1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Minum Air Panas Hambat Serangan Jantung

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinobi32, Mar 25, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    [​IMG]

    Orang-orang Jepang dan China telah membiasakan minum Teh Panas atau Sup Panas usai makan dan bukannya air dingin. Ternyata kebiasaan mereka itu dapat mengurangi ataupun menghambat munculnya serangan jantung.

    Memang enak, minum air dingin usai makan, seperti : Cola dingin, teh manis dingin, es krim atau sirup dingin lainnya, tapi ingat……. ! hal itu bisa berakibat fatal. Kondisi dingin akan membekukan makanan berminyak yang baru dimakan. Ini akan memperlambat proses pencernaan.
    Bila lemak-lemak terbentuk dalam usus, ia akan mempersempit saluran pencernaan dan lama kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul sehingga kita semakin gemuk atau menuju ke arah munculnya berbagai penyakit.

    Untuk menghindari hal demikian terjadi, biasakanlah minum air panas, teh panas atau yang lainnya. Tentu saja dengan panas yang layak untuk diminum. Kurangi kebiasaan meminum minuman dingin baik yang telah didinginkan di kulkas atau dicampur es. Minuman yang dingin bisa mengakibatkan mengkerutnya saluran-saluran darah dari yang besar hingga sekecil diameter rambut kita.

    Tentang air panas kaitannya dengan “serangan jantung” tentu ada korelasinya. Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner berapapun persentase penyumbatannya, akan memudahkan terjadinya serangan jantung apabila terbiasa minum air dingin. Hal demikian karena saluran koronernya bisa mengeras dan atau mengkerut sehingga lubang salurannya bisa mengecil yang pada gilirannya dapat menghambat laju dari ke jantung. Oleh karena itu, untuk menghambat proses mengkerut dan mengerasnya saluran koroner, biasakanlah meminum air panas.

    Bagi mereka yang mendapat serangan jantung koroner, ada baiknya minum air panas untuk mengembangkan saluran koronernya memperlancar laju darah, sebelum diambil tindakan medis selanjutnya.

    Setiap orang harus mengenali tanda-tanda serangan jantung terutama jantung koroner. Apabila tangan sebelah kiri merasakan sering pegel-pegel mulai dari jari tangan hingga bahu dan kemudian diikuti seringnya kesemutan. Kemudian, rasa sakit di dada sebelah kiri hingga tembus ke punggung. Selanjutnya diikuti rasa pusing, sesak nafas dan berkeringat dingin. Maka gejala-gejala demikian adalah awal atau permulaan serangan jantung. Apabila kita mengenali gejala tersebut, maka segeralah melakukan tindakan yang diantaranya minum air panas, sebelum meminum obat-obat untuk mengencerkan darah seperti Trombo aspilet, ascardia atau palavic.

    Terapi saluran koroner dengan air panas yang diminum itu, tentu saja hanya sebagai mencegah berlanjutnya serangan jantung. Jalan yang terbaik untuk mencegah munculnya serangan jantung koroner itu adalah perilaku sehat kita, sebagaimana tips di bawah ini.

    Pertama, melakukan tindakan olah raga secara rutin sesuai dengan porsi usia dan dilakukan secara konsisten. Kalau memungkinkan, dilakukan setiap hari dengan minimal 10 ribu langkah ;

    Kedua, makanlah yang baik dan halal serta menghindari yang berkadar lemak tinggi seperti pada daging jeroan, bersantan, berminyak (Goreng-gorengan), dan yang mengandung zat kimia (pemanis, pengawet dan pelezat). Hindari merokok. Ini berbahaya.

    Ketiga, hidup bersahaja, bersabar, hidup bersih diri dan lingkungan, serta menerima apa adanya atas rezeki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa ;

    Keempat, untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah kita, maka biasakan melakukan diet melalui puasa atau mengurangi makanan seperti pada point kedua ;

    Kelima, apabila saat ini kita sudah merasakan gejala serangan jantung, maka rajinlah konsultasi dengan dokter.

    Samakin banyak kita mengenali gejala awal serangan jantung, dan melakukan tindakan-tindakan sebagai point kesatu hingga keenam, maka akan semakin terbuka lebar terhindar dari serangan jantung yang mematikan. Mudah-mudahan kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah Swt. dan dengan sehat itu, kita bisa beribadah dengan baik, bisa berusaha dengan tenang dan menjalani kehidupan dengan tenang.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    emang enakan minum air hangat gan setelah makan,,,
    bikin minyak dalam mulut cepat hilang,,,
     
  4. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    tapi umumnya klo bisa makan enaknya minum yang dingin2....
    maknyos............
    wlo kurang bagus, tapi banyak yg lebih suka itu.
     
  5. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    memang sih ga bisa dipungkiri hal tersebut,,,
    apalagi pas lagi makan siang,,,
     
  6. bye2all Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 20, 2011
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +3,169 / -0
    setuju bos.. air hangat memang bagus,
    lbh bagus lg klo air bening hangat,
     
  7. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    bis makan bakso terutama bos.
    hehehe..
    bakso kan banyak lemak n minyak, bagus banget minum aer anget bwt ngencerin minyaknya.
    tapi mana ada sih orang yg bis makan bakso minum aer panas........
    hahaha
     
  8. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,188 / -0
    betul itu..:fufufu:
    hidari banget yang namanya cola dingin, udah dingin berkarbonasi lagi..:dead:
     
  9. blu3s04 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    masalahnya klo makan sesuatu yg pedas pasti identik minumnya air dingin senengnya dibanding air panas, cmn memang sih klo makan makanan berminyak enakan minumnya teh panas :)
    nice info bro
     
  10. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    bukan hanya bakso aja,,,
    tapi lebih tepatnya setiap makanan kesukaan kita...
    pasti dominan kita cendrung minum-minuman dingin setelah memakan makanan tersebut..
     
  11. sukroitem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +17 / -0
    Berarti setelah ini ane akan berhenti makan es teteh manis, eh, es teh manis setelah makan nasi padang :terharu:


    :xiexie:
     
  12. MadMonk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    nice share.. emang enak klo abis makan minum yg dingin".. tp ga enak buat kesehatan.

    ane jarang tuh minum yg panas".. minum kopi aj enak yg pake es.. eh bis minum kopi ane langsung keluar keringet..

    .
     
  13. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    mantap! artinya trit ini ada manfaatnya.....
     
  14. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    :niceinfo:
    Yah.. klo wa sih biasa minum air biasa ato yang hangat sih.. Kurang suka es..
    Jadi efeknya bisa seluas itu yak, padahal cuma sekedar minum dingin satu gelas saja...
     
  15. aa_doky M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    1,209
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,674 / -0
    minum air dingin pun bisa menyebabkan lemak yang kita konsumsi dari makanan cepat membeku. tapi susah minta ampun deh buat ga konsumsi air yang dingin, apalagi kalo kita makan makanan yang pedes (walaupun dengan minum air panas rasa pedes bakalan lebih cepet ilangnya). tapi saya pribadi udah ngurangin konsumsi air dingin setelah makan :)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.