1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Kekuatan Otak

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by TomieDLuffy, Jun 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. TomieDLuffy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    sy jg gk tau klw ini re-post atau gk.. tp yg pasti ni artikel koleksi sy... yg dah lama banget..

    Anda ingin lebih cerdas, pikiran lebih jernih, punya kosentrasi yang lebih baik dan penalaran yang tajam? Menurut riset baru tentang otak, keinginan ini bisa tercapai. Menurut Elisa S. lottor, Ph.D., dalam buku Female and Forgetful, para ahli menemukan, peran terbesar dalam menciptakan kekuatan otak yang hebat, ingatan yang baik, dan bahkan IQ lebih tinggi adalah pilihan gaya hidup, bukan genetika. Studi membuktikan dugaan para ahli selama ini, bahwa otak itu seperti otot-otot lainnya. Kita bisa mengembangkan otak, membuatnya lebih tajam secara mental dan lebih cepat menyerap informasi baru. Berikut, hal-hal yang dapat dilakukan.

    Makan Sarapan yang Mengandung Lemak
    Contohnya donat, sebuah studi baru menunjukkan, makanan sarapan yang mengandung sedikit lemak dapat meningkatkan ingatan. Para periset menyuruh sejumlah relawan yang diteliti untuk puasa semalam, lalu keesokannya disuruh makan sarapan yang mengandung lemak, karbohidrat, dan protein. Orang-orang yang makan donat mendapat nilai tinggi untuk kemampua otak. Sebabnya adalah, otak memperlakukan lemak sebagai bahan bakar yang bisa langsung diakses.
    Kiat menguatkan otak : Di pagi hari, kita memerlukan peningkatan ekstra. Kosumsi makanan yang mengandung sedikit lemak atau makan roti dioles krim keju.

    Permainan Bingo
    Bingo (permainan dengan mencocokan angka) menggunakan banyak kosentrasi, pola pengenalan dan kecepatan dalam menghadapi ketegangan. Ini adalah keterampilan yang membuat otak tetap tajam. Semakin banyak main bingo, otak akan semakin tajam. Para pemain bingo yang umurnya lebih tua mendapatkan hasil yang lebih baik pada sejumlah tes mental dibanding dengan pemain yang umurnya lebih muda.
    Kiat menguatkan otak : Beli Bingo dan ajak temanmu atau keluarga main sekali seminggu.

    Tidur Siang
    Sekitar pukul 3 siang, kita umumnya mengantuk. Kira-kira jam 8 sesudah bangun, terjadi penurunan dalam jam tubuh yang dapat mempengaruhi kemampuan-kemampuan yang konitif. Kabar baiknya, menurut James Maas, Ph.D., dalam buku Power Sleep, hal ini bisa diatasi. Para ahli menemukan, hanya tidur siang 10 menit atau meditasi, bisa mengembalikann kinerja otak ke tingkat normal. Lebih lama dari itu dapt menyebabkan grogi. Kurang dari itu tak akan mendapatkan khasiat ini.
    Kiat menguatkan otak : Jika Anda di rumah, kami menyarankan mengatur jam weker 10 menit. Jika Anda bekerja, pejamkan mata. Bayangkan pemandangan alam yang tenang dan rileks hanya selama 10 menit.

    Kunyah Permen Karet
    Para periset menemukan, subyek yang mengunyah permen karet mendapatkan skor yang lebih tinggi 35% tes ingatan dari pada yang tidak. Para ahli belum mnemukan, apa yang membuat permen karet ini beitu efektif. Diduga, mengunyah berulang-ulang permukaan yang kenyal meningkatkan denyut jantung, mengirim lebih banyak oksigen ke otak.
    Kiat menguatkan otak : sediakan permen karet dan kunyah setiap kali diperlukan.

