saya punya problem yg saya mau share dan minta pendapat para hijabi di sini,sebelumnya saya mau minta maaf bila ad kesalahan2 dalam sharing/pertanyaan saya,saya tidak bermaksud SARA hanya ingin minta pendapat dan saran dari kakak2 hijabi disini


    ak sudah menjadi hijabi sejak 1 tahun yg lalu dan ak adalah seorang non muslim hijabi.
    sekarang ak ndk pernah lupa memakai hijab kemana pun ak pergi hanya melepas nya pada saat dirumah saja,ak sendiri sampai terkadang bingung kenapa aku pakai hijab padahal ak bukan seorang muslim.
    pertama kali ak memakai hijab adalah pada saat pentas di sekolah,ak disuruh mengenakan hijab untuk peran ku saat itu,setiap kali ak pakai hijab untuk latihan dan pementasan waktu itu ad persaan kayak senang,nyaman gt jadi ak putuskan untuk memakai hijab.
    sebelumnya ak browsing2 internet dulu untuk mengetahui apakah ak sebagai non muslim boleh pakai hijab,setelah browsing2 ternyata banyak non muslim yg memakai hijab juga,jadi ak mulai memutuskan pakai hijab,ak juga mengikuti aturan2 memakai hijab,ak juga sudah ndk pakai rok pendek,hotpants,ama baju2 tanpa lengan lagi.

    tapi mungkin yg namanya jalan ndk selalu beraspal,hehehehe,temen2 ku mulai agak aneh terhadapku,mereka tetep perhatian dan sayang sama aku cm aja ada yg berbeda sama mereka,ak tau karena kita dah lama temenan,mereka temen2 yg baik,cm perlakuan mereka,gaya bicara,perhatian mereka sama aku dah beda banget, mungkin orang2 lain ndk terlalu berasa tp ak bersa banget.

    saya mau tanya apa yg para hijabi disini akan lakukan jika dalam posisi aku,apa aku harus tetep mengikuti kata hatiku untuk tetep pakai hijab dan mungkin aku akan kehilangan temen2 ku atau ak lebih baik ndk usah ber hijab saja toh ak juga bukan muslim,tp ak pengen banget bs ber hijab tanpa kehilangan temen2 ku
     
    Last edited by a moderator: Aug 4, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. saoyuan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,037
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    Sebelumnya maaf ya kalo cowok ikutan jawab.

    Sebenarnya untuk hijab itu sendiri bukanlah pakaian eksklusif khusus buat umat Islam, jadi ya tidak ada masalah mau digunakan oleh seorang muslim maupun non muslim.

    Mengenai masalah anda, saya cuma bisa bilang gunakan pakaian yang dapat membuat anda nyaman. Nyaman disini artinya gunakan pakaian yang nyaman untuk diri sendiri maupun orang lain
    Sent from my RM-885_apac_indonesia_217 using Tapatalk
     
  4. salimboy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 19, 2011
    Messages:
    1,249
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +691 / -0
    mungkin perlakuan aneh yang lu dapet, selain karena lo non muslim juga karena lu cowok tapi pake hijab :obgaring:

    ___________________________________________________________________________

    becanda gan , gw idem sama post yang diatas gw gan :malu
     
  5. boltzz123 M V U

    Offline

    Inocence User

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    12,423
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +52,564 / -585
    ikuti saja kata hati [​IMG] kalau memang suka berhijab dan nyaman ya kenapa tidak [​IMG] memang hijab tidak dikekang oleh agama kok [​IMG] tp kalau diri sendiri merasa terlalu dikucilkan dan tidak nyaman krn perubahan diri anda ya sudah tidak perlu dipaksakan[​IMG]


    gak bs dipungkiri di indonesia hijab memang sudah identik dgn para wanita muslim, dan mereka behijab karena sudah siap,. jadi kalau ente non muslim mau makai hjab ya pasti dong tyemen2 sekitar ente bingung dan nanya2 dalam hatinya [​IMG] apa lagi klo ente cowo yg tiba2 berhijab ane yakin bukan pada bingung lagi [​IMG] klo maslaah perlakuan beda ya tentu saja pasti berbeda lah :lol: lha entenya sendiri jg udah beda, bsia jadi mereka merasa ente udah lebih religius jadinya sungkan gitu [​IMG]


    klo misal ane nih ada tmen yg mendadak berhijab pasti ane nanya "loh kok make hijab? udah gak demen jadi cowok ye?" [​IMG]



    btw ente kloneng ye? [​IMG]
     
  6. sacfron M V U

    Offline

    Virtual IDWS-er

    Joined:
    May 11, 2012
    Messages:
    280
    Trophy Points:
    137
    Ratings:
    +263 / -7
    Sebelumnya ane tanya dulu ente cowo apa cewe??
    Kalo berkenan coba pasang pict sebelum dan sesudah berhijabnya...

