1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Meredam Lapar Mata

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Nawainruk, Oct 21, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nawainruk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,363 / -0
    Kunci untuk mengontrol rasa lapar mata Anda terhadap makanan adalah dengan mengetahui kapan harus menyerah kepada keinginan itu dan kapan harus menolaknya. Hal ini dapat membantu Anda tetap sehat, baik secara fisik maupun mental. Tanyakan kepada guru fitness atau ahli fitness yang Anda percayai dan mereka akan mengatakan hal yang sama kepada Anda. Jika Anda selalu menyerah kepada hasrat makan Anda, maka Anda akan menyesali kesenangan sesaat itu. Sangat tidak masuk akal bukan jika Anda menghabiskan waktu selama berjam-jam dalam penyesalan hanya untuk sebuah kesenangan yang berlangsung beberapa detik?

    1. Perhatikan Diet Anda

    Ketidakkonsistenan Anda dalam berdiet membuat Anda mudah untuk lapar mata. Misalnya saja, jika Anda melewatkan sarapan dan makan siang, tanpa camilan, maka Anda akan mengalami nafsu makan yang cukup besar ketika sore menjelang. Lalu tiba saatnya untuk makan malam - Anda bisa makan terlalu banyak. Beberapa orang bahkan mengkonsumsi ribuan kalori tanpa terkontrol.

    Solusinya, seimbangkan antara porsi makan Anda dengan camilan sepanjang hari untuk mengendalikan kadar gula darah agar energi Anda tetap terjaga.

    2. Apa Yang BENAR-BENAR Anda Inginkan?

    Terkadang apa yang Anda inginkan merupakan BAGIAN dari seporsi makanan yang Anda lihat. Dengan kata lain, apakah perlu bagi Anda untuk memakan SEMUA porsi makanan tersebut, atau hanya SEPOTONG roti atau sedikit rasa asin yang dapat memuaskan nafsu keinginan makan Anda?

    3. Jangan Terburu-Buru

    Kita saat ini berada di lingkungan masyarakat yang menginginkan kepuasan secara instan. "Kalau keinginan mata ini tidak hilang SEKARANG, lupakan semua teori itu. Saya akan membeli selusin Dunkin Donuts." Cobalah untuk menunggu 15 menit atau lebih sebelum Anda masuk ke dalam gua pencobaan itu. Sementara itu, cobalah untuk meminum segelas air dingin karena hal itu dapat membantu Anda menghilangkan keinginan tersebut.

    4. Carilah Pengganti Yang Lebih Sehat

    Kenali makanan sehat pengganti yang dapat memuaskan hasrat makan Anda. Jika Anda senang dengan makanan yang manis-manis, Anda mungkin dapat memuaskan hasrat makan Anda dengan mengkonsumsi pisang atau segenggam anggur (dengan kalori lebih sedikit dan lebih bergizi).

    5. Jika Tidak Sanggup Menahannya, Penuhilah Hasrat Makan Anda

    Jika rasa lapar mata Anda tak dapat dibendung lagi, maka penuhilah keinginan itu. Karena seringkali saat seseorang berupaya menghindari hal yang mereka inginkan, mereka justru memenuhinya dengan memakan makanan lain secara berlebihan. Dan beberapa saat kemudian mereka akhirnya menyerah dan tetap memenuhi keinginan mereka akan makanan tersebut. Anda pun akan mengalami rasa bersalah tiga kali lipat: rasa bersalah terhadap diri Anda sendiri, rasa bersalah karena akhirnya Anda menyerah dan tetap memenuhi hasrat makan Anda, dan merasa bersalah karena telah makan secara berlebihan.

    6. Jangan Terlalu Keras Kepada Diri Anda Sendiri

    Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama, sebelum Anda memuaskan hasrat makan Anda, arahkan diri Anda untuk hasil yang positif. Jangan terlalu keras pada diri Anda dan terimalah bila Anda telah memenuhi hasrat makan Anda. Kedua, jika Anda menyadari bahwa Anda telah memuaskan lapar mata Anda tanpa berpikir, maka terimalah. Karena hal itu memang bisa terjadi sewaktu-waktu.

    Teruslah bergerak maju! Bagaimana Anda akan menjadi lebih baik di waktu mendatang? Intinya adalah jika Anda terus menyalahkan diri Anda sendiri karena telah menjadi orang ‘buruk' yang bisa kalah dengan keinginan Anda, maka Anda akan tetap memiliki pola makan seperti itu. Dengan menerima kekalahan Anda dan terus maju, Anda tidak memberikan kesempatan kepada diri Anda sendiri untuk mengulangi kebiasaan lama yang buruk.

