1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Medicine Mitos dan Fakta Unik Antibiotik

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by ary68890, Apr 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,399 / -0
    [​IMG]

    :nongol: Berhubung tema hari kesehatan dunia tahun 2011 ini adalah tentang bahaya penggunaan antibiotik yang tidak tepat, ane mau share beberapa mitos dan fakta tentang antibiotik. Sebelumnya yang mau tahu lebih jauh tentang apa itu antibiotik silakan baca dulu yg di bawah ini.

    OBAT yang mengandung antibiotik sering kali menjadi buah simalakama. Pada satu sisi dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan. Di lain sisi, antibiotik diyakini akan menimbulkan masalah kesehatan baru pada si kecil.

    Obat antibiotika, umumnya banyak dipakai untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Obat-obatan seperti Penisilin, Chloramphenicol, Cephalosporin, Tetrasiklin (khusus anak di atas 8 tahun) dan Quinolon (khusus anak besar), diberikan dokter bersama sejumlah obat lain. Umumnya, dokter akan menyarankan untuk `meminumnya sampai habis, baik pada resep maupun secara lisan.

    Secara medis, antibiotik merupakan senyawa mikroorganisme seperti jamur atau bakteri tertentu yang telah “dijinakkan” dan bila dimasukkan ke dalam tubuh dapat menjadi penyembuh yang ampuh. Antibiotik berperang melawan bakteri-bakteri di dalam tubuh. Namun perlu diingat, penggunaannya tidak boleh sembarangan. Bila dikonsumsi berlebihan akan berisiko tinggi pada kesehatan si kecil.

    Pada dasarnya, obat yang ditemukan oleh Alexander Fleming dari Scotlandia di tahun 1928 ini mempunyai dua cara kerja. Pertama, mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyakit (bakteriostasis) dan membunuh bakteri penyakit tersebut (baktericidal). Sehingga obat ini mampu menghilangkan dan membasmi bakteri tanpa menimbulkan efek samping yang berarti pada tubuh yang mengonsumsinya.

    Namun, bukan berarti semua penyakit dapat diberikan antibiotik. Menurut Dr Hinky Hindra Irawan Satari SpA MTropaed, obat antibiotik umumnya diberikan pada penyakit-penyakit infeksi atau yang disebabkan oleh bakteria saja. Misalnya, penyakit-penyakit yang berkenaan dengan infeksi saluran pernapasan, saluran pencernaan atau peradangan telinga

    MITOS tentang antibiotik

    1. Berhenti minum antibiotik setelah sembuh

    Menurut Hindra, banyak masyarakat awam yang meminum obat antibiotik secara salah, yaitu tidak menepati petunjuk meminum obat yang diberikan oleh dokter. Kebanyakan masyarakat awam, bila ia merasa sudah baikan, obat yang diberikan tidak lagi diminum. Misalnya, bila obat yang diberikan seharusnya diminum selama 7 hari, tapi baru 3 hari diminum sudah tidak diminum lagi. Pendapat ini merupakan cara yang salah. Padahal, meminum obat antibiotik tidak sesuai anjuran dokter atau penggunaan antibiotik dengan dosis rendah ini berbahaya. (karena dapat menyebabkan kuman menjadi kebal terhadap antibiotik.)

    2. Antibiotik tidak efektif

    Banyak masyarakat awam “kecewa” dengan pemberian obat antibiotik. Banyak yang mengatakan, bahwa obat ini tidak efektif dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Pada kenyataannya, antibiotik yang tidak efektif ini bisa disebabkan oleh bakteri yang sudah menjadi kebal terhadaap beberapa jenis obat antibiotik. Misalnya, konon penyakit akibat bakteri Streptococcus (penyebab penyakit pneumonia atau radang paru-paru) tidak bisa lagi disembuhkan dengan antibiotik jenis Vancomycin. Menurut Centre for Disrase Control and Prevention (CDCP), hal ini terjadi akibat adanya mutasi bakteri di dalam tubuh yang membuat bakteri Streptococcus kebal terhadap antibiotik. Bakteri-bakteri yang kebal ini, akan terus menginfeksi dan bahkan terus melipatgandakan jumlahnya sehingga menimbulkan ancaman baru yang lebih mengerikan pada tubuh.

