1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mobil-mobil "James Bond" yang "Made in" Kamboja

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by soulhunter, Dec 2, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. soulhunter M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,890
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,935 / -0
    [​IMG]

    Jakarta (ANTARA News) - Satu mobil convertible (tanpa atap) warna emas di jalanan Kamboja seolah memaksa orang untuk berpaling menegokkan kepala. Tapi tidak itu saja, penciptanya, Nhean Phaloek memberi klaim "luar biasa" yaitu mobil tersebut dapat "beroperasi secara telepati".

    "Saya hanya menjentikkan jari dan pintu mobil tersebut terbuka. Atau saya hanya memikirkan membuka pintu mobil, dan pintu itu serta-merta terbuka," kata pria yang berusia 51 tahun itu, saat dengan bangga memperlihatkan mobil rakitannya, yang diberi nama Angkor 333-2010.

    Orang-orang yang melihatnya menahan nafas saat ia memperlihatkan praktek tersebut. Phaloek harus mengeluarkan 5.000 dolar AS dan memerlukan waktu 19 bulan untuk membuat kendaraan dari serat-kaca itu. Namun Phaloek benar-benar tak mau mengungkapkan sistem pengendali jarak jauh di balik tindakannya, demikian laporan kantor berita Prancis, AFP.

    Hanya sedikit orang Kamboja yang membuat mobil mereka sendiri, tapi Phaloek bermimpin mobil dengan dua tempat duduk tersebut akan membantu menempa industri otomotif di negeri itu, yang tetap miskin setelah beberapa dasawarsa konflik.

    "Saya sangat bergairah dan bangga dengan mobil ini karena banyak orang mengagumi saya dan terus bertanya kepada saya mengenai bagaimana saya dapat membuatnya," katanya. Ia menambahkan, mobil tersebut dapat mencapai kecepatan sampai lebih dari 100 kilometer per jam.

    Kong Pharith, mantan guru fisika dan matematik yang berusia 48 tahun dan juga telah membuat mobil sendiri, mengatakan industri otomotif akan mekar di Kamboja.

    "Pekerjaan kami akan menjadi bagian dari kekuatan penggerak bagi generasi mendatang untuk memasuki temuan baru dan memperlihatkan kepada dunia bahwa Kamboja memiliki kemampuan untuk melakukan apa yang anda kira tak dapat kami kerjakan," katanya.

    Penemunya, yang pertama kali menarik perhatian nasional pada 2005 karena membuat sepeda yang bertenaga Matahari, berpendapat ia sekarang benar-benar telah membuat hasil yang sungguh unik, kendaraan mirip jeep dengan warna oranye dan memiliki panel surya di atapnya.

    Sementara itu Kong Pharith mengatakan ia memerlukan waktu empat bulan untuk merancang dan memberi sentuhan akhir pada mobil "tribrid"-nya, yang beroperasi dengan memanfaatkan energi surya, listrik dan bensin, sehingga dapat mencapai kecepatan 40 kilometer per jam dengan mesin 2.000 watt.

    "Saya benar-benar bahagia dengan prestasi saya, tapi belum puas," kata Pharith. Ia menambahkan kekurangan bahan dan teknologi modern di Kamboja adalah penghalang utama bagi produksi yang memadai.

    Impian untuk membuat mobil di Kamboja mungkin tak jauh lagi untuk terwujud. Para pejabat telah mengumumkan rencana perusahaan pembuat mobil Korea Selatan, Hyundai, akan membuka pabrik di Kamboja barat-daya, sehingga dapat merakit sebanyak 3.000 kendaraan per tahun.

    Kamboja sebenarnya telah merakit mobil di satu pabrik selama 1960-an, sebelum negeri tersebut terjerumus di dalam kancah Perang Vietnam.

    Selama masa produksi yang singkat, mobil yang dikenal dengan nama "Angkor" itu dibuat dari suku-cadang import dan ban buatan dalam negeri.

    Kendaraan yang pada dasarnya dirakit di Kamboja juga masih digunakan di daerah pedesaan, tempat tinggal sebanyak 80 persen dari 14 juta warga di negeri tersebut.

    Para petani seringkali tergantung atas "sapi robot", truk besar dengan bak terbuka buatan toko dengan menggunakan mesin China atau Vietnam, yang digunakan untuk membawa orang dan beras.

