1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Merasa Sibuk? Benarkah Kamu Sesibuk Bayangan Kamu?

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by jikkim, Jan 4, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jikkim Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 4, 2014
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
    [​IMG]

    Apakah kamu merasa selalu sibuk setiap hari? Kerjaan rasanya bertumpuk-tumpuk dan kamu tidak sempat melakukan hal-hal yang menjadi kesukaan kamu? Tidak sempat main game, nonton film, atau bahkan makan malam dengan pacar?

    Ini sering terjadi pada orang-orang yang mengerjakan berbagai macam pekerjaan dengan deadline yang singkat sehingga rasanya selalu diburu-buru oleh batas waktu untuk memikirkan pekerjaan. Setiap hari rasanya dihabiskan dengan rasa lelah yang luar biasa. Tapi ketahuilah, sebenarnya kamu tidak sesibuk yang kamu bayangkan kok! Mengapa demikian?

    Kalau kamu ingin contoh sederhana, cobalah lihat seorang profesional dalam profesi yang kurang lebih sama dengan kamu. Pasti ada seseorang yang sanggup melakukan lebih banyak daripada kamu dan nampaknya masih punya waktu luang. Ini sejatinya karena pengaturan waktu yang lebih baik! Secara umum kita sering meremehkan pekerjaan yang kita anggap hanya memerlukan waktu singkat, lalu terlalu melebih-lebihkan pekerjaan yang sebenarnya bisa selesai cepat, namun ternyata kita selesaikan lama. Kenapa demikian?

    Karena terkadang kita mengerjakan suatu pekerjaan berdasarkan preferensi. Pekerjaan yang lebih kita sukai, kita kerjakan lebih dulu sedangkan pekerjaan yang kita benci (padahal bisa diselesaikan cepat) kita tunda-tunda hingga akhirnya lewat batas waktu. Lalu bagaimana kita bisa mengatasi hal tersebut? Coba simak tips dari Infospesial berikut ini:

    1. Jujurlah Dengan Dirimu Sendiri

    Tugas kamu yang pertama adalah mulai mencatat waktumu. Coba catat berapa banyak waktumu yang benar-benar kamu habiskan untuk bekerja, dan berapa banyak yang terbuang karena kegiatan sosialisasi, bermain jejaring sosial, atau melakukan kegiatan-kegiatan lain yang menunda waktu kerjamu. Ini penting untuk memberikan penyadaran kepada diri kamu sendiri, sebenarnya berapa banyak pekerjaan yang kamu kerjakan, dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan itu semua. Delegasikan tugas yang kamu tidak sukai. Apakah kamu tidak suka mencuci baju? Manfaatkan laundry! Benci mencabuti rumput di halaman? Coba upah anak tetangga kamu yang memerlukan uang saku tambahan.

    Waktu yang kamu peroleh dari menghilangkan tugas yang tak kamu sukai dari daftar kamu, bisa kamu alokasikan ke dalam waktu kerja kamu. Ini juga akan membantu kamu untuk lebih fokus terhadap pekerjaan kamu.

    2. Ubah Kebiasaan Kamu

    Charles Duhigg, pengarang buku "The Power of Habit" menulis bahwa kebiasaan akan membentuk rutinitas kita, masing-masing terdiri atas:

    - Sebuah pemicu yang mengatur kebiasaan

    - Rutinitas, yaitu perilaku yang berulang dan menjadi kebiasaan

    - Hadiah, yang menjadikan kebiasaan tersebut berkembang di masa depan Misalnya kamu punya kebiasaan bermain Twitter dulu sebelum kamu bekerja. Maka tanpa sadar kamu akan menghabiskan banyak waktu di Twitland dan mengkorupsi jatah kerja kamu. Analisislah kebiasaan kamu yang merugikan, lalu coba ubah. Ganti dengan kebiasaan baru yang mendukung kinerja kamu.

    3. Mainkan Rencana Permainan Kamu Sendiri

    Bagaimana kamu akan menghabiskan tiap detik hidupmu adalah sebuah pilihan. Bila kamu merasa tidak punya waktu untuk prioritas yang lebih besar, kadangkala kamu hanya perlu kesadaran untuk mengendalikan kebiasaan kamu ke jalan yang benar! Susunlah sebuah ‘rencana permainan’, yaitu apa saja yang harus kamu kerjakan untuk meningkatkan kinerja dan prestasi kamu, dan jadikan kegiatan bersenang-senang yang selama ini kamu lakukan sebagai hadiah, yang menanti di ujung pekerjaan – setelah semuanya beres.

    Dengan memanfaatkan tips-tips dari infospesial di atas, pastilah kamu akan menyadari bahwa ternyata kamu tidak sesibuk bayangan kamu. Banyak waktu terbuang yang semestinya memungkinkan kamu untuk melakukan pekerjaan kamu lebih baik. Perhatikan hal ini, maka kamu akan menjadi manusia produktif!


    Sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ninninger M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 22, 2015
    Messages:
    3,018
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,190 / -2
    memang sebaiknya kita tidak menunda-nunda pekerjaan.
    sebab bisa saja ada kesempatan bagus yang terlewat.
    cuma kadang rasa malas yang bersar bisa menghambat.
     
  4. Aya_Ark M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 21, 2011
    Messages:
    413
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +199 / -1
    sebuah renungan gan thank infonya
     
  5. boddhii M V U

    Offline

    Progressive Revolusioner

    Joined:
    Oct 3, 2011
    Messages:
    412
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +188 / -0
    sebenernya sih semua tergantung prioritas aja. sesibuk apapun, kalau jadi prioritas ya pas bakalan sempet.
     
  6. chairilanwar100 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 15, 2012
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +37 / -0
    ya gitulah, karna sibuk film2 yg didonlot belum bisa ditonton sampe sekarang....

    padahal udah pake prioritas mengerjakan tugas,.... gua jadi ingat peribahasa "bersakit2 duls, having fun kemudian"
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.