    Well, semoga aja ente cewe deh...

    "tapi mungkin yg namanya jalan ndk selalu beraspal,hehehehe,temen2 ku mulai agak aneh terhadapku,mereka tetep perhatian dan sayang sama aku cm aja ada yg berbeda sama mereka,ak tau karena kita dah lama temenan,mereka temen2 yg baik,cm perlakuan mereka,gaya bicara,perhatian mereka sama aku dah beda banget, mungkin orang2 lain ndk terlalu berasa tp ak bersa banget."

    Terus apa masalahnya to??
    Kalo memang mereka masih berlaku baik ke ente jg ya gak masalah kan berarti?

    Terkadang segala sesuatu itu cuman ada di kepala kita...
    Keep it simple :kenyang:
     
  7. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,874
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Hijab itu emang bukan eksklusif muslim
    Sejarahnya dulu itu pakaian khas Arab yg notabene lingkungannya gurun/padang pasir yg gersang
    Yg fungsinya mlindungi tubuh dri sengatan panas + terpaan debu


    Berhubung memang tidak menyalahi ketentuan agama n bermanfaat baik
    Trutama bt wanita sbagai pnutup aurat jg
    Jadi oleh Nabi kami diadopsi penerapannya bahakan diwajibkan bt wanita muslim


    Soal kamu non muslim mau/boleh pakai tidaknya
    Tentu saja boleh
    Toh itu bukan sesuatu yg melanggar hukum ataupun bersifat merugikan


    Namun kalau masalah nyaman atau tidaknya silakan dikembalikan ke hati kamu sendiri
    Apa kalau pakai jadi nyaman dan tidak mempersulit hidup/diri sendiri
    Tapi kalau memang merasa sudah nyaman dan siap ya silakan lanjutkan


    Tanggapan orang lain wajar kalau melihat suatu perubahan dalam diri seseorang
    Palagi ini selain berubah jg memang dasarnya berbeda


    Baiknya gimana???
    Silakan renungkan baik2 kalau siap ya lanjutkan saja toh merasa nyaman
    Teman2 jg masih perhatian dan sayang kan
    Klo sama2 saling menghargai sebagai teman rasanya
    Ga bakalan jadi suatu masalah palagi musuhan/hilang kontak


    Sekedar tambahan mungkin yg paling perlu diperhatikan tanggapan dari keluarga mu sendiri
    Sebelum mikirin yg lain/pihak luar


    Sawachika [​IMG]
     
  8. gaara_hisoka M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    8,334
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +79,300 / -0

    tos dulu gan... :nongol:

    aye juga mikirnya ke sana... :nongol:

    ---------------------

    betewe TS non muslim nya, agama apa?

    Kalo nasrani, khususnya Katolik... silahkan masuk Paroki aja biar jadi suster... :iii:

    pakaian sama kok kayak hijab... :iii:
     
  9. armD M V U

    Offline

    gori's rule

    Joined:
    Apr 18, 2012
    Messages:
    5,049
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +1,902 / -0
    Ts nya cewek apa cowok.nih?
    Kl cowok ya jls. ..... :facepalm:
    Kl cewek ya.. Jwbnnya udah komplit diatas.. Cm mo nambahin..
    Saia g tw gmn cz saia bkn anda.
    Cuma bc postingannya, jd inget cerita nyata.. Dulu ada cewek non muslim yg suka pk hijab jg.. G nangung2 hijabnya hijab yg bner2 panjang.. Kl istilahnya syari gt.Beda ama yg "biasa" di tipi2..

    Tu jg krn "accidental" tp lm2 keterusan dan dia nyaman.. Tmn2 jg heran.. Cuma mereka msh ramah dan baik kok walupun beberapa wktu sikap mereka bertanya2...

    Cb deh serch ttg hijab dan sejarahnya..

    Btw kl ni ts bneran cewek... Saia jd :malu yg disuruh wajib aja kdg ogah2an.
    Kok yg g wajib sukarela. ...