    3. Antibiotik menyebabkan gigi kuning

    Saat ini teknologi dunia kedokteran sudah canggih, sehingga ahli media dapat menekan sebanyak mungkin efek samping antibiotik yang merugikan terhadap tumbuh kembang si kecil. Sebagian besar jenis antibiotik yang digunakan dokter saat ini tidak akan membuat gigi berubah warna. Tetapi memang ada satu jenis antibiotik yang sensitif bagi gigi, biasanya obat ini tidak boleh diberikan sebelum seorang anak berusia 8 tahun, yaitu jenis Tetrasiklin, karena sifatnya yang mengendap pada gigi.

    4. Antibiotik bisa mengganggu kecerdasan

    Pendapat ini, menurut Hindra adalah mitos belaka. “Penggunaan obat antibiotik tidak ada hubungannya sama sekali dengan kecerdasan anak,” tukasnya. Pada kenyataannya, kecerdasan anak dapat terganggu jika pada masa keemasan anak (usia 0-5 tahun), ia sering sakit dan pengobatan dilakukan tidak secara maksimal atau serampangan. Misalnya, salah dalam menggunakan obat termasuk antibiotik yang mengakibatkan penyakit si kecil menjadi berlarut-larut. Sehingga ia tidak dapat memanfaatkan waktunya untuk menjalani proses tumbuh kembang.

    FAKTA tentang antibiotik

    1. Menyebabkan jamur pada rongga mulut (hanya pada penggunaan antibiotik yang tidak tepat atau tanpa petunjuk dokter)

    Jamur yang terlihat seperti lapisan atau selaput putih yang menonjol pada mulut, merupakan jenis jamur Candida albicans. Jamur ini sebenarnya merupakan penghuni normal di mulut. Namun jika keseimbangannya terganggu, seperti penggunaan antibiotik yang tidak tepat, akan menguntungkan jamur untuk tumbuh dan menyebabkan gejala infeksi.

    2. Antibiotik pencetus diare (hanya pada keadaan dan antibiotik tertentu)

    Pada bayi, penggunaan antibiotik kadang bisa menyebabkan terjadinya diare. Gejalanya seperti tinja yang encer, kadang ditambah kondisi lebih sering buang air besar, kotoran lebih banyak, ada lendir, dan muntah. Keadaan ini kemungkinan besar akibat efek samping dari kerja obat dalam mengatasi infeksi dan bakteri penyebab penyakit.

    3. Antibiotik tidak dapat membunuh virus

    Virus hanya bisa dibasmi oleh sistem imun atau daya tahan tubuh kita. Oleh karena itu pada penyakit yang disebabkan virus misalnya flu, disarankan untuk tidak memakai antibiotik dan lebih baik memaksimalkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, makan yang cukup, dan minum vitamin.

    4. Antibiotik tidak dapat dibeli bebas, harus dengan resep dokter.

    Sebab, dokterlah yang mampu memperkirakan letak infeksi, dan seberapa berat kadar infeksi tersebut.

    5. Sebelum ditemukan penisilin (antibiotik), setiap orang yang sakit akibat infeksi kuman, meninggal dunia.

    Penisilin ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Flemming. Penemuan antibiotik adalah keajaiban. Namun, Flemming sendiri pernah mengatakan,”Obat ini tak akan ada artinya lagi, jika digunakan secara sembarangan.”

    [​IMG]

    6. Banyak pembelian antibiotik yang tidak perlu

    Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan, rata-rata pasien menghabiskan 40% biaya resep untuk membeli obat antibiotik yang sebenarnya tidak diperlukan.

    TIPS
    Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dari penggunaan antibiotik, ini dia hal-hal yang perlu dilakukan.