    Nutrient yang Membuat lebih Cerdas
    Para ahli menemukan orang-orang yang mendapakan paing banyak choline, sejenis asam amino alamiah yang antara lain terdapat di dalam daging sapi, kunig telur, mempunyai otak yang lebih cerdas dan berfikir lebih cepat. Diet rendah lemak membuat orang-orang tidak mendapatkan kecukupan choline. Begitu menurut Jean Carper dalam buku Food: Your Miracle Medicine.
    Kiat menguatkan otak : choline bisa didapatkan antara lain dengan makan kuning telur, daging, ikan, dan susu. Tapi sebagian ahli menyarankan mendapatkannya dalam bentuk suplemen. Sebelum meminum suplemen apa pun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

    Bicara
    Anda mungkin pernah mendengar, untuk menjaga otak tetap tajam, kita harus melatihnya dengan hal-hal seperti isi teka-teki silang dan membaca. Kini ada saran yang lebih baik lagi. Hany dengan ngobrol dengan teman bisa mendatangkan hasil yang lebih baik. Para ahli yang meneliti 3.617 orang menemukan adanya hubungan yang jelas antar sosialisasi dan fungsi otak. Partisipasi dari segala golongan usia yang paling banyak bergaul mengalami gangguan kognitif yang paling rendah kedati pun banyak banyak melatih otak. Dugaan kebanyakan orang bahwa ngobrol tidak memerlukan upaya mental ternyata salah. Scan otak menunjukkan, percakapan ringan mangaktifkan bagian khusus dari otak yang menunjukkan mengarahkan upaya hebat.
    Kiat menggunakan otak : Ngobrol dengan teman lewat telepon atau undang untuk makan malam. Cara ini bisa menjaga otak tetap muda dalam waktu lama.

    Jalan Cepat
    Para ahli menyuruh subyek jalan kaki cepat selam 15 menit, 3 kali seminggu. Orang-orang yang jalan kaki mengalami peningkatan fungsi otak sampai 15%. Mereka lebih mampu membuat koneksi, mengerjakan berbagai tugas dan mengabaikan gangguan. Studi-studi juga menemukan, sesudah olah raga aerobic selama 45 menit, 3 kali seminggu, kinerja mental meningkat sampai 25%. Olah raga bukan hanya meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf baru di dalam otak, juga mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak untuk membuatnya lebih cerdas.
    Kiat menguatkan otak : Sebuah studi menunjukkan, orang-orang yang berkemungkinan paling besar tetap menjalankan jalan kaki adalah juga melakukan sesuatu yang menyenangkan pada saat bersamaan: mendengarkan music, ngobrol dengan anak, atau sambil dengan cuci mata.

    Dapatkan Tryptophan
    Zat kimia yang antara lain terdapat di dalam daging kalkun, ini dapat menjaga ingatan tetap tajam para riset menemukan, jika kadar tryptophan meningkat, para subyek mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam tes menginngat dan tes pengenalan. Penyebabnya adalah tryptophan menghasilkan serotonim, sejenis neurotransmitter yang meredakan stres. Studi-studi menunjukkan, hanyas sedikit stres saja dapat mengganggu ingatan.
    Kiat menguatkan otak : Makan kalkun untuk makan siang. Tapi jangan makan berlebihan. Lebih dari 8 ons menghasilkan cukup banyak tryptophan yang membuat ngantuk.

    sumber
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 2
    Last edited by a moderator: Oct 15, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ajijayanti M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 20, 2010
    Messages:
    494
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,466 / -0
    tapi biasanya gw main bingo gak make mikir apa lagi konsentrasi.. ngarung gak ya jadinya? dan sarapan donat itu kayaknya bakalan susah di lakukan kecuali di amerika deh..
     
  4. kagetora Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    ^
    ya sarapan donat diganti pake makanan yang ada sedikit lemaknya, roti pake selai kacang mungkin?

    tapi kok malah lemak ya? soalnya yg gw tau selama ini malah justru glukosa yang jadi makanan utama otak...
     