    No offense. :peace:
     
  10. darkash Veteran

    Offline

    NEET Wannabe

    Joined:
    Jul 31, 2010
    Messages:
    6,742
    Trophy Points:
    282
    Ratings:
    +28,749 / -190
    gw coba jawab deh, meski gw ga berhijab, bukan cewe dan juga non muslim kek si TS [​IMG]

    klo wa jadi dirimu, wa bakal tetep ngikut apa yang wa nyaman :iii:

    mau temen pada ngejauhin, dll wa rasa selama ga ada perubahan sikap dari kita sendiri wa rasa pada akhirnya mereka tetep bakal balik lagi

    toh klo mereka beneran temenmu yah, mau situ pake hijab, pake rok mini atau malah pake baju yang norak mereka tetap bakal temenan kok

    mungkin mereka menganggap klo dirimu yang memakai hijab itu sedang dalam proses adaptasi, karena toh dirimu kan non muslim jadi menurut mereka aneh klo pake hijab meski kenyataannya wa pernah baca headline di situs berita bahwa hijab juga bisa dijadikan fashion (buat detilnya wa ga baca karena ga begitu tertarik) :lol:

    jadi buat TS, saya kembalikan lagi sih buat keputusan pakai hijab atau ngga, yang pasti klo wa jadi temenmu, wa bakal tetep saranin pake hijab karena dirimu udah nyaman + pake hijab juga ga ada sisi negatifnya kan, toh buat beberapa kalangan cowo, cewe pake hijab ada charm tersendiri (penting buat yang masih single nih wkwkwk) :malu

    Ini klo TS cewe yah, klo cowo.... mohon renungkan sendiri deh apakah cocok cowo berhijab
     
  11. Thira M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    6,236
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +26,155 / -0
    gw ambil dari sudut pandang style berpakaian yaa... :maling:

    selama itu membuat lo nyaman ya udah pakai terus...

    urusan kehilangan teman....kalo emang temen2 sejati....pasti ga bakalan ninggalin lo hanya gara2 ini.....:maling:

    sekian dan terima kasih :maling:

    lebih baik dari pada ntar ada temen lo yang gnati syle...jadi topless kemana2 :ob*****:
     
  12. zuppazuppa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 15, 2011
    Messages:
    599
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +821 / -0
    Postingan yang misterius..
    Ini cewe apa cowo.. Hihi.. :maling:

    Kalo TS nya cewe,
    Hijab yang dipakai yang model gmn ya..
    Apa yg model hijab sesuai syariat islam? Yang menyimbolkan islam?
    Pada dasarnya, hijab dipakai untuk menutup aurat dan menjaga pandangan lawan..
    Wanita yg sudah terbiasa berhijab memang lama kelamaan akan merasa risih jika harus mencopot hijabnya.
    Ada perasaan malu seperti telanjang jika tampil di depan umum saat tidak memakai hijab

    Wajar jika teman" anda sedikit aneh, lawong TS sendiri agak aneh.. Hehe :peace:
    Tidak ada motif untuk menjadi mualaf, kok pake hijab :ngupil:
    Menurut sy, lebih baik TS pakai hijabnya jgn yg menyimbolkan islam..
    Karena kalo TS berbuat maksiat, orang yang tidak mengerti akan berprasangka buruk terhadap islam..
    Maksiat tidak selalu mengacu pada xxx, loh ya. Tapi juga perbuatan buruk lainnya..
    Demikian menurut pendapat saya. Maaf kalo ada salah kata..
    Semoga TS dapat hidayah Nya ya.. :doa:

    Kalo ni TS cowo..
    :bata: Kesian yg jawab serius atas" ane.. Uda panjang" eh dikerjain :cambuk:
     
  13. gelamboy13 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 1, 2011
    Messages:
    781
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +36 / -0
    yang namanya hijab kan dipake cewek gan. emang pernah liar hijab dipake cowok?
    sesuai hati nurani aja dan sering2 maen ke pengajiannya mamah dede, sapa tau (insyaallah) ini merupakan hidayah dan panggilan buat TSnya.
     
