1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Mitos Tentang Kucing

Discussion in 'Dunia Lain' started by zacktheripperz, Feb 21, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. zacktheripperz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,146 / -0
    Bro/sis tau gak? Tak seorang pun tahu kapan kucing ini mulai bercokol di bumi. Tapi, peneliti dunia masa silam percaya, nenek moyang kucing adalah Miacis. Binatang liar yang sosoknya mirip musang yang hidup pada masa Eocene, kira-kira 50.000.000 tahun silam. Selain itu Kucing pernah dilindungi oleh Undang-Undang. Pada tahun 1.800-an ditemukan suatu kuburan atau tepatnya “situs” berisikan 300.000 mumi kucing dimana semuanya masih utuh menandakan dahulu kucing memang suatu hewan yang spesial.

    [​IMG]

    Catatan paling awal tentang usaha domestikasi kucing adalah sekitar tahun 4000 SM di Mesir, ketika kucing digunakan untuk menjaga toko bahan pangan dari serangan tikus. Namun, baru-baru ini dalam sebuah makam di Shillourokambos, Siprus, bertahun 7500 SM, ditemukan kerangka kucing yang dikuburkan bersama manusia. Karena tikus bukanlah hewan asli Siprus, hal ini menunjukkan bahwa paling tidak pada saat itu, telah terjadi usaha domestikasi kucing. Kerangka kucing yang ditemukan di Siprus ini mirip dengan spesies kucing liar yang merupakan nenek moyang kucing rumahan saat ini.

    [​IMG]

    Sebuah topeng perunggu digunakan dalam pemakaman mumi kucing di Mesir kuno.

    Orang Mesir kuno menganggap kucing sebagai penjelmaan dewi Bast, juga dikenal sebagai Bastet atau Thet. Hukuman untuk membunuh kucing adalah mati, dan jika ada kucing yang mati kadang dimumikan seperti halnya manusia.

    [​IMG]

    Di abad pertengahan, kucing sering dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan dibakar atau dilempar dari tempat tinggi. Beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa takhyul seperti inilah yang menyebabkan wabah Black Death menyebar dengan cepat. Black Death diperkirakan merupakan sebuah wabah penyakit pes di Eropa pada abad ke-14. Cepatnya penyebaran wabah ini menyebabkan banyak orang waktu itu percaya bahwa setanlah yang menyebabkan penyakit tersebut. Pernyataan Paus yang menyebutkan bahwa kucing, yang berkeliaran dengan bebas, telah bersekutu dengan setan. Karena pernyataan ini, banyak kucing dibunuh di Eropa pada saat itu. Penurunan jumlah populasi kucing menyebabkan meningkatnya jumlah tikus, hewan pembawa penyakit pes yang sesungguhnya.

    [​IMG]

    Saat ini, orang masih percaya bahwa kucing hitam adalah pembawa sial sementara ada yang percaya bahwa kucing hitam justru membawa keberuntungan. Kucing juga masih diasosiasikan dengan sihir. Kucing hitam sering diasosiasikan dengan Halloween. Penganut wicca dan neopaganisme yang lain mempercayai bahwa kucing sebenarnya baik, mampu berhubungan dengan dunia lain, dan dapat merasakan adanya roh jahat.

    [​IMG]

    Di Asia, kucing termasuk ke dalam salah satu zodiak Vietnam. Namun kucing tidak termasuk ke dalam zodiak Tionghoa. Menurut legenda, ketika Raja Langit mengadakan pesta untuk hewan yang akan dipilih menjadi zodiak, ia mengutus tikus untuk mengundang hewan-hewan yang telah dipilihnya. Bagian cerita ini dikisahkan dalam berbagai versi, tikus lupa untuk mengundang kucing, tikus menipu kucing mengenai hari pesta, dan berbagai variasi lainnya. Pada akhirnya kucing tidak hadir dalam pesta itu, tidak terpilih menjadi hewan zodiak, sehingga memiliki dendam kesumat pada tikus.

