1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Menurunkan Hipertensi Tanpa Obat

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Nawainruk, Sep 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nawainruk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,370 / -0
    [​IMG]

    Bila dibiarkan tak terkendali, dalam jangka panjang hipertensi dapat merusak otak, jantung, pembuluh darah, dan ginjal. Untunglah hipertensi termasuk penyakit yang bisa dikontrol dan dihindari, meski tanpa obat.

    Salah satu cara untuk menghindari darah tinggi adalah menjaga berat tubuh ideal, kemudian melakukan hal-hal berikut ini:

    1. Jalan kaki
    Rutin melakukan jalan cepat ternyata efektif untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi hingga 8 mmhg. Olahraga juga membantu jantung lebih efisien menggunakan oksigen sehingga tidak akan bekerja terlalu keras memompa darah. Lakukan berbagai jenis latihan kardio minimal 30 menit setiap hari.

    2. Tarik napas
    Latihan olah napas dan bermeditasi, seperti yoga atau taichi efektif untuk menurunkan hormon stres. Tingginya hormon stres akan meningkatkan renin, enzim ginjal yang bisa menaikkan tekanan darah. Lakukan latihan napas minimal 5 menit pada pagi dan malam hari. Menarik napas dalam juga akan mengendurkan semua tensi.

    3. Konsumsi makanan berpotasium
    Menurut Linda Van Horn, PhD, profesor pencegahan penyakit dari Northwest Universitity Feinberg School of Medical, banyak mengonsumsi makanan yang kaya potasium, seperti buah dan sayur, sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

    Sumber potasium terbaik antara lain kentang, tomat, orange juice, pisang, kacang-kacangan, belewah, melon, serta buah yang dikeringkan, seperti kismis. Konsumsi potasium minimal 2000 - 4000 mg per hari, saran Linda.

    4. Batasi sodium
    Konsumsi garam sebaiknya tak lebih dari 2,4 gr per hari (sodium) atau 6 gr per hari (NaCl). Agar konsumsi garam tetap terkendali, perhatikan label makanan untuk mengetahui kadar sodiumnya serta kurangi fastfood karena biasanya tinggi kandungan garamnya.

    Hipertensi Tanpa Obat5. Konsumsi dark chocolate
    Berbagai jenis dark chocolate mengandung flavanols yang bisa membuat pembuluh darah lebih luwes. Sebuah studi menunjukkan, 18 persen pasien yang mengonsumsi dark chocolate menunjukkan turunnya tekanan darah.

    6. Relaksasi
    Penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas Florence, Italia, mengungkapkan pasien hipertensi yang melakukan relaksasi dengan cara mendengarkan musik selama 30 menit sambil menarik napas dalam-dalam menunjukkan penurunan angka sistolik hingga 3,2 poin.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. nearz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +3 / -0
    cara paling cepat dengan relaksasi

    Bagi yang suka makan buah siam, bisa menurunkan tensi juga
     
  4. gerry1990 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    good tips,,
    sekarang gejala hipertensi udah bukan hal yang aneh di masyarakat,,
    gaya hidup yang modern begini membuat penyakit2 metabolik menjadi lebih dominan dan berbahayadibandingkan penyakit akibat parasit atau semacamnya,,
    semoga dengan berbagai pencegahan dan tips yang dijelaskan mas diatas dapat membantu para penderita hipertensi maupun yang berpotensi dapat mencegahnya,,
    :cheers:
     
  5. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Jus mengkudu dijamin:top:
     
  6. wiwi.22 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    467
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,164 / -0
    Ya nih cara yang paling cepat ya pake relaksasi.. Pengalaman pribadi juga sih.. :)
    Oh ya.. boleh nanya ni, Latihan Karido itu apa yah? di poin nomor 1. kita bisa melakukan latihan Karido min 30 menit perhari..
     
  7. sun3_bageur M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    464
    Trophy Points:
    81
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +195 / -0
    wah thx gan,,ksian nih bokap gw tiap naek dikit aja lsg mnum obat ini dan itu,,
    klo yg alami mga2 lbh bgus,,
     
  8. aquaria M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    293
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,428 / -0
    thanks bro tips nya berguna banget nih. tekanan darahku memang agak tinggi juga.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.