  14. nonefa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 11, 2014
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +20 / -0
    putuskan sesuai keinginan hati saja,
    soal temen pada ngilang itu namanya seleksi alam, kliatan yang beneran temen sama nggaknya. Yang nggak temen beneran bakalan hilang kena seleksi alam
     
  15. redcaps Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 2, 2012
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    asal bukan cowok mah aman aja sist
     
  16. acehkhan12 M V U

    Offline

    جان چوك

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,592
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,514 / -1
    pertama2 aq ucapkan salut buat TS..
    alhamdulillah dan puji Tuhan, TS mendapatkan pencerahan sehingga mengambil keputusan utk berpakaian dgn berhijab..
    klo dr pandangan Islam (menurut faham dan pengetahuan aq), tidak apa2 kok meski non muslim berhijab..
    yupz, TS sndiri udah mempelajari toh, hijab ada yg memang menjadi kebiasaan pakaian di negara itu..terlepas dr agamanya..
    lha ini, sayangnya cara berpikir sosial masyarakat kita dlm memahami Islam itu sndiri pun macem2..
    klo km ketemu ama yg aliran agak keras/radikal mgkn mereka bisa2 antipati atau tidak setuju dgn sikap km ini..
    agama tidak hny ditelan mentah2, tp jg hrs menggunakan akal..(dlm kitab suci umat Islam pun dilarang taqlid, "ya tafakarun" - perintah utk berpikir)..
    apa yg aq uraikan ini, mgkn bisa km buat sbg dasar argumen ketika km menghadapi org2 yg tidak setuju dgn keputusanmu berhijab..
    :centil:
    pertama, klo km non muslim aq skedar beri tau, Islam ada itu bkn utk umat Islam saja..tp utk seluruh alam ini, semua manusia dan bbrapa makhluk..
    kedua, Islam itu aman nyaman..jd harusnya umat Islam itu memberikan keamanan bkn hny pada sesama muslim, pun jg kepada umat agama lain (slama tidak menginjak2 agama)..
    Islam menciptakan rasa aman, dgn menggunakan iman, doanya dengan amin..
    justru km memakai hijab, harusnya temen2 km (klo pemikirannya agak dalem lah) malah memberikan rasa aman dan nyaman kepada km..
    bukan malah menjauhi, trus berubah sikap menjauhi..lucu temen2 mu yg berubah sikap..
    ga usah jauh2 ambil cth diluar negeri, kebetulan aq kan sekolah smp di Aceh..
    lha dsana yg non muslim klo mo sekolah di negeri ya harus pakai jilbab..klo ga mau ya jgn sekolah dsitu..
    lha ini ada temen yg non muslim pakai pakaian berhijab dikarenakan kesadaran dan keputusan diri sendiri malah menyikapi miring..
    tp aq anggap wajar, krn temen2 km masih anak sekolahan (klo baca cerita TS)..jd pemikirannya ga bisa dalem dan jauh..
    jangankan yg anak sekolahan, org udah tua pun klo pemahaman sempit dan pola pikir kacamata kuda, kaku dan keras ya sama aja..
    :keringat:
    yg jelas, aq apresiasi, salut dan mendukung TS terus dlm pengambilan sikap utk memutuskan berhijab..
    walaupun aq manusia tidak tahu isi hati TS, tp sepenangkap aq TS menemukan rasa nyaman dlm pakaian berhijab yg notabene itulah pakaian Muslimah yg diharuskan..
    hijab artinya menutupi, jd pakaian yg sesuai dgn syareat adalah menutupi aurat..
    dan hakekatnya menutupi aurat itu sama dengan km menjaga kehormatan dan kemuliaan km sbg cewek/wanita..
    dan harusnya ketika TS terpikir utk menjaga kehormatan diri lwt pakaian, maka TS harusnya jg menjaga kehormatan dlm perilaku..
    harusnya lho ya..terlepas jg bnyak yg hijab cm sekedar hijab pakaian, kelakuannya ya ga..
    berhijab ya, smp kost dicopot, maksiat ya iya..nah klo bahasan yg itu qta kesampingkan dulu..
    artinya, aq tidak berpikiran negatif suudzon dulu klo TS pakai hijab tp melakukan perbuatan2 yg tercela (baik di Islam ataupun menurut agama TS sndiri)..
    syukur2 ada umat agama lain yg memakai hijab, lha wong cewek muslimnya sndiri bnyak yg blm berhijab kok..
    :yareyare:
    aq doakan semoga km terus menemukan kenyamanan dlm pakaian hijab..
    klo ada temen2 muslimah yg ga setuju ataupun member2 dsini yg agak ekstrim menunjukkan ketidaksenangannya atas keputusan km..
    apalagi yg pakai dalil2 dasar2 hukum agama..tolong km cerita ke aq dsini boleh, via PM jg boleh..
    lha wong org2 ini aja ga bisa membedakan arab dgn Islam kok..
    utk cowok, klo arab pakaiannya yg model2 gamis pakaian terusan panjang gitu..
    tp klo Islam, menutup aurat..
    jd biar ga pakai gamis pun, mo pakai sarung, mo pakai kain mori terserah asal menutup aurat..
    lha pemahaman bbrapa aliran ada yg keliru, dipikirnya dianggapnya pakaian yg gamis itu yg islami..
    jd kemana mesti pakai gamis, ya gpp sih lbh enak klo sholat..tp ya jgn dilabeli itu pakaian Islami..
    pdhl gamis bkn Islam..gamis itu pakaian adatnya org2 arab sana..
    ga bisa membedakan antara manis dengan gula..klo gula mesti manis, tp klo manis ga mesti gula..
    msalah gitu aja bisa jd ribut..oalah..tp gpp, seru dan lucu sih..
    waduh aq kok mulai OOT cerita msalah agama, segini dulu aja lah..
    :obhoho:

