1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Mitos menyebutkan jika orang tersesat maka akan berputar-putar dan kembali ke tempat

Discussion in 'Dunia Lain' started by pandahime, Dec 15, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. pandahime M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    254
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +86 / -0
    Mitos menyebutkan jika orang tersesat maka akan berputar-putar dan kembali ke tempat di mana ia memulai perjalanannya. Penelitian dilakukan untuk mempelajari apa yang sebenarnya terjadi, jika seseorang mencoba berjalan tanpa adanya petunjuk arah tujuan.

    Peneliti melakukan studi dengan menggunakan GPS untuk melacak para relawan yang melakukan perjalanan di padang pasir Sahara yang berada di Tunisia, dan hutan Bienwald di Jerman.

    Mereka menemukan para peserta hanya dapat melakukan perjalanan dengan lurus ketika matahari atau bulan terlihat. Saat matahari dan bulan tidak terlihat, atau apabila hanya tertutup awan maka pejalan ini tanpa sadar bergerak mengitar.

    Dr Jan Souman, dari Max Planck Insitute di Tubingen, Jerman, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan mitos tentang seseorang yang berjalan dalam sebuah lingkaran ketika tersesat adalah benar.


    Tanpa Petunjuk, Kita Tidak Dapat Berjalan Lurus

    “Orang– orang tidak dapat berjalan dalam garis lurus apabila mereka tidak memiliki petunjuk yang jelas, seperti sebuah menara atau gunung di kejauhan atau matahari maupun bulan, dan seringnya akan berakhir berjalan melingkar,” katanya.

    Penelitian ini yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, menunjukan semua relawan yang ikut dengan mata tertutup juga mengalami hal yang sama.
    Salah satu alasan utama yang paling memungkinkan adalah apabila salah satu kaki dari mereka lebih panjang ataupun lebih kuat, yang meningkatkan ketidakpastian untuk berjalan lurus, ujar peneliti.

    “Sebuah kesalahan acak di berbagai tanda indrawi yang menyediakan informasi mengenai arah berjalan bertambah setiap saat, membuat apa yang seseorang fikirkan mengenai berjalan lurus menjadi kabur dan menjauh dari pandangan arah lurus sebenarnya,”jelas Dr Souman.



    klo repost delete aja mod :gembel:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. AkhyRul M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    586
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +263 / -0
    masuk akal :top:

    tanpa petunjuk yg pasti, apalagi gak ada objek yang menonjol yg bisa dijadikan patokan di sekitar, kita cenderung gak bisa mengarahkan langkah kaki... coba aja deh jalan tanpa mikir ato dgn mata tertutup,, pasti miring2 jalannya, :hihi:

    apalagi seperti di artikel tsb,, kaki yang lebih kuat sebelah kyknya juga mempengaruhi :???:
     
  4. pandahime M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    254
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +86 / -0
    emg bener, klo pas gelap" gtu klo gak ga ada tujuan ,tampa sengaja akan jalan muter" , klo ada penerangan bru bisa jalan lurus..
    aneh ya tapi :hihi:
     
  5. ghusesup Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    bener juga nih....:top:
    tapi wktu kecilan ku dulu, di CIrebon... :nongol:tuh ada sebuah cerita yg kebenarannya mungkin benar jika kita percaya (tapi banyak yg membuktikan), dulu klo ada orang lewat daerah itu, pasti orang itu akan bingung dan klo meneruskan perjalanan maka ia akan berputar lagi ke tempat yg tadi... :pusing:
    namanya oyod mingmang :gaswat::keringat:
    :tampan::tampan:
     
  6. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,041 / -7
    iya emg bner sih...kalo jalan dgn mata tertutup pasti jalan nya gk lurus, bs melenceng kmn2..:haha:
     
  7. fenn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    bagus nyoba di jogya di dekat kraton yang ada 2 pohon besar.banyak orang pada kesana malam untuk melewati 2 pohon itu dengan mata tertutup
     
  8. Ryuxi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    683
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +667 / -0
    ada hubungannya ga sama "setan" yg bikin kita mau jalan ke suatu tempat tapi ga sampe2??? :???:
     
  9. ich4n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +816 / -0
    setan keder maksudnya :hehe:
    kalo secara mistis atau kepercayaan masyarakat tradisional setempat bisa jadi emang setan keder lagi ngisengin kita tuh makanya cuman muter" ditempat
    klo secara sains yah kemungkinan penjelasan di atas cukup masuk akal.
    kebenaran bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, tergantung kita mau ngeliat dari sudut yang mana, sudut 3/4 depan, sudut mata burung, sudut mata kodok, atau sudut" yang lainnya?
    :piss:
     
  10. CerealLiller M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    242
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +270 / -0
    Ak nyoba d situ gk pernah bsa jln lurus.
    Gara2 mata ktutup.
    Ato hati ane gk bersih y(Mitos).
    :hahai::hahai:
     
  11. diti M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    ^

    bukannya di mana mana tuh kalo jalan sambil nutup mata juga gag bakalan lurus kan?? :???:
     
  12. junojuno Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    wah, ternyata gitu ya.
    tapi emang bener sih, kalo tanpa petunjuk apa apa manusia emang gak pernah bisa ngapa ngapain. :piss:

    btw, para peneliti itu hebat ya? bisa mikir sampe ke hal hal aneh kayak begini? :hahai:
     
  13. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,631
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,743 / -0
    Harus curang baru bisa berhasil disitu :lol:
    Kalo ga bakal gagal terus. :lol:
     
  14. fansholic M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2008
    Messages:
    448
    Trophy Points:
    106
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +281 / -0
    ya secara logika sih kayanya masuk akal.karena mungkin tidak ad patokan bagi kita,apalagi kalo di padang pasir..
     
  15. hanifrazor M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 2, 2010
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +736 / -0
    Kalau karena kecenderungan kakinya panjang sebelah dan kuat sebelah, berarti ada kemungkinan ada orang yang bisa berjalan lurus dengan mata tertutup
     
  16. blackyway22 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    2,002
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +10,421 / -0
    hohohoh jadi itu yang terjadi klo kita ga punya acuan ya..?? berarti klo hidup kita ga ada acuan kaya matahari atau apapun kita cuma muter2 doang kali ya :???: :piss:
     
  17. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,242 / -0
    iya tuh, makaNy sampe saat ini gw masih suka nyasar :hahai:
     
  18. calcium M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    714
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +251 / -0
    itu tandanya manusia belum mampu mengontrol tubuhnya dengan sempurna.
    tapi dulu kata orang malah itu karena kerjaan setan, ato di film-film gitu, hohoo
     
  19. nightmarest M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 13, 2008
    Messages:
    842
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,779 / -0
    wuih.. ada bener nya..
    karena manusia berjalan menggunakan insting di kala
    penunjuk yang mereka gunakan tidak ada..

    keren banget postingan nya :D
     
  20. lastking M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    4,928
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,627 / -0
    inponya :top:

    ane sih gak penah k hutan, jadi gak pernah tersesat disana
    tapi kalo tersesat di kota sering banget :hahai::hahai:
     
  21. gundamkeren M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    3,733
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,515 / -0
    bener juga sih...
    pas ane mo keteman ane eh malah tersesat and akhirnya nyampe rumah lagi :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.