1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Minuman Energi Bisa Mengundang Maut

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by lyneard, Aug 9, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. lyneard M V U

    Online

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +459 / -0
    [​IMG]
    Minuman energi kini bertebaran dimana-mana. Padahal, kuat dugaan, minuman semacam itu bisa menghadirkan bahaya, bahkan hingga mengancam kematian.

    Hampir di seluruh dunia, produk minuman energi kini menjamur. Di Inggris, misalnya, kebutuhan terhadap minuman ini terus meningkat. Setiap tahun, tak kurang 330 juta liter minuman energi membasahi tenggorokan warganya. Nilainya diestimasi mencapai 1 miliar pound.

    Belakangan, meluncur pula produk baru Red Bull dengan kandungan kafein dua kali lipat. Produk ini, kabarnya, diperkirakan akan menjadi pemain penting di pasar minuman energi.

    Persoalannya adalah, keamanan dan pemasaran produk-produk semacam ini masih menghadirkan tanda anya. Ini terkait pula dengan rencana peluncuran minuman terbaru bernama Cocaine dalam waktu dekat ini.

    Minuman tersebut masih menunggu izin dan pengesahan dari Dewan Standar Makanan dan Standar Perdagangan di Inggris. Kecuali namanya yang kontroversial, minuman dingin nonalkohol beraroma lemon itu juga dipenuhi dengan kafein.

    Tahun lalu, peluncuran produk yang hampir sama, dibatalkan di Inggris. Namanya, Cocaine Energy Drink. Di Amerika Serikat pun, minuman dengan nama yang sama, juga dilarang.

    “Ini lebih dari sekadar niat mengejutkan pasar dengan cara provokatif dan sinis. Kebanyakan anak muda akan melihatnya melalui branding. Tapi, mengabaikan obat-obatan terlarang secara ilegal yang bisa menyebabkan kerusakan, tidaklah membantu, tidak pula cara yang cerdas,” kata Martin Barnes, kepala DrugScope, sebuah yayasan tentang narkoba.

    Ada kekhawatiran, anak-anak muda yang tergila-gila dengan minuman baru itu, bisa mempertaruhkan kesehatan mereka. Minuman dengan kafein yang tinggi kini laku keras karena anak-anak muda yang gemar clubbing menginginkannya untuk meningkatkan energi. Padahal, di negara-negara seperti Norwegia, Uruguay, dan Denmark, Red Bull dilarang karena alasan kekhawatiran terhadap kesehatan.

    Minuman kaleng Red Bull berisi 250 ml itu hanya mengandung 80 mg kafein. Artinya, hanya sedikit di atas secangkir kopi instan. Tapi, faktanya menunjukkan banyak anak-anak muda mendapat pengaruh buruk, bahkan sampai meregang nyawa, setelah meminumnya berkaleng-kaleng.

    Betul, semuanya juga tergantung pada reaksi tubuh masing-masing orang terhadap kafein. Sebagian ada yang sensitif terhadap stimulan itu. Artinya, meskipun minum sedikit saja, masih bisa memicu debaran jantung dan meningkatkan tekanan darah.

    Sejumlah studi juga meningkatkan peringatan terhadap penggunaan minuman energi yang terlalu banyak sebelum menjalani latihan kebugaran. Awal tahun ini, seorang pembalap motor di Australia mengalami serangan jantung setelah mengkonsumsi tujuh kaleng Red Bull sebelum balapan.

    Tahun lalu, sejumlah ahli di Rumah Sakit Henry Ford, Detroit, meminta pasien masalah jantung untuk menghindari minuman energi. Pasalnya, hal tersebut bisa memacu debar jantung dan tekanan darah.

    Penelitian lainnya di Pusat Riset Cardiovascular di Adelaide, Australia, memunculkan kekhawatiran lain. Menurut penelitian itu, sekaleng Red Bull bebas gula, bisa menyebabkan efek terhadap jantung dalam 60 menit.

    Mereka memberikan 30 orang minuman dan mengujinya sejam kemudian. Hasilnya, mereka menemukan mengentalnya darah, sama seperti yang mereka temukan pada pasien dengan masalah jantung.

    Toh, juru bicara Red Bull Australia, memicingkan mata terhadap penelitian itu. “Studi itu tak menunjukkan efek yang lebih jauh daripada meminum secangkir kopi,” katanya.

    Minuman energi dengan kadar yang tinggi juga dipersalahkan atas sikap buruk para pelajar. Sejumlah sekolah di Inggris, belum lama ini, melarang minuman semacam Red Bull dan 925 Energy Shot yang mengandung konten kafein tinggi

    inilah Korban-korban Minuman Energi
    Belum ada kesimpulan akurat soal mudarat yang ditimbulkan minuman energi. Para ahli dan produsen masih silang pendapat. Tapi, sejumlah orang sudah jadi korban di dunia, diduga karena minuman energi.

    Inggris: September lalu, seorang mahasiswa berusia 21 tahun, Chloe Leach, dari Hull, meninggar di lantai dansa sebuah kelab malam. Sebelum melantai, dia menenggak empat kaleng Red Bull dan beberapa VKs, sebuah minuman berbasis vodka dengan kadar kafein tinggi.

    Dokter yang memeriksa penyebab kematiannya menyebutkan ini terkait dengan minuman yang dia tenggak. Minuman tersebut menyulut sindrom QT, sebuah kondisi dimana jantung berdebar secara tak beraturan.

    Irlandia: Pada tahun 2000, Ross Cooney, seorang anak muda berusia 18 tahun dari Limerick, terkapar dan meninggal setelah meminum tiga kaleng Red Bull, dan kemudian bermain basket.

    Saat itu, pihak Red Bull menyatakan minuman yang disebut-sebut pemicu kematian Ross sudah menjalani uji saintifik sebelum diluncurkan pada 1987 dan memiliki rekor keselamatan yang bagus.

    Swedia: Saat tiga orang meninggal pada 2001 setelah meminum minuman yang kaya kafein, otoritas medis memerintahkan investigasi dan meminta orang-orang tak menyeruput minuman energi dengan alkohol atau setelah melakukan latihan yang berat.

    Australia: Seorang lelaki berusia 28 tahun mengalami serangan jantung, awal tahun ini, setelah meminum tujuh kaleng minuman energi dan ambil bagian dalam balapan motor yang melelahkan. Dokter yang menangani menyalahkan kombinasi terlalu banyaknya kadar kafein serta latihan yang berat.
    ===========================
    maaf klk repost....langsung del aja om mod
    slmat berdiskusi
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. sylar M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    283
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +508 / -0
    ya ampun...ga lgi deh minum gitu2an...krain cuma softdrink aj yg ga bgus bwt kesehatan...thanx bro
     
  4. stradivarius M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 16, 2007
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +46 / -0
    beh bagus gw jarang minum ebergy drink >.<,baca tuh yg laen jng sering2 minum energy drink apalagi berlebihan, pada blom mau mate konyol kan
     
  5. eflaze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,333
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,728 / -0
    kelebihan/berlebih/keseringan ga baik
    jadi jgn trlalu banyak pake doping/suplemen yg ga alami
     
  6. 93izael Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    105
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    gua udah sering denger bnyk org yg meninggal gr2 minuman kyk gn...jantung jd di pacu..klo jantungnya ga kuat kn bhaya...untung klo cm pingsan...klo smpe mati gmn...maunya kuat malah mokat....:onion-70:
     
  7. henrysmith358 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    di iklannya tidak bahaya asal sesuai aturan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.