    Wassalam, damai sejahtera atas kamu..
    :nikmat:
     
  17. sakalaka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 11, 2012
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ambil keputusan sesuai kata hati kalo menurut saya//hehehe
     
  18. wildha M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 24, 2011
    Messages:
    2,421
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +10,061 / -0
    Pertama-tama, saya ucapkan selamat buat TS yang mendapatkan kenyamanan dalam berhijab.
    Yang diwajibkan berhijab aja jarang lho yang merasa nyaman...
    Aku juga berhijab dari SMP, awalnya juga diwajibkan sama pihak sekolah.
    Tapi sekarang kalo diliat orang nggak pake hijab kayak ditelanjangi rasanya...
    :iii:

    Aku tanya dulu deh..
    Kamu memutuskan berhijab karena apa? Nyaman? Apanya yang nyaman??
    Kalo aku pribadi, nyaman karena auratku tertutup, jadi aku merasa aman dari lirikan cowok-cowok yang nggak bisa jaga mata mereka.
    Nyaman karena dengan begitu orang-orang jadi lebih menghargai aku, dan nggak memperlakukan aku (maaf) seperti wanita murahan.
    Jadi kelihatan lebih cantik? Itu cuma bonus...
    Aku pake hijab bukan karena sekedar identitas belaka, atau sekedar ingin menjalankan kewajiban.
    Seandainya kewajiban itu nggak ada faedahnya sama sekali, buat apa diikuti?? IMO.

    Kalau kamu merasa nyaman seperti nyaman yang aku sebutin di atas, tapi tetap nggak mau kehilangan teman-teman kamu,
    kamu bisa kok tetap memakai pakaian sopan tanpa berhijab, toh kamu nggak diwajibkan berhijab juga.
    Masalahnya cuma hijab aja kan??
    Tapi kalo ternyata teman-teman kamu jadi berubah gara-gara kamu nggak pake hot pants, rok pendek atau tank top lagi,
    kamu sendiri pasti bisa menilai teman seperti apa mereka.
    Tapi kalo teman-teman kamu memang benar sayang sama kamu, mereka akan mengerti dengan pilihan yang kamu ambil.
    :hmm:

    Tapi, itu semua tergantung kamu sendiri sih, ini cuma sekedar saran aja...
    :peluk:

    Susah memang jika kita memilih untuk berbeda diantara orang kebanyakan.
    :matabelo:

    Aku tandai yang di bold ya...
    Rasullulah tidak mengadopsinya, melainkan memang diperintahkan dalam Al-Qur'an.
    Yang diperintahkan itu menutupi aurat, dan menurunkan kerudung sampai menutupi dada. CMIIW.
    Jadi mau berpakaian apa pun, selama itu menutup aurat dan dada tertutupi (nggak sekedar tertutup lapisan kain, yang muslim pasti tau kan yang syar'i itu kayak gimana), itu lah pakaian wanita muslim. CMIIW
    :unyil:

    Kebetulan aja Rasullullah tinggal di Arab, dan sejak awal mereka memang berpakaian tertutup karena lingkungannya gurun/padang pasir yg gersang seperti yang dibilang di atas, DAN cara berpakaian mereka sudah sesuai dengan yang diperintahkan, makanya pakaian orang Muslim diidentikkan sama pakaian orang Arab.
    Padahal perintah menutup aurat memang diwajibkan terlepas orang Arab berpakaian tertutup atau tidak.
    Sama seperti yang disebutkan sama @acehkhan.