    Bagi orang Jepang, kucing adalah hewan teramat istimewa. Bahkan, konon orang Jepang lebih memilih memelihara kucing dibanding memelihara anjing. Para kaisar yang pernah menduduki tahta pemerintahan, konon selalu memelihara kucing. Ini dikarenakan adanya mitos turun-temurun yang menyatakan bahwa kucing adalah hewan kesayangan Dewa Amaterasu, dewa matahari. Sebagai hewan kesayangan Dewa, kucing sering turun ke dunia manusia untuk mengamati kehidupan para manusia dan melaporkan segala yang dilihatnya itu kepada para dewa. Jika ia menemukan orang yang berhati mulia namun sangat miskin, ia akan melaporkannya kepada Dewa Kemakmuran agar orang baik tersebut diberi rahmat rejeki. Dari mitos ini pulalah lahir boneka “ManekiNeko”, yaitu boneka atau patung kucing yang duduk dan melambaikan satu kaki depannya. Kita sering melihat patung seperti ini di toko-toko, bukan? Patung ini adalah simbol rejeki atau kemakmuran, karena orang Jepang percaya bahwa kucing itu mendatangkan rejeki. Mitos ini tidak hanya dipercaya oleh orang Jepang, tapi juga oleh orang-orang China yang dikenal sebagai pedagang ulung.

    [​IMG]

    Itulah sebabnya, bagi orang Jepang, kucing dianggap hewan yang keramat. Mereka percaya, jika seseorang membunuh kucing dengan sengaja, maka kesialan akan mengikuti sepanjang sisa hidupnya akibat kutukan dewa. “Sekalipun kamu tidak menyukai kucing, jangan sengaja membunuhnya atau resiko kutukan akan mengikuti sisa hidupmu sampai kau mati,” begitulah paham yang dianut oleh orang-orang Jepang. Sebetulnya, tidak terlalu berbeda dengan mitos kepercayaan di Indonesia, ya? Orang Indonesia juga meyakini bahwa membunuh kucing dengan sengaja (misalnya sengaja menabrak kucing dengan mobil), maka akan membawa kesialan sepanjang umur bagi si pelakunya. Bagi umat muslim, kucing dipercaya sebagai hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW.:matabelo: Sedangkan bagi umat non muslim, kucing diyakini mempunyai kekuatan menangkal roh-roh jahat atau makhluk halus. Konon, hantu memang tidak menyukai rumah yang penghuninya memelihara kucing.

    Saking mengagungkan kucing, konon orang Jepang tidak akan memperlakukan jenazah kucing mereka dengan sembarangan. Sampai sekarang tradisi ini masih tetap berlaku bagi orang Jepang. Jika kucing peliharaan mereka mati, orang Jepang akan menguburkan jenazah sang kucing di pemakaman khusus hewan seperti layaknya pemakaman manusia. Mereka memasang dupa di kuburan kucingnya dan mendoakan supaya arwah sang kucing diterima di Kerajaan Dewa. Diyakini, sebagai imbal-baliknya, arwah sang kucing akan melaporkan perlakuan baik yang diterimanya selama berada di bawah asuhan majikannya kepada Dewa dan Dewa akan memberkati manusia yang menjadi majikannya tersebut. Selain itu, banyak peribahasa dan ungkapan-ungkapan bahasa Jepang yang menggunakan kata “kucing” (neko) di dalamnya. Contohnya, ungkapan “nekojita” (artinya “lidah kucing”) untuk menjuluki orang yang tidak bisa makan makanan panas karena lidahnya sensitif. Ungkapan-ungkapan lainnya yaitu “karite kita neko”(artinya “kucing pinjaman”), “neko kawaigari suru” (artinya “sangat memanjakan kucing”), “neko ni koban” (artinya “memberi uang emas kepada kucing”) dan banyak lagi.