    7. Sadarkan Diri Anda Sebelum Tangan Anda Terulur

    Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini:

    Simpanlah makanan dalam tempat bekal. Bila Anda siap untuk makan, maka itu saja yang dapat Anda makan. Satu hal yang dapat membantu - sisihkan porsi makanan sesuai keinginan Anda (dalam jumlah yang masuk akal tentunya), dan berikan sisanya kepada orang lain atau simpan kembali ke dalam lemari es/freezer.

    8. Miliki Rutinitas

    Sangat mudah bagi Anda untuk pergi ke dapur dan melahap sebungkus biskuit. Karena itu, ambillah beberapa, makan secara perlahan, dan nikmati setiap gigitannya (sertai dengan meminum air juga). Dengan demikian, Anda akan makan lebih sedikit dan lebih menikmatinya.

    9. Berkeringat

    Berolahraga secara teratur terbukti membuat orang memiliki hasrat makan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak melakukannya. Berolahraga membuat tubuh melepaskan endorfin selama aktivitas fisik yang membuat perasaan menjadi nyaman. Ditambah lagi, berolahraga secara teratur cenderung membuat orang dapat lebih mengendalikan tubuh mereka, sehingga mereka tidak berhasrat untuk makan berlebihan. Pikirkan hal ini: jika Anda berolahraga setiap hari, merasa nyaman dengan diri Anda sendiri dan penuh dengan energi, Anda tidak ingin menyia-nyiakannya dengan memakan junk food setiap saat bukan?

    10. Membuat Jurnal

    Dalam jurnal makanan Anda, teruslah membuat catatan seberapa sering Anda makan, mengapa dan jenis makanan apa saja yang membuat Anda lapar mata. Ketika Anda menyadari apa yang memicu hasrat makan Anda - kebosanan, stres, kelelahan, dll - makan Anda dapat mengendalikannya dengan lebih baik.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. 74unty Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    good info.....
    lapar mata maksudnya lapar lihat makanan
    klo terus-terusan pengen lihat c cantik gimana :pupi:
     
  4. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Kalo lapar dan liat makanan enak bayangin aja kita sedang makan makanan itu, lagian gak ada do it bwt belinya :nangis:
     
  5. fuadpahing Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 30, 2008
    Messages:
    1,565
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +9,963 / -0
    saia malah pengen gemuk :haha:

    tulang belulang doank :dead:

    kalo liat makanan ngga ngefek, males makan :dead:
     
  6. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,144 / -10
    gw kira laper mata terhadap cewek..
     
  7. pandahime M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    254
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +86 / -0
    nice info..
    menambah pengetahuan biar gak LAPAR MATA..
    :piss:
     
  8. Dipz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    401
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +679 / -0
    3. Jangan Terburu-Buru

    Kita saat ini berada di lingkungan masyarakat yang menginginkan kepuasan secara instan. "Kalau keinginan mata ini tidak hilang SEKARANG, lupakan semua teori itu. Saya akan membeli selusin Dunkin Donuts." Cobalah untuk menunggu 15 menit atau lebih sebelum Anda masuk ke dalam gua pencobaan itu. Sementara itu, cobalah untuk meminum segelas air dingin karena hal itu dapat membantu Anda menghilangkan keinginan tersebut.

    barusan beli Dunkin Donuts :madesu:
    lain x gw coba dengan meminum air dingin @_@
     
  9. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    lapar mata:???:lapar perut gitu:???:
    kalo sy sih udah terkontrol, makan cukup 2x sehari:boong:
    (bukan karena mampu meredam lapar, tp karena uangnya yg pas2an:dead:)
     
  10. fenn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    sepertinya membuat jurnal yang ngak mungkin dilakukan.mendingan baca buku atau nonton deh
     
  11. chubuchubu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,134 / -0
    ane kira malah laper mata waktu belanja :hihi:
    kalo laper mata sama makanan sih ga bisa dihindari..
    ane mah diet gagal mulu,,gpp d montok dikit :lol:
     
  12. FairyMusashi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +9 / -0
    tapi susah bgt ngejalaninnya...
    laper mata selain bikin gendut juga ngabisin duit..jadi gk bisa hemat...
     
  13. luckyaegy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +825 / -0
    susah ini...klo pun meredam mata...hidung tak mampu diredam..begtu da bau2 yang enak langsung noleh aja...klo iman g kuat..akhirnya makan juga wkkwkwkwk
     
  14. jaimaru M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 7, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12 / -0
    wahhhhhhh
    ampir salah kaprah
    aku kira lapar mata dari hal2 yng xxxxxx
    wkwkwkwkwk


    ^oP
     
  15. icham M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,245 / -0
    duwh malez bgt mw makan aja mesti d atur pke jurnal makanan..nie mang sangat pantas buat orang yg lg pengen ngurusn badan
    ane aja lg pengen gemukin badan nie
     
  16. Blirante M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 12, 2009
    Messages:
    454
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +194 / -0
    Tapi bingung juga, kalo pas bener2 lapar n ada makanan enak, pasti gak bisa nolak yach?:hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.