1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Menjaga Kondisi Kesehatan Tubuh Anak Saat Liburan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jarkone, Jan 15, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jarkone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2015
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]

    Kesehatan Anak – Liburan sekolah telah tiba. Saatnya menghabiskan waktu bersama anak-anak untuk berlibur ke berbagai tempat wisata. Namun, kegembiraan liburan dapat terganggu jika si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda tidak sehat, seperti demam ataupun batuk.

    Untuk menghindari hal tersebut, lakukan lima hal di bawah ini agar sakit tidak menjadi pengganggu liburan bersama buah hati tercinta. Inilah yang dapat orangtua lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh anak agar tetap sehat selama liburan:

    a. Menjaga kesehatan anak dengan cukup istirahat

    Dalam hawa dan suasana liburan, kita cenderung tergoda untuk menghabiskan waktu dengan aktivitas padat yang menyenangkan. Nggak mau rugi dong habiskan momen liburan dengan banyak berdiam diri. Tetapi, istirahat yang cukup tetap perlu, khususnya bagi anak-anak, agar kekebalan tubuhnya bagus.

    Usahakan agar anak-anak mendapat tidur tambahan di sela-sela waktu menunggu kegiatan, atau dalam perjalanan menuju ke lokasi liburan, mengingat mereka akan tidur malam lebih lambat di saat berlibur.

    b. Menjaga kesehatan anak dengan mencuci tangan

    Galakkan mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum, sebelum menyentuh makanan, dan sebelum beristirahat. Mengapa diperlukan “Bunda galak” dalam hal ini? Karena saat liburan, anak-anak akan lebih terekspos pada benda-benda yang banyak disentuh oleh orang banyak lainnya atau anak-anak lain yang belum tentu dalam kondisi kesehatan prima dan belum tentu terbiasa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

    Sediakan juga hand sanitizer yang terbukti secara medis mematikan bakteri. Setidaknya, pilihlah hand sanitizer yang digunakan di rumah sakit. Patut diingat, sanitizer tidak berfungsi untuk menggantikan cuci tangan dengan sabun (kecuali bila terpaksa sekali), tetapi berfungsi untuk melengkapi. Gunakan hand sanitizer setelah mencuci tangan dengan sabun.

    c. Menjaga kesehatan anak dengan minum air putih

    Anak-anak belum memiliki kesadaran untuk meminum cukup air putih bagi kesehatan. Oleh karena itu, Orang tualah yang harus dengan sabar mengingatkannya untuk minum air putih. Minimum kebutuhan air putih untuk anak usia balita kira-kira 750 ml sampai 1000 ml per hari. Siapkan satu botol untuk setiap anak guna meminimalisir penyebaran kuman dan memastikan kecukupan konsumsi air putih tiap orang.

    d. Menjaga kesehatan anak dengan makan buah dan sayur

    Kandungan vitamin C dan bioflavonoid yang terdapat pada buah dan sayuran tertentu mampu menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan anak-anak. Berikan motivasi agar anak-anak mau mengkonsumsi buah dan sayur yang disediakan orangtua.

    e. Menjaga kesehatan anak dengan konsumsi multivitamin

    Sumber nutrisi memang lebih baik berasal dari makanan yang kita makan. Tetapi saatnya pergi berlibur, pola makan dan pola istirahat yang berbeda dari hari-hari normal, tentunya membutuhkan perlakuan berbeda untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak-anak.

    Oleh karena itu, siapkan multivitamin untuk dikonsumsi anak-anak beberapa hari sebelum pergi berlibur, selama liburan, dan beberapa hari sepulang dari berlibur demi menjaga kesehatan anak Anda. Sumber dikutip dari: http://www.penginapanonline.com/tips-liburan/menjaga-kondisi-kesehatan-tubuh-anak-saat-liburan.html
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.