1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy Misteri Bola Api Naga Dari Dalam Sungai Mekong

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by Hyperangel, Nov 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    Setiap tahun, penduduk Thailand berkumpul di sepanjang sungai Mekong di propinsi Nong Khai untuk menyaksikan sebuah fenomena misterius berupa naiknya bola-bola cahaya misterius dari permukaan sungai. Para penduduk lokal menyebutnya Bung fai paya nak atau bola-bola api naga.
    [​IMG]
    Pada malam hari setiap awal bulan Oktober, para penduduk dan turis berdiri berjejer di pinggir sungai Mekong di propinsi Nong Khai. Mereka sedang menunggu fenomena yang disebut bola api naga.awa

    Tidak berapa lama kemudian, dari permukaan sungai, puluhan bola-bola cahaya berwarna merah jambu menyembur dengan indah seperti sebuah orkestra yang dipimpin oleh seorang konduktor. Semua mulai bersorak kegirangan dan bertepuk tangan dengan keras.

    Bola-bola cahaya tersebut menggantung di udara selama beberapa saat sebelum kemudian lenyap dalam kegelapan malam. Beberapa menit kemudian, peristiwa serupa kembali terjadi. Bola-bola api lainnya kembali terbang dari permukaan sungai yang kembali diiringi dengan teriakan sukacita.
    [​IMG]
    Fenomena luar biasa ini hanya muncul 1-3 hari dalam setahun tepat di akhir masa retret umat Budha Thailand yang biasanya jatuh di bulan Oktober. Bola api itu muncul begitu saja tanpa suara dan asap.

    Terkadang warnanya merah, merah jambu atau putih dan bisa menyembur hingga setinggi 100 meter dari permukaan sungai.

    Biasanya ukurannya hanya sebesar telur ayam, bergantung di udara selama beberapa menit sebelum akhirnya lenyap. Umumnya bola api ini hanya dapat terlihat pada malam hari.
    [​IMG]
    Legenda penduduk lokal menyebutkan bahwa bola-bola api ini datang dari seekor naga yang berdiam di dalam sungai.

    "Aku telah melihat bola-bola api ini sejak kecil," Kata Pang Butamee, 70 tahun, yang tinggal di sebuah pondok di ujung sungai. Di dekat kediamannya, terdapat Wat Paa Luang, sebuah kuil elegan yang telah berumur 450 tahun dan merupakan salah satu tempat terpopuler untuk menyaksikan bola-bola api tersebut.
    [​IMG]

    "Aku melihatnya muncul dari sungai dan dari kanal," Katanya lagi. "Ayah ibuku juga menyaksikannya, begitu juga ayah dan ibu mereka. Dan bukan itu saja, aku bahkan pernah melihat naga dengan mata kepalaku sendiri ketika aku berumur 13 tahun. Bentuknya seperti ular besar berwarna perak. Aku melihatnya sedang berenang di sungai."

    Walaupun legenda mengenai naga Mekong sudah berakar begitu kuat, tidak semua penduduk Thailand mempercayainya. Bagi para ilmuwan, bola-bola api ini sebenarnya hanyalah sebuah fenomena alam yang dapat dijelaskan oleh sains. Menurut mereka, bola api tersebut muncul akibat pembakaran gas alam.

    Seorang dokter bernama Manas Kanoksin telah menghabiskan 11 tahun untuk meneliti fenomena ini. Dengan kegigihan yang luar biasa, ia berusaha membuktikan teorinya bahwa bola-bola api ini adalah sebuah fenomena alam yang disebabkan oleh endapan gas Metana yang naik dari dasar sungai.

    Menurutnya, akhir dari masa retret umat Budha sama persis dengan periode dimana bumi berada dalam jarak terdekat dengan matahari. Gravitasi matahari yang dikombinasikan dengan peningkatan kadar ultraviolet telah meningkatkan konsentrasi dan volatilitas oksigen di permukaan bumi.
    [​IMG]
    Hal ini menyebabkan gas metana yang berhasil lepas dari dasar sungai mulai menyala dan terlihat seperti bola api. Bahkan menurutnya, fenomena ini tidak hanya terjadi pada bulan Oktober, namun juga pada bulan Mei ketika bumi kembali mendekati matahari.

