1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Info Minuman Tradisional Teman Sejati Disaat Hujan

Discussion in 'Lifestyle' started by accsoleh, Nov 18, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. accsoleh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Disaat musim hujan seperti ini menikmati hidangan panas memang paling pas. Hangatnya hidangan dapat membantu tubuh melawan dinginnya udara sekitar. Sehingga tubuh tidak gampang sakit, dan aktifitas keseharian pun tidak terganggu.

    Contohnya menikmati minuman hangat. Selain bisa melepas rasa dahaga, menyeruput minumman hangat terbukti ampuh melawan rasa dingin dan dapat menghangatkan tubuh kita. Kalau saya sih paling suka menikmati minuman tradisional. Karena harganya murah, berkhasiat, dan bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah.

    Beberapa minuman tradisional teman sejati disaat hujan:

    1. Bajigur - Minuman tradisional Jawa barat
    [​IMG]

    Bajigur merupakan minuman khas masyarakat Sunda. Minuman tradisional yang terbuat dari campuran gula aren, santan, dan kopi ini biasa dijajakan oleh pedagang dengan gerobak keliling. Biasanya si penjual bajigur juga menjajakan ubi, singkong, kacang, dan pisang yang direbus. Karena rebusan tersebut memang paling pas disantap ketika menikmati Bajigur.

    2. Bir pletok - Minuman Tradisional Betawi
    [​IMG]

    Minuman yang satu ini adalah birnya orang Betawi. Walaupun namanya bir, namun bir pletok sama sekali tak mengandung alkohol. Minuman asli Betawi ini memang disajikan layaknya bir yang gemar diminum oleh para penjajah Belanda disaat udara dingin. Hangatnya minuman ini berasal dari 100% rempah-rempah dan Warna merahnya dihasilkan dari kayu secang.

    3. Sarabba - Minuman tradisional Makassar
    [​IMG]

    Bila masyarakat Sunda punya bajigur, Makassar punya sarabba. Minuman tradisional penghangat tubuh asli Bugis ini adalah salah satu jajanan murah-meriah khas pinggir jalan di Makassar. Bahan-bahan yang digunakan mirip dengan bajigur, namun lebih kaya akan rempah. Beberapa penjual sarabba bahkan menambahkan sampai sembilan jenis rempah-rempah untuk menambah aroma dan sensasi hangatnya.

    4. Wedang tahu - Minuman tradisional Semarang
    [​IMG]

    Di beberapa daerah minuman tradisional ini disebut juga tahwa atau kembang tahu. Di Semarang minuman ini lebih populer dengan sebutan wedang tahu. Wedang tahu bahan-bahannya terdiri dari tahu sutera dan ditambah dengan kuah jahe hangat. Sebenarnya wedang tahu adalah hidangan dari keturunan Tionghoa dengan nama Tauhue.

    5. Wedang Uwuh - Minuman tradisional Yogyakarta
    [​IMG]

    Minuman berkhasiat ini adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta. Penampilannya mirip sekali dengan bir pletok. Namun wedang uwuh disajikan tanpa disaring terlebih dahulu. Rempah-rempah, daun dan batangan ikut disajikan dalam gelas membuatnya tampak seperti uwuh (sampah).

    6. Teh talua - Minuman tradisional Padang
    [​IMG]

    Teh talua adalah minuman tradisional asli minang yang memiliki konsep penyajian mirip dengan teh tarik asli Malaysia. Selain bisa menghangatkan tubuh, teh talua juga biasa dinikmati sebagai minuman penambah stamina tubuh. Biasanya disajikan dengan potongan jeruk nipis. Dan ada pula yang ditambahkan pinang muda sebagai campurannya.

    Sumber: http://accsoleh.blogspot.co.id/2015/11/minuman-tradisional-hidangan-nikmat-musim-hujan.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. cuangkibar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 9, 2015
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +50 / -1
    Selain bajigur, nama-namanya belom pernah ane denger:swt:, boleh lah jadi referensi buat nanti kalo lagi jalan-jalan:lalala:
     
  4. mlxjakarta Banned User

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 13, 2012
    Messages:
    646
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -1
    Kembang tahu paling tooop. Suka banget ane, gan. Tapi udah jarang yang jual :ogtolong:
     
  5. blagaks Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -1
    Bandrek campur telur ayam kampung/bebek,
    Beh itu dah pas banget, apalagi diminum saat lagi hujan, nyess banget rasanya:oggomen:
     
  6. accsoleh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Yup gan, terutama teh talua atau teh telur... Dibadan berasa hangat n geeerrr...
     
  7. accsoleh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Bener gan, hidangan tradisional kaya gini sudah diminati masyarakat sekarang. Jadi yang jualan jarang deh
     
  8. accsoleh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Patut dicoba nih resepnya... Makasi gan :oggomen:
     
  9. ramaricarica Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 7, 2013
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +21 / -0
    waah iya tuh minuman tradisional yg udh jarang ditemuin,

    oh iya tapi kalo kamu konsumsi minuman ini, kamu bisa dapet hadiah loh .. ada mobil, motor, smartphone cek disini infonya
     
  10. lonespirit M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +437 / -0
    wedang tahu paling jos gan!
     
  11. hulpipage Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    bir plotok sumpah gak pernah lihat ada di jakarta selama hidup
     
  12. osyth Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 15, 2011
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    bajigur memang top dahh
     
  13. Varaphe0us Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 25, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +35 / -0
    Huaaaa
    Jadi inget suka ada tukang bajigur lewat d depan rumah, enak banget diminum pas hujan, sambil makan ubi/kacang rebus
     
  14. nasir123 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 24, 2012
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    wah, banyak juga minuman yang joss saat ujan..
    baru nyobain bandrek sama bajigur aja. yang lain belum :oghoho:
     
  15. boobee_wew Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 6, 2011
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    22
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29 / -0
    bir pletok mantap..wedang tahu enak juga..
     
  16. cincun212 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 18, 2012
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    perlu tuh buat dilestariin....
    gw di rumah suka brewing sendiri...tergantung bahan yang lagi ada...
    jahe, jahe merah, teh, kayu manis, clove, jeruk nipis, santan, kopi, gula jawa, coklat...

    cuman kalo suka minuman panas...kasian giginya juga hehehehe..gw udah renggang2 nih giginya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.