1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Mobil Tidak Digunakan Selama Lebaran, Perhatikan Hal Ini

Discussion in 'Otomotif' started by intanmariska, May 17, 2021.

  1. intanmariska Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    KabarOto.com
    - Saat mudik dilarang, tentu mobil tidak akan digunakan dalam jangka waktu panjang. Masyarakat memilih berlebaran mengunjungi sanak keluarga terdekat. Bahkan sebagian besar memilih menggunakan sepeda motor, untuk menghindari kemacetan. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat meninggalkan mobil di garasi atau parkiran.

    Berikut hal yang harus diperhatikan:

    1. Perhatikan lokasi parkir


    Mobil yang terkena sinar matahari dan hujan, bisa cepat kusam, warna pudar dan kotor. Untuk itu, parkir kendaraan di garasi atau carport. Jika memang tiak memiliki garasi, bisa gunakan cover mobil untuk melindungi cat.

    2. Cuci mobil sampai bersih

    Meski ditinggal di rumah, namun mobil bisa kotor terkena debu dan hujan, sehingga harus dibersihkan. Kabin juga harus dibersihkan mengingat sering dipakai beraktivitas dan mencegah masuknya binatang liar.

    3. Keluarkan barang probadi dari dalam mobil

    Keluarkan barang pribadi seperti kartu e-toll, kacamata, pemantik api, power bank, sepatu, dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti pencurian atau kebakaran.

    4. Tambah tekanan angin ban

    Mengisi tekanan angin seluruh ban mobil sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan sekitar, 5 PSI. Karena tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan lebih cepat berkurang.

    5. Hindari pnggunaan rem parkir dan isi penuh tangki bensin

    Kampas rem dapat menempel kuat ke bagian dalam tromol dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. Untuk itu, disarankan melepas rem parkir dan gunakan pengganjal ban.

    Sementara itu, bahan bakar di dalam mobil yang ditinggal dalam jangka waktu lama tidak bisa dibiarkan kosong, karena akan mengakibatkan oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin.

    6. Panaskan dan jalankan mobil

    Mesin mobil harus dipanaskan seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Bawa mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu di satu titik.

    7. Waspadai kebocoran

    Lakukan pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil, seperti ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran.

    8. Perbaiki bodi dan rawat kabin kendaraan

    Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda bisa memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak.

    Sumber: Link
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.