    Setuju...
    Baju koko aja asalnya dari Tiongkok kok.
    Tapi karena pakaian tersebut sesuai syar'i menutup auratnya bagi cowok dan banyak dipake di Indonesia, malah lebih sering diidentikkan sebagai baju muslim pria. CMIIW.
    :lalala:

    Jadi ikutan OOT juga nih, OOT-nya panjang pula...
    :gaswat:
     
    • Like Like x 2
  19. budiboyz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 3, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    waahh boleh ikut nimbrung ga nih? menurut ane ini seru juga untuk dibahas... soalnya jarang2 jg ada kasus yg begini dan dilempar ke publik... pertama2 ane ini cowok, tp punya cewek berhijab hehehe...

    oh ya hijab artinya menutup loh, kalau pengertian sesuai konteks sekarang, kata hijab itu lebih tendensius ke agama... intinya menutupi seluruh aurat... nah salah satunya menggunakan jilbab atau kerudung... toh astronot jg walopun kostumnya menutpi seluruh tubuh tapi gak disebut hijaber hehehe... dengan kata lain istilah hijab itu terlalu luas, jd bisa kita ambil intinya saja yaitu masalah kerudung dan jilbab...

    Dalam bahasa indonesia perlu kita perjelas dulu makna jilbab itu apa? karena untuk saat ini sedang banyak fenomena yang menyelewengkan kata jilbab itu sendiri seperti jilboob ato jilbooty atau sebutan macem apa lagi lah...

    dengan kata lain, penjelasan makna jilbab ini bertujuan untuk membedakan arti jilbab itu sendiri agar tidak terpengaruh oleh istilah2 kotor yg banyak menghampiri jilbaber...

    supaya lebih jelas lagi, jilbab itu sendiri mempunyai arti atau makna yaitu "kerudung" lebar yang dipakai "wanita muslim" untuk menutupi kepala dan leher sampai dada (kbbi).

    yup dari pengertian di atas kita dapat mengambil keyword dari arti jilbab itu sendiri, yaitu "kerudung" dan "wanita muslim"

    Lanjut... kita ambil pengertian kerudung, yaitu kain penutup kepala yang digunakan perempuan...

    naahh sekarang udah makin jelas kan... jadi gak semua yang berkerudung itu jilbaber, buktinya banyak wanita2 yang berkerudung yang menyalahi aturan itu sendiri, seperti tidak menutup dada, atau berpakaian ketat. Namun sebaliknya, bahwa wanita berjilbab itu pasti berkerudung, menutupi dada dan beragama muslim.

    kesimpulan yang di dapet dari penjelasan di atas adalah perlu dibedakan istilah berjilbab dgn berkerudung. karena istilah jilbab itu memasuki ranah agama dengan aturan2nya yaitu benar2 menutup aurat. nah beda lagi dengan berkerudung, dalam pengertian di atas hanya dijelaskan bahwa berkerudung itu hanya menutup kepala atau rambut. dengan kata lain konteksnya pun jelas, tidak melibatkan agama, jadi siapapun itu, mau dari agama manapun atau dengan cara apapun asalkan terdapat kain yang menutupi kepalanya dapat dikatakan berkerudung...

    jd balik lagi ke awal, bahwa mba ts ini perlu membatasi pengertian berjilbab dan berkerudung!! apakah kerudung yang digunakan mba TS ini benar2 menutup seluruh dada, berpakaian longgar tidak memperlihatkan lekuk tubuh? atau hanya formalitas untuk menutupi rambut semata? menurut ane orang yang benar2 pantas dikatakan berjilbab itu adalah seperti akhwat2 yang menggunakan jilbabnya untuk menutupi dada dan bentuk lekuk tubuh seperti yang diajarkan oleh agama...

    jadi ya gak ada salahnya buat mbak ts ini kalo mau pake kerudung... klo ada yg sensi liat mbak ts pake kerudung, kasih penjelasan ane ajah... bedain mana berkerudung dan mana yang berjilbab... Insyaallah orang itu pasti diem dan respek sama mbak ts :)
     
    Last edited: Aug 16, 2014
  20. chessecake Members

    Offline

    Joined:
    Aug 3, 2014
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    thx buat saran dan infonya,sekarang ak jadi lebih ngerti soal berhijab
     
  21. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    Sebenernyaaaaaa... temennya itu non muslim atau muslim dulu...
    Kalo temennya non muslim saya juga yakin mereka agak beda sikap sama ts karena itu terlihat aneh bagi mereka... :iii:
    Kalo Islam sich emang g ada syarat siapa yg boleh pake hijab karena semua wanita muslim wajib pake hijab, kecuali kalo yg sholat dan haji itu baru syah kalo beragama Islam... :hihi:

    Yg jadi pertanyaan saya.... gmn sikap ortu anda...? Apa gak kena tegur...?


    [​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.