    1. Gunakan antibiotik secara aman

    Perhatikan petunjuk penggunaan obat yang diberikan oleh dokter, misalnya apakah penggunaan antibiotik memang diperlukan oleh penyakit si kecil. Gunakan sesuai dosis yang dianjurkan, jangan memberikan antibiotik dengan dosis yang kelewat rendah atau tinggi, karena bisa berbahaya.

    2. Tanyakan pada dokter

    Apakah obat yang diberikan mempunyai efek samping, bila ya tanyakan apa saja efek itu, si kecil harus berpantang makanan atau tidak.

    semoga bermanfaat :peace:

    sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2011/03/18/195/436466/fakta-menarik-tentang-antibiotik (dengan beberapa perubahan)
    http://cuapcuapchici.blogspot.com/2011/02/beberapa-fakta-antibiotik-ab-yang-perlu.html
    (dengan beberapa perubahan)

    ==============
    Tambahan dari kntphathoy:

     
    • Like Like x 7
    • Thanks Thanks x 5
    Last edited: Apr 4, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. piyongima M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,649 / -0
    :nongol:
    sebenarnya sugesti j kn..
    saya sakit apapun pastinya minum antalgin
    nyatanya sembuh juga :hehe:
     
  4. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,399 / -0
    antalgin itu untuk menghilangkan rasa sakitnya aja kk :hehe:


    btw buat momod:
    gue taruh thread ini di education tapi dipikir pikir bisa juga ya di keep up your health. klo misalnya salah kamar punten dipindahin :peace:
     
  5. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    antibiotik penting jg bwt pngobatan.
    cm asal jangan kseringan ajja pake nya..
    bs ktergantungan jga..
     
  6. bugs5 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 8, 2010
    Messages:
    754
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +102 / -0
    hmm emang tuh banyak yg suka berhenti minum anti biotik sok udah sembuh
    masih bocah suka pura2 boong bilang dah minum padahal blom gara2 pahit :lol:
     
  7. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,399 / -0
    selain itu juga masyarakat kita biasanya minum obat hanya pas kerasa sakit. pas gejalanya udah hilang mereka berhenti minum antibiotik padahal kumannya belum mati semua
     
  8. kalimongso M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 16, 2010
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +170 / -0
    tapi ada beberapa antibiotik yang effect sampinya seram gan
    malah lebih seram dari penyakitnya
    tapi saya lupa nama obatnya pokoknya berhubungan dengan mata...
     
  9. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,399 / -0
    hmmm antibiotik apa tuh kak?

    alergi penicillin ya? untungnya ada banyak antibiotik lain sebagai pengganti buat yang alergi penicillin :)
    kok kaya rokok?
     
  10. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    :niceinfo: gan
    gw sering tuh berhenti minum obat klo udah baikan. tp kayanya sembuh2 aja.
     
  11. albarnevans Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 19, 2010
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -0
    @ary68890:
    soalnya mnimbulkan ktergantungan jga, ada efek brbahya nya jga sperti rokok gtu..
     
  12. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,159
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,349 / -0
    :niceinfo:
    low ane sakit jarang minum obat cm istirahat ja...
    takutnya low sma sakit dikit terus minum obat nanti malah dosisnyya bertambah...
    lma2 over dosis...
    cma pendapat ane ja...
     
  13. caspian Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info gan,
    yg penting itu pencegahan lewat makanan,istirahat & olahraga serta ibadah. semua obat kimia itu sebenarnya racun pd dasarnya
    cmiiw
     
  14. sasori M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 21, 2007
    Messages:
    550
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,594 / -0
    gara2 kampanye "meminimalisasi penggunaan antibiotik"

    sejak sakit....klo mau dikasih antibiotik sama dokter....jadi debat sama dokter :haha:
     
  15. kntphathoy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    3,196
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,953 / -0
    Antibiotik

    mau namabahin gan...:peace:

    Macam-macam Antibiotik :

    Antibiotik dapat digolongkan berdasarkan sasaran kerja senyawa tersebut dan susunan kimiawinya. Ada enam kelompok antibiotik dilihat dari target atau sasaran kerjanya :