    Kementerian sains Thailand punya pendapat yang sedikit berbeda. Namun mereka setuju bahwa fenomena ini disebabkan oleh gas alam. Menurut mereka, fenomena ini muncul akibat pembakaran gas Phosphine.

    Beberapa waktu yang lalu, kementerian ini mengutus beberapa penelitinya untuk mengamati dan mencari sumber bola-bola api ini. Mereka kemudian memasang sebuah thermo scanner di dekat tepi sungai di subdistrik Rattana Wapee.

    Lalu lima kelompok peneliti ditempatkan di berbagai titik di tepi sungai termasuk di kuil distrik Phon Phisai.

    Persis sesaat sebelum bola-bola api itu muncul, peralatan mereka menangkap adanya pergerakan dari aliran gas yang mengapung di atas permukaan sungai. Ini menunjukkan bahwa bola api tersebut dipicu oleh gas alam yang menyala.

    Lalu mengapa peristiwa ini hanya terjadi pada saat berakhirnya masa puasa umat Budha di sekitar bulan Oktober ?

    Menurut kementerian sains Thailand, jawabannya adalah karena akumulasi gas di dasar sungai mencapai puncak pada bulan Oktober. Karena sudah mencapai puncak, maka gas yang telah terkumpul akan menyembur ke atas membentuk bola-bola cahaya yang misterius itu.

    Tidak peduli apapun penyebabnya, bagi penduduk lokal dan turis, festival ini tetap dianggap sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan dan sebuah kesempatan untuk merayakan hari raya keagamaan dengan khidmat.

    "Peristiwa ini sangat ganjil dan kami tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya. Namun apapun itu, saya percaya bahwa peristiwa luar biasa ini dapat membuat Nong Khai cukup untuk diterima sebagai salah satu keajaiban dunia." Kata Manas Anuraksa, seorang penduduk lokal.

    Setiap tahun, paling tidak, 300.000 orang, baik turis lokal ataupun mancanegara datang berbondong-bondong ke Nong Khai untuk menyaksikan fenomena ini.
    [​IMG]
    Jika suatu hari kalian memutuskan untuk jalan-jalan ke Thailand dan memutuskan untuk melihat sendiri bola-bola api naga, maka ada beberapa lokasi di sepanjang sungai Mekong di propinsi Nong Khai yang paling tepat untuk menyaksikannya, yaitu desa Pha Tang di distrik Sangkhom, Hin Mak Peng, Kuil di distrik Si Chiangmai, distrik Pak Khat dan distrik Rattana Wapee.

    Para penduduk lokal bahkan menyediakan penyewaan sepeda motor untuk dipakai mengendarai sepanjang sungai dari distrik Muang hingga Phon Phisai dan Rattana wapee.

    Di tempat itu, selain dapat menyaksikan bola-bola naga api, kalian juga akan disuguhi dengan atraksi kembang api dan lomba kapal cepat. Jadi, para backpackers, bersiaplah untuk festival tahun depan. Mungkin bola api naga dapat sedikit mencerahkan harimu.

     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. edrik M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +286 / -0
    1 kata WOW....
    keren coba pas akhir tahun jadi seperti hanabi....
    hehehe...
    btw benarkah aku non subsidi??
     
  4. auliozola Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    kerennnnnnnn.......
    ande d sungai deket ruma ada bola apinya juga...:matabelo:
     
  5. astaroth M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 23, 2008
    Messages:
    259
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +15 / -0
    kenapa sains selaulu muncul dan menghancurkan imajinasi? kan keren kalo beneran ada naga....
     