  5. andgs Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 22, 2009
    Messages:
    433
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,242 / -0
    klo yg bnyk lemak gmn? :hero: yg ada malah kegemukan bkn otak yg encer :piss:
     
  6. deybac Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 4, 2010
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    mantap gan, ane setuju gan, kalo otak itu seperti otot,, kalo menggekan otot harus fitness, kalo gedein otak harus belajar,, ya gak... thanks gan
     
  7. CodeAmon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 28, 2009
    Messages:
    1,710
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +314 / -0
    bang nanya dapetin daging kalkun dimana??
    trus di Indonesia setau saya ga ada yang jual dagingnya
    ada alternatif lain selain kalkun?
     
  8. ajijayanti M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 20, 2010
    Messages:
    494
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,466 / -0
    hei gw mulai mempraktekkan sarapan donat loh.. tapi karna orang indonesia asli jadi ya masih ada nasinya dikit2 lama2 menjadi bukit
     
  9. Lancelot Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 17, 2010
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +21 / -0
    Perlu dicoba ini... agak bermasalah saya sama daya ingat T.T
     
  10. haydeear Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2010
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    brain gym juga bisa ningkatin kemampuan otak. ada bbrp titik yang bisa dipijat dgn gerakan memutar pake jari. yg pertama jidat, trus belakang telinga, sama daun telinga.
    trus sering2 aja isi TTS. bisa mencegah pikun tuh :)
     
  11. langit_ungu M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 16, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +107 / -0
    :hiks: kunyah permen karet,, gw paling ga suka permen karet...

    tapi tips yang lain,, akan gw usahakan untuk dicoba...

    akhir-akhir ini bermasalah dengan ingatan jangka pendek... :dead:
     
  12. caspian Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    banyak baca hal2 yg memerlukan analisa jg manjur gan utk ngelatih otak
     
  13. feyohoo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    536
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +22,883 / -0
    ikut nambahin"..
    sering makan udang bagus untuk otak biar kuat untuk berfikir,.

    untuk penguat memory,. setelah baru bgt bangun tidur, ingat2 mimpi apa saja?.. bgmana jalan cerita mimpi itu,.. lakukan tiap hari..
     
  14. keigo_04 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    wah, baru tau kalo permen karet bisa meningkatkan daya ingat..
    kbetulan sy doyan permen karet.. :hihi:
    nice share nih..
    :top:
     
  15. iik77 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2010
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    low minum banyak itu bermanfaat gak dengan meningkatkan daya ingat
     
  16. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Kalau saya dan keluarga sih melatihnya pakai TTS. Orang tua saya setiap hari selalu mengisi TTS, selain membaca koran. Waktu luang yang mereka habiskan di rumah jadi nggak sia-sia :hmm:

    Sementara saya sendiri lebih suka membaca (apa pun, termasuk manga) untuk melatih otak.
     
  17. yakuzarysad M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 6, 2012
    Messages:
    261
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +7 / -0
    bener gan. seru tuh main bingo.
    kalo indonesia mah paling sarapan bacang.
     
  18. idontknow Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 11, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    setuju sama yang tidur siang,
    tiap jam makan siang diupayakan tidur 5 - 10 menit ( kalo pas ga ada kerjaan yang menumpuk)
     
  19. syorissa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 17, 2011
    Messages:
    458
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +47 / -0
    Hah??? Makan lemak??? Takut ah...ntar makin bulet ane...tubuh ane kan tipe metabolisme lambat..jd sangat gampang menumpuk lemak.
    Ane coba tips2 yg lainnya aj deh..
     
  20. sora_boyz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +612 / -0
    haha, pengen tu makan makanan yg enak / berlemak...
    krn budget terbatas aja soalnya anak kosan... :madesu:
    bicara n jalan cepat paling gampang buat dipraktekin.... :lalala:
    sedangkan krn gw suka permen karet, boleh2 dah...
    ini metodenya bagus klo menjelang ujian.. drpd sumpek belajar mulu... :belajar:
     
  21. GFA Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,297 / -0
    Untuk menambah daya ingat bisa mengkonsumsi nutri untuk meningkatkan daya ingat otak seperti ginko biloba.
    Cara yang lebih efektif yaitu melakukan pelatihan seperti pelatihan SGM (Super Great Memory) yang cukup terkenal di Indonesia
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.