1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Menyulap Loteng Rumah Menjadi Sebuah Ruangan

Discussion in 'Lifestyle' started by ongger, Sep 19, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ongger Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2014
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0

    [​IMG]

    Loteng adalah tingkat teratas sebuah bangunan. Biasanya penggunaan loteng cuma untuk merujuk pada tingkat atas. Namun loteng yang akan dibahas kali ini adalah loteng yang terdapat pada bagian atas sebuah rumah, yaitu sebuah ruang di bawah atap. Biasanya, loteng bisa ditemukan pada desain-desain rumah yang atapnya berbentuk segitiga.

    Menurut fungsinya, loteng bisa dibagi menjadi dua, yakni loteng yang berguna sebagai ruang dan loteng sebagai tempat penyimpanan. Loteng yang berfungsi sebagai ruang biasanya dari awal pola perencanaan membangun rumah, memang sudah sengaja disediakan oleh si penghuni.

    Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih agar loteng rumah kita bisa bermanfaat bagi kita & tidak terkesan monoton, padahal ukuran yang didapat cukup luas & mumpuni ? dengan demikian, Bagaimana jika kita Menyulap Loteng Rumah Menjadi Sebuah Ruangan mungkin bisa menjadi inspirasi untuk kita semua. Loteng bisa didesain sebagai ruang atau tempat penyimpanan. Namun, kedua fungsi tersebut membutuhkan perhatian khusus dalam penerapannya.

    Bagi Anda yang sudah berpikiran untuk meman*faatkan loteng yang ada, sebaik*nya memang me*mi*kirkan tujuan ganda ruang guna memenuhi berbagai kebutuhan. Sehingga ketepatan akan ukuran luas yang tersedia memadai alangkah baiknya apabila dimaksimalkan menjadi ruang yang akan digunakan.

    Namun dalam ide dalam perencanaan Menyulap Loteng Rumah Menjadi Sebuah Ruangan ini ada beberapa hal yang harus di perhitungkan, agar kita sebagai pemilik rumah bisa merasa nyaman dan meminimalisir hal – hal negatif yang akan di terima. antara lain sebagai berikut :

    :ogmatabelo::ogmatabelo:
    1. Kekuatan Bangunan

    Meski terlihat sudah kokoh, tapi bangunan bawah atap tetap harus memiliki kekuatan dari segi penyangga atau pon*dasinya, mengingat masih ada ruang di bawahnya. Namun jika sudah mempunyai lantai atas dari bangunan rumah, Anda akan lebih mudah menem*patkan posisi lantai dasarnya.

    Apabila ingin dijadikan ruang penyimpanan atau kamar tinggal, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memas*tikan agar ruangan tersebut dapat menampung beban berat dari setiap benda yang ingin disimpan. Tentukan juga mak*simum tinggi plafon dari ruang loteng, karena bisa ber*penga*ruh kepada fungsi yang akan digunakan. Ingatlah, tinggi plafon yang sempit membuat jarak injak lantai menjadi pendek.

    2. Atur Sirkulasi Udara

    Sebelum membuat pe*m*buangan udara dan sirkulasinya seperti apa, tentukan dulu akan dijadikan sebagai ruang apa yang mau Anda gunakan di loteng. Sebagai pilihan terbaik, bisa menggunakan lubang angin, exhaust fan atau jendela, dan dapat pula memasangkan air conditioning (AC).

    Jika AC menjadi sumber pendingin ruangan Anda, sebaiknya atap ditutup rapat atau diberi lapisan khusus, agar hawa panas yang masuk tidak terserap banyak. Sehingga udara yang dihasilkan dalam ruangan menjadi maksimal dan tidak ada masuk hawa panas, terlebih untuk kamar tidur yang nya*man.

    3. Penerangan Maksimal

    Mengingat posisi ruang loteng di atas, maka pengaturan penerangan atau pencahayaan jauh lebih mudah. Apalagi jika ingin menghemat biaya, mu*dahnya adalah Anda bisa mengganti beberapa genteng atau penutup atap dengan bahan kaca yang kuat. Atau dengan jendela yang me*ng*ha*dap ke atas untuk memung*kinkan cahaya masuk saat siang hari dan Anda hanya memakai lampu saat menjelang malam saja.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ongger Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2014
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
  4. ejja1234 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 3, 2012
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +6 / -0
    rumah ane kgk ada lotengnya gann , hoho
     
  5. rrasix Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 8, 2012
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    ia intinya ada uang ada barang gan.....
     
  6. qinx4winz Members

    Offline

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Klo ga ada tangga buat ke lotengnya gimana? hehe
     
  7. munziat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    klo di jakarta mah panas nya ga nahan, itu loteng bisa jadi oven dan kita jadi crispy
     
  8. vIciOuZz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    wkowkowk bener tuh gan, renyah gitu, melebihi kripik kentang yang kita makan pas di loteng lagi nonton pelem

    Dan atep rumah ane juga asbes bentuknya gak segitiga gitu, cuma miring doang jadi gak bisa hahha
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.