    Mesin itu, yang biasanya berharga dua ribu dolar AS, juga berfungsi sebagai generator atau pompa air ketika benda tersebut tak berada di jalan pedesaan yang panjang dan berlubang.

    Namun di Phnom Penh, kaum elit dan masyarakat kelas menengah seringkali terlihat mengendarai mobil impor, yang dipandang sebagai lambang prestise dan status.

    "(Rakyat Kamboja) memberi lebih banyak perhatian mereka kepada mobil mereka ketimbang pakaian yang mereka beli," kata Jean Boris Roux --yang mengimpor kendaraan Ford ke Kamboja sebagai manager RM Asia di negeri itu.

    "Saya kira sangat penting bagi rakyat Kamboja untuk memperlihatkan keberhasilan di dalam kehidupan profesional mereka melalui kendaraan yang mereka kemudikan," katanya.

    Meskipun rakyat Kamboja mencintai mobil, Roux dan beberapa pengulas lain mengatakan industri domestik yang diragukan akan segera muncul --terutama sejak tetangganya, Thailand, tetap menjadi raksasa perakitan otomotif di Asia.

    "Ini bukan hanya sekedar memiliki empat tembok (buat satu pabrik). Anda memerlukan ratusan perusahaan yang memasok kursi, roda kemudi, atap ... Ini takkan terjadi di Kamboja selama bertahun-tahun," kata Roux.

    Sampai saat itu, Nhean Phaloek mengatakan ia terus membuat mobil.

    Angkor 333-2010 adalah mobil ketiga yang telah ia buat, dan yang pertama yang berbicara. Ketika ia membanting, terdengar suara erangan di dasbor, "Mengapa engkau menutup aku dengan sangat keras?"

    "Puluhan tamu lokal dan asing telah datang dan melihat mobil saya," kata Nhean Phaloek sambil tersenyum. "Seorang pria Inggris memberitahu saya bahwa itu adalah mobil James Bond-nya Kamboja."(*)
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. thimpux Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    lucu aja mobilnya.. :haha:
     
  4. 4w4n2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    1,117
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +32,087 / -0
    MAna gambarnya brooo??
    kalo ada gambarnya lebih bagus..


    kasih gambar ya bro??

    :piss:
     
  5. lathif M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    1,970
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +8,476 / -0
    mobil pake telepati :kaget:
    hebat kamboja :top:
    indonesia :???:
     
  6. adadajah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +765 / -0
    Indonesia menyusuL bRo...:hehe: tapi kaga tahu kapan :piss:
     
  7. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,991
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,533 / -0
    Keren yah bisa ada suaranya :hehe:

    itu individu lho... BIKIN lagi... Indo ga tau kapan bisa bikin sendiri :swt:
     
  8. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,251 / -0
    :top: mobil yg bagus bgt ideNy..
    tp itu kyNy buat anak2 deh :ngupil:
    klo gw pribadi sih gak kuat mental make tu mobil :lol:
    boleh sih, asal make Helm kaca item :piss:
     
  9. eXcImEr M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,259
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,937 / -1
    mobilnya kecil tapi canggih ya :???:
    tapi malu kayaknya diliatin orang pake mobil gituan :semangat:
     
  10. ArCotH M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    1,169
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,065 / -0
    niat bgt bikin mobil sendiri...:swt:
     
  11. Narain M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 24, 2008
    Messages:
    719
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +150 / -0
    kaya mobil mainan yang buat anak kecil :lol:
     
  12. fenestya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2010
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    hhahahha.... lutchu... lutchu.... saya mau 1 buat di jakarta kayaknya enak banget tuh!!!!
     
  13. hanifrazor M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 2, 2010
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +736 / -0
    cuma 5000 dolar??? hebat banget bisa buat mobil seperti itu.. :top: :top: :top:

    harusnya 50000 dolar :lol:
     
  14. whylalatcanfly M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    879
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +206 / -1
    lucu mobilnya :haha:
     
  15. ohomfever Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    gak asik nih gan..
    gambarnya cuma satu..
    tapi okelah..
    muah..
     
  16. MobyC M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    518
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    Kok mobilnya imut bener tuh om ?

    apa nyaman dipake beraksi ?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.