1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Mie Buatan Mahasiswa Malang Raih Juara Kompetisi Pangan Internasional

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by pegasus_idws, Jun 22, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. pegasus_idws M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    2,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +152,981 / -0
    [​IMG]

    Mie buatan tiga mahasiswa Universitas Brawijaya (Unibraw) Kota Malang, Jawa Timur, berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi pangan internasional yang digelar di New Orleans, Lousiana, Amerika Serikat (AS), pada 11-14 Juni 2011.

    Ricky Setyawan (22), salah seorang mahasiswa tersebut, pada Selasa mengatakan bahwa kompetisi yang diikuti sejumlah negara itu bertujuan mencari solusi pangan bagi negara-negara berkembang dengan ketentuan nilai pangan harus memiliki zat besi lebih.

    Untuk itu, dirinya bersama dua rekan lainnya, Meidina Nurfitriani (22) dan Masa Mukti (19), terinspirasi membuat mie dengan bahan-bahan asli Indonesia, seperti campuran tepung ubi jalar, tempe, singkong, serta belut.

    [​IMG]

    "Pembuatan mie pada umumnya menggunakan 100 persen tepung gandum, namun kita eksplorasi dengan bahan-bahan lain, seperti tepung tempe dan belut, serta ubi jalar dan singkong," kata Ricky dalam keterangan persnya di Malang.

    Alasan menggunakan campuran itu, menurut Ricky, karena bahan tersebut sangat murah dan mudah dicari di Indonesia, selain itu nilai kandungan zat besi juga banyak dan cocok bagi negara berkembang.

    "Dalam presentasi yang kita lakukan di depan panelis dari berbagai negara, kita mendapatkan nilai lebih, sebab selain banyaknya kandungan zat besi, mie yang kita buat memiliki nilai ekonomis," kata mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) itu.

    Ricky menjelaskan, pesaing terberat dalam kompetisi itu berasal dari Amerika dan India, dengan membuat roti dan biskuit dari bahan singkong.

    "Amerika dalam kompetisi itu mengikutkan roti berbentuk burger dan biskuit, namun dalam presentasinya mereka kalah dengan kita. Oleh karena itu patut kita syukuri," kata Ricky.

    Menanggapi prestasi anak didiknya, Rektor Unibraw, Prof Yogi Sugito, menyambut baik kemenangan tersebut, karena diraihnya juara pertama mahasiswanya tersebut adalah kali pertama dalam kompetisi pangan internasional.

    "Sebelumnya kita juga pernah ikut dalam kompetisi itu, dan tahun 2010 hanya menduduki peringkat tiga besar," kata Yogi.

    Rencananya, Unibraw akan mematenkan produk mie instan itu dan memberikan penghargaan kepada tiga mahasiswa yang telah mengaharumkan nama akademisi di tingkat internasional.

    "Kita akan berikan beasiswa lanjutan bagi ketiga mahasiswa itu, dan hasil karyanya akan kita pantenkan, jika perlu akan kita produksi secara massal dengan membuat pabrik mie instan itu," katanya menambahkan.

    sumber









    Orang Yang Menghalangi Anda.​



    Bagaimana bila ada seseorang sedemikian ngotot menghalangi anda mencapai sukses? Bagaimana bila orang itu juga yang selalu merintangi anda di setiap usaha? Bagaimana perasaan anda terhadap orang itu? Bagaimana kalau orang itu selalu muncul sambil membawa segudang alasan untuk menghalangi anda bertindak?

    Bagaimana kalau ternyata orang itu adalah anda sendiri? Boleh jadi. Ada kemungkinan, diri sendiri adalah musuh terbesar anda dalam menghalangi sukses dan kegemilangan.

    Pernahkah anda memergoki diri anda sendiri berkata "aku tidak mungkin melakukan itu"...? Tidakkah suara kecil itu juga yang selalu merintangi tujuan anda, dan membawa berjubel-jubel alasan bahwa ini-itu adalah mustahil?

    Keterbatasan yang anda miliki memang meminta anda untuk membatasi diri. Tetapi keputusan tetap di tangan anda . Suara kecil itu silahkan bicara apa saja.

    Relakah anda dipenjara oleh keterbatasan? Tentu tidak. Bayangkan apa yang dapat anda capai bila anda 100% mendukung diri anda sendiri.