    Percaya ga kalo kucing punya 9 nyawa? sebenernya sih, yang bilang percaya, ya hahaha, anda kena tipu. hehe Sebenernya kucing itu ya sama kayak kita, punya 1 nyawa. Tapi kenapa sih kok dibilang kucing punya 9 nyawa? Kenapa ga manusia? Karena kemampuan kucing untuk bertahan hidup itu luar biasa kalo dibandingin manusia. Alias, kucing itu susah mati.:boong:

    Tau kan, kalo kucing dijatohin dari tempat yang tinggi, kucing masih bisa jatuh dan tetap baik-baik saja. Yang ga tau, kasian deh… Hal ini terjadi karena kucing (dan beberapa hewan lain) punya sistem keseimbangan dan koordinasi yang luar biasa. Sistem inilah yang membuat kucing, ketika jatuh, akan menyadari dalam posisi apa dia jatuh. Kalo dia jatuh dalam posisi terbalik, dia akan segera memutar tubuh sehingga kakinya berada di sebelah bawah, dan bersiap untuk mendarat. Mendaratnya juga ga asal regangin kaki. Kalo manusia jatuh dari tempat tinggi dengan kaki ke bawah, biasanya pasti patah kan. Kalo kucing pinter, mereka setelah memutar kaki ke bawah, segera meregangkan kakinya sehingga angin menahan jatuh tubuhnya. Dan saat bersentuhan dengan tanah, kakinya langsung ditekuk supaya mengecilkan efek jatuhnya.

    [​IMG]

    Rekor tertinggi pernah mencatat bahwa kucing pernah jatuh dari ketinggian lantai 46 tingkat (walaupun sambil jatuh dia sempat mantul2 ke kanopi2) dan tetap bisa bangun dan berjalan dengan agak terpincang. luar biasa kan. Kalo manusia dah mati tuh. Tapi penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kucing jatuh, makin banyak tulangnya yang patah. Tapi cuma sampe batas lantai 5 tingkat doang. Lebih dari itu, jumlah tulang kucing yang patah menurun drastis, apalagi kalo semakin tinggi.

    Nah rahasianya adalah, kucing (dan beberapa hewan lainnya) punya apa yang disebut dengan terminal velocity, yaitu kecepatan jatuh maksimum yaitu 60 mil perjam. Saat kucing jatuh, kan sesuai hukum fisika, kecepatan jatuh si kucing makin bertambah. Ternyata, saat kecepatan jatuh kucing mencapai terminal velocity, di saat itulah kucing merasa paling rileks dan nyaman. Maka dia mulai meregangkan kakinya seperti bajing loncat untuk mengurangi efek jatuhnya. Nah itulah sebabnya makin tinggi dia jatuh, makin ada dia kesempatan untuk merasa rileks. Itu juga sebabnya kalo dijatuhin dari tempat yang rendah, dia ga sempat ngerasa rileks. Makanya jatuhnya lebih berasa.


    SOURCE : dari berbagai sumber. . .
     
    • Thanks Thanks x 26
    • Like Like x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. thisisant M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    7,417
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +9,853 / -0
    Terminal velocity itu kan kelajuan dimana terjadi kesetimbangan antara gravitasi dengan hambatan udara.. dan bukan cuma kucing yang punya.. semua benda yang bisa jatuh punya.. masa iya bisa rileks kalo lagi mendekati tanah dengan kecepatan 60 mil per jam... yang ada terkencing2... :swt:
     
    • Thanks Thanks x 2
  4. BertMcCracken Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 21, 2010
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +20 / -0
    waw :matabelo: hebat banget tuh kucing loncat dari lantai 46 masih kuat jalan dan g kenapa2.
    kalo saya yang jatoh dari lantai segitu pasti :panik:
     
  5. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    cobain lempar kucing dari tempat tinggi ah

    sayang kemaren di tempat proyek banyak kucing ga gw cobain, karena takut dosa, kirain makin tinggi kalo jatoh kucing pasti mati
     
  6. thisisant M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    7,417
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +9,853 / -0
    Ya mati lah...

    dari wiki:
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. zacktheripperz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,146 / -0
    Wuoow, gitu ya bro. . .:matabelo:
    Makasih ya pencerahannya. . .