  6. SetaSouji M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    2,866
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +7,308 / -1
    :shock1::shock1:
    ngga nyangka ada yg komen ginian...
    kalo misalnya sains ngga melakukan sesuatu, ntar orang2 trus dibodohi dong...
    gimana mo majunya orang kalo cuman bisa berimajinasi??
     
    • Like Like x 1
  7. deJeer Administrator
    Head Admin

    Offline

    Watching You

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    16,788
    Trophy Points:
    292
    Ratings:
    +32,218 / -3
    sebenernya hal mitos yang banyak melihat seperti ini bisa menambah kekayaan budaya suatu bangsa
    tetapi jika diteliti secara ilmiah memang ada alasan yang jelas tentang bagaimana kejadian itu terjadi....

    hem...
    satu hal yang gag bisa berubah sebelum dan sesudah ada penelitian ilmiah nya
    keyakinan masyarakat sekitar tentang sakral nya kejadian tersebut...

    di mana pun itu....

    :lalala:
     
  8. jaranan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ... wuah keren. about mitos vs sains, tergantung perspektif masing masing... selama semuanya dilandasi saling respect ga masalah lah. wong yang science juga punya teori masing masing toh...
     
  9. Armageddon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    975
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +412 / -0
    gw kira dragon ball.. wow ternyata fenomena alam btul2 menakjubkan luar biasa banget.. gw lbih gak nyangka penjelasan secara ilmiahnya kayak gini.....
     
  10. Blanka_kowalski Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +6 / -0
    Emank gas alam ntu bisa nyembur ampe ketinggian 100 mter ya ???
    Gw bru tw.... Wkwkwkwk
    Coba aja naga nya beneran ada... :hahai::hahai::hahai:

    Nice info nieh.....
     
  11. coconoar M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 25, 2008
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    di luar semua itu
    biarkan gw menikmati keindahan nya :)
    jadi pengen banget ke mekong
     
  12. musou29 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    824
    Trophy Points:
    106
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +319 / -0
    keren.
    pengen lihat tapi jauh ya di sungai mekong yg terkenal dgn ikan buas nya
     
  13. dtechboys M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +754 / -0
    wow kenapa bisa gitu ya. aneh bgt

    bola api naga. wkwkwk ada ada aja
     
  14. DeidaraNaruto M V U

    Offline

    Jiae Lovelyz

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    1,500
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +987 / -0
    keren....
    sayang indo ga ada, udah itu airnya kotor pula :haha: :top:
    kok bisa ya gas metana ke udara?? :???:
     
  15. you_are_maho M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2010
    Messages:
    1,102
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,229 / -0
    kalo beneran pasti keren tuh..:hehe:
    btw keren juga dari sebuah gas bisa jadi kek gitu..:matabelo:
    patut jadi keajaiban dunia tuh..:hehe:
     
  16. Fallen_Angelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    973
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +59 / -0
    wah unik bgt dong sungainy...ud ky magic beneran
    padahal lgi2 cman tipu daya alam...
     
  17. RedCrozKnight Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    443
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    kpn yah kali mas di surabaya ad kyk gt?
    pasti rame jg ntar huakakakak
     
  18. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,612
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,710 / -1
    bisa terjadi..
    karena gas yang dalem perut bumi tertekan sejak lama..
    setelah gas itu menemukan celah maka akan terlempar keras ke atas..
    mungkin ibaratnya seperti per yang di tekan lama setelah itu dilepas.. :hmm:
     
  19. otoy_marotoy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +13 / -0
    wah keren juga tu kalo ada di sini,...(jakarta)
    lumayan dr pada liat kembang api,....
    sayng uang rakyat dibuang2 wat beli kembang api,....
     
  20. lawrence3 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2011
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    ternyata ada penjelasan ilmiahnya juga, bener-bener baru tau ada fenomena alam kayak gini
     
  21. Di4m0nD M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +88 / -0
    wih keren dari dalem air bisa kluar api nya
    dari gas alam ya, mirip kayak api abadi yg ada di pamekasan itu:lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.