    • Inhibitor sintesis dinding sel bakteri, mencakup golongan Penicillin, Polypeptide dan Cephalosporin, misalnya ampicillin, penicillin G;
    • Inhibitor transkripsi dan replikasi, mencakup golongan Quinolone, misalnya rifampicin, actinomycin D, nalidixic acid;
    • Inhibitor sintesis protein, mencakup banyak jenis antibiotik, terutama dari golongan Macrolide, Aminoglycoside, dan Tetracycline, misalnya gentamycin, chloramphenicol, kanamycin, streptomycin, tetracycline, oxytetracycline;
    • Inhibitor fungsi membran sel, misalnya ionomycin, valinomycin;
    • Inhibitor fungsi sel lainnya, seperti golongan sulfa atau sulfonamida, misalnya oligomycin, tunicamycin; dan
    • Antimetabolit, misalnya azaserine.


    Penggunaan Antibiotik :

    Berdasarkan pada cara penggunaanya, Antibiotik dapat dibagi menjadi beberapa jenis dalam penggunaannya :

    • Antibiotik or*l (yang dimakan) mudah digunakan bila efektif.
    • Antibiotika intravena (melalui infus) digunakan untuk kasus yang lebih serius.
    • Antibiotika kadangkala dapat digunakan setempat, seperti tetes mata dan salep.

    Karena biasanya antibiotik bekerja sangat spesifik pada suatu proses, mutasi yang mungkin terjadi pada bakteri memungkinkan munculnya strain bakteri yang 'kebal' terhadap antibiotik. Itulah sebabnya, pemberian antibiotik biasanya diberikan dalam dosis yang menyebabkan bakteri segera mati dan dalam jangka waktu yang agak panjang agar mutasi tidak terjadi. Penggunaan antibiotik yang 'tanggung' hanya membuka peluang munculnya tipe bakteri yang 'kebal'.



    Sumber
     
    • Thanks Thanks x 1
  16. Teamhome_Kuroky Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 10, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    thx infonya gan :niceinfo:
    Minta saran dong kak, knapa setiap ane minum antibiotik kulit ane iritasi,, merah2 jadinya :madesu:
     
  17. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,399 / -0
    klo obat selain antibiotik sih mungkin ga apa2 kak, tpi klo antibiotik jangan sampai ga habis :peace:
    bener bgt kk, obat itu memang racun tapi dalam jumlah yang tepat sehingga efeknya menguntungkan. tapi bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati
    wah sakti gan bisa debat sama dokter :hahai:
    thank u kk nanti ditambahin di pejwan :top:
    mungkin alergi antibiotik. coba sampaikan ke dokter antibiotik apa yg bikin kk alergi, nanti sama dokternya bakal diganti sama antibiotik jenis lain. moga bermanfaat :peace:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  18. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,399 / -0
    minum antibiotik tanpa petunjuk dari dokter bisa berujung pada penggunaan yang salah. bahaya yang paling ditakutkan dari penggunaan antibiotik yang salah ini adalah munculnya kuman yang jadi kebal.
    oleh karena itu, mari kita pakai antibiotik secara bijak :peace:
     
  19. CpL Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24 / -0
    TS nya anak FK yoi? hehe
    yoi kk, kebal akibat penggunaan yg ga teratur, ...
    kumannya belum mati smua, obat nya udh berhenti dluan, jd dia bakal balik lagi dan otomatis udh lebih tahan kumannya...

    nais inpoh kk!
     
  20. sparkdix M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    2,804
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,224 / -0
    kesalahan yg sering terjadi d masyarakat tuh berhenti minum klo udah sembuh walo obatnya masih ada
    padahal bener tuh harus dhabiskan sesuai petunjuk dokter, biar bakteri gak kebal

    dan dulu pun gw sering melakukannya :sigh:
     
  21. roshif M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 13, 2012
    Messages:
    437
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +37 / -0
    hmm emank bner neh kata agan yg ne...

    tapi kadang kata dokter juga klo udah sembuh ya berenti minum'a :siul:

    poko'a ikutin kata dokter ae dah :peace:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.