    Pasti pengkor bro. . .
    Klo nggak, gtw deh apa yang yang lebih buruk dari itu. . .:apa:

    Weks, mw Dicoba bro. . .??:hahai:
    Weeekekekek, silahken silahken. . .:haha:
     
  8. zacktheripperz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,146 / -0
    Bang ane kagak ngarti klo english???:hot:
    Bisa sedikit dijelaskan. . .:matabelo:
     
  9. Zeroone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    thread bermutu:hmm:
    ini gw seneng.
    Gw masih agak sangsi kalo piara kucing bisa ngusir setan/hantu...kalo beneran bisa gw piara deh(kebetulan ada yang suka ganggu di rumah gw)....
     
  10. SanD5 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,932
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,719 / -0
    jaduh dari gedung berlantai mah enteng kata kucing :haha:
    pengen coba ahh kucing d jatuhin dari pesawat, masih bsa mulus g pendaratanna :haha:
     
    • Like Like x 1
  11. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    sejarahnya mantab :top:

    cuman hubungannya apa antara kucing sama hantu ?? :???:
     
  12. jouleputra M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    430
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +310 / -0
    ada yg masih ingat ama film Gerhana ngk bro??
    dulu pas si MASTUR mau ngedekatin si Pretty (siapa namanya dah lupa gw)

    dia pake tulang kucing yang udah mati di dalam bajunya supaya bisa ilang dan ngintip si pretty waktu mandi, nah kalo itu bisa di percaya ngk bro?? wkwkwkwk...:hahai:
     
  13. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    haha ngaco berat... itu pelem bro hanya buat hiburan semata

    jangan percaya 100 persen dengan apa yg anda lihat, kan sampe ada iklannya tuh, permen lolipop starburs

    "ga semua yang lo liat itu 100% benar"
     
  14. RockD M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +882 / -0
    hahaha jdi inget dulu. Kucing piaraan dirumah msi kecil, ga ada salah apa2 saya angkat trus saya lempar keluar rumah setinggih-tinggihnya dan BLUG!!!
    suaranya nyentuh tanah itu loh..... :apa:...(waktu itu saya lagi kesetanan kali ya..?:panda:)

    smp sekarang saya msi menyesali kejadian itu, betapa Tololnya saya, kucing lgi enak-enak tiduran eh, mla saya lempar.
    please forgive me.....my beloved cat..:onion-10:
     
    • Like Like x 6
  15. Animers M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    4,533
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +8,846 / -0
    kenapa pas baca thread ini gw dulu kepikir pernah nyiksa kucing :nangis: , gw jahilin, gw ceburin ke dalam air :swt:

    kayaknya jadi merasa berdosa banget nih gw :nangis:
     
  16. esteh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 20, 2010
    Messages:
    1,715
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +62,427 / -0
    Yaaah......

    Buat ane se.......
    kucing fungsinya cuma atu.........
    buat d elus2......:piss:
     
  17. neil M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +623 / -0
    same like me gan :malu2:
    :niceinfo:
    jd kangen ama kucing item lucky charm gw yg sdh hilang entah kemana :aaaa:
     
  18. rky3prince M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,033 / -0
    saya paling suka kucing putih, tp bence bngt kucing hitam :hehe:
     
    • Like Like x 6
  19. Kingform555 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    1,301
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +387 / -0
    gw melihara kucing karena mereka lucu....tapi baru tau gw kalo ada mitos kucing biusa mengusir roh jahat
     
  20. h4r81n Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    Menurut Mitos.
    kucing itu katanya punya 9 nyawa ya..
     
  21. FamKZ M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    2,036
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,121 / -0
    Wow gw baru tau nih historis'a kucing:top:
    hampir rata" peradaban dulu menghormati kucing ya
    untung gw gak pernah nyakitin kucing berlebihan:hehe:paling cuma ngedorong pake sapu doang supaya keluar dari rumah

    ada yg lucu juga sih ttg bagaimana paus menuduh kucing sbg penyebab ilmu sihir, eh malah kena penyakit pes warga" eropa:haha:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.