    Nah silahkan berhenti berkhayal, dan mulailah kehidupan.


    :toa: Visit MY THREADS :beer:
    [​IMG]
    :tkp2: :TKP: :tkp3:
    :makasih-g: :xiexie:
     
    • Thanks Thanks x 5
    Last edited: Jun 22, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. fransrouvell M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    565
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +36 / -0
    :top: putra bangsa yang membanggakan dunia.
    Semoga ke depannya mie ni tidak lagi dicampur dengan bahan2 kimia yang merusak tubuh oleh oknum tidak bertanggung jawab dan yg hanya berorientasi pada uang
    btw
    Pertamax :peace:
     
  4. shini234 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    1,347
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,722 / -0
    karya anak bangsa dalam bidang kuliner:top:

    tapi itu bahannya kok sampe ada belut segala ya:bloon:
     
  5. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,736
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,246 / -0
    Wogh, bahan2 pembuatnya bener2 :top:
     
  6. cyruss M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    462
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +7 / -0
    Ck ck.. hebat.. bntr lg ditarik sama indofood nih jgn2.. jadi varian rasa baru indomie.. haha..
     
  7. HoRny M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,814
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +705 / -0
    wew mantap gan , org Indo emang cerdas" :top:
    tapi kebanyakan jarang yg memanfaatkan kecerdasan itu
    sori gan , No Offense :peace:
     
  8. ichinarayan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 14, 2010
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +223 / -0
    mantap gan^^

    mahasiswa di Indonesia kayaknya pada akrab sama yang namanya MIE^^
     
  9. Nany87 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 22, 2011
    Messages:
    1,421
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +92,606 / -0
    Wahh selamat ya.. :top:

    gag nyangka indonesia bsa jd juara...

    pdhal hanya membuat mie :terharu:
     
  10. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,121
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,290 / -0
    mahasiswanya kreatif :top:
    perlu dilestarikan nih...
    produk lokal gak kalah ma produk luar...
    btw jadi pengen nyoba tu mie...lapar...
     
  11. keiyakufever M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,409
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,855 / -0
    :terharu: akhirnya indonesia menagng walu hanya dengan lomba mie saja :lol:
     
  12. digiarchi Members

    Offline

    Joined:
    Nov 15, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    pengen nyobain.. :matabelo: pasti mantab :onegai:
     
  13. ezra1810 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 5, 2010
    Messages:
    186
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +222 / -0
    wah kapan ya itu mie mulai di jual ?
    banyak gizi sih, sayang... ada belutnya
     
  14. Raizan M V U

    Offline

    Lord of Spirits

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    2,923
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,290 / -6
    :kaget: pake belut :swt: aku kagak boleh makan deh pantang kagak boleh makan belut :hulk:


    tapi :top: bisa menang kompetisi Inter
     
  15. zeroyuki M V U

    Offline

    Xillia Great Spirits

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    548
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +325 / -0
    :swt:............................pake belut baru pernah denger
     
  16. Aichan4Ever M V U

    Offline

    C-ute

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    1,299
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,096 / -1
    hebat gan ane salut ama mahasiswa ini :top:
    moga aja yang lainnya menyusul :matabelo:
     
  17. Cyclone_Joker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2011
    Messages:
    662
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +5,108 / -0
    salut ma para mahasiswanya gan :xiexie:
     
  18. Haruhiism_sugiisugii M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 31, 2008
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +182 / -0
    sayangnya anda benar :haha:
    orang indonesia sebenernya ga kalah kreatif dengan orang luar, cuma kita masih perlu latih lagi buat pengembangan dan pemanfaatannya (terutama yg untuk kehidupan sehari2).
    saya sadar bicara emang mudah, padahal melakukannya luar biasa sulit, tapi bukan berarti ga bisa, cuma kita mungkin belum terbiasa aja.

    :top: sip maju terus buat anak bangsa! salut
     
  19. Demongeot M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    751
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,667 / -0
    bangga bener lihat prestasinya anak indo :top:
    tapi ntar bumbunya jangan pake micin juga :lol:
     
  20. dzaaz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    153
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +20 / -0
    jadi kepengen nyobain nih kayaknya enak...
     
  21. kliver M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2010
    Messages:
    1,050
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +509 / -0
    mie memang sudah jadi makanan andalan indonesia :top:
    ****